• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Geografi - Gelombang & Arus Laut
 

Geografi - Gelombang & Arus Laut

on

  • 6,353 views

 

Statistics

Views

Total Views
6,353
Views on SlideShare
6,353
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
110
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Geografi - Gelombang & Arus Laut Geografi - Gelombang & Arus Laut Presentation Transcript

    • TUGAS GEOGRAFINama : Ramadhani SardimanKelas : X.2
    • GELOMBANG LAUT
    • Gelombang adalah pergerakan naik dan turunnya air denganarah tegak lurus permukaan air laut yang membentukkurva/grafik sinusoidal.Gelombang laut disebabkan oleh angin. Angin di atas lautanmentransfer energinya ke perairan, menyebabkan riak-riak,alun/bukit, dan berubah menjadi apa yang kita sebut sebagaigelombang.
    • Ada dua tipe gelombang, bila dipandang dari sisi sifat-sifatnya.Yaitu: Gelombang pembangun/pembentuk pantai (Constructive wave)Yang termasuk gelombang pembentuk pantai, bercirikan mempunyai ketinggiankecil dan kecepatan rambatnya rendah.Sehingga saat gelombang tersebut pecah di pantai akan mengangkut sedimen(material pantai). Material pantai akan tertinggal di pantai (deposit) ketika aliranbalik dari gelombang pecah meresap ke dalam pasir atau pelan-pelan mengalirkembali ke laut. Gelombang perusak pantai (Destructive wave)Sedangkan gelombang perusak pantai biasanya mempunyai ketinggian dankecepatan rambat yang besar (sangat tinggi).Air yang kembali berputar mempunyai lebih sedikit waktu untuk meresap kedalam pasir.Ketika gelombang datang kembali menghantam pantai akan ada banyak volumeair yang terkumpul dan mengangkut material pantai menuju ke tengah laut atauke tempat lain.
    • ARUS LAUT
    • Arus laut (sea current) adalah gerakan massa air laut dari satutempat ke tempat lain baik secara vertikal (gerak ke atas) maupunsecara horizontal (gerakan ke samping).Terjadinya arus di lautan disebabkan oleh dua faktor utama, yaitufaktor internal dan faktor eksternal.Faktor internal seperti perbedaan densitas air laut, gradientekanan mendatar dan gesekan lapisan air.Sedangkan faktor eksternal seperti gaya tarik matahari dan bulanyang dipengaruhi oleh tahanan dasar laut dan gaya coriolis,perbedaan tekanan udara, gaya gravitasi, gaya tektonik dan angin
    • Pond dan Pickard 1983 mengklasifikasikan gerakan massa air berdasarkanpenyebabnya, terbagi atas :a. Gerakan dorongan anginKecepatan arus yang dibangkitkan oleh angin memiliki perubahan yangkecil seiring pertambahan kedalaman hingga tidak berpengaruh samasekali.b. Gerakan termohalinPerubahan densitas timbul karena adanya perubahan suhu dan salinitasantara 2 massa air yang densitasnya tinggi akan tenggelam danmenyebar dibawah permukaan air sebagai arus dalam dan sirkulasinyadisebut arus termohalin.c. Arus PasutArus yang disebabkan oleh gaya tarik menarik antara bumi dan bendabenda angkasa. Arus pasut ini merupakan arus yang gerakannyahorizontal.
    • d. TurbulensiSuatu gerakan yang terjadi pada lapisan batas air dan terjadikarena adanya gaya gesekan antar lapisan.e. TsunamiSering disebut sebagai gelombang seismic yang dihasilkan daripergeseran dasar laut saat terjadi gempa.f. Gelombang lain ; Internal, Kelvin dan Rossby/Planetary.
    • PASANG NAIK & PASANG SURUT
    • Pasang laut adalah naik atau turunnya posisi permukaan perairanatau samudera yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulandan matahari.Ada tiga sumber gaya yang saling berinteraksi: laut, matahari, danbulan.Pasang laut menyebabkan perubahan kedalaman perairan danmengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang,sehingga perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan dalamnavigasi pantai.Wilayah pantai yang terbenam sewaktu pasang naik dan terpaparsewaktu pasang surut, disebut mintakat pasangs.
    • Periode pasang laut adalah waktu antara puncak atau lembahgelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya.Panjang periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menithingga 24 jam 50 menit.
    • Penyebab Pasang LautPasang laut merupakan hasil dari gaya gravitasi dan efek sentrifugal.Efek sentrifugal adalah dorongan ke arah luar pusat rotasi (bumi).Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa tetapiberbanding terbalik terhadap jarak. Meskipun ukuran bulan lebihkecil dari Matahari, namun gaya gravitasi bulan dua kali lebih besardaripada gaya tarik Matahari dalam membangkitkan pasang surutlaut karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak Matahari kebumi.Gaya gravitasi menarik air laut ke arah bulan dan Matahari danmenghasilkan dua tonjolan pasang surut gravitasional di laut.Lintang dari tonjolan pasang surut ditentukan oleh deklinasi, sudutantara sumbu rotasi bumi dan bidang orbital bulan dan Matahari.
    •  Pasang laut purnama (spring tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang sangat tinggi dan pasang surut yang sangat rendah. Pasang laut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama. Pasang laut perbani (neap tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang rendah dan pasang surut yang tinggi. Pasang laut perbani ini terjadi pada saat bulan seperempat dan tigaperempat.
    • SALINITAS
    • Salinitas adalah tingkat keasinan atau kadar garam terlarutdalam air. Salinitas juga dapat mengacu pada kandungangaram dalam tanah. Salinitas air berdasarkan persentase garam terlarutAir tawar Air payau Air saline Brine < 0,05 % 0,05—3 % 3—5 % >5 %
    • Kandungan garam pada sebagian besar danau, sungai, dansaluran air alami sangat kecil sehingga air di tempat inidikategorikan sebagai air tawar.Kandungan garam sebenarnya pada air ini, secara definisi,kurang dari 0,05%. Jika lebih dari itu, air dikategorikan sebagai airpayau atau menjadi saline bila konsentrasinya 3 sampai 5%.Lebih dari 5%, ia disebut brine.Air laut secara alami merupakan air saline dengan kandungangaram sekitar 3,5%. Beberapa danau garam di daratan danbeberapa lautan memiliki kadar garam lebih tinggi dari air lautumumnya. Sebagai contoh, Laut Mati memiliki kadar garamsekitar 30%.
    • PERBEDAAN WARNA AIR LAUT
    • Warna air laut ditentukan oleh kekeruhan air laut itu sendiri darikandungan sedimen yang dibawa oleh aliran sungai.Pada laut yang keruh, radiasi sinar matahari yang dibutuhkanuntuk proses fotosintesis tumbuhan laut akan kurangdibandingkan dengan air laut jernih.Pada perairan laut yang dalam dan jernih, fotosintesistumbuhan itu mencapai 200 meter, sedangkan jika keruh hanyamencapai 15 – 40 meter. Laut yang jernih merupakanlingkungan yang baik untuk tumbuhnya terumbu karang daricangkang binatang koral.Air laut juga menampakan warna yang berbeda-bedatergantung pada zat-zat organik maupun anorganik yang ada.
    • Ada beberapa warna-warna air laut karena beberapa sebab:a. Pada umumnya lautan berwarna biru, hal ini disebabkan olehsinar matahari yang bergelombang pendek (sinar biru) dipantulkanlebih banyak dari pada sinar lain.b. Warna kuning, karena di dasarnya terdapat lumpur kuning,misalnya sungai kuning di Cina.c. Warna hijau, karena adanya lumpur yang diendapkan dekatpantai yang memantulkan warna hijau dan juga karena adanyaplanton-planton dalam jumlah besar.d. Warna putih, karena permukaannya selalu tertutup es seperti dilaut kutub utara dan selatan.
    • e. Warna ungu, karena adanya organisme kecil yangmengeluarkan sinar-sinar fosfor seperti di laut ambon.f. Warna hitam, karena di dasarnya terdapat lumpur hitam sepertidi laut hitam.g. Warna merah, karena banyaknya binatang-binatang kecilberwarna merah yang terapung-apung.
    • Terima kasih