• Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
37
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
1
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PEMROGRAMAN BERBASIS WEB Rangkuman Teknologi Web Oleh: (Sri Wahyuni Wulandari) (1210651149) JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER 2012
  • 2. Teknologi web Web adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar"(root), yang disebut homepage dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Web memiliki kemampuan link yang sangat bagus. Keistimewaan inilah yang telah menjadikan Web sebagai service yang paling cepat pertumbuhannya. Web mengizinkan pemberian highlight pada kata atau gambar dalam sebuah dokumen untuk dihubungkan ke media lain seperti dokumen, frase, movie clip, atau file suara. Secara teknologi, Website sampai saat ini memasuki generasi ke 3 yaitu Web 3.0 atau disebut semantic web yang meskipun masih dalam perdebatan para analis dan peneliti untuk standarisasi. 1. Web 3.0 / Semantic Web Web 3.0 berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Content web ditampilkan tidak hanya dalam format bahasa manusia yang umum (natural language), tetapi juga dalam format yang dapat dibaca dan digunakan oleh mesin (baca: software). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah. Dengan demikian, unsur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) merupakan bagian penting pada Web 3.0 / Semantic Web, sehingga Web menjadi semakin cerdas.  Komponen-komponen Web 3.0 / Semantic Web Pembuatan Semantic Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.  Antara ciri-ciri khas web 3.0 - Tranformation Dari tempat penyimpanan yang terpisah menjadi satu - Ubiquitous Connectivity Memungkinkan informasi/maklumat diakses menjadi media - Network Computing Perisian adalah sebagai model-model perniagaan, perkhidmatan halaman web yang mempunyai dua sistem atau lebih untuk bekerja sama secara harmoni, pengedaran komputer, pengelasan komputer,menaiktaraf komputer.
  • 3. - Open Technologies Sebahagian besar keseluruhannya berfungsi dalam platform sumber terbuka atau secara per - Open Identity and Open ID : seluruh maklumat adalah bebas - The interligent Web Sebagai Teknologi Semantic Web termasuk RDF,OWL,SWL,SPARQL, GRDDL, Aplikasi berplatform semantik, dan pernyataan penyimpanan data. - Distributed Database Database disalurkan dalam WWD (world Wide Database) Alat yang digunakan untuk mengakses web disebut web client atau web browser. Browser adalah sebuah software yg digunakan untuk menerjemahkan bahasa HTML utk ditampilkan pada layar komputer. Browser membaca halaman web (web page) yang tersimpan dalam web server melalui http (Hyper Text Transfer Protocol). Beberapa contoh webrowser: a. Flock FLOCK adalah sebuah penjelajah web dengan lisensi bebas (freeware) , Flock dibangun di atas teknologi Mozilla yang cepat dan aman. b. Opera Opera Browser adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. c. K-Meleon K-Meleon adalah sebuah web browser yang sangat cepat, dapat disesuaikan, ringan berdasarkan mesin tata letak Gecko yang dikembangkan oleh Mozilla yang juga digunakan oleh Firefox. d. Google Chrome Google Chrome adalah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google. Sampai saat artikel ini ditulis, Google Chrome telah mencapai versi 26. Google Chrome adalah peramban yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar halaman-halaman web dapat diakses dengan cepat, aman dan nyaman. e. Mozilla Firefox Mozilla Firefox adalah program aplikasi peramban web yang berguna untuk menjelajahi internet. Versi terbaru program ini adalah Mozilla Firefox 11.0, yang dirilis pada tanggal 13 Maret 2012. Software Mozilla Firefox dibuat dan dikembangkan oleh Mozilla Foundation.
  • 4. Adapun Beberapa Akun Media Sosial Yang Menggunakan Web  Twiter Twitter adalah suatu layanan sosial networking yang termasuk dalam kategori mikroblogging.  Blog Blog adalah singkatan dari kata Weblog , yaitu suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (biasanya dimuat sebagai bentuk posting) pada sebuah halaman web umum.  Facebook Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes  Youtube YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.