Sejarah - Pengertian Sumber, Bukti & Fakta Sejarah

  • 22,360 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
22,360
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
97
Comments
1
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. By : Ramadhani Sardiman X.2_SMAN 3 Padang
  • 2. Sumber SejarahBeberapa pendapat menurut para ahli :R. Moh Ali Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah sejak zaman purba sampai sekarang.Zidi Gozalba Sumber sejarah adalah warisan yang berbentuk lisan, tertulis, dan visual.M. Yamin Sumber sejarah adalah kumpulan benda kebudayaan untuk membuktikan sejarah. Dapat disimpulkan bahwa sumber sejarah adalah segala warisan kebudayaan yang berbentuk lisan, tertulis, visual serta dapat digunakan untuk mencari kebenaran, baik yang terdapat sejak zaman prasejarah maupun sekarang.
  • 3. Bukti SejarahBukti sejarah adalah segala Bukti sejarah terbagi menjadi 2 :sesuatu yang terkait langsung 1. Bukti tertulisdengan terjadinya peristiwa Bukti tertulis adalah sumbertertentu yang keasliannya sudah sejarah yang memuat fakta-faktatidak diragukan lagi karena telah sejarah secara jelas.melalui tahap verifikasi dankritik. Ia bisa berujud benda 2. Bukti tidak tertulismaterial atau hasil rekaman Bukti tidak tertulis sudah tentu(tertulis, suara atupun visual) tidak berwujud benda konkret,dari kesaksian orang yang tapi tetap mengandung unsur-mengalami atau mengetahui unsur sejarah. Bukti tidak tertulislangsung peristiwa tersebut. dapat berupa cerita atau tradisi.
  • 4. Fakta SejarahPengertian fakta sejarah menimbulkan banyak pendapat dari para sejarawan. Pendapat umum yang selama ini berkembang menyatakan bahwa fakta adalah apa yang benar-benar telah terjadi dan fakta sebagai bukti-bukti dari apa yang telah benar-benar terjadi.Menurut Patrick Gerdiner, pengertian itu adalah salah. Menurut Gerdiner, bukti-bukti dari apa yang telah terjadi di masa lalu itu belum merupakan suatu kebulatan gambaran tentang peristiwa masa lampau. Jadi lebih bersifat sebagai data yang berserakan yang menyebabkan kita sering ragu, apakah itu benar-benar bukti dari peristiwa yang kita cari itu. Dengan kata lain untuk bisa membuat pernyataan bulat bahwa sesuatu peirstiwa di masa lampau benar-benar telah terjadi, diperlukan suatu proses untuk mengumpulkan dan kemudian menguji bukti-bukti tersebut, melalui kegiatan kritik sumber terutama untuk menentukan kebenarannya. Hasil dari proses inilah baru bisa kita namakan sebagai fakta sejarah.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fakta sejarah merupakan keterangan baik itu lisan, tertulis, atau berupa benda-benda peninggalan sejarah yang kita peroleh dari sumber-sumber sejarah setelah disaring dan diuji dengan kritik sejarah.