Your SlideShare is downloading. ×

Makalah perencanaan pendidikan 2011

9,967

Published on

4 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
9,967
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
168
Comments
4
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. MAKALAH TUGAS MATA KULIAH PERENCANAAN PENDIDIKAN( Isu-isu tentang Pendidikan di Hari Pendidikan 2011) Oleh : Nama : Sylvester Saragih ( AFC 110 041 ) Melisa Flouira ( AFC 110 029 ) Jurusan : Ilmu Pendidikan dan Keguruan Prody : Administrasi Pendidikan UNIVERSITAS PALANGKA RAYA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2011
  • 2. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Di hari Pendidikan yang jatuh pada tanggal 02 Mei 2011 ini, berbagaimacam isu-isu pendidikan di Indonesia banyak sekali terjadi di masyarakatIndonesia. Di antaranya adanya tunjangan guru pedalaman dan tunjangansertifikasi guru. Hal ini akan membuat para guru akan bersemangat dalam menjalankantugasnya sebagai pengajar. Terutama bagi guru yang mengajar di pedalaman,karena mengingat gaji dan tunjangan daerah tenaga pengajar tersebut hampirtidak cukup memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Banyak keluhan yang di alami oleh para guru yang mengajar dipedalaman akibat tunjangan mereka sama seperti tunjangan guru yang mengajardi perkotaan, selain itu biaya hidup di di kawasan pedalaman lebih mahal diperkotaan. Untuk itu isu tentang kenaikan tunjangan guru dipedalaman sangatberarti bagi guru yanga mengajar di pedalaman. B. Rumusan Masalah 1. Apa yang menjadi faktor utama yang membuat guru pedalaman mengeluh akan pekerjaannya?
  • 3. 2. Apakah ada perbedaan kualitas guru pendidik di pedalaman dengan di perkotaan? 3. Bagaimana upaya solusi pemerintah mengatasi permasalahan tersebut? C. Tujuan Penulisan 1. Mendiskripsikan Perbedaan antara guru pedalaman dengan guru perkotaan? 2. Mendiskripsikan bahwa nasib guru di pedalaman sangat memperihatinkan! 3. Mendiskripsikan bahwa tunjangan guru di pedalaman sama dengan guru yang ada di perkotaan! D. Manfaat Penulisan 1. Bagi Pemerintah Bisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitaspendidikan di Indonesia dan juga kesejahteraan guru secara merata. 2. Bagi Guru Bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam pekerjaan,maksudnya paraguru dapat mempertimbangkan bila mana nantinya misalnya mereka ditempatkan di pedalaman.
  • 4. 3. . Bagi Mahasiswa Bisa dijadikan acuan dalam pendidikan mereka,terutama mahasiswa-mahasisiwi yang mengambil fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,bahwa jadiseorang guru itu tidaklah mudah. BAB II PEMBAHASAN A. Faktor utama permasalahan guru pedalaman Hal yang menyebabkan guru atau pun calon PNS yang mana merekanantinya ditempatkan dipedalaman atau di desa-desa terpelosok jauh dariperkotaan adalah masalah tunjangan honor mereka. Mereka yang ditempatkan dipedalaman mengeluh karena biaya hidup di daerah pedalamanrelatif mahal ketimbang di perkotaan,ditambah lagi honor yang sedikit danrumah dinas yang di berikan oleh Pemko sudah tak layak huni lagi, ini diakibatkan kondisi bangunan rumah dinas tersebut sudah sangatmemperihatikan sekali. Hal ini akan sangat berdampak buruk bagi kualitas mutu pendidikanyang ada di kawasan pedalaman tidak dapat berkembang akibat guru tidakmau mengajar di daerah tersebut. Ditambah lagi jaringan listrik PLN maupunsarana telekomunikasi, termasuk telepon seluler, belum bisa terjangkau didaerah pedalaman.
  • 5. B. Perbedaan Guru pedalaman dengan Guru perkotaan Perbedaan mungkin ada dalam taraf hidup antara guru pedalamandengan guru perkotaan,mungkin diantaranyan adalah tunjangan guru.Tunjangan guru di pedalaman sama dengan tunjangan guru diperkotaan, hal inimenyebabkan keluhan yang dialami oleh guru yang mengajar di pedalaman,biaya hidup di daerah pedalaman relatif mahal dari pada perkotaan,sedangkanhonor yang mereka terima sangat tidak sesuai dengan biaya hidup yang harusdi tanggung mereka. Hal ini menyebabkan banyak calon guru tidak mau di tempatkan didaerah pedalaman,a mengingat tunjangan honor yang diterima sangatlah tidaksesuai dengan biaya hidup di pedalaman, hal ini akan berdampak pada mutupendidikan yang ada di kawaan daerah pedalaman, akibat kurangnya tenagapengajar yang tidak mau ditempatkan di pedalaman tersebut. Berbeda dengan di perkotaan, biaya hidup mereka tidak terlalu relatifmahal di bandingkan di pedalaman, ditambah lagi suasa perkotaan tidak sepi,lagi jaringan listrik PLN maupun sarana telekomunikasi, termasuk teleponseluler, semuanya tersedia dibandingkan di daerah pedalaman itu semua sulitterjangkau bahkan sama sekali tidak ada. C. Upaya Lembaga Pendidikan Dalam hal tersebut upaya lembaga pendidikan sangat diperlukan jugadalam mengatasi hal tersebut. Kekuatan ( Strengh ) lembaga pendidikan dapatmembantu guru pedalaman dalam mengatasi permasalahan ini. Namun dalam hal tersebut lembaga pendidikan mempunyai kelemahan (weakness ) tak semuanya permasalahan tersebut menjadi tanggung jawaboleh lembaga pendidikan, karena lembaga pendidikan mempunyai fungsi laindari pada mempermasalahkan honor guru pedalaman mereka juga mempunyaifungsi meningkatkan mutu pendidikan dan kulitas SDM yang di Indonesia ini. Namun,di hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 02 Mei 2011ini, ada pemberitahuan bahwa tunjangan guru pedalaman akan dinaikkan padatahun ini. Pada kesempatan tersebut mungkin ada peluang ( Opportunity )
  • 6. adanya guru yang akan mau mengajar di pedalaman. Dengan begitu mutupendidikan yang ada di daerah terpencil seperti di pedalaman itu akan lebihbaik lagi dengan bertambahnya guru yang mengajar di pedalaman itu. BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Kualitas pendidikan di Indonesia memang masih sangat rendah bila dibandingkan dengan kualitas pendidikan di negara-negara lain. Hal-hal yangmenjadi penyebab utamanya yaitu efektifitas, efisiensi, dan standardisasipendidikan yang masih kurang dioptimalkan serta tunjangan guru yang kurangmerata. Kesejahteraan guru seharusnya lebih ditingkat lagi, sepertimeningkatkan tunjangan guru yang megajar di pedalaman, agar calon guru yangmana nantinya akan di tempatkan di pedalaman tidak mengalami keluhan lagi. B. Saran Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntutperubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaingsecara sehat dalam segala bidang. Salah satu cara yang harus di lakukan bangsaIndonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalahdengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu dan tunjanganguru yang merata.
  • 7. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan berarti sumber daya manusiayang terlahir akan semakin baik mutunya dan akan mampu membawa bangsaini bersaing secara sehat dalam segala bidang di dunia internasional.
  • 8. DAFTAR PUSTAKAhttp://forum.detik.com.http://tyaeducationjournals.blogspot.com/2008/04/efektivitas-dan-efisiensi-anggaran.http://www.detiknews.com.http://www.sib-bangkok.org.Pidarta, Prof. Dr. Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PTRineka Cipta.sayapbarat.wordpress.com/2007/08/29/masalah-pendidikan-di-indonesia.

×