Your SlideShare is downloading. ×
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Sinka Sinye Agrotama
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Sinka Sinye Agrotama

1,075

Published on

Perusahaan Pupuk Organik Terbesar di Asia Tenggara

Perusahaan Pupuk Organik Terbesar di Asia Tenggara

Published in: Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,075
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
16
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PT. SINKA SINYE AGROTAMA SINGKAWANGProdusen Pupuk Organik Terbesar di Asia Tenggara
  • 2. putra singkawangTetiono adalah anak pertama dari enam bersaudara, lahir di Singkawang pada 4 Agustus1962 dengan nama pemberian orangtuanya Lim Tet Lung Bermula dari beternak ayam raspetelur yang sudah berjalan sejak 1989, Populasi ayam yang terus meningkat hinggajutaan ekor, dengan sendirinya menyediakan bahan baku pupuk organik yang melimpah.Tetiono mulai membuat pupuk organik berbahan dasar kotoran ayam pada tahun 2003.Pada tahun 2003 – 2004 marak penyakit u burung menyerang peternakan unggas diIndonesia. Kotoran unggas dianggap sebagai salah satu media penyebarannya. Ataspersoalan ini, muncul ide membuat pupuk organik berbahan kotoran ayam yang bebasdari kontaminasi u burung dengan teknologi fermentasi dan pemanasan. “Kebutuhan pupuk (kimia maupuan organik) di Indonesiaakan terus meningkat – seiring sejalan dengan perkembangandunia pertanian kita. Pupuk organik lebih ramah lingkungan, dan sesuai dengan kecenderungan pertanian masa depan.” (Tetiono)
  • 3. produkbersertifikatBentuk pupuk organik yang diproduksi SSA SSA juga melakukan uji kandungan produk diterdiri dari butiran (granule), tepung (powder) laboratorium milik sendiri dan secara berkala didan cair (liquid). Seluruh produk sudah menda- laboratorium PT. Superintending Company ofpatkan nomor pendaftaran dari Pusat Perizinan Indonesia (SUCOFINDO). Pengujian mutu jugadan Investasi Departemen Pertanian, dan Serti - dilakukan pada demo plot - demo plot milikkat Hak Merek oleh Direktur Jenderal Hak petani serta pada lahan uji coba dan greenKekayaan Intelektual Departemen Hukum Hak house yang terletak di dalam areal pabrik.Asasi Manusia.Pupuk organik SSA juga mendapatkan ‘Serti kat Saat ini pemasaran pupuk organik SSA sudahHalal’ dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalim- merambah perkebunan-perkebunan sawit diantan Barat, yang menerangkan bahwa pupuk Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Kalimantanorganik SSA tidak berasal dari kotoran hewan Timur, dan Kalimantan Barat sendiri. Pupukyang diharamkan. organik yang diperuntukkan tanaman pangan, hortikultura dan lapangan golf umumnya masukUji mutu produk SSA dilakukan oleh Balai Peneli- Jawa, Singapura, Batam dan Kalimantan.tian Tanah Bogor, sedangkan pengujian efekti -tas lapangan dilakukan oleh DepartemenAgronomi dan Hortikultura Institut PertanianBogor (IPB).
  • 4. bermula dari ayamPT. Sinka Sinye Agrotama (SSA) adalah anak perusahaan dari Sujaya Group yang berlokasi diSingkawang – Kalimantan Barat, Indonesia. Bermula dari usaha keluarga berupa poultry shoppuluhan tahun silam, berdagang jagung dan sarana produksi peternakan lainnya. Laluberkembang mempunyai peternakan ayam ras petelur dari skala kecil hingga sekarang hampir 3juta ekor. Ditambah dengan breeding farm ayam pedaging, maka kotoran dari ‘kandang sendiri’bisa mencapai puluhan ton per hari. Belum lagi potensi kotoran dari peternakan yang lain, yangtotal populasi ayam petelur di Singkawang sekitar 5 juta ekor. Lebih dari 90% pasokan telur ayamras untuk Kalbar datang dari Singkawang.
  • 5. organik & hayati
  • 6. Pada tahun 2006 dibangun pabrik pupuk dengankapasitas produksi mencapai 1.000 ton/bulan. Untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, pada2007 dibangun unit pabrik kedua dengan rangkaian mesin produksi berteknologi modern. Total mesinproduksi SSA ada 2 line, sehingga kapasitas produksi pupuk organik mencapai 1.000 ton/hari atau 360.000 ton/tahun. Bahan bakunya adalah kompos (kotoran ayam),humus (sisa organik/tumbuhan), batuan kapur danzeolit. Pada prinsipnya unsur makro dan mikro dari bahan-bahan alam tersebut diolah sehinggakomposisinya sesuai kebutuhan tanaman. Kemudian ditambahkan bakteri pengaktif hara tanah yang disebut bioaktivator, sehingga nutrisi tanah siapdimakan oleh tanaman. Oleh sebab itu, pupuk yang demikian ini populer diberi istilah bio-fertilizer.
  • 7. teknologi modern Kapasitas mesin terpasang 1000 ton/hari atau 360.000 ton/tahun Realisasi produksi tertinggi 500 ton/haritenaga kerjaMenyerap 200 orang tenaga kerja
  • 8. produksi Nilai Investasi Rp 235 milyar Kunjungan Komisi IV DPR RI
  • 9. produk SSAPenggunaan pupuk organik SSA Penggunaan pupuk organik SSAdi Kabupaten Kubu Raya di Kota Singkawang
  • 10. produk SSAPenggunaan pupuk organik SSA Petani jeruk di Kabupaten Sambaspada jagung di lahan pertanian SSA yang menggunakan pupuk organik SSA

×