Sim bab 6 teori
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sim bab 6 teori

on

  • 256 views

 

Statistics

Views

Total Views
256
Views on SlideShare
256
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
2
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Sim bab 6 teori Sim bab 6 teori Presentation Transcript

    • BAB 6Sistem Manajemen Basis Data Asri Alam Mukodas 0211 11 159 Dr. Wonny A,R,MM,SE Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan
    •  Memahami hierarki data. Memahami struktur basis data dan cara kerjanya. Mengetahui bagaimana cara menghubungkan tabel bersama-sama di dalam suatu basis data. Mengenal perbedaan antara basis data dan sistem manajemen basis data.. Memahami konsep basis data. Mengetahui dua metode dasar untuk .menentukan kebutuhan data. Memahami diagram hubungan-entitas (entity-relationship diagram ) dan diagram kelas (class diagram). Mengetahui dasar-dasar laporan dan formulir. Memahami perbedaan dasar antara bahasa query terstruktur (structured query language) dan query menurut contoh (query-by-example). Mengetahui personel-personel penting yang terkait dengan basis data. Mengetahui manfaat dan biaya sistem manajemen basis data.
    • Komputer pada awalnya digunakan untukmemecahkan masalah-masalah yang membutuhkan kalkulasiangka yang rumit dan membosankan. Sehingga perusahaanmembutuhkan jumlah input dan output yang sangat besar.Konsep “data” telah dipecah dan dikurangi menjadi konsepyang lebih kecil.
    • Konsep-konsep data yang lebih kecil akanmenyediakan balok-balok pembangun yang dapatdikombinasikan untuk menghasilkan kembali data awaldalam suatu bentuk yang terorganisasi dan dapat diakses.Perusahan sering kali membutuhkan computer untukmemecahkan masalah yang sama, dengan input yangberbeda.
    • Hirearki Data Data bisnis secara tradisional telah diorganisasikan ke dalam suatu hierarki field-field datayang bergabung untuk membentuk record, dan recordyang bergabung untuk membentuk file, yangmenciptakan organisasi mendasar dari seluruh datayang di pergunakan dalam pengambilan keputusandengan bantuan computer.
    • Sreadsheet sebagai Basis Data SederhanaTabel yang berisi baris dan kolom dapat di sajikan dalam suatuspreadsheet. Contohnya file yang dapat kita sebut MATAKULIAH. Tabel MATA KULIAHKODE URAIANMIS105 Literasi Sistem InformasiMIS315 Sistem Manajemen Basis DataPOM250 Pengantar Manajemen OperasiMGT300 Pengantar ManajemenMKT300 Pengantar PemasaranMKT444 Riset PemasaranSTA230 Statistik Deskriptik
    • Flat Files Kita perlu mendifinisikan satu jenis tabel tertentu, yaitu flatfile. File Datar (flat file) adalah suatu tabel yang tidak memiliki kolom-kolom yang berulang.Ada beberapa alasan kolom-kolom yang berulang melanggarpersyaratan bagi flat file : Alasan dari sebuah tabel harus menjadi flat file karena, computer membaca field-field data dari suatu record secara berurutan. Ketika urut-urutan ini bukan merupakan suatu urutan yang konstan, computer tidak akan dapat membaca record dengan benar. Alasan kedua untuk flat file adalah bahwa ia memungkinkan struktur basis data relasional untuk dinormalisasi.
    • Field-field Kunci Kunci (key) di dalam suatu tabel adalah satu field (ataukombinasi field) yang berisi satu nilai yang secara unikmengidentifikasi masing-masing record di dalam tabel. Ini artinyabahwa setiap baris dalam tabel akan teridentifikasi secara unik.Satu field dalam banyak kasus dapat menjadi kunci bagi suatutabel. Beberapa tabel mungkin memilki dua field yangmerupakan kandidat untuk menjadi kunci. Kandidat kunci (keycandidate) adalah sebuah field yang secara unikmengindentifikasi masing-masing baris tabel namun tidak dipilihuntuk menjadi kunci, field Uraian akan secara unikmengidentifikasikan masing-masing baris. Namun, field Kode-lahyang dipilih untuk menjadi kunci.
    • Tabel-tabel yang berhubungan Dengan adanya tabel-tabel MATAKULIAH. tabel-tabel tersebut berbagi satu fieldyang sama, yaitu kode, dan nilai field kodemenentukan baris-baris mana di dalam tabelyang bergabung secara logis.
    • TABEL JURUSANSINGKATAN NAMA LOKASI TELEPONISDM Sistem Informasi dan Manajemen Operasi Cameron Hall 910-3600MGTMKT Manajemen dan pemasaran Cameron Hall 910-4500ACGFIN Akuntansi dan Keuangan Dobo Hall 910-1800ECN Ilmu Ekonomi Randall 910-0900INT Bisnis Internasional Dobo Hall 910-0900
    • Struktur Basis Data Struktur basis data adalah cara data diorganisasi agar pemprosesan data menjadi lebihefisien. Struktur ini kemudian diimplementasikanmelalui suatu system manejemen basis data. Didalam struktur basis data terdapat 3 struktur standar :
    • 1. Struktur Basis Data Hierarkis System manajemen basis data yang pertama,IDS (Integrate Data store) dikembangkan oleh GEpada tahun 1964, mengikuti suatu struktur basisdata hierarkis. Struktur hierarkis ini di bentuk olehkelompok-kelompok data, subkelompok, danbeberapa subkelompok lagi.
    • 2. Struktur Basis Data Jaringan Dikembangkan untuk memungkinkanpenarikan record-record tertentu. Struktur jaringanmemecahkan permasalahan keharusan untukmenarik balik hingga kembali ke “cabang” yangmenyatukan basis data. Secara konseptual, setiaprecord dalam basis data dapat menunjuk ke semuarecord lain di dalam basis data.
    • 3. Struktur Basis Data Relasionalanisasi Organisasi masih membutuhkan cara untukmengatasi masalah-masalah manajeril dalampenggunaan basis data, yakni merekamembutuhkan cara untuk dapat focus padasubkelompok kecil data dan hubungan darisepotong data ke data yang lain tanpa harusmelakukan navigasi melalui record data perantaradalam jumlah besar.
    • Basis Data Jadwal Inflementasikan pada prangkat lunak sistemmanajeman basis data Microsoft exceL ini akan serupa padasetiap produk basis data relasional lainnya. Inflementasidapat sedikit berbeda, tetapi semua mempergunakanstruktur yang sama. Kode adalah suatu file teks, dimana iadapat memuat huruf, dan simbol. File tersebut dibatasihingga delapan karakter saja.Definisi DBMS Access akan mensyaratkan tiga karakteryang pertama berupa huruf dan tiga karakter terakhir berupadigit.
    • Konsep Basis Data Ketika penggunaan memikirkan record didalam suatu basis data, mereka secara intuitif akanmenampilkan sebuah laporan yang mencerminkanurutan-urutan penyimpanan record di dalam distcomputer intregrasi logis, record-record yangmelintasi berbagai lokasi fisik ini disebut konsepbasis data atau (data base concept).
    • Lokasi fisik pada media penyimpanan tidaktergantung pada persepsi pengguna akan lokasilogis. Dua sasaran utama dari konsep basis dataadalah untuk meminimalkan pengulangan data danuntuk memperoleh independensi data, adalahkemampuan untuk melakukan perubahan padastruktur data tanpa melakukan perubahan padaprogram-program aplikasi yang memproses data
    • Program komputer untuk memprosespesanan pembelian adalah program yang terpisahdari data pesanan pembelian yang disimpan dalambasis data. Secara exsplisit menyatakan format datatidak diperlukan penulisan ulang kode computerlagi, karena satu-satunya perubahan hanyalah padadefinisi dari file tersebut di dalam basis data kamusdata (dictionary) mencakup definisi-definisi dari datayang disimpan di dalam basis data dan dikendalikanoleh system manajeman basis data.
    • Menentukan Kebutuhan Data Menentukan data yang diperlukan dandisimpan adalah langkah penting dalammencapai suatu sistem informasi berbasiskomputer. Dengan mengunakan duapendekatan yaitu pendekatan yangberorientasi pada proses dan pemodelanperusahaan.
    • Pendekatan yang Berorientasi Pada Proses Untuk menentukan kebutuhan datanya, makaperusahaan tersebut akan menjalankan urutan-urutanlangkah seperti: 1. Mendifinisikan Masalah. 2. Mengidentifikasikan keputusan yang ditubuhkan. 3. Menjabarkan kebutuhan informasi. 4. Menentukan pemrosesan yang dibutuhkan. 5. Menentukan spesifikasi kebutuhan data.
    • Alasan mengapa pendekatan process-orientedkadang-kadang di sebut pendekatan problem-oriented karena dimulai dengan suatu masalah.kekuatan dari pendekatan process-orientedadalah pendekatan ini dapat mengatasi masalahdengan baik.
    • Pendekatan Pemodelan Perusahaan Kekuatan pendekatan pemodelan perusahaan adalah bahwa ia mengambil keuntungan dari sudut pandang sumber daya data perusahaan yang luas. Kelemahan adalah kesulitan dalam mengaitkan data dari satu masalah bisnis ke data dari masalah bisnis lainnya. Kelemahan ini dapat di atasi dengan menentukan seluruh kebutuhan data perusahaan dan kemudian menyimpan data tersebut dalam basis data.
    • Teknik-teknik Pemodelan Data Pemodelan kebutuhan data perusahaandidukung oleh teknik-teknik yang menguraikan data,bagaimana data diagregatkan ke dalam tabel, danbagaimana tabel dihubungkan satu sama lain.terdapat sejumlah teknik, namun kita akanmemusatkan perhatian hanya pada dua teknik saja: Diagram Relasi Entitas Diagram Kelas
    •  Diagram Relasi Entitas Kumpulan konseptual field-field data yang salingberhubungan ini disebut entitas (entities). Tabelmerupakan hasil dari pemecahan entitas menjadi unit-unitberukuran lebih kecil yang mengikuti aturan-aturan strukturbasis data. ERD adalah tingkat konseptualisasi data yanglebih tinggi dari pada tabel. Relasi ERD akan menunjukanjika satu record dalam satu entitas akan berhubungandengan satu atau lebih record di entitas yang lain.
    • PERUSAHAAN Mempekerjakan Menjual KARYAWAN PRODUKEntitas dan relasi
    •  Diagram Kelas Terdapat satu teknik di mana data yang digunakandalam aplikasi dan tindakan-tindakan yang terkait dengandata dapat di sajikan secara grafia. Teknik ini disebutdiagram kelas (class diagrams) terdiri atas kelas-kelas yangmemiliki nama, field-field, di dalam kelas. Diagram kelasmasih merupakan penyajian data konseptual di tingkat atas,namun penambahan tindakan-tindakan yang akan diambilatas data dapat membantu memperjelas rancangan spesifiktabel-tabel di dalam basis data.
    • MENGGUNAKAN BASIS DATA Kita biasanya berinteraksi dengan sebuahbasis data dari sebuah komputer pribadi meskipundata tersebut berada di tempat lain dalam jaringan,seperti : Formulir Laporan Query
    •  Formulir Mayoritas interaksi pengguna dengan basis dataadalah melalui laporan dan formulir. Perbedaan terbesarantara formulir dan laporan adalah dalam formatanya danformulir dapat digunakan untuk menghapus, menambah, ataumemodifikasi record-record basis data. Navigasi Pengguan dapat melalukan navigasi dari satu recordke record berikutnya dengan mempergunakan baris navigasiyang berada di bagian bawah formulir.
    •  Akurasi Formulir akan menjalankan definisi field data yangtelah ditentukan ketika basis data dibuat. Formulirmemberikan satu kesempatan untuk menyesuaikan nilai-nilai data pada aplikasi area bisnis tertentu, bukannya satuaturan nilai umum yang berlaku bagi keseluruhan penggunabasis data. Konsistensi adalah hal yang sangat penting ketika nilai-nilai fielddalam satu tabel dipergunakan untuk menggabungkanrecord-nya ke tabel yang lain.
    •  Penyaringan Membantu mengatasi kelebihan informasi. Ia jugadapat membatasi akses seorang pengguna terhadap data didalam basis data jika ada beberapa record tertentu yang ingindiharasiakan. Subformulir Mengilustrasikan kombinasi formulir dan subformuli,terdapat dua baris navigasi, satu untuk formulir, dan satu untuksubformulir. Subformulir membantu menjaga keakuratan dankonsistensi yang dibutuhkan dari data.
    •  Laporan Laporan adalah data teragregasi dari basisdata yang diformat dengan cara yang akanmembantu pengambilan keputusan.
    • Query Adalah suatu permintaan kepada basis data untukmenampilkan record-record yang dipilih. Query padaumumnya memilih field data dalam jumlah terbatas dankemudian membatasi record-record yang ditampilkanberdasarkan satu kumpulan kriteria tertentu. Konsep query-by-example (QBE) adalah suatu hal yang signifikasi karenapentingnya arti seorang manajer akses langsung atas nilai-nilai basis data, manajer dapat memanfaatkan QBE untukdapat dengan cepat menentukan data tertentu untukmemecahkan masalah.
    • Bahasa Query Terstruktur Bahasa Query Terstuktur atau Structured QueryLanguage (SQL) adalah kode yang digunakan oleh systemmanajemen basis data relasional untuk mengerjakanpekerjaan-pekerjaan basis data-nya. SQL telah menjadi topicyang penting karena dua alasan :1. Seiring dengan lebih banyak basis data yang dapat diakses melalui WEB .2. Para manajer perlu mengetahui bahwa menulis SQL bukanlah hal yang sulit bagi sebagian besar kebutuhan data mereka.
    • PEMRORESAN BASIS DATA LANJUTAN Pemroresan analitis on-line analytical processing(OLAP) telah menjadi hal yang semakin umum dalamperantik lunak system manajemen basis data.PERSONEL BASIS DATA Terdapat beberapa personel penting yang berkaitandengan basis data. Administrator basis data memilikitanggung jawab teknis maupun manajerial atas sumber dayabasis data. Pengguna akhir basis data adalah personel basisdata penting lainnya, pengguna akhir memberikan dampakyang sangat besar pada desain, penggunaan, dan efisiensibasis data.
    • Adminiatrator Basis Data Spesialis informasi yang ahli dalam mengembangkan,menyediakan, dan mengamankan basis data adalahadminiatrator basis data(database adminiatrator-DBA).Adminiatrator basis data mengawasi seluruh aktivitas basisdata.
    • Tugas-tugas DBA dapat dibagi menjadi empat areautama: Perencanaan Basis Data Mencakup bekerja dengan manajer-manajer areabisnis dalam mendefinisikan kebutuhan data perusahaan. Implentasi Basis Data Terdiri atas pembuatan basis data untuk mengikutispesifikasi dari system manajemen basis data yang dipilih,maupun menyiapkan dan melaksanakan kebijakan danprosedur bagi pengguna basis data.
    •  Operasi Basis Data Meliputi penawaran program-program pendidikan,bagi para pengguna basis data dan memberikan bantuanjika dibutuhkan. Keamanan Basis Data Meliputi pengawasan aktivitas basis data denganmenggunakan angka statistic yang di berikan oleh sistemmanajemen basis data.
    • PROGRAMER BASIS DATA Programmer Basis Data menunjukan spesialisasi danseleksi tingkat tinggi. Mereka seringkan kali memiliki lebihbanyak pengalaman dan pelatihan dari pada programmer-programer lain yang dimiliki oleh perusahaan. Programmerbasis data sering kali menuliskan kode untuk memecah ataumengagregasikan data bagi basis data. Keuntungannya adalah :1. basis data perusahaan hanya di akses satu kali saja.2. Pengguna tidak perlu mengakses sepenuhnya dari basis data perusahaan.3. Mengurangi terjadi nya kesalahan.
    • PENGGUNA AKHIR Pengguna akhir tidak dapat diabaikan sebagaipersonel penting yang berinteraksi dengan basis data.Mereka membuat laporan dan formulir, memberikan querykepada basis data, dan menggunakan jawaban daripertanyaan basis data mereka untuk pengambilankeputusan yang akan mempengaruhi perusahaan dan unsurpokok lingkungannya.
    • Keuntungan DBMS Keuntungan DBMS penting untuk dijelaskankembali di sini. DBMS memungkinkan perusahaan maupunpengguna perorangan untuk: Mengurangi pengulangan data. Mencapai Independensi Data. Mengambil data dan informasi dengan cepat. Keamanan yang lebih baik.
    • Kerugian DBMS Keputusan untuk menggunakan DBMS akan membuatperusahaan atau pengguna memberikan komitmennya untuk : Membeli peranti lunak yang mahal. Mendapatkan konfigurasi peranti keras yang besar. Mempekerjakan dan memelihara staf DBA.