• Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
41,015
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
205
Comments
3
Likes
3

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Kamus Isme-isme Sedunia Disusun olehBella Dharma P. P. (06) Citra Yang Winata (10) Hendro (14) Kevin Ariel T. S. (20)Maura Femitri S. (24) Nikolas Faustino A. (26) Tiaz Bellinda (40) Vanny Andriani (41) Victor (42) Waisaka Febri Buntoro (43) SMA Xaverius 1 Palembang 2011/2012
  • 2. Kata PengantarPuji syukur penulis haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nyapenulis dapat menyelesaikan kamus isme-isme sedunia ini dengan baik. Penulis juga mengucapkanbanyak terimakasih kepada Bapak Grahito karena telah membimbing penulis hingga selesainyakamus isme-isme sedunia ini. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman anggotayang telah mendukung penulisan kamus isme-isme sedunia ini. Dalam kamus isme-isme sedunia sederhana ini, penulis menyusun dan memaparkan paham ismeyang ada di dunia. Dengan adanya kamus isme-isme ini, penulis berharap agar kamus isme-ismesedunia ini bermanfaat bagi para pembaca agar dapat menjadi bahan referensi, memperluaspengetahuan, dan menambah informasi serta bagi penulis sendiri agar dapat mengembangkankemampuan menulis dengan baik dan menjawab rasa ingin tahu penulis. Demi terwujudnya kamusisme-isme sedunia yang lebih baik di masa mendatang, penulis sangat mengharapkan kritik dansaran dari para pembaca. Penulis mohon maaf apabila ada kesalahan. Sekian. Palembang, 31 Mei 2012 Tim Penulis
  • 3. Tentang Penulis Penulis pertama adalah Bella Dharma Putri Pratiwi. Gadis yang lahir di Palembang 21 Agustus 1995 ini merupakan pelajar SMA Xaverius 1 Palembang. Penulis merupakan anak pertama dari dua bersaudara dan memiliki hobi membaca komik dan novel. Penulis bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses. Penulis kedua adalah Citra Yang Winata.Gadis kelahiran 2 Oktober 1995 di Palembang ini sukamendengarkan musik dan membaca komik. Penulis yangkini duduk di kelas XIIPA4 SMA Xaverius 1 Palembangmerupakan alumni SD Xaverius 9 dan SMP Xaverius 1.
  • 4. Penulis ketiga adalah Hendro. Pelajar yang sedang mengenyam pendidikan di SMA Xaverius 1 Palembang dan duduk di kelas XIIPA4 ini lahir di Palembang, 25 Juni 1994. Penulis juga pernah bersekolah di SD Xaverius 2 dan SMP Xaverius 1 Palembang dan menyukai bermain futsal.Penulis keempat adalah Kevin Ariel Tiopan Simanjuntak. Pelajaryang dulunya berdomisili di Kalimantan ini lahir di Balikpapan,20 Juni 1996. Kini ia bersekolah di SMA Xaverius 1 dan duduk dikelas XIIPA4 dan menggemari membaca novel.
  • 5. Penulis kelima adalah Maura Femitri. Gadis kelahiran Palembang, 24 Oktober 1995 ini sangat suka membaca buku dan mendengarkan musik. Kini ia duduk di kelas XIIPA4 di SMA Xaverius 1 Palembang. Sebelumnya penulis bersekolah di SMP Xaverius 1 Palembang.Penulis keenam adalah Nikolas Faustino Alvin. Penulislahir pada tanggal 22 November 1995 di Palembang. Kiniia bersekolah di SMA Xaverius 1 Palembang dan duduk dikelas XIIPA4 dan menggemari olahraga renang. Penulisjuga pernah bersekolah di SD Xaverius 2 dan SMPXaverius 1 Palembang.
  • 6. Penulis ketujuh adalah Tiaz Bellinda. Siswi kelahiran Palembang, 22 Mei 1995 ini pernah bersekolah di SD Xaverius 4 dan SMP Xaverius 1 Palembang. Kini ia duduk di kelas XIIPA4 di SMA Xaverius 1 Palembang. Penulis memiliki hobi mendengar lagu, membaca komik, dan nonton. Penulis kedelapan adalah Vanny Andriani. Penulis adalah seorang siswi di SMA Xaverius 1 Palembang. Anak kedua dari empat bersaudara ini lahir di Palembang pada tanggal 29 Agustus 1995. Penulis juga pernah bersekolah di SD Xaverius 1 dan SMP Xaverius Maria Palembang. Penulis suka mendengar lagudan membaca novel.
  • 7. Penulis kesembilan adalah Victor. Penulis lahir di Palembang pada tanggal 20 Februari 1995. Penulis yang kini duduk di kelas XIIPA4 di SMA Xaverius 1 Palembang sangat menyukai tidur. Penulis juga pernah bersekolah di SD Xaverius 2 dan SMP Xaverius 1 Palembang.Penulis terakhir adalah Waisaka Febri Buntoro. Lelakikelahiran 12 Februari 1997 ini merupakan siswa SMAXaverius 1 Palembang, dan berada pada kelas XI IPA 4.Penulis juga pernah bersekolah dasar di SD Xaverius 2dan melanjutkannya di SMP Xaverius 1 Palembang.Penulis memiliki hobi bermain, berenang, danmenggambar .
  • 8. AAbolisionisme : gerakan yang ingin menyingkirkan perbudakan di Eropa dan di Amerika.Absenteisme : ketidakhadiran yang ketidakhadiran terus -menerus (dalam perusahaan,sekolah, dll.).Absolutisme : bentuk bentuk pemerintahan tanpa undang-undang dasar; bentukpemerintahan dengan semua kekuasaan terletak di tangan penguasa (raja, kaisar, diktator).Absolutisme moral : pandangan etika bahwa tindakan tertentu adalah benar atau salahsecara mutlak, terlepas dari konteks lain seperti konsekuensi atau maksud di balik mereka.Abstraktionisme : pos Amerika pada Perang Dunia II atu gerakan seni lukis yangmelepaskan diri dari sensasi atau asosiasi figurative.Absurdisme : paham atau aliran yang didasarkan pada kepercayaan bahwa manusiasecara umum tidak berarti dan tidak masuk akal (absurd).Acosmisme : sebuah penolakan mengenai perbedaan alam semesta dan Allah.
  • 9. Adopsionisme : paham yang menganggap Yesus Kristus adalah manusia biasa yangdiadopsi menjadi anak Allah.Adultisme : predisposisi terhadap orang dewasa, yang dianggap anak-anak, pemuda, atauorang muda lain yang dianggap bukan orang dewasa.Aeralisme : pangkalan akrodin atau pangkalan kapal terbang tanpa motor yang dapatterbang.Aestheticisme : pekerja yang terampil dalam memberikan perawatan kecantikan.Afofisme : pernyataan yang padat dan ringkas tentang sikap hidup atau kebenaranumum(seperti pribahasa).Afrikanisme : gerakan yang bertujuan menyatukan Afrika.Afrosentrisme : gerakan agama baru yang mengakui Haile Selassie I yang merupakankaisar Ethiopia sebagai Tuan dari segala Tuan.Ageisme : bentuk diskriminasi terhadap individu atau kelompok karena umur mereka.
  • 10. Agnostisisme : paham yang mempertahankan pendirian bahwa manusia itu kekuranganinformasi atau kemampuan rasional untuk membuat pertimbangan akhir.Agrarianisme : hokum agrarian Roma yang berkaitan dengan bidang atau tanah ataumasa jabatan mereka.Akosmisme : suatu pandangan bahwa alam dan segala yang tampak ini hanyalahkemayaan dan tipuan belaka.Akromatisme : keadaan atau kualitas karena menjadi tidak berwarna/ akromatik.Aksiologi : cabang filsafat ilu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakanilmunya.Aksiologisme : cabang filsafat ilmu.Aktinisme : radians terhadap perubahan-perubahan peradaban-peradaban kimia yangdisebabkan olehdiakibatkan radiasi.Aktualisme : budaya terhadap sesuatu yang aktual (sesungguhnya, benar-benar tejadi,fakta).
  • 11. Albigenisianisme : gerakan Kristen yang dianggap seagai keturunan abad pertengahankarena menegaskan koeksitensi dua prinsip yang bertentangan.Albinisme : kondisi genetikgenetic resesi yang menyebabkan organisme menyebbkanorganism tidak dapat membentuk pigmen.Algarisme : urutan logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah.Alomerisme : gejala kesamaan struktur kristal dua2 zat atau lebih yang susunan kimianyaberlainan.Althusserianisme : pengikut paham Louis Althusser yang berusaha menjelaskanperkembangan kontemporer.Altruisme: paham (sifat) suka memperhatikan dan mengutamakan kepentingan orang lain; 2. cinta, tindakan yang tidak terbatas kepada terhadap sesama manusia; 3. kebalikan dariegoisme ; 4. sikap manusia yang mungkin bersifat naluri berupa dorongan untuk berbuatjasa kepada manusia lain.
  • 12. Alturisme : populasi yang terdiri atas dua/ lebih jenis tumbuhan yang hidup berkelompokdi daerah tertentu yang salah satu jenisnya akan terpengaruh oleh kehadiran jenistumbuhan lain.Amensalisme : populasi yang terdiri atas dua jenis tumbuhan atau lebih yang hidupberkelompok di daerah tertentu yang salah satu jenisnya akan terpengaruh oleh kehadiranjenis tumbuhan lain.Amerikanisme : pengaruh dari cara hidup orang Amerika Serikat yang mengejarkeuntungan. Istilah ini muncul setelah Perang Dunia I dan dianggap berbahaya bagikebudayaan Eropa.Ametirisme : paham bahwa suatu kegiatan dilaksanakan semata-mata sebagai kesenangandan bukan untuk semata-mata untuk mencari uang.Aminianisme : pengajaran soteriologis dalam Kristen Protestan.Aminitirisme : paham bahwa kegiatan dilaksanakan semata-mata ssebagai sebagaikesenangan.
  • 13. Amishisme : denominasi Kristen Anabaptis yang hidup di wilayah Amerika Serikat.Anabolisme : reaksi yang merangkai senyawa organik dari molekul-molekul tertentuuntuk diserap oleh sel tubuh.Anamorfisme : gaya seni lukis yang menyajikan perspektif atau proyeksi yang terdistorsi.Anamorfisme : Perubahan bebatuan karena tekanan yang besar dan panas di dalam bumi.Anarkisme : paham yang mempercayai bahwa segala bentuk negara, pemerintahan, dankekuasaan ingin melakukan penindasan terhadap kehidupan, oleh karena itu negara,pemerintahan, beserta perangkatnya harus dihancurkan.Anarko-Kapitalisme : filsafat politik yang menganjurkan penghapusan negara.Anarko-Komunisme : bentuk anarkisme yang mengajarkn penghapusan negara.Anarko-Sindikalisme : cabang anarkisme yang berkonsentrasi pada pergerakan buruh.Anatisme : Ajaran teori politik yang bertujuan untuk menciptakan masyarakattanpa hirarkis (baik dalam politik, ekonomi, maupun sosial).
  • 14. Anatolisme : pembentukan zat organik kompleks dari yang sederhana.Anemisme : kepercayaan kepada makhluk halus dan roh merupakan asas kepercayaanagama yang muncul di kalangan manusia primitif.Anervrisme : pelebaran setempat oembuluh nadi, akibat melemahnya dinding pembuluhnadi.Aneurisme : (kedokteran dan fisiologi) pelebaran setempat pembuluh nadi akibatlemahnya dinding pembuluh nadi karena suatu penyakit.Anevrisme : pelebaran setempat pembuluh nadi, akibat melemahnya dinding pembuluhnadi.Anglicanisme : menggambarkan orang, lembaga, dan gereja serta tradisi dan konsepteologis yang dikembangkan gereja Inggris.Anglicisme : merupakan idiom bahasa Inggris.Animalisme : doktrin bahwa manusia adalah murni hewan di alam dan kurang bersifatrohani.
  • 15. Animatheisme : kepercayaan pada kekuatan yang kabur atau kekuatan yang tak terduga,mengerikan, dan dapat menimpa manusia, sehingga manusia mempercayainya, sepertikekuatan guntur, dan kekuatan alam.Animisme : kepercayaan bahwa obyek dan gagasan termasuk hewan, perkakas, danfenomena alamsemua benda mempunyai atau merupakan ekspresi roh hidup.Anomianisme : paham atau sikap yang tidak mengindahkan aturan, karena dipengaruhioleh kumpulan pribadi yang tidak memiliki prinsip, pegangan dan arah hidup.Ansurisme : pelebaran sekitar pembuluh nadi akibat melemahnya dinding pembuluh nadikarena suatu penyakit.Antagonisme : pertentangan antara dua paham orang yang berlawanan.Antidisestablishmentariansme : doktrin oposisi terhadap pembentukan social danpolitik.Antiferminisme : kegiatan indikatif kepercayaan pada superioritas laki-laki atasperempuan.
  • 16. Antiisomorphisme : paham yang menentang teori institusional.Antimiliterisme : organisasi yang terpaku pada elitisme orde baru.Antinatalisme : filosofis posisi yang memberikan nilai negatif untuk lahir.Antinomianisme : anti terhadap hukum bagi umat Kristen.Antipapisme : gerakan yang menentang pengaruh gereja Roma Katolik yang memasukikehidupan bernegara dan berkebudayaan.Antiparlementerisme : gerakan yang meyakini bahwa sistem perlementer sebagai sebuahsistem untuk memperoleh tatanan masyarakat yang sempurna adalah tidak baik dan harusdihapuskan.Antipositivisme : sudut pandang yang membutuhkan metode ilmiah yang berbeda denganmetode yang umum digunakan dalam bidang ilmu alam.Antirealisme : ajaran yang berpendapat bahwa seluruh sistem itu hanyalah instrumenmatematika.
  • 17. Antisemitisme : paham yang dianut oleh orang-orang yang tidak suka pada orangYahudiyahudi dan negara Israelnya.Antisme : paham berlawanan yang tidak menyetujui hal yang bertentangan.Antisomorphisme : paham yang menentang teori institusional.Antiteisme : perlawanan aktif terhadap teisme.Antiziganism atau Anti-Romanyism : permusuhan, prasangka atau rasisme diarahkanpada orang Romani.Antropomorfisme : pengenaan cirri manusia pada binatana, tumbuhan, dna benda mati.Antroposentrisme : ajaran yang menyatakan bahwa pusat alam semesta adalah manusia.Apateisme : paham bersikap apatis, mengabaikan atau ketidaktertarikan terhadapkepercayaan atau menganggap bahwa keberadaan Tuhan tidak berarti atau tidak relevanterhadap kehidupan manusia.
  • 18. Apatisme : sikap hilangnya simpati, ketertarikan, dan antusiasyang acuh tak acuhterhadap suatu objek.Apheliotropisme : gerakan pada tumbuhan yang menjauhi sinar matahari.Apollinarisme : ajaran bahwa Kristus tidak memiliki roh manusia.Arianisme : pandangan yang dianut pengikut Arius.Aristotelianisme : pandangan filsafat dari Aristoteles.Arutisme : paham yang mempraktikan kesederhanaan, kejujuran, dan kerelaan berkorban.Asietrisisme : paham yang menunjukkan kewenangan seseorang dalam hal berpikirAsimetrisme : hal atau keadaan yang tidak simetris, salah satu tehnik menggambar bentukdengan tidak seimbang.Asimetrisme : hal ketidakseimbangan atau ketidak simetrisan yang terdapat disuatu unsurbentuk.
  • 19. Asletisisme : paham yang mempraktikkan kesederhanaan, kejujuran, dan kerelaanberkorban.Astigmatisme : (kedokteran dan fisiologi) gangguan yang terjadi pada penglihatan jikakornea tidak merata kecembungannya sehingga sinar yang masuk ke mata tidak meratapembiasannya.Atavisme : keyakinan primitive tentang adanya reinkarnasi roh atau sifat-sifat nenekmoyang.Atavisme : pemunculan kembali sifat-sifat pada seseorang yang sudah lama tidak munculpada generasi sebelumnya/ adat atau kebiasaan kuno yang turun menurun.Atheisme : paham yang tidak mengakui adanya Tuhan, paham mengenai pandangan ataufilosofi yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan atau dewa-dewi di dalam kehidupan.Atomisme : teori bahwa dunia alami terdiri dari dua benda yang mendasar, salingberlawanan, dan tidak dapat dibagi, yaitu atom dan kehampaan.
  • 20. Augustinisme : paham bahawa adanya atom merupakan bagian dari benda yang diajarkanoleh murid Augustinus, ajaran ini terlalu mempercayakan diri kepada kerahiman Allahdan kurang berusaha mencapai kesucian.Autentisisme : Sikap autentik adalah Asli, Sejati, Benar. Karena Autentensisme memilikiakar kata authentikos yang berarti asli, tidak palsu, sejati, tidak campuran, benar, dapatdipercaya.Autisme : berpangkal adalah keadaan atau pendirian hidup yang terlalu menekankan danberpegang pada kemempuan berpikir/ khayal sendiri.Autoritarianisme : paham kepatuhan mutlak kepada sastra, anggapan bahwapengetahuan itu di jamin oleh suatu sumber; penerimaan suatu kesaksian secara tidakkeritis sebagai kebalikan dari usaha yang bebas untuk mengetahui yang benar dan yangsalah. B
  • 21. Babekisme : pengikut yang membuta, apapun yang dikatakan pemimpin diikuti tanpadipikirkan lagi.Banditisme : perbuatan-perbuatan seperti menyerupai bandit.Banethamisme : suatu filosofi dari Jeremy Bentham yang menyatakan bahwakebahagiaan puncak adalah tujuan mutlak dari masyarakat dan juga individual.Bapaktisme : praktik hubungan pimpinan dan bawahan yang maniru pola hubunganbapakayah dan anak;, kebiasaan yang mengagung-agungkanmengagungkan pimpinan.Behaviorisme : filosofi dalam psikologi yang berdasar pada proposisi bahwa semua yangdilakukan organisme -termasuk tindakan, pikiran, atau perasaan dapat dan harus dianggapsebagai perilaku.Bifolisentrisme : (Politik, Pemerintahan) Sistem Politik Internasional yang ditandaidengan pengendoran bolak-balik yang bersaing menjadi aliansi yang tidak begitu kohensif(bersatu padu) dan bangkitnya negara-negara non blok.
  • 22. Bilateralisme : politik meningkatkan hubungan dagang antara dua negara dengan caramembuat perjanjian yang mengatur hal seperti volume dan komposisi perdagangan danharga barang komoditi.Bilingualisme : pemakaian dua bahasa atau lebih oleh penutur bahasa atau olehala suatumasyarakat bahasa.Bimetalisme : penciptaan uang dengan campuran dua logam menjadi aliansi yang tidakbegitu kohesif (bersatu padu) dan bangkitnya negara-negara Non-blok yang berpengaruh.Biomisme : (kedokteran dan fisiologi) penyakit karena kelebihan dosis penenang kaliumbromia.Bipolosentrisme : (politik dan pemerintahan) system politik internasional yang ditandaidengan adanya blok-blok yang bersaing dengan spora yang tahan suhu tinggi, terdapatpada makanan dalam kaleng.Birokratisme : birokrasi yang menghambat roda pemerintahan; birokrasi yang dan tidakfungsional.
  • 23. Blabitisme : perihal berbicara sacara secara tidak terkendalikan.Blengisme : penyakit karena tetesan obat penenang kalium bromide.Borjuisme : paham berfoya-foya dan terus menuntut jerih payah rakyat (dianut olehgolongan menengah, bangsawan/hartawan).Botulisme : keracunan makanan oleh bakteri Clostridium botulinum, satu-satunyamikroorganisme dengan spora tahan suhu tinggi, yang terdapat pada makanan kaleng.Bromisme : (Kedokteran, Fisiologi) penyakit karena kelebihan dosis penenang kaliumbromia.Budhisme : ajaran yang dikembangkan oleh Sidharta Gautama yang mengajarkan bahwakesengsaraan adalah bagian kehidupan yang tidak dapat membebaskan diri darikesengsaraan dengan menyucikan mental dan moral diri pribadi.Butskellisme : paham bahwa kompromi merupakan suatu langkah pragmatis untukmemperoleh kembali kekuasaan dan juga sebagai kesuksesan perencanaan sentral dankepemilikan negara yang menciptakan suatu konsensus lintas partai.
  • 24. CChauvinisme : sikap yang mengunggulkan: paham yang hanya mengagungkan bangsasendiri dan merendahkan bangsa lain.Colbertisme : masa pelaksanaan ekonomi merkantilisme di bidangdibidang politikekonomi oleh menteri Colbertmentri Golbert di Perancis.Confusionisme : ajaran Kong Fu Tse (salah satu ahli filsafat Cina) yang menyatakanbahwa ada suatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini sehinggatercapai keselarasan. DDadaisme : aliran seni lukis dan sastra yang menolak segalaseluruh aliran seni yang telahada serta meninggalkanmenginggalkan nilai-nilai tradisional dan memperjuangkankembali sendiri kepada bentuknya yang primitive.
  • 25. Daerahisme : paham kedaerahan, daerah sendiri dianggap lebih baik dari daerah lain.Darwinisme : suatu penjelasan tentang bagaimana suatu jenis makhluk hidup dapatmuncul/ berbubah kepada jenis lain.Defiatinosme : praktik penyimpangan yang dipetahankan di dalam politik.Deisme : kepercayaan atau pandangan hidup yang mengakui adanya Tuhan sebagaipencipta alam semesta, tetapi yang tidak menerima adanya wahyu dan kebergantunganhukum alam pandapada-Nya.Demokratisme : paham yang mengutamakan peran serta masyarakat dalam politik,pemerintahan, dsb.Depotisme : paham yang mengajarkan agar manusia menusia kembali pada perasaan,kepribadian dan alam.Desisionisme : pandang etis yang berpendapat bahwa keputusan etis hanyalah masalahpemilihan bebas, dan tidak memerlukan norma atau kriteria apapun.
  • 26. Deskriptivisme : pandangan etis yang berpendirian bahwa arti kata etis ditentukan olehsifat – sifat itu arti kata etis ditetapkan penetapan.Determinisme : paham yang menggangap setiap kejadian atau tindakan, baik yangmenyangkut jasmani maupun rohani merupakan konsekuensi dari kejadian-kejadiansbelumnya dan di luar kemauan.Developmentalisme : pandangan yang berkaitan dengan pertumbuhan perkembangan,pembangunan.Diagmahetisme : (fisika, optika) gejala yang terdapat di dalam bahan yang menunjukkankemagnetan imbas yang relatif kecil dan berlawanan arah dengan arah (gaya) magnet.Diastropisme : pergeseran permukaan bumi yang dipengaruhi oleh adanya gerakan kerakbumi.Dikronisme : (fisika dan optika) sifat beberapa bahan amsotropik yang mempunyaikoefisien absorpsi berbeda untuk cahaya terpolarisasi dalam arah-arah yang berbeda).
  • 27. Dilentantisme : pengagum atau pencinta seni, orang yang berpengertian dangkal dibidang ilmu atau seni.Dimonfisme : ciri yang menunjukkan perbedaan jenis kelamin (dapat beupa ukuran,warna, atau bentukDinamisme : kepercayaanmempercayai bahwa segala sesuatusemua benda mempunyaikekuatan yang dapat mempengaruhimenmpengaruhi keberhasilan danatau kegagalanusaha manusia dalam mempertahankan hidup.Dogmatisme : paham yang berdasarkan pada pokok ajaran (tentang kepercayaan, dsb)yang harus diterima sebagai hal yang benar dan baik, tidak boleh dibantah atau diragukan.Dualisme : paham bahwa dalam kehidupan ini ada dua prinsip yang sabertentangan(seperti ada kebaikan ada pula kejahatan, ada terang ada gelap); keadaan bermuka dua,yaitu satu sama lain sabertentangan atau tidak sejalan.Durnoisme : paham (seperti tingkah laku) durno.
  • 28. EEgalitarianisme : doktrin yang menyatakan bahwa penikmatan atas kesetaraan daribeberapa macam premis umum, seperti agama, sosial, politik.Egoisme : hal/keadaan mementingkan sendiri dan tingkah laku yang didasarkan atasdorongan : merupakan motivasi untuk keuntungan diri sendiri daripada untukkesejahteraan orang lain.Egosentrisme : sifat dan kelakuan yang selalu menjadikan diri sendiri sebagai pusatsegala hal.Ekshibisionisme : kelainan/ ketidakwajaran yang ditandai dengankecendrungankecenderungan untuk memperlihatkan hal-hal yang tidak senonoh, sepertialat kelamin kepada orang lain untuk pemuasan diri.Eksistensialisme : aliran filsafatindividu yang bertanggung jawab atas kemauannya yangmengandung paham eksistensi manusia individual bebas tanpa memikirkan secaramendalam mana yang benar dan mana yang tidak benar.
  • 29. Eksklusivisme : paham yang mempunyai kecendrungan untuk memisahkan diri darimasyarakat.Ekspanosisme : Politik atau tindakan melakukan ekspansi suatu bangsa.Ekspansianisme : usaha untuk mendapatkan kembali penataan penuhpenuuh dalamsemua orang Kristen.Ekspresionalisme : aliran seni yang melukiskan perasaan dan penginderaan lain yangtimbul dari pengalaman, diluar yang diterima tidak saja penginderaan melainkan 2 jiwasesorang.Ekspresionisme : aliran kesusastraan yang lebih mementingkan soal-sola kejiwaandaripada menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata.Ekstensialisme : (filsafat) aliran filsafat yang pahamnya berpusat pada manusia individuyang bertanggung jawab atas kemauannya yang bebas tanpa mengetahui mana yang benardan mana yang salah.
  • 30. Eksterimisme : tindakan suatu kelompok yang berusaha mengacau atau menggulingkanpemerintah dan negara yang sah melalui cara-cara tidak konstitusional (menghalalkansegala cara).Ekstrimisme : sikap keras mempertahanan pendirian dengan berbagai cara walaupunmelanggar ketentuan-ketentuan dasar negara.Ekumenisme : usaha untuk mendapatkan kembali persatuan penuh semua orang yangberiman dalam Kristen.Elektrisme : paham atau aliran filsafat yang mengambil pokok dari semua sistem.Elemenisme : pandangan bahwa setiap nyawa seseorang masing-masing mempunyaielemen tersendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain.Elementarisme : gejala yang timbul akibat terjadinya pengabungan beberapa elemen.Embalisme : proses penuebaran bibit kanker keseluruh tubuh melalui darah.Embolisme : (kedokteran dan fisologi) pembentukan sumbatan pembuluh darah dalamembolus.
  • 31. Emofisisme : paham yang menonjolkan pengaruh positif dalam sopan.Emontivisme : berasal dari bahasa inggris emotive yang berarti berkaitan dengan emosi,kan emmengungkapkan atau membangkitkan emosi.Emosionalisme : cara berpikir yang dipengaruhi perasaan.Emosionime : keterangsangan, kegugahan, ketergeloraan perasaan. Emosi mencakupsegala gejolak dan gelora perasaan beserta perubahan fisiologi badani yang menyertainya.Emosi dapat bersifat positif dan juga negatif.Emotivisme : paham yang menonjolkan pengaruh positif dalam sopan santun.Empirisme : aliran teori yang menyatakan bahwa semua ilmu pengetahuan dan filsafatberdasarkan metode empiris; teori yang mengatakan bahwa semua pengetahuan didapatdengan pengalaman.Entusiasisme : dari bahasa Yunani en berarti dalam dan Teos yang berarti Tuhan. Jadikata ini menunjuk pada dampak kehadiran Tuhan pada kaum mistik, seniman, filsuf,dukun.
  • 32. Enviromentalisme : paham yang mengatakan bahwa dasar utama pembentukan pribadiseseorang adalah factor lingkungan pergaulan.Envirunmuntatisme : paham yang bepedoman pada daerah lingkungan sebagai faktorutama.Epikianisme : berasal dari kata Yunani epiekeia yang berarti masuk akal, layak, mungkin.Epikureanisme : doktrin yang menyatakan bahwa kebebasan dari rasa sakit adalahkenaikan setinggi-tingginya dalam kehidupan manusia.Erosentrisme : aliran yang berpusat ( berwawasan) ke Eropa.Eshapisme : kecenderungan menghindari kenyataan dengan mencari hiburan danketentraman di dalam khayalan.Etnosentrisme : sikap/pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaansendiri, yang biasanyamasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkanorang lain, masyarakat, dan kebudayaan lain.
  • 33. Eudemonisme : mempunyai roh pengawal (demon) yang berpangkal pada masyarakat/kebudayaan sendiribaik, artinya mujur dan merendahkan masyarakat dan kebudayaan lain.Eufemisme : ungkapan yang lebih halus ebih bagus sebagai pengganti ungkapan yangdirasakan kasar.Evangelisme : penyebar agama Kristen.Evolusionarisme : pandangan adanya proses perkembangan kebudayaan secara lambat.Evolusionisme : pandangan bahwa segala bentuk kehidupan baik organisme, sosial danbudaya berkembang secara lambat dari bentuk-bentuk sederhana ke arah bentuk yanglebih sempurna; Pandangn adanya perkembangan kebudayaan secara lambat. FFaeisme : paham terpimpin dengan mengutamakan kepentingan Negara diatas segalanya.
  • 34. Familisme : pola sosial yang setiap anggota keluarganya harus lebih memberikan prioritaspada kepentingan keluarga daripada pribadiFanatisme : kepentingan sendiri.Farisme : paham golongan nasionalis ekstrim kanan yang menganjurkan pemerintahanotoriter; paham terpimpin dan mengutamakan kepentingan agama di atas segalanyaFasisme : ideologi tentang golongan nasionalis ekstrem yang menganjurkan pemerintahanotoriter.Fatalisme : ajaran/ paham bahwa manusia dikuasai pribadi seseorang oleh nasib.Fauvisme : aliran seni lukis yang menekankan pada penggunaan garis kontur dan warnayang berani.Favoritisme : penjukan rasa suka, senang, kasih, dan sebagainya terhadap seseorang.Federalisme : paham yang menganjurkan pembagian Negara atas bagian-bagian yangberotonomi, penuh menganai utusan dalam negeri, seperti di Negara Amerika Serikat danRepublik Federasi Jerman.
  • 35. Feminisme : gerakan kebebasan kaun wanita yang untuk menuntut persamaan haksepenuhnyan antara kaum wanita dan pria (emansipasi wanita).Fenomenalisme : paham tentang pengetahuan yang terbatas pada hal yang wajar.Feodalime : sistem sosial/ politik yang mengagungkan jabatan, bukan dari prestasi kerja;Paham tentang penguasaan atas tanah/ daerah sistem politik yang menguntungkangolongan bangsawan.Fetisisme : paham yang mempercayai adanya kekuatan magis yang dimiliki oleh bendakeramat.Feutrisme : pandangan yang lebih menekankan arti masa depan.Fibrinogenisme : zat pembentuk fibrin (benang-benang penutup luka)Filosofisme : paham yang memandang segala sesuatu berdasarkan filosofiFuetrisme : pandangan yang lebih menekankan arti masa depan.
  • 36. Fungdoralisme : teori yang menekankan unsur-unsur-unsur dalm di dalam suatumasyarakat atau budaya itu saling bergantung dan menjadi kesatuan yang berfungsi.Fungsionalisme : paham yang berpusat pada fungsi yang dijalankan dalam masyarakatdan bahwa bahasa itu sendiri mempunyai fungsi yang beraneka ragam.Futurisme : pandangan yang lebih mementingkan pemenuhan dan arti masa depan.Fuvidalisme : paham yang menyatakan bahwa bahasa merupakan unsur pemersatu. GGallicisme : sebuah mode berbicara khas Perancis, sebuah idiom Perancis.Galvanisasi : penyepuhan atau pelapisan DNG Arus Listrik permukaan Benda dr besiatau baja DNG Logam seng agar Tahan korosi; galbani.Gengstarisme : satu sektor hidup yang keterlaluan dan melanggar norma-normakehidupan bermasyarakat.
  • 37. Geomagnetisme : Studi ilmiah tentang medan magnet bumi, termasuk variasi dalamruang dan waktu, dan hubungannya dengan fenomena geofisika lainnya (misalnya,aurora).Geotropisme : gerak sebagian tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah gravitasibumi.Gigantisme : kondisi seseorang yang kelebihan pertumbuhan, dengan tinggi dan besaryang diatas normal.Globalisme : paham kebijakan nasional yang memperakukan seluruh dunia sebagailingkungan yang pantas untuk pengaruh politik.Gnosticisme: agama dualistik yang dipengaruhi dan memengaruhi filosofi Yunani,Yudaisme, dan Kekristenan.Gourmandisme.: prinsip keahlian memasak.Governmentalisme : Agung prinsip pemerintah, Kecenderungan tindakan pemerintahterhadap manajemen efektif dan sejumlah besar pemerintah utama.
  • 38. Gradualisme : (politik dan pemerintahan) siasat untuk mengadakan perubahan sosialdengan dng melakukan pembaharuan khusus yangyg bertujuan menciptakan masyarakatsosialis.Grangerisme : Sosok ramah dalam jumlah kecil orang-orang pilihan yang bertujuanmenciptakan masyarakat social dan tidak berpikir bahwa waktu adalah uang.Greenbackisme : paham mengenai ketenagakerjaan misalnya menuntut jam kerja lebihpendek, penghapusan tenaga kerja narapidana, papan statistik tenaga kerja, danpembatasan tenaga kerja imigran.Guminisme : ajaran mengenai bahwa segala sesuatu yang terdapat di sekitardisekitar kitadapat dijadikan sesuatu yang berguna.Gutturalisme : kualitas menjadi parau.Gynandromorphisme : Suatu kondisi abnormal hewan tertentu, di mana satu sisimemiliki karakter eksternal laki-laki, dan yang lainnya orang-orang dari betina.Gypsyisme : seni dan praktek atau kebiasaan gipsi; penipuan, kecurangan; sanjungan.
  • 39. HHadisme : paham yang taat pada Hadis Rasulullah.Hakranisme : sikap/ sifat pengacauan jalan.Hamonisme : sesuatu yang sesuai; cocok satu sama lain.Harmonisme : paham yang mengusahakan perpaduan yang serasi antar dua unsur (dalampemerintahan, seni, dsb).Hebelianisme : aliran pemikiran dlama filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel,khusunya metode dialektika.Hedonisme : pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangaan dan keselamatanadalah tujuan utama hidupnya.Hegalisme : aliran pemikiran dalam filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel yangmenyangkut metode dialektika.
  • 40. Hegemonisme : paham yang mengungkan hegemoni/ acara/ pesta.Helenisme : kebudayaan Yunani yang mempengaruhi pikiran.Heliosentrisme : teori yang mengatakan bahwa yang menjadi pusat tata surya adalahmatahari, sedangkan bumi dan benda-benda lainnya bergerak mengelilingi matahari.Heliotropisme : sifat bagian tumbuhan yang tumbuh-tumbuhan yang tumbuh ke arahmatahari.Henotisme : keyakinan kepada pada satu Tuhan tanpa mengingkari adayanya dewa laindan makhluk halus.Hermafroditisme : keadaan berkelamin dua jenis, baik nyata maupun samar-samarHipnotisme : ilmu tentang hipnoyis atau tindakan yang menyebabkan hipnotis yaitukeadaan tidur karena kekuatan sihir.Hippotuwitarisme : keadaan yang timbul akibat ajaran agam Hindu.Hirsutisme : kelainan bulu.
  • 41. Hirsutisme : kelainan rambut/ kuku.Historionisme : aliran sandiwara yang dalam permainanya dengan menggunakan kata-kata yang tepat berat dan kritis.Historis : materialisme teori yang merupakan bagian dari teori Marxisme yangmenyatakan bahwa yang menjadi dasar pokok dalam kehidupan manusia adalah kondisiekonomi, terutama cara produksi.Historisisme : gerakan linguistik yang berpendirian bahwa penjelasan ilmiah harusbersifat historis karena bahasa dalam sejarahnya mengalami perubahan-perubahan karenafaktor intern dan ekstern.Historis-materialisme : teori yang mengataka bahwa dasar pokok segala sesuatu dalamhidup dan keidupan ekonomi terutama dalam faktor produksi (bagian dari teoriMarxisme).Historisme : Gerakan linguistik yang berpendirian bahwa penjelajahan ilmiah harusbersifat historis karena bahasa dalam sejarahnya mengalami perubahan karena faktorintern dan ekstern.
  • 42. Holisme : cara pendekatan terhadap suatu masalah itu sebagai suatu kesatuan yang utuh.Holoisme : cara memandang suatu masalah, gejala atau masyarakat dengan carapendekatan sebagai salah satu kestuan organis.Holotisme : sekeompok orang yang menganut bahwa hidup keras dinikmati denganbersenang-senang.Homonisme : gerakan untuk menempatkan manusia sebagai pribadi otonom.Homoseksualisme : paham homoseksual atau ketertarikan terhadap sesama jenis.Hooliganisme : tindakan brutal yang dilakukan oleh suporter Inggris.Hopitularisme : keadaan yang timbul akibat fungsi hipofisis yang berkurang.Humanisme : Suatu doktrin yang menekan kepentingan-kepentingan kemanusiaan. I
  • 43. Idealisme : aliran: aliran dalam ilmu filsafat yang menganggap pikiran/cita-cita sebagaisatu-satunya hal yang benar besar yang dapat dirasakan dan dapat di pa-dipahami.Imperialisme : sistem politik yang brtujuanbertujuan menjajah negara lain untukmendapatkan kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.Indeterminisme : ajaran tentang keadaan kehendak manusia yang bebas tak terbatas.Individualisme : merupakan pemahaman mengenai pandangan moral, politik atau sosialyang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan dalam bertanggung jawab dankebebasan sendiri. Paham ini menentang campur tangan masyarakat yangmajemuk.sekitar, negara, dan badan lainnya atas urusan pribadi.Individualisme : paham yang menganggap diri sendiri lebih penting daripada orang lain.Industrialisme : gerakan perindustrian.Intelektualisme : sesuatu yang dikerjakanbersifat terpelajar.Internasilonalisme : cara rasa mencintai dunia.
  • 44. Intuisionalisme : paham bahwa kewajiban manusia atau moral tidak dapat disimpulkansendiri.Iotacisme : merupakan pemahaman atas sejumlah vokal dan diftong bahasa Yunani Kunoyang terdengar seperti bahasa Yunani Modern. Akibatnya, beberapa kata dengan tekniktitik-titik.lafal yang berbeda pada awalnya sekarang diucapkan sama.Irrationalisme : merupakan pemahaman yang berkembang saat abad ke 19 hingga 20mengenai pengklaiman cara memperkaya ketakutan dalam hidup manusia denganmengembangkannya di luar rasional. Pemahaman ini meliputi metafisika, penekanandimensi naluri, perasaan, dan kehendak.Irredentisme : merupakan pemahaman mengenai aneksasi wilayah yang dikelola negaralain atas etnisitas umum atau kepemilikan negara tersebut menurut sejarahnya. Paham inimerupakan cara umum untuk mengekspresikan sebuah klaim wilayah yang berbatasanatas alas an sejarah maupun etnis.Islamisme : merupakan sebuah paham yang pertama kali dicetuskan Jamal-al-DinAfghani yang membahas politik alternatif dalam menyatukan negara-negara yangmempunyai akar budaya dan tradisi berbeda.
  • 45. Islamisme : paham yang berdasarkan agama Islam.Isolasionisme : merupakan doktrin/ kebijakan mengenai pengisolasian negara seseorangdari negara lain dengan menolak masuk ke dalam aliansi, perjanjian ekonomi asing,perdagangan luar negeri, perjanjian internasional, dan lainnya. Hal ini demi majunya suatunegara dan tetap tenang dengan menghindari keterlibatan asing.Isolusionisme : kecenderungan memisahkan diri dari pihak lain. JJermanisme: paham yang bersumber pada sifat chauvinis.Jainisme : aliran keagamaan di India Barat yang tumbuh hampir bersamaan denganBuddhisme di India Tenggara (477 SM), ajarannya berasaskan penebusan, yaitumembebaskan jiwa dari segala materi dan menebus jiwa dari segala yang mengekangnya.Jingenisme : kesetiaan membela negara yang berlebihan.Jingoisme : kesetiaan membela Negara secara berlebihan.
  • 46. Jurnalisme : pekerjaan membuat berita. KKaczisme : pengikut paham Jaroslaw Kaczynski.Kasualisme : paham yang menyatakan bahwa kejadian yang tidak terduga-dugamerupakan pokok pangkal dari segala kejadian.Kalvinisme : pengikut paham Yohanes Kalvin.Kanibalisme : manusia memakan manusia, sistem pemerintahan dengan perlakukan yangkejam terhadap rakyatnya.Kantianisme : paham dimana setiap kita mengambil keputusan, kita harusmembayangkan bagaimana bila kita adalah pihak yang dirugikan.Kapitalisme : suatu kegiatan yang menanamkan modal dinegara jajahan untukmendapatkan keuntungan.
  • 47. Katabolisme : peralihan bentuk energy dari protein, lemak, dan karbohidrat menjadienergi bebas kecuali sayuran.Kataklisme : banjir besar; huru-hara hebat; perubahan sosiopolitik yang membawamalapetaka.Kelobotisme : paham, pikiran, atau wejangan yang bersifat klise yang selalu diulang.Kelobatisme : paham, pilihan/ nasihat yang diulang-ulang.Kemalisme : pengikut paham Mustafa Kemal Ataturk.Kemotropisme : gerakan tumbuhan karena pengauh zat kimia.Klasikisme : paham penekanan benda antik.Klasisisme : peniruan langgam seni Yunani dan Romawi Kuno yang terjadi pada abad ke18.Koboisme : sikap hidup yang berkoboi-koboian.Kodalisme : pemecahan senyawa.
  • 48. Kognitivisme : pendekatan dalam belajar dimana siswa berinteraksi denganlingkungannya dengan jalan mengeksplor dan memanipulasi objek.Koherentisme : teori yang menyatakan bahwa kepercayaan itu dating secara paket.Kolektisme : ajaran yang menghendaki adanya hak milik perseorangan atas modal, tanah,maupun alat-alat produksi.Kolektivisme : paham tentang sistem kolektif dalam kehidupan.Kolonialisme : pandangan penjajah terhadap tanah jajahan bahwa tanah tersebut adalahtempat untuk bergantung hidup bagi negara penjajah.Komunalisme : paham yang mementingkan kelompok.Komunisme : paham yang bermaksud menghapuskan hak milik perseorangan secara rata,tidak mempunyai agama.Komunitarisianisme : kelompok yang terkait, namun beebeda filsafatnya.Konektivisme : teori pembelajaran pada zaman digital.
  • 49. Konformisme : pandangan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengankeyakinan manapun.Konfusianisme : paham dari orang berhati lembut, terpelajar, dan berbudi luhur.Konsektualisme : paham yang menyelidiki makna dalam bahasa dengan moto probilitasdan memusatkan diri.Konsekuensialisme : teori etika yang bercorak teleologis dengan tujuan dan nilai-nilaiyang diinginkannya.Konsenvalisme : paham politik yang ingin mempertahankan kondisi dan stabilitas sosialdan melestarikan paham yang sudah ada.Konseptualisme : paham tentang pengertian dasar.Konservatisme : filsafat yang mendukung nilai tradisional.Konstitualisme : paham mengenai pembebasan kekuasaan dan jaminan hak rakyatmelalui konstitusi.
  • 50. Konstruktivisme : paham pementasan drama yang menolak latar lukisan dengan bentukdekorasi realistik agar diganti dengan konstruktur lain.Konsumenrisme : paham yang menjadikan kelompok melakukan proses konsumsi secaraberlebihan.Kontekstualisme : aliran yang menyelidiki makna dalam bahasa dengan metodeprobabilitas dan memusatkan diri.Kontraksisme : otot yang menjadi padat akibat renggangan, mengakibatkan gerak.Konvensionalisme : paham tntang konsep ilmiah merupakan persetujuan para ilmuan.Korporatisme : system organisasi ekonomi, politik, dan social yang melibatkan asosiasimasyarakat.Kosmepolisarisme : paham yang berpandangan bahwa seseorang tidak peru mempunyaikewarganegaraan tetapi menjadi warga dunia.Kosmisme : sesuatu mengenai segala sesuatu yang ada dan berhubungan dengan jagatraya.
  • 51. Kosmopolitanisme : paham bahwa seseorang tidak perlu mempunyai kewarganegaraan.Kretinisme : pertumbuhan tinggi tubuh terganggu sehingga menjadi cebol.Kritisisme : paham pemikiran secara mendalam.Kronosentrisme : kepercayaan bahwa suatu keadaaan kemanusiaan lebih unggu daripadamasa lampau atau masa depan.Kubisme : gerakan seni avant-grade abad ke 20.Kulturisme : sesuatu yang bercorak kebudayaan. LLegalisme : paham adanya arti dan pelaksanaan yang murni.Legionisme : suatu pasukan yang beranggotakan ratusan ribu yang berperang dalamperang Amerika.
  • 52. Lesbianisme : perempuan yang mencintai perempuan lain bukan pria (abnormal).Liberalisme : paham yang mengutamakan kemeredekaan rakyat.Libertianisme : paham bahwa manusia itu bebas.Lokalisme : semangat kemeredekaan.Lomaisme : pham adanya Dalai Lama sebagai pemimpin tertinggi.Luminisme : akibat sinar yang kuat sekali. MMagretisme : gejala fisika pada bahan yang memiliki kemampuan meninbulkan medanmagnet atau yang mampu berinteraksi dengan medan magnet.Maniisme : salah satu aliran keagamaan yang bercirikan gnostik.Maoisme: dalah pemikiran mao Zedong.
  • 53. Marfinisme : keadaan yang tidak sehat arena kecanduan narkotik.Marginalisme : perumusan syarat-syarat keseimbangan dalam pengertian tentang satuan-satuan marginal.Marhaonisme : paham bertujuan memperjuangkan kaun-kaun lemah untuk mendapatkanketahanan hidup.Marxisme : paham bahwa Negara dikuasai oleh dan berpihak kepada kelas-kelas atas.Materialisme : paham yang mencari dasar segala sesuatu yang termasuk kehidupanmanusia didalamnya.Matrilianisme : warisan adat lama yang menerima warisan itu adalah kaum ibu.Mazdaisme : agama beraliran mazda.Mekanisme : cara kerja suatu organisasi.Menerisme : gerak gerik kebiasaan yang khas pada seseorang yang sering dijumpai padaseseorang sebagai symbol atas yang dialami.
  • 54. Merkantilisme : suatu kebijaksanaan politik dari negeri dalam tujuan memupuk kekayaanberupa logam mulia sebanyak-banyaknya sebagai standar dan ukuran kekayaan,kesejahteraan dan kekuasaan negara tersebut.Mesmerisme : hipnotisme.Metabolisme : pertukatan zat pada makhluk hidup pada metode yang meliputi prosesfisika dan kimia serta pembentukan dan penguraian zat dalam tubuh yang memungkinkankelangsungan hidup.Meterisme : penimbunan udara dalam perut besar.Mikroorganisme : organism yang sangat kecil.Militerisme : paham yang berdasarkan kekuatan militer sehingga pendukungkekuasaannya dikuasai oleh golongan militer.Misoteisme: benci kepada Tuhan atau benci kepada dewa.Mistisisme : paham yang memberikan ajaran yang serrba mistis
  • 55. Modernisme : konsep yang berhubungan dengan hubungan manusia dengan lingkungansekitarnya dizaman modern.Mohisme : filsafat cina yang dikembangkan olah para pengikut Mozi.Monarkianisme: sebuah istilah yang berasal dari tertulianus untuk menyebut keyakinanbidaah yang begitu menekankan kesatuan Allah sehingga menolak putra ilahi sebagaipribadi yang sendiri.Monarkisme : sebuah dukungan terhadap pendirian, pemeliharaan, atau pengembaliansystem kerajaan sebagai sebuah bentuk pemerintahan dalam sebuah Negara.Monastisisme : sebuah praktik keagamaan di mana seseorang menyangkali tujuan-tujuanduniawi dengan maksud agar dapat membaktikan hidupnya semata-mata bagi karyarohani.Monetarisme: kecenderungan dalam pemikiran ekonomi yang menekankan peranpemerintah dalam mengendalikan jumlah uang beredar
  • 56. Mongolisme : keterbelakangan mental yang fisiknya memperlihatkan cirri-ciri fisik orangmongol.Monisme : Konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam.Monoisme : paham bahwa alam semesta merupakan satu kesatuan tunggal.Monomagistisme : cabang ilmu sihir tentang penipuan benda.Monoteisme : paham yang memepercayai satu Tuhan.Montanisme adalah sebuah gerakan sektarian Kristen perdana pada pertengahan abad ke-2 masehi, yang dinamai seturut pendirinya montanusMoralisme : paham yang menitikberatkan pada moral.Mormonisme: istilah yang digunakan untuk menyebut aspek-aspek agama, ideologi,danbudaya dari berbagai denominasi Latter Day Saint movement.Motivisme : paham yang meneknkan pentingnnya keaslian/ kepribadian.
  • 57. Multilateralisme : suatu istilah hubungan internasional yang menunjukan kerjasama antabeberapa Negara.Multilinguisme : gejala pada seseorang arau suatu masyarakat Romawi).yng ditandaidengan kemampuan dan kebiasaan memakai lebih dari satu bahasa.Multirasialisme : ajaran yang menghormati bebagai ras. NNarkotisme : kecanduan narkoba.Narsisme : hal yang mencintai diri sendiri secara berlebihan.Nasionalisme : paham yang mencintai bangsa dan Negara sendiri.Nasionisme : paham yang bertumpu pada persatuan tapi tidak mempunyai maksudmendirikan negara.Nativisme : penonjolan adanya keaslian/ kepribumian.
  • 58. Natruisme : paham yang menekankan pentingnya keaslian atau penonjolan kepribumian.Naturalisme : aliran dalam seni yang menggambarkan sesuatu sebagaimana adanya.Naziisme : gerakan sosialisme versi Jerman.Nazisme : ideologi totalitarian Partai Nazi (Nationalsozialistische DeutscheArbeiterpartei atau NSDAP) di bawah kepemimpinan Adolf Hitler.Ndoroisme : kepatuhan, ketaatan, bersikap tunduk.Negaraisme : paham fanatik berlebihan terhadap negara sendiri.Negatidisme : pengaruh tidak baik.Negativisme : sikap-sikap batin atau pandangan yang berdikap acuh tak acuh.Nemiisme : paham yang menekankan pentingnya keaslian.Neodarwinisme : teori evolusi masa kini, didasarkan atas darwinisme yang mengatakanbahwa evolusi tumbuh-tumbuhan dan hewan berdasarkan adanya variasi keturunan yangtimbul karena mutasi dan rekombinasi gen.
  • 59. Neo-feodalisme : feodalisme baru.Neofeodalisme : feodalisme bentuk baru.Neo-impresionisme : aliran impresionis baru.Neoimpresionisme : aliran yang berpusat pada sesuatuimpresionis baru.Neo-klasikisme : aliran dalam seni (drama) yang menampilkan bentuk klasik dalampernyataan baru.Neoklasisme : aliran (dalam sastra, musik, arsitektur) yang berusaha menghidupkankembali karya klasik dalam bentuk asli atau dalam bentuk yang disesuaikan.Neokolonialisme : kolonialis bentuk baru.Neoliberalisme : aliran politik ekonomi yang muncul setelah Perang Dunia I, ditandaidengan tekanan berat pada segi positif ekonomi pasar bebas, disertai dengan usahamenekan campur tangan pemerintah dan konsentrasi kekuasaan swasta terhadapperekonomian.
  • 60. Neo-logisme : kata bentukan baru atau makna baru untuk kata lama yang dipakai dalambahasa yang member cirri pribadi atau demi pengembalian kosakata.Neologisme : pembentukan kata baru.Neologisme: kata bentukan baru atau makna baru untuk kata lama yang dipakai dalambahasa yang memberi ciri pribadi atau demi pengembangan kosakataNeo-naturalisme : (seni) kelanjutan atau perbaharuan dari naturalisme.Neo-platonisme : (ajaran) aliran campuran falsafah/ajaran Plato dan kemistikan timur.Neoplatonisme : aliran dalam seni rupacampuran filsafat Plato dan kemiskinan.Neo-realisme : perkembangan dari aliran senilukis realisme (timbul di Amerika pada abad20).Neothomisme : suatu pernyataan ulangan dari filsafat agama Thomas Aquinas (135-322)untuk menolak segala filsafat relativis dan metafisika idealistik.
  • 61. Nepoisme : kecenderungan untuk mengutamakan/ menguntungkan sanak-saudara sendiriterutama dalam jabatan, pangkat dilingkungan pemerintah.Nepotisme : perilaku yang memperlihatkan kesukaan yang berlebihan kepada kerabatdekat; kecenderungan untuk mengutamakan (menguntungkan) sanak saudara sendiri,terutama dalam jabatan, pangkat di lingkungan pemerintah; tindakan memilih kerabat atausanak saudara sendiri untuk memegang pemerintahan.Nestorianisme : ajaran bahwa Yesus sebagai dua pribadi, yakni sebagai manusia dansebagai Putera Allah, bukan sebagai satu pribadi yang tunggal.Netralisme : paham yang tidak memihak terhadap salah satu blok kekuatan, nonblok.Netulisme : sikap negative terhadap tradisi.Nihilisme : paham aliran filsafah sosial di Rusia yang tidak mengakui nilai-nilaikesusilaan, kemanusiaan, keindahan, dsb juga segal bentuk kekuasaan pemerintah, semuaorang berhak mengikuti kemauannya sendiri.
  • 62. Nikotinisme : peracunan oleh nikotin (rokok), kegandrungan untuk menghisapnikotin(rokok).Nitulisme : sikap negatif terhadap tradisi.Nomadisme : hidup berpindah-pindah atau mengembara.Nominalisme : teori yang mengatakan bahwa universals atau kata-kata umum hanyamerupakan nama dan tidak menunjukkan benda riil dan objektif, semua yang ada samadengan partikular.Nrimoisme : paham yang menerima dan pasrah terhadap ketentuan takdir terhadap nasibhidup.Nudisme : tradisi tidak mengenakan pakai (bertelanjang bulat), baik pria maupun wanita,yang tergabung dalam satu kelompok, pada waktu tertentu dan tempat yang terpencil.Nuduisme : tradisi tidak menggunakan pakaian baik pria maupun wanita yang tergabungdaam suatu kelompok pada waktu tertentu dan ditempat terpencil.Nutrisisme : simbiosis yang hanya menguntungkan satu pihak.
  • 63. OObjektivisme : aliran yang menerima segala sesuatu secara objektif.Objektivitisme : paham atau aliran yang menerima segala sesuatu secra objektif tanpadipengaruhi pendapat atau pendangan pribadi.Observatisme : paham yang menekankan perlunya observasi sebelum bertindak.Obskurantisme : semangat yang menghambat kemajuan.Obstruksionisme : perjuangan untuk menghadapi pembentukan UU.Obyektivisme : paham yang memperlakukan objek sesuatu secara berlebihan.Ofisialisme : tentang golongan pegawai atau pejabat, birokrat.Oksedanfalisme : watak budaya barat.
  • 64. Oksidentalisme : watak budaya barat, penyerapan budaya, adat, istilah barat oleh orang-orang timur.Oktivisme : paham yang percaya pada kekuatan gaib yang dapat dikuasai manusia.Olisidentalisme : penyamaan atau penyamarataan hanya karena merupakan satukelompok atau bangsa.Oportunisme : paham polirik yang tidak memilih landasan tertentu sehingga haluannyamenurut keadaannya saja.Oposisionisme : sikap yang melawan atau berlawanan.Optimisme : sikap hidup yang segala hal dipandang kebaikannya saja/ rasa percaya diri.Organisme : susunan yang terdiri dari unit-unit yang ditujukan pada satu kesatuan/makhluk hidup.Orientalisme : ilmu pengetahuan ke-Timur-an atau tentang dunia Timur, prosespenyerapan kebudayaan Timur oleh orang Barat.
  • 65. Origonisme : segala jenis makhluk hidup.Ostraksime : hak rakyat Yunani dulu untuk mengisolir orang-orang yang mempunyaipengaruh terlalu besar.Otomatisme : suatu tehknik penciptaan kreatif yang menempatkan diri pada ledakanbawah sadar yang didasarkan pada kesadaran.Otoritarianisme : paham kepatuhan mutlak kepada sastra, anggapan bahwa pengetahuanitu dijamin suatu sumber.Otoriterisme : bentuk pemerintahan yang otoriter dan sewenang-wenang.Oustrurantisme : usaha yang stop ‘asing’. PPaganisme : hal (keadaan) tidak beragama; paham pada masa sebelum adanya(datangnya, masuknya) agam (Kristen, Islam, dsb).
  • 66. Pan-Afrikanisme : paham yang berupaya mempersatukan masyarakat Afrika sedunia.Pan-Amerikanisme : garakan untuk mempererat kerja sama antara republik yang ada diAmerika.Pancasilaisme : suatu semngat untuk hidup berdasarkan asas Pancasila.Panentheisme : kepercayaan bahwa dunia ada di dalam Tuhan, tetapi Tuhan dikurangioleh dunia (yang suci adalah transenden dan imanen).Pan-islamisme : gerakan yang bertujuan untuk mempersatuakan nagara-negara yangpenduduknya beragama Islam.Panpsikisme : suatu pandangan bahwa segala realitas bersifat psikis atau bahwa segalabenda memiliki jiwa.Pan-slavisme : gerakan yang bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam bidangkebudayaan di antara negara-negara Slavia (Rusia, Bulgaria, Yugoslavia).Panteisme : paham yang menyamakan Tuhan dengan kekuasaan dan hukum alamsemesta.
  • 67. Pantheisme : kepercayaan bahwa semua yang ada di alam semesta adalah Tuhan.Paradisme : paham hedonis seseorang atau kelompok.Paramagnetisme : benda yang tertarik oleh magnet kutub.Parifisme : penegasan terhadap suatu hal.Parlementerisme : paham bahwa semua proses kekuasaan dan semiotika (permainantanda rupa).hukum harus dikendalikan oleh parlemen.Parokisme : serangan hebat, gejala kekambuhan mendadak dan hebat.Partikularime : sistem yang mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentinganumum; aliran politik, ekonomi, kebudayaan yang mementingkan daerah atau kelompokkhusus; sukuisme.Pasifisme : aliran yang menentang adanya perang.Pasitivisme : paham pengetahun kebenaran.
  • 68. Pasivisme : sikap yang diam (tidak ada tanggapan bahwa terhadap suatu hal atauperistiwa).Pastulisme : sikap beku.Paternalisme : sistem kepemimpinan yang berdasarkan hubungan antaraPatrilianisme : proses pengembalian ke daerah asal.Patriotisme : sikap berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dannegara.Pedantisme : sikap pedantis atau menyombongkan kepandaian (pengetahuan).Penanaisme : gejala kekambuhan rakyat.Perfeksionisme : ingin sesuatu sangat sempurna tanpa cacat.Permisivisme : paham yang berasal dari sekulerisme yang memiliki pengertian bahwadalam kehidupan diperbolehkan mendapatkan segala sesuatu berdasarkan "apa yang bisadan tidak bisa".
  • 69. Personalisme : aliran filsafat yang berpendirian bahwa personal adalah nilai yangtertinggi dalam hidup dan merupakan kunci semua realitas dan nilai.Personalisme : tipe sosialisme yang memberikan kebebasan sebesar mungkin kepadaseseorang, terutama dalam bidang kerohanian.Perspektivisme : mazhab yang menganggap bahwa ilmu itu selalu bersifat relative.Pesimisme : paham yang beranggapan atau memandang segala sasuatu dari sudutburuknya saja.Phisiokratisme : paham yang mengutamakan kekuatan alam dalam mengembangakanpetanian dll.Phisiontisme : bahwa paham tentang mengutamakan kekuatan alam denganmengembangkan pertanian, perkebunan sebagai sumber pendapatan.Pilitralisme : merupakan Suatu Masyarakat Dimana kelompok tidak harus mengorbankangaya hidup dan tradisi mereka.Plagianisme : pemberian hak cipta.
  • 70. Plagiarisme : perilaku mencontek karya orang lain tanpa mencantumkan sumbernya.Platonisme : ajaran fisafat Plato yang menganggap bahwa benda pengaruh pada perasaandari pada kenyataan yang sebenarnya tiruan dari ide dan hanya ide saja yang patutdiselidiki oleh akal budi.Pletisme : kesalehan yang berlebih-lebihan.Pluralisme : suatu keadaan yang diciptakan yaitu setelah impress untuk membantu dalampendidikan.Plutonisme : aktivitas magma yang menyusup dan memotong lapisan kulit bumi tetapitidak sampai di permukaan bumi dan membeku di dalam.Pointilisme : gaya seni lukis.Poligilogisme : deret silogisme dan kesimpulan silogisme.Polisentrisme : (politik dan pemerintahan) anggapan bahwa pusat komunisme tidak lagiterbatas pada satu tempat saja (Moskow), tetpi juga terdapat di masing-masing negarakomunis.
  • 71. Polisilogisme : sederetan silogisme yang dihubung-hubungkan sebagai simpulan yangditarik dari suatu silogisme, berfungsi sebagai premis silogisme berikutnya.Politheisme : kepercayaan bahwa dewa sebagai makhluk yang sangat kuat kepandaiannyaatau supernatural.Politisme : segala sesutau yang berbau politik.Positivisme : aliran filsafat yang beranggapn bahwa pengetahuan itu semata-matabedasarkan pengalaman dan ilmu yang pasti (bertentangan dengan metafisika).Post-impresionisme : perkembangan lebih lanjut dari impresionisme.Post-modernisme : aliran dalam seni drama yang menggambarkan bentuk klasik dalamkenyataan baru.Prekskriptivisme : para preskriptivis cenderung didapati di kalangan pendidik bahasa danwartawan, dan bukannya dalam lingkungan ahli linguistik akademik pada dirinya.Prematurisme : keguguran bayi anak berusia kandungan kurang lebih 37 minggu.
  • 72. Presbiterioisme : sistem perguruan gereja yang berdasarkan hokum.Presbiteriorisme : sistem perguruan gereja berdasarkan presbiteria.Priapisme : lama sekali, tidak besar.Priapisme : masa istirahat lama penis tidak berereksi (senggama).Prigisme : sikap tahu segala-galanya.Primordialisme : paham yang ingin kembali ke kehidupan yang paling dasar atau masalampausecara batin.Profesionalisme : paham yang bersangkutan dengan profesi, memerlukan kepandaiankhusus untuk menjalankannya, dan mengharuskan adanya pembayaran untukmelakukannya.Progresifisme : ilmu tentang sakit mata progresif.Proletarisme : paham yang membela kaum proletar (kaum miskin, lemah).
  • 73. Proskriptivisme : (linguistik) sikap dalam pemakaian bahasa yang berusaha untukmenunjukkan kesalahan-kesalahan yang harus dhindarkan dalam berbicara dan menulis.Prostatisme : penyumbatan saluran kencing akibat prostat.Protatisme : penyumbatan saluran air seni.Proteksionisme : paham bahwa ekonomi dalam negeri harus dilindungi pemerintah daripersaingan luar negeri.Protestanisme : dasar reformasi Kristen.Protestantisme : aliran dalam agama Kristen yang terpisah dari Gereja Khatolik Romapada zaman reformasi (abad ke-16) dipelopori oleh Martin Luther.Provinsialisme : gerakan yang bersifat kedaerahan.Psikologisme: paham penderitaan secara kejiwaan.Purisme : paham yang ingin mempertahankan kemurnian sesuatu.
  • 74. Puritanisme : paham dan tingkah laku yang didasarkan atas ajaran kaum puritan (hidupsaleh). QQuackisme : aliran Quaker.Quietisme : kepasifan.Quixotisme : sifat pemurah. RRadikalisme : paham politik yang menghendaki konsekuensi ekstrim.Rasalisme : paham bahwa ras dirnya sendirilah yang paling baik.
  • 75. Rasialisme : paham bahwa ras diri sendiri adalah ras yang paling unggul.Rasialisme : paham yang mempertahankan perbedaan ras.Rasionalisme : teori yang menganggap bahwa pikiran dan akal merupakan satu-satunyadasar untuk memecahkan masalah (kebenaran) yang lepas dari jangkauan indera.Rasisime : paham adanya rasa lebih tinggi dari orang yang beberda ras.Rasisme : kepercayaan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusiamenentukan pencapaian budaya dan individu atau kepercayaan bahwa suatu ras tertentulebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.Realisme : paham yang berpegang teguh pada pengalaman umum.Reduksionisme : doktrin bahwa kekayaan pengalaman-pengalaman bermacam-macamfenomena alamiah dapat diterangkan dalam suatu hal yang lebih kecil dalam proses fisiksebagai fakta empiris.Reformisme : aliran dalam sosialisme yang menentang cara-cara kekerasan dalam politikuntuk mngubah tatanan masyarakat seperti yang dianjurkan oleh kaum revolusioner.
  • 76. Reformisme : paham yang menginginkan perubahan.Regionalisme : paham kedaerahan.Regorisme : kekerasan hukum.Regualaisme : merupakan paham yang berpegang pada regulation kaidan etis.Relativisme : keadaan ketidaktentuan.Relativisme : pandangan bahwa pengetahuan itu dibatasi, baik oleh akal budi yang serbaterbatas maupun oleh cara mengetahui yang serba terbatas.Remantisme : penyakit rematik.Renaissance : peralihan antara jaman pertengahan, kelahiran bayi sebelum waktunya(kurang dari 125 hari).Republikanisme : cenerung kebentuk republic.Residivisme kecendrungan individu atau kelompok atau mengulangi perbuatan tercelawalaupun ia sudah pernah dihukum karena melakuakn perbuatan itu.
  • 77. Resitivisme : keberadaan hambatan.Retreatisme : proses yang terjadi apabila nilai-nilai yang berlaku tidak dapat dicapaimelalui cara yang telah melembaga, tetapi warga masyarakat mempunyai kepercayaanyang mendalam sehingga mereka tidak mau menyimpang dari kaidah yang telahmelembaga.Retreavisme : proses yang terjadi apabila nilai-nilai yang berlaku tidak dapat dicapaimelalui carakata yang telah melembaga, tetapi warga masyarakat mempunyaikepercayaankebiasaan yang mendalam sehingga mereka tidak mau menyimpangmenimpang dari kaidah yang telah melembaga.Reumatisme : keadaan tesmatis.Revisionisme : paham adanya tindak revisi.Revivalisme : gerakan yang membangkitkan kembali perasaan keagamaan yang kukuhRigorisme : kekuatan hukum: sikap mental yang kaku.
  • 78. RitualismeRomanisme : paham atau ajaran tentang ritual dan upacarakeaagamaanroman.Rutinisme : keadaan yang membudaya. SSacerdotalisme : merupakan paham/ gagasan mengenai suatu pengorbanan pendamaiandosa harus ditawarkan secara terpisah untuk imamat berdasarkan Perjanjian Lama.Sacramentalisme : sebuah doktrin yang menyatakan bahwa sakramen diperlukan untukkeselamatan dan merupakan kasih karunia untuk jiwa manusia. Dengan adanya sakramenini dipercaya penerimanya dapat termurnikan dosanya, terberkati dengan karunia Tuhan,pembenaran, kehidupan yang kekal, kekuatan spiritual, dan lainnya.Sadisme : merupakan pemahaman mengenai derivasi kenikmatan dengan menimbulkanrasa sakit dan nyeri yang diberikan pada orang lain. Akibatnya pelaku sadism akanmenikmati hasil kerja kejamnya yang ekstrim.
  • 79. Sadomasocisme : merupakan pemahaman yang mengacu pada penerimaan dan pemberiankenikmatan seksual dari tindakan yang melibatkan penderitaan atau penerimaan rasa sakitmaupun penghinaan. Pemahaman ini melibatkan dua pelaku, yaitu pemberi rasa sakit(sadis) dan penikmat rasa sakit (masokis).Saintisme : keyakinan adanya ilmu pengetahuan tanpa metode ilmiahSalvationisme : merupakan ajaran yang menekankan pada penyelamatan jiwa melaluipenginjilan yang diserukan untuk konversi terbuka atau public.Sanscullotisme : merupakan pemahaman mengenai penerapan kelas bawah dan kelas atasselama Revolusi Perancis. Artinya, pemahaman ini didasari dengan kontrol ekonomi.Sapphisme : merupakan pemahaman mengenai homoseksualitas perempuan (lesbianism)dan daya tarik seksual untuk berhubungan dengan orang yang berjenis kelain sama.Sardonicisme : merupakan pemahaman mengenai ekspresi atas rasa sinis dan humorskeptis melalui komentar, isyarat, tulisan, cemoohan, dan ejekan.Sarkasme : gaya bahasa yang membicarakan kegetiran hidup atau iron
  • 80. Satanisme : merupakan pemahaman mengenai pengaguman karakter dan pemujaan setanatau serupa.Sauvinisme : ajaran atau paham mengenai cinta tanah air dan bangsa yang berlebihan.Savagisme : merupakan pemahaman mengenai keadaan dengan kualitas tidak beradabatau beradab. Keadaan ini ditandai dengan adanya keliaran, kekasaran, keberadaan orangtidak beradab.Scapegoatisme : merupakan praktek menyalahkan sebagai pengalihan perhatian atautanggung jawab diri sendiri kepada orang lain.Sceptisisme : merupakan pemahaman mengenai sikap yang mempertanyakan ataumeragukan pengetahuan, sebuah fakta, maupun keyakinan yang dinyatakan sebagai fakta.Schematisme : merupakan keyakianan atas susunan skematis atau suatu bentuk yangtelah ditetapkan untuk mengklasifikasi sesuatu.Schisme : merupakan pemahaman atau keyakinan yang dimiliki suatu organisasi/ gerakanatau sebuah persekutuan.
  • 81. Scholasticsme : merupakan metode pemikiran kritis mengenai akademis universitas yangmuncud di Eropa sekitar tahun 1100—1500. Paham ini mengartikulasikan danmempertahankan ortodoksi dalam konteks pluralistik.Scientisme : merupakan sebuah keyakinan yang memandang bahwa ilmu pengetahuanmerupakan bagian yang paling berharga dari proses belajar manusia, denganmengesampingkan sudut pandang lain. Pandangan ini sering digunakan oleh para ilmuwanseperti Friedrich Hayek, Karl Popper, dan Hilary Putnam.Sciolisme : merupakan pemahaman mengenai adanya orang-orang yang berpura-puraterpelajar namun sebenarnya berpengetahuan dangkal.Secessionisme : merupakan keyainan atas pemisahan diri atau tindakan menarik diri dariorganisasi dapat menjadi strategi untuk mencapai tujuan yang lebih.Sectarianisme : merupakan kefanatikan, diskriminasi, dan kebencian yang timbul denganadanya perbedaan antar anggota suatu kelompok, seperti adanya perbedaan agama, kelas,maupun regional.
  • 82. Sectionalisme : merupakan pemahaman mengenai semangat kesetiaan yang berlebihanatas kepentingan daerah/ negara sendiri.Secularisme : merupakan pemahaman yang menyatakan bahwa sebuah institusi ataubadan harus berdiri terpisah dari agama dan kepercayaan. Pemahaman ini menunjangkebebasan beragama dan berkepercayaan dengan menyediakan rangka netral untukkepercayaan dan tidak menganakemaskan sebuah agama tertentu.Seisme : gejala yang ditimbulkan tenaga endogen berupa gempaSeismisme : merupakan pemahaman mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengangempa bumi.Seksisme : tindakan diskriminasi atau kebencian terhadap seseorang yang bergantungterhadap seks, dan dapat merujuk pada semua sistem diferensiasi seks individu.SeksismeSomnambulisme : merupakan pemahaman mengenai gangguan tidur sehinggapenderitanya dapat berjalan dalam tidur.Seksualisme : berkeadaan seks.Seksualisme : keadaan seksi.
  • 83. Sekterianisme : semangat membela sekte.Sektorionisme : pham/ aliran agama yang berpandangan yang lain.Sekularisme : paham atau pandangan fisafat yang berpendirian bahwa moralitas tidakperlu didasarkan pada ajaran agama.Semicolonialisme : merupakan keyakinan yang mengenai masa abad ke 19 hingga abadke 20 dilewati dengan kekaisaran, perdagangan, dan pengaruh politik.Semitisme : paham yang dimiliki oleh rumpun bangsa Semi di Timur Tengah.Semnabulisme : keadaan menjalankan pekerjaan tanpa kesadaranSemnambolisme : (kedokteran dan fisiologi) perbuatan dan tindakan yang dilakukandalam keadaan kesadaran sperti dalam tidur; hal/ bagian dalam tidur.Senfilisme : pembabat.Sensasionisme : membatasi diri kenikmatan badani dengan mengabaikan kenikmatan –kenikmatan lainSensasionisme : menarik perhatian, membangkitkan perasaan.
  • 84. Sensationalisme : merupakan pemahaman mengenai cara seseorang untuk menimbulkankontroversi, mencolok, memancing perhatian, dan menimbulkan sensasi. Sehingga segalasesuatu untuk mencapainya haruslah hebat, memberi rasa heran, rasa kagum, rasa takjub,ataupun rasa kengerian.Sensitivisme : keadaan peka rasa.Sensualisme : ajaran yang menganggap bahwa segala pengetahuan manusia itudidasarkan pada suatu hal yang didapat ditangkap oleh pancaindera.Sensualisme : paham ketidakpercayaan terhadap sesuatu yang abstrak.Sentimentalisme : merupakan keyakinan mengenai etika dengan menjadikan sentimenmoral atau emosi sebgai dasr moralitas seseorang.Sentralisme : paham terhadap pengendalian di pusat.Sentralisme : prinsip/ system pemusatan kekuatan atau kekuasaan di dalam pemerintahan.Separatisme : merupakan pemahaman atas memisahnya budaya, etnis, suku, agama, ras,pemerintahan, dan gender demi menentukan nasib dan mencapai suatu tujuan.Separatisme : paham yang mencari keuntungan dengan pemencah-belahan dalam suatugolongan (bangsa).
  • 85. Serialisme : merupakan pemahaman mengenai metode atau teknik komposisi nilai untukmemanipulasi unsure musik yang berbeda. Didalamnya terdapat perbedaan durasi,dinamika, timbre, harmoni, dan variasi musik.Serpikisme : penghambaan oleh seseorang kepada tuannya / paham kesetiaanSerulisme : penghambatan.Servomechanisme : merupakan pemahaman atas perangkat otomatis yang digunakanuntuk memperbaiki kinerja suatu control mekanik.Sexsisme : merupakan pemahaman mengenai diskriminasi atau kebencian terhadapseseorang bergantung jenis kelamin. Dalam pemahaman ini dipercayai bahwakepercayaan bahwa salah satu jenis kelamin lebih berharga dari jenis kelamin lainnya,chauvinism atas pria atau wanita, dan adanya sifat misoginis (kebencian terhadap wanita)atau misandria (kebencian terhadap laki-laki).Shamanisme : merupakan keyakinan dan praktik yang berkaitan denganberkomunikasinya dunia roh dan dunia nyata. Didalamnya terdapat peran dukun yangdiyakini dapat menjembatani kedua dunia dan dapat memasuki masa trance selama ritual.
  • 86. Silogisme : cara berpikir atau menarik simpulan yang terdiri atas premis umum, premiskhusus, dan simpulan.Simbolisme : perihal pemakaian simbol (lambang) untuk mengekspresikan ide-ide (misal: sastra, seni).Simbolisme : suatu aliran yang menitikberatkan kepada system.Simetrisme : hal kesamaan bentuk atau keseimbangan suatu hal.Simplisme : merupakan pandangan bahwa sainsatas kecenderungan seseorang untukmenyepelekan atau mengabaikan masalah secara berlebihan.Simultanisme : berkeadaan serentak.Sindikalisme : sebuah gerakan revolusioner yang mempergunakan serikat sekerja untukmelepaskan demokrasi parlementer dengan kekerasan (mendukung marxisme).Sindikatisme : sindikat yang ingin menguasai industry.Sinditalisme : paham revolusioner untuk menggunakan belanja.Sinergisme : hubungan antara parameter atau lebih.Singkretisme : perpaduan, keterpaduan.Singkronisme : keadaan sinkron, kesinkronan
  • 87. Sinisme : sikap sinis.Sinkretisme : paham (aliran) baru yang merupakan perpaduan dari beberapa paham(aliran) yang berbeda untuk mencari keserasian, keseimbangan, dsb.Sinkronisme : keadaan sinkron.Sinkronisme : keserentakan antara sistem.Sosiologisme : paham peninjauan dari segi filsafat.Situasionisme : menentukan baik buruknya hidup dan perbuatan dengan berpeganganpada situasi.Situationalisme : merupakan teori atau pandangan yang menyatakan bahwa terkadangprinsip moral dapat dibuang apabila suatu situasi didasari oleh cinta.Skeptisisme : aliran yang memandang sesuatu selalu tidak pasti (meragukan,mencurigakan).Skolastisisme : teologi dan falsafah Kristrn abad pertengahan yang didasarkan padafalsafah Aristoteles dan menekankan dasar rasional bagi iman Kristen.
  • 88. Slumisme : merupakan pemahaman mengenai peningkatan daerah perkumuhan dalamkota.Snobisme : sikap atau cara hidup seseorang snob yang senang meniru gaya hidup atauselera orang lain yang dianggap lebih dari dirinya tanpa perasaan malu-mali; orang yangmerasa dirinya lebih pintar dan suka menghina/ meremehkan orang lain.SocialDarwinism : merupakan istilah yang digunakan untuk teori masyarakat yangdidasari prinsip evolusi Darwin untuk sosiologi dan politik.Socialisme : merupakan pemahaman mengenai sistem ekonomi yang ditandai dengankepemilikan alat produksi dan kontrol manajemen bersama.Socraticisme : merupakan keyakinan atas metode Sokrates yang melakukan pengajuanpertanyaan demi didapatkannya definisi universal dari konsep – konsep seperti keberaniandan keadilan.Soekarnoisme : gerakan yang ingin mengembalikan kehidupan di masa pemerintahanSoekarno dan ideologi Soviet.Sofisme : alasan (argument) palsu yang dimaksudkan untuk menipu atau memperdayaorang lain, ucapan yang muluk-muluk tetapi hampa.
  • 89. Solarisme : merupakan pemahaman mengenai mitos – mitos yang mengacu kepadamatahari.Solecisme : merupakan pemahaman atas kesalahan tata bahasa atau absurditas hinggaterjadi pelanggaran sopan santun.Solidarisme : merupakan pemahaman yang dikemukakan oleh Emile Durkheim terhadappemikiran mengenai filsafat sosial.Solipsisme : teori bahwa satu-satunya pengetahuan yang mungkin adalah pengetahuandiriterlalu membanggakan negeri sendiri.Somnabulisme : hal suka berjalan ketika dalam keadaan tidur.Sophisme : merupakan pemahaman mengenai suatu argumen yang bersifat munafik dandigunakan untuk menipu seseorang.Sosialisme : merupakan paham yang mengatakan bahwa manusia memerlukan manusialain untuk menjadi manusia. Sosialisme melahirkan rasa setia kawan yang kuat dalammasyarakat, sehingga terbentuknya sebuah negara/ lembaga.Sosiokomunisme : perpaduan paham sosialis dengan komunis.
  • 90. Sosionasionalisme : perpaduan paham sosialis dengan nasionalis.Sovietisme : merupakan pemahaman mengenai sistem yang bergerak dengan keceptanyang sama.Sovinisme : rasa cinta tanah air (patriotisme) yang berlbihan dengan mengangung-agungkan negaranya sendiri dan merendahkan negara lain.Speciesisme : merupakan keyakinan atas perbedaan sikap ruang atom dalam molekul.Spesialisme : merupakan pemahaman tentang spesialisasi/ konsentrasi lebihseseorangterhadap bidang studi tertentu.Spiritisme : merupakan pemahaman mengenai adanya kelangsungan hidup suatu rohsetelah kematian yang lepas dari pemahaman pada agama pada umumnya.Spiritualisme : merupakan kepercayaan mengenai roh mati yang berada di dunia rohmemiliki kedua kemampuan dan keinginan untuk berkomunikasi dengan orang hidup.Spoonerisme : merupakan kepercayaan mengenai kesalahan dalam pidato yang disengajadan biasanya digunakan untuk humor.
  • 91. Stalinisme : sistem pemerintahan yang menggunakan sistem spionasre secara ekstensif,peniadaan pengadilan, dan penghapusan lawan-lawan politik melalui pembunuhanlangsung, pembuangan, atau pembunuhan karakter (ideologi Josef Stalin).Standpattisme : merupakan kepercayaan untuk menolak perubahan, terutama dalambidang politik.Statisme : merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan keyakinan ataskeharusan pemerintah untuk mengendalikan kebijakan ekonomi dan sosial untuk berbagaiderajat.Stereoisomerisme : merupakan keyakinan atas molekul isomer yang memiliki rumusmolekul yang sama dan berurutan.Stoicisme : merupakan pemahaman mengenai kesalahan seorang bijak tidak akanmenyebabkan emosidestruktif padanya.Streolsomarisme : gejala adanya senyawa yang berbeda satu sama lain.
  • 92. Structuralisme : merupakan pemahaman yang menekankan bahwa unsure budaya harusdipahami secara menyeluruh dan terstruktur.Struktualisme : aliran tentang struktur bahasa.Strukturalisme : (linguistik) gerakan linguistik yang berpandangan bahwa unsur-unsurbahasa lebih penting daripada unsur-unsur itu sendiri bahwa satu-satunya objek bahasaadalah sistem bahasa dan penelitian yang dapat dilakuakan secara sinkronis.Subjectivisme : merupakan pemikiran yang digunakan untuk menunjukkan bahwaaktivitas mental kita didasari pengalaman untuk menjadi dasar berbagai ukuran danhukum.Subjektivitisme : ajaran tentang kesubjekan.Substantialisme : merupakan doktrin mengenai adanya substansi atau praktek-praktekyang mementingkan suku bangsa sendirimakhluk yang mendasari berbagai fenomena.Sukdarisme : paham adanya ilmu pengetahuan merupakan hasil kerja.Sukuisme : sikap yang mencintai sukunya secara berlebihan.
  • 93. Superlativisme : (gejala) kecendrungan yang: kecenderungan yahng berlebih-lebihan atauketerlaluan yang tampak pada perkataan atau tingkah laku.Supernaturalisme : meyakinan yang menyatakan bahwa adanya makhluk dunia lain danatau kekuatan dan fenomena seperti malaikat, Tuhan, mujizat adalah nyata.Superorganisme : merupakan organisme yang tersusun atas banyak organism lain,sehingga dapat diartikan sebagai keyakinan bahwa manusia tidak dapat bertahan sendiri.Superparasitisme : merupakan pemahaman mengenai suatu korban parasit telahdiparasiti oleh lebih dari satu spesies parasit.Superpatriotisme : merupakan pemahaman mengenai rasa cinta negara dan kesediaanberkorban untuk negara berlebih.Superrealisme : merupakan cara seniman menggambarkan, mengungkap, ataumenafsirkan pikiran bawah sadarnya melalui seni dan sastra.Supranatisme Taktisme : bentuk lukis yang menggambarkan segala sesuatu.
  • 94. Supranaturalisme bentuk kepercayaan kepada hal-hal yang diluar atau jauh darijangkauan dunia empiris atau suatu anggapan bahwa diatas alam ini ada kekuatan yanglebih tinggiSurealisme : aliran dalam seni rupa yang menggambarkan dunia fantasi psikologis yangdiekspresikan secara verbal, tertulis, maupun visual.Surealisme : aliran sastra yang melukiskan pengalaman manusia.Syamanisme : ajaran yang berdasarkan keyakinan bahwa roh yang ada di sekelilingmanusia dapat menyusup dalam tubuh aeorang dukun dalam suatu upacaraagama.Syamonisme : sistem agama berkeyakinan roh. TTaintrisme : ajaran untuk membebaskan diri dari kesengsaraan.Takhisme : aliran seni lukis yang menggambarkan sesuatu secara realistis
  • 95. Takisme : teknik menghasilkan lukisan abstrak dengan memercikkan cat ke kanvas.Tantrisme : ajaran dalam agama Hindu dan Buddha yang mengandung mistik dan magicTaoisme : sistem agama atau ajaran filsafat yang dianjurkan oleh Lao Tze yangmenganjurkan untuk bertindak sesuai dengan alam, bukan melawannyadianut KubilaiKhan, dan ditiru.Tarantisme : (kedokteran dan fisiologi) penyakit hysteria yang menyebabkan penderitamenari-nari.Tautomerisme : gejala adanya dua insomer atau lebih yang berbeda dalamkesetimbangan satu dengan yang lain.Teisme : ilmu yang mengajarkan adanya Tuhan.Teknokratisme : hal pengelolaan organisasi dan manajemen sumber daya pada negaraindustry oleh kelompok teknis.Tektonisme : proses pergerakan, pengangkatan, lipatan, dan patahan pada struktur tanahdi suatu daerah.
  • 96. Temporalisme : suatu pendapat bahwa ada gerak dan gejala kemajuan yang riil dalamwaktu.Tentrisme : suatu aliran snei lukis dengan mengutamakan kebebasan, penemuanTermoperiodisme : proses perkembangan tumbuhan, tanaman akibat panas.Terorisme : tindakan yang menggunakan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan untukmencapai suatu tujuan.TerorismeTerorisme : penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalamusaha mencapai suatu tujuan (terutama tujuan politik).terus dipupuk di dalam masyarakat.ThornismeThorrisme : aliran teologi yang berprinsip pada dasar ajaran TuhanagamaIslam.Tiranisme : kelaliman, kekejaman, kekuasaan, kesewenang-wenangan memerintah danbertindak.Titoisme : paham lain dari Marxisme–Leninisme yang namanya diambil dari namapemimpin Republik Federal Sosialis Yugoslavia, yaitu Josip Broz Tito.
  • 97. Totalitarianisme : pandangan bahwa negara yang paling tinggi martabatnya dankepentingan negara harus diutamakan.Totaliterisme : negara yang berpaham segala-galanya yang ada pada manusia dan bendauntuk kepentinagn negara.Totemisme : system religi yang berkeyakinan bahwa kelompok-kelompok unilinealadalah keturunan dewa-dewa nenek moyang, moyang yang satu dengan yang lainnyamempunyai hubungan kekerabatan.Tradisionalisme : paham atau ajaran yang berdasarberdasarkan pada tradisi.Transedontulisme : paham bahwa ilmu pengetahuan tak terbatas pada pengalaman danpengamatan.Transvetisme : (psikologi) kecendrungan berpakaian seperti lawan jenisnya.Trikrorisme : sifat dan warna.Trinitarianisme : pengajaran agama Katolik tentang trinitas.
  • 98. Tropisme : kecendrungan tumbuh-tumbuhan, binatang atau bagiannya untuk bergerakatau berputar sebagai reaksi atas rangsangan dari luar karena tertarik atau tertolak, sepertibunga matahari yang berputar ke arah matahari.Trotskiisme : aliran yang dianut oleh pengikut Leon Trotski yang berpendapat bahwaSoviet Rusia bukanlah negara sosialis/komunis tetapi Negara imperialis dan birokratis.Truisme : kebenaran yang jelas.Turisme : kepariwisataan.Turisme : suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapanyang dilakukan untuk aktivitas ini. UUltra Leftisme : kelompok militant yang didirikan pada tahun 1957.Ultraformitarianisme : salah satu konsep penyatu dalam ilmu geosains.
  • 99. Ultraisme : paham yang membesar-besarkan sesuatu secara berlebih-lebihan ataumengagung-agungkan yang berkuasaUltramontanisme : menekankan bahwa perubahan kekuasaan dunia ini akan rusak bilatidak dipusatkan pada kekuatan Paus.Ultrasionalisme : paham golongan dari kolonialisme dan imperialism.Uniformisme : kebersamaan disetiap kejadian.Unikameralisme : system pemerintahan yang memiliki satu kamar pada parlemennya.Unilateralisme : perjanjian yang dilakukan secara sepihak.Unionisme : kelompok anti perbudakan.Unitarianisme : ajaran yang menginginkan bentuk negara kesatuan bersentral padapemerintah pusat.Unitarisme : ajaran (paham, kecendrungan) yang menginginkanbentuk negara kesatuan.Universalisme : keadaan sifat umum.
  • 100. Universalisme paham tentang universalitas yang lahir akibat pengkotak-kotakan duniadalam negara, agama, budaya, ideologi serta teologi.Uranisme homoseksualitas yang melibatkan kebencian akan lawan jenisnya.Uribisme : pengikut paham dari Alvaro Uribe.Utilitarianisme : sebuah teori etika yang mengatakan bahwa manfaat dalam artikebahagiaan yang sebesar-besarnya untuk jumlah yang sebanyak-banyaknya harusmenjadi tujuan segala tindakanmenjawab moralitas yang tidak mencerminkan perubahanradikal di zamannya.Utilitinisme : paham yang bersifat serbaguna dan ukuran untuk menilai tindakantsbpraktis.Utopianisme : ajaran yang member gambaran tentang tata masyarakat dan tata poliyiksempurna, bagus dalam gambaran (angan-angan), tetapi sulit untuk diwujudkan. V
  • 101. Vampirisme : kepercayaan adanya vampire.Vegetarisme : paham yang mennyatakanmenyatakan untuk berpantang makan makananhewani dan hanya makan makanan nabati (hasil tumbuh-tumbuhan)..Vegeterionisme : kepercayaan pada vegetarian.Ventrilokuisme : keahlian bicara dengan tidak menggerakan bibir sehingga seuara yangterdeengar seolah-olah dating dari tempat lain.Verbalisme : ajaran (pandangan) dalam dunia pendidikan (pengajaran) yang mendidikanak untuk banyak menghafal.ZX-anak.Veritisme : gaya dalam pertunjukkan drama yang memakai prinsip menghapuskan caraberpura-pura dalam memainkan drama.Vernakularisme : peribahasa, ungkapan pemakaian bahasa ibu (bahasa negeri).Vetrilokuisme : keahlian berbicara dengan tidak menggerakkan bibir sehingga seolah-olah suara datang dari tempat lain.
  • 102. Vinilisme : bagian-bagian tumbuhan.Virilisme : penampilan sifat laki-laki sacara fisik dan mentak pada wanita.Vodooisme : praktek pem-vodoo-an atau ilmu pelet dan sejenisnya: modal sosial yangsangat berharga yang dilakukan orang-orang tertentu di Cina dan AfrikaVoluntarisme : suatu pandangan bahwa kemauan adalah fungsi jiwa terpenting.Voyeurisme : penyakit kejiwaan yang menyebabkan dorongan yang secara diam-diammengintip atau melihat seseorang yang berlainan jenis atau sejenis tergantung orientasiseksual berbeda yang sedang telanjang, menanggalkan pakaian atau melakukan kegiatanseksual, sehingga mendapatkan kepuasan seksual.Vulkanisme : fenomena alam akibat adanya aktivitas magma dari dalam bumi. WWahhabisme : gerakan keagamaan atau cabang dari Islam.
  • 103. Westernisme : proses penyerapan kebudayaan/adat istiadat Barat oleh orang Timurkarena dibawa oleh orang barat yang dating ke timur atau orang timur yang pernahmenetap di negeri barat.Witisisme : pengunaan kata-kata yang halus namun kejam dan mengenamempertanyakanbagaimana manusia menggunakan ilmunya. ZZelotisme : hasrat atau keinginan untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu.Zionisme : politik bangsa Yahudi yang ingin untuk mendirikan negara sendiri yangmerdeka dan berdaulat di Palestina.Zodiakisme : paham yang mempercayai adanya hubungan nasib seseorang dengan rasibintang yang ia miliki.Zoofilisme : sikap penyimpangan seksual terhadap hewan.
  • 104. Zoomorfisme : sesuatu yang mewakili bentuk hewan dalam kerajinan seni atau simbolis.