Prinsip dan prosedur bg ucok

1,869
-1

Published on

Published in: Economy & Finance, Technology
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,869
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
38
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Prinsip dan prosedur bg ucok

  1. 1. PRINSIP DAN PROSEDUR PENGEMBANGAN SISTEM INSTRUKSIONAL OLEH:ZAUHARI AKHMAD SIMATUPANG LISBETH SIAGIAN LAVANTER UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2012
  2. 2. BAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang Akhir-akhir ini dunia pendidikan menjadi soroton, hal ini di karenakan oleh rendahnya kualitas belajar siswa. Beberapa factor sehingga perlu dilaksanakannya desain sistem intruksional, antara lain: Tingkat dan hasil belajar siswa yang masih berada di bawah harapan Biaya program pengajaran yang tinggi Adanya keinginan mengubah metode pengajaran. Adanya ketidakpuasan dari peserta didik atas pengajaran yang telah disampaikan (kurangnya gairah belajar siswa) Perubahan sistem pengajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat kepada siswa.
  3. 3. B. Rumusan Masalah1. Apa prinsip pengembangan sistem intruksional?2. Bagaimana prosedur pengembangan sistem intruksional?
  4. 4. C. TujuanTujuan dari pembahasan ini adalah supaya mahasiswa peserta kuliah: dapat memahami prinsip pengembangan sistem instruksional, dan dapat mengikuti prosedur penyusunan desain instruksional.
  5. 5. BAB II PEMBAHASANA. Prinsip InstruksionalPrinsip Instruksional adalah kerangka teoritis sebuah metode pembelajaran. Kerangka teoritis adalah teori-teori yang mengarahkan harus bagaimana sebuah metode dilihat dari segi: bahan yang dibelajarkan, prosedur pembelajaran, guru dan siswanya.
  6. 6. Menurut Atwi Suparman (dalam Fieldbeck 1974) prinsip Instruksional antara lain:1. Dengan mengulang respon-respon baru2. Perlunya menyatakan tujuan Instruksional secara jelas kepada siswa sebelum pelajaran dimulai.3. Pemberian Reward4. Siswa diharapka dapat mentrasfer pengetahuan yang dicapainya dalam memecahkan masalah hidup yang penuh variasi.5. Pengembangan Instruksional perlu diperjelas dengan contoh yang positif dan yang negative.
  7. 7. 6. Guru harus mempersiapkan mental siswa untuk mempelajari isi pelajaran7. Kegiatan belajar dibagi menjadi bagian-bagian kecil yang saling berkaitan.8. Penggunaan media untuk mengurangi kekomplekan dari materi.9. Merumuskan tujuan Instruksional umum menjadi tujuan Instruksional khusus.10. Menggunakan tes formatif dan melaksanakan umpan balik serta tindak lanjut pada setiap bagian pelajaran.11. Memberikan Perlakuan12. Siswa diberikan kebebasan memiliki cara, waktu dan sumber lain untuk belajar.
  8. 8. Prinsip-prinsip Instruksional menurut Gagne dan Briggs antara lain:1. Desain Intruksional memperhatikan kondisi yang ada dalam diri peserta didik dan kondisi yang di luar peserta didik.2. Berorientasi pada kurikulum yang berlaku. Dalam kurikulum secara umum telah dirumuskan tujuan dan aspek materi yang harus diberikan.3. Waktu yang diperlukan serta sarana dan alat peraga apa yang tersedia.4. Urutan kegiatan pembelajaran dikembangkan secara sistematis.5. Melengkapi rancangan pembelajaran dengan lembaran kerja dan lembaran tugas.6. Rancangan pembelajaran harus bersifat fleksibel, dan7. Berdasarkan pendekatan sistem.
  9. 9. B. Fungsi Prinsip Instruksional Prinsip Instruksional berfungsi sebagai kerangka teori dan pedoman pelaksanaan bagi komponen- komponen pengajaran. Sebagai pedoman/kerangka teori, setiap butir prinsip pengajaran memberikan arah yang harus ditempuh dalam pelaksanaan pengajaran.
  10. 10. C. Prosedur InstruksionalProsedur adalah urutan langkah-langkah untuk mencapai tujuan memecahkan masalah tertentu atau membuat sesuatu, misalnya prosedur penelitian.Unsur-unsur dalam perancangan dan pengembangan pembelajaran, antara lain:Spesifikasi isi pokok bahasan, Spesifikasi tujuan pengajaran, Pengumpulan dan penyaringan data tentang siswa, Penentuan cara, metode, tehnik mengajar, Pengelompokan siswa, Penyediaan waktu, Pengaturan ruangan, Pemilihan media, Evaluasi, Analisis umpan balik.
  11. 11. Tidak ada suatu model rancangan pembelajaranyang dapat memberikan resep paling ampuh untukmengembangkan suatu program pembelajaran,oleh karena itu dalam menentukan modelrancangan untuk mengembangkan suatu programpembelajaran tergantung pada pertimbangan siperancang terhadap model yang akan dipilih. Darisekian banyak prosedur pengembangan yangterkenal di antaranya: Model Dick and Carey,Instrucsional System Design (Gagne, 1979), Model4-D Thigarajan, Model Kemp, dan Model PPSI(Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional).
  12. 12. Model 4-D Thigarajan
  13. 13. Model Kemp
  14. 14. Model PPSI (Prosedur Pengembangan SistemInstruksional)
  15. 15. BAB III KESIMPULANA. KESIMPULAN Prinsip Instruksional adalah kerangka teoritis sebuah metode pembelajaran Prinsip Instruksional berfungsi sebagai kerangka teori dan pedoman pelaksanaan bagi komponen- komponen pengajaran. metode pembelajaran. Prosedur adalah urutan langkah-langkah untuk mencapai tujuan memecahkan masalah tertentu atau membuat sesuatu, misalnya prosedur penelitian, dan prosedur Instruksional.
  16. 16. B. SARAN Untuk keberhasilan pembelajaran disarankan dalam menyusun dan merancang pembelajaran harus disesuaikan dengan prinsip dan prosedur instruksional. Model pembelajaran harus disesuaikan dengan keadaan karakteristik siswa, kondisi, bahan ajar, dll.
  17. 17.  Desain pembelajaran bila disesuaikan dengan pelaksanaan UN ? (Ilyas) Penerapan kurikulum menggunakan sistem instruksional terhadap UN di sekolah? (Sri) Bagaimana pemilahan teknologi instruksional, sistem instruksional, dan prosedur instruksional? (Darwis) Apakah semua mata pelajaran hars membuat sistem instruksional ? (Senny) Kurikulum yang bagaimana seharusnya digunakan dalam pembelajaran (Tilhang) Perbedaan antara sistem instruksional dengan teknologi instruksional (Yul)
  18. 18.  Apakah sudah bagus di lapangan, apakah bisa atau masih ada kekurangan (Lengsipeng) Hal 1, bagaimana caranya mendesainkan di sekolah/lapangan, guru sebagai pendesain? (Htjulu) Kekuatan dan kelemahan dari model pembelajaran, model yang mana bisa diterapkan tkt SD, SMP, SMA/SMK Desain yang mana sesuai dengan biaya pembelajaran yang tinggi ? Hal 5, kurikulum tidak tercapai kr waktu dan kondisi tidak sesuai, bagaimana caranya utk mengatur waktu dan memaksimalkan penggunaan media agar TIU dan TIK tercapai ?
  19. 19.  Menyusun desain pembelajaran agar : efektif, efisien, dan berdaya tarik sehingga pembelajaran berhasil.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×