VisiMisiStruktur Organisasi (shared using http://VisualBee.com).
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Visi Misi Struktur Organisasi (shared using http://VisualBee.com).

on

  • 4,007 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,007
Views on SlideShare
4,007
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
44
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

VisiMisiStruktur Organisasi (shared using http://VisualBee.com). Visi Misi Struktur Organisasi (shared using http://VisualBee.com). Presentation Transcript

  • VisiMisiStruktur Organisasi Maruli Tua Silalahi
  • VISI Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestatarian dan kesuksesan jangka panjang.
  • Visi yang efektif antara lain harus memilikikarakteristik seperti :1. Imagible (dapat di bayangkan).2. Desirable (menarik).3. Feasible (realities dan dapat dicapai).4. Focused (jelas).5. Flexible (aspiratif dan responsif terhadapperubahan lingkungan).6. Communicable (mudah dipahami). Mengapa perlu visi ?? 1. Penyatuan tujuan, arah dan sasaran perusahaan 2. Dasar untuk pemanfaatan dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya 3. Pembentuk dan pembangun budaya perusahaan (corporate culture)
  • Merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasiMisi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8) Langkah penyusunan misi yang umum dilakukan oleh organisasi atau perusahaan adalah dengan mengikuti tahap- tahap berikut ini: 1. Melakukan proses brainstorming dengan mensejajarkan beberapa kata yang menggambarkan organisasi 2. Penyusunan prioritas dan pemfokusan pada kata-kata yang paling penting 3. Mengkombinasikan kata-kata yang telah dipilih menjadi kalimat atau paragraf yang menggambarkan misi perusahaan 4. Mengedit kata-kata sampai terdengar benar atau sampai setiap orang kelelahan untuk adu argumentasi berkaitan dengan kata atau fase favorit mereka.
  • Untuk menjamin bahwa 1. Cukup luas untuk dapatmisi yang telahdicanangkan merupakan diterapkan selama beberapasebuah misi yang tahun sejak saat ditetapkanbagus, misi tersebut harus: 2. Cukup spesifik untuk mengkomunikasikan arah 3. Fokus pada kompetensi atau kemampuan yang dimiliki perusahaan 4. Bebas dari jargon dan kata-kata yang tidak bermakna.
  • Informasi dasar Customeryg terkandung Produk atau Jasa Perusahaan Pasardalam Misi Teknologi Tujuan Filosofi Perusahaan Concern untuk pertumbuhan, keuntungan, su rvive Concern terhadap karyawan Image
  • Menurut Pearce danStrategi Robinson (1997, p.20) Strategi mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana, kapan, dan dimana ia harus bersaing menghadapi lawan dan dengan maksud dan tujuan untuk apa.
  • Hubungan Antara Visi dan StrategiPerusahaanSetelah visi dirumuskan maka seluruh strategiperusahaan harus mengacu pada visi tersebut dantidak boleh dibalik, strategi dulu yang disusundahulu baru kemudian visi. Sebab hal ini dikhawatirkan strategi tidak akan efektif karenakomitemen dan arah tujuan seluruh orang dalamperusahaan berbeda dan terkotak-kotak dalamfunctional structure. Dalam mengkomunikasikan visiperan leadership sangat menentukan.
  • Effective 1. Simplicitycommunication 2. Metaphor, analogyof vision and example 3. Multiple forum 4. Repetition 5. Leadership by example 6. Explanation of seeming inconsistencies 7. Give and take
  • Definisi StrukturOrganisasi Struktur organisasi mendefinisikan cara tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal. Struktur suatu organisasi menggambarkan bagaimana organisasi itu mengatur dirinya sendiri, bagaimana mengatur hubungan antar orang dan antar kelompok. Struktur suatu organisasi ada kaitannya dengan visi dan misi, sebab struktur organisasi itu adalah cara organisasi itu mengatur dirinya untuk bisa mencapai visi dan misi yang ingin dicapainya.
  • Elemen 1. Adanya spesialisasi kegiatan kerjaStruktur 2. Adanya standardisasiOrganisasi kegiatan kerja 3. Adanya koordinasi kegiatan kerja 4. Besaran seluruh organisasi.
  • 1. Struktur OrganisasiBentuk-Bentuk Menurut FungsiStruktur 2. Struktur OrganisasiOrganisasi : Menurut Produk / Pasar 3. Struktur Organisasi Matrix / Matriks
  • PT.GarudaIndonesia Tbk Visi Perusahaan Menjadi perusahaan penerbangan pilihan utama di Indonesia yang berdaya saing internasional. Misi Perusahaan Memberikan layanan dan jasa angkutan udara yang memberikan kepuasan kepada pengguna jasa secara terpadu dan profesional dan didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten.
  • Struktur Organisasi