Your SlideShare is downloading. ×
Biologi - Gangguan & Kelainan Pada Hati Manusia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Biologi - Gangguan & Kelainan Pada Hati Manusia

30,542
views

Published on


0 Comments
7 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
30,542
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
237
Comments
0
Likes
7
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. TUGAS BIOLOGIGANGGUAN & KELAINAN PADA HATI MANUSIA Ramadhani Sardiman XI IPA 3 SMAN 3 Padang
  • 2. Hati (liver) merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Di dalam hati terjadi proses-prosespenting bagi kehidupan kita, yaitu proses penyimpanan energi, pembentukan protein dan asamempedu, pengaturan metabolisme kolesterol, dan penetralan racun atau obat yang masuk dalamtubuh kita. Apabila fungsi hati terganggu maka akan terjadi dampak yang kompleks pada kesehatantubuh. Berikut akan dipaparkan beberapa gangguan dan kelainan pada hati.Penyakit hati bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : Kerusakan-kerusakan bawaan sejak lahir atau kelainan-kelainan hati yang hadir pada kelahiran. Kelainan-kelainan metabolisme atau kerusakan dalam proses dasar tubuh. Infeksi-infeksi virus atau bakteri, misalnya hepatitis virus. Ditularkan melalui makanan & minuman yang terkontaminasi, suntikan, tato, tusukan jarum yang terkontaminasi, kegiatan seksual, dll. Alkohol atau keracunan oleh racun. Karena alkohol bersifat toksin bagi hati. Obat-obat terentu yang merupakan racun bagi hati. Kekurangan Gizi (nutrisi). Trauma atau luka.Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang hati, antara lain : 1. Hepatitis Adalah peradangan pada hati, dapat disebabkan karena minum alkohol berlebihan dan penyalahgunaan obat-obatan atau terlalu banyak dosis. Bisa juga terinfeksi virus hepatitis yang dapat menyebabkan komplikasi pada organ hati. Macam-macam hepatitis adalah :  Hepatitis A, timbul kerusakan berat pada jaringan organ hati secara mendadak yang disebabkan karena virus Hepatitis A yang ada di air kotor, kerang atau juga ternak.  Hepatitis B, timbulnya kerusakan pada jaringan organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B yang umumnya terdapat pada orang dewasa. Dan jika sistem kekebalan tubuh kita menurun, virus ini dapat aktif dalam tubuh. Bisa menular melalui kontak darah, keringat, dan air liur.  Hepatitis C, kerusakan organ hati karena terinfeksi Virus Hepatitis C yang biasanya ditularkan secara langsung dari satu orang ke orang lain lewat darah, jarum suntik, atau ibu hamil pada janinnya.
  • 3.  Hepatits D, Hepatitis D Virus (HDV) atau virus delta adalah virus yang unik, yang tidak lengkap dan untuk replikasi memerlukan keberadaan virus Hepatitis B. Penularan melalui hubungan seksual, jarum suntik dan transfusi darah. Gejala penyakit hepatitis D bervariasi, dapat muncul sebagai gejala yang ringan (ko-infeksi) atau amat progresif.  Hepatitis E, gejala mirip hepatitis A, demam, pegal linu, lelah, hilang nafsu makan, dan sakit perut. Penyakit yang akan sembuh sendiri (Self-Limited), kecuali bila terjadi pada saat kehamilan, khususnya trimester ketiga, dapat mematikan. Penularan melalui air yang terkontaminasi feses.  Hepatitis F, baru ada sedikit kasus yang dilaporkan. Saat ini para pakar belum sepakat hepatitis F adalah penyakit hepatitis yang terpisah.  Hepatitis G, gejala serupa Hepatitis C, seringkali infeksi bersamaan dengan hepatitis B dan/atau C. Tidak menyebabkan hepatitis fulminan ataupun hepatitis kronik. Penularan melalui transfusi darah dan jarum suntik. Gejala secara umum untuk hepatitis :  Lemah, letih, lesu dan nyeri otot.  Demam ringan.  Mual, kurang nafsu makan, dan tubuh menguning (mata dan kulit menguning).  Kencing berwarna gelap, kotoran berwarna pucat, kadang-kadang gejala sangat ringan seperti flu.  Warna kuning yang timbul pada mata, kulit, disertai demam, cepat lelah dan pusing, juga bisa disertai pingsan.2. Penyakit Kuning (Jaundice) Gejala yang ditunjukkan pada penderita baik dewasa maupun anak-anak dengan kulit dan mata yang kuning. Sakit kuning merupakan gejala awal pada gangguan fungsi liver (hati), penyumbatan saluran empedu atau disebabkan obat-obatan yang mengganggu fungsi hati, atau pada saat adanya gangguan metabolisme bilirubin (substansi yang diproduksi pecahan sel darah merah). Warna kuning yang timbul pada kulit dan mata disebabkan karena meningkatnya kadar bilirubin dalam tubuh sehingga mengganggu kerja organ liver.
  • 4. 3. Sirosis Hati (Pengerasan Organ Hati) Penyakit hati kronik yang dianggap dalam dunia kedokteran penyakit irreversible, ditandai dengan kerusakan pada jaringan hati. Namun masih diusahakan perbaikan, untuk menunda proses kerusakan lebih lanjut. Gejalanya :  Kembung, banyak angin di perut, nyeri pada daerah ulu hati.  Perut mengeras dan membesar.  Demam dan meriang, juga sulit untuk bergerak. Penyebabnya :  Kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan dan minuman ber-alkohol.  Infeksi oleh virus dan bakteri.  Adanya sel tumor dan kanker, sehingga menghambat kerja organ liver.  Penumpukan racun dalam tubuh yang berlebihan dan kurang istirahat.4. Kanker Hati Merupakan kelainan hati yang disebabkan oleh berkembangnya sel-sel kanker pada jaringan hati. Kanker ini sebagai komplikasi akhir dari hepatitis kronis karena virus Hepatitis B, C, dan Hemokromatis.
  • 5. 5. Perlemakan Hati Merupakan kelainan hati akibat adanya penimbunan lemak yang melebihi 5% dari berat hati, sehingga lemak ini membebani lebih dari separuh jaringan hati. Perlemakan hati sering berpotensi menjadi penyebab sirosis hati. Kelainan ini dapat dipicu oleh konsumsi alkohol yang berlebih.6. Kolestasis Merupakan keadaan akibat terjadinya kegagalan hati dalam memproduksi atau pengeluaran empedu. Kolestasis dapat menyebabkan gagalnya penyerapan lemak dan vitamin A, D, E, dan K oleh usus, juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan asam empedu, bilirubin dan kolesterol di hati.7. Hemokromatosis Merupakan kelainan metabolisme yang ditandai dengan adanya pengendapan besi secara berlebihan dalam jaringan. Penyakit ini bersifat genetik atau keturunan. Terima Kasih