B. Indonesia - KD 8.2 Prinsip Penulisan Resensi

2,780 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,780
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
92
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

B. Indonesia - KD 8.2 Prinsip Penulisan Resensi

  1. 1. RESENSI
  2. 2. RESENSI istilah resensi berasal dari bahasa Belanda, resentie yangberarti kupasan atau pembahasan. Jadi resensi adalah KUPASAN ataupembahasan tentang buku, film, atau drama yang biasanya di siarkanmelalui media masa. Seperti surat kabar atau majalah. Pada kamusSinonim Bahasa Indonesia, disebutkan bahwa resensi adalahpertimbangan pembicaraan, atau ulasan buku.
  3. 3. TUJUAN RESENSI Yaitu memberi informasi kepada masyarakat akankehadiran suatu buku, apakah ada hal yang baru dan pentingatau hanya sekedar mengubah buku yang sudah ada.
  4. 4. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU Yaitu objek resensi tetapi pengungkapannnyaharuslah merupakan penilaian yang objektif danbukan menurut selera pribadi si pembuat resensi.Umumnya di akhir ringkasan terdapat nilai-nilaiyang dapat di ambil hikmahnya. Pembuat resensidisebut resensator.
  5. 5. SASARAN RESENSI Yaitu mengulas dan menguraikan buku ataukarya sastra secara objek melaului langkah-langkah berikut ini.1.Jenis bukuDalam mengulaskan bukun disebutkan apakahbuku tersebut termasuk fiksi atau non fiksi2.BentukMembicarakan bentuk buku dalammeresensi,mengulas tentang
  6. 6. 1. Judul2. Karya atau pengarangnya3. Penerbitnya apa4. Tahun terbit atau cetakan keberapa5. Ukuran buku6. Kertas yang dipakai
  7. 7. 3. isi bukuA. Bila buku non fiksi atau ilmiah, kajiannya perunit dan perbab, disampaikan secara umum.B. Bila buku fiksi atau karya sastra, ulasan ditujukan pada unsur ektrinsik dan intrinsik4. Keunggulan dan kelemahan bukuResensi yang baik mengemukakan segala kelebihan dan keunggulanbuku atau sastra kepada orang lain.
  8. 8. 5. KesimpulanKesimpulan memberikan jawaban kepada pembanca, patut atau tidak nyasebuah buku untuk dibaca6. Pertimbangan dan komentarPenulis mengemukakan pendapat terhadap buku layak atau tidaknya untukdibaca sehingga orang lain mengetahuinya.
  9. 9. Meresensi memerlukan pengetahuan dan pendekatan tertentukarena resensi tidak saja digunakan untuk buku yang baru terbit, tetapijuga digunakan pada karya sastra lainnya: resensi film, resensipementasan drama, resensi musik, pameran, dll sebagaibnya. Untukmengetahui pendekatan yang digunakan untuk meresensi, Thahar(2008:94) mengemukakan sebagai berikut
  10. 10. “Ada beberapa pendekatan dalam penulisan resensi,terutama resensibuku,. Namun secara garis besar adalah setidaknya ada 2 bentuk penulisanresensi yaitu (1)metode objektif (2) metode subjektif impresionistik.Metode objektif, lebih menekan kan pada isi buku dan pengarangnya.Melaporkan apa-apa yang penting dan baru yang telah ditulis olehpengaarang pada buku itu. Sedangkan metode subjektif atau imresionistislebih cenderung menonjolkan kesan atau pendapat pribadi bagi penulisberdasarkan pengetahuan dan pengalamannya terhadap apa yang di bahasatau diceritakan buku itu.”
  11. 11. Resensi disampaikan dan diinformasikan dengan netral dandisampaikan dengan baik menurut porsinya. Tulisan ini akandijadikan pertimbangan dan penilaian oleh audience.
  12. 12. Terima Kasih

×