Pertemuan 2

1,356 views
1,261 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,356
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
190
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pertemuan 2

  1. 1. NI KOMANG SRI JULYANTARI,S.KOM
  2. 2. SISTEM KOMPUTER KOMPONEN KOMPUTER PERANGKAT KERAS KOMPUTER
  3. 3. SISTEM KOMPUTER suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
  4. 4. Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware) Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : 1. input divice (unit masukan) 2. Process device (unit Pemrosesan) 3. Output device (unit keluaran) 4. Backing Storage ( unit penyimpanan) 5. Periferal ( unit tambahan)
  5. 5. Unit Masukan (Input Divice) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse joystick, Touch panel, dan Microphone Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input
  6. 6. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu : Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
  7. 7. Keyboard Mouse Touchpad Light Pen Joy Stick dan Games Paddle Scanner Unit masukan atau peralatan input Kamera Digital Barcode Graphics Pads Mikropon dan Headphone
  8. 8. Keyboard Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
  9. 9. Mouse Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
  10. 10. Touchpad Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse
  11. 11. Light Pen Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesign gambar dengan screen (monitor).
  12. 12. Joy Stick dan Games Paddle Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
  13. 13. Barcode Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
  14. 14. Scanner Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer
  15. 15. KAMERA DIGITAL Dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
  16. 16. Mikropon dan Headphone Berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
  17. 17. Graphics Pads Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.
  18. 18. RAM (Random Access Memory) Power Supplay Kartu grafis Process device (unit Pemrosesan) Motherboard Prosesor
  19. 19. Power Supplay Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer.
  20. 20. RAM (Random Access Memory) Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara
  21. 21. Kartu grafis Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilantampilan di layar.
  22. 22. Prosesor Prosesor, atau CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda,
  23. 23. Motherboard Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
  24. 24. Monitor Output device ( Unit keluaran ) Printer Speaker
  25. 25. Monitor monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.
  26. 26. Printer Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
  27. 27. Speaker Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
  28. 28. Backing Storage ( unit penyimpanan) Harddisk (HDD) Modem Periferal (unit tambahan) kartu suara
  29. 29. Harddisk (HDD)
  30. 30. Modem Modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulato. Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi
  31. 31. kartu suara Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

×