Semester 02
Prodi Kebidanan

Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan Modul 4
Kegiatan Belajar 2

Ruang Lingkup Kegi...
Membangun
Kesadaran Mutu
Merupakan upaya penggeseran cara pandang peran dan fungsi organisasi pelayanan
kesehatan dari “me...
Pembentukan
Tim Jaminan Mutu
didasarkan pada Surat Keputusan kepala organisasi pelayanan kesehatan dan mendapat
dukungan d...
Pembuatan
Alur Kerja dan Standar Pelayanan

b) Alur kerja meliputi: loket, alur keja pelayanan, laboratorium, apotik, dan ...
Penilaian
Kepatuhan Terhadap Standar
Untuk menilai tingkat kepatuhan, digunakan daftar tilik penilaian yang telah disiapka...
Penyampaian
Hasil Kegiatan
Data temuan yang terkumpul diolah dan dianalisa untuk kemudian disajikan dalam
Lokakarya Mini o...
Survei
Pelanggan
Dilakukan secara sederhana dengan membuat kuesioner kemudian dibagikan kepada
pasien/klien sambil diminta...
Penyusunan
Rencana Kegiatan
Sebelumnya tim jaminan mutu secara bersama-sama melakukan analisis permasalahan
melalui siklus...
Plan of Action (PoA) antara
lain berisi:

“

a. Penanggungjawab pelaksana kegiatan: membuat alat bantu kerja,

b. Pendekat...
Pemantauan
dan Supervisi
Keberhasilan kegiatan pemantauan dan supervisi sangat tergantung pada konsistensi
kegiatan (terat...
Evaluasi
dilakukan pada akhir siklus kerja tim jaminan mutu (3-6 bulan). Pada akhir tahun, Tim
Jaminan Mutu Puskesmas mela...
Gambar Refrensi
http://farm8.staticflickr.com/7171/6600359477_52f313b548_b.jpg
http://kabargress.com/wp-content/uploads/20...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Modul 4 kb 2 mutu layanan kesehatan dan kebijakan kesehatan

1,415 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,415
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
116
Actions
Shares
0
Downloads
45
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Modul 4 kb 2 mutu layanan kesehatan dan kebijakan kesehatan

  1. 1. Semester 02 Prodi Kebidanan Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan Modul 4 Kegiatan Belajar 2 Ruang Lingkup Kegiatan Jaminan Mutu Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan Jakarta 2013
  2. 2. Membangun Kesadaran Mutu Merupakan upaya penggeseran cara pandang peran dan fungsi organisasi pelayanan kesehatan dari “memberi obat” ke “melayani pasien”, dari “pemeriksaan cepat” ke “pemeriksaan sesuai standar”, dari “pekerjaan saya” ke “pekerjaan kita” dan dari “pelayanan yang tidak ramah” menjadi “pelayanan yang ramah dan penuh senyum”.
  3. 3. Pembentukan Tim Jaminan Mutu didasarkan pada Surat Keputusan kepala organisasi pelayanan kesehatan dan mendapat dukungan dari kepala organisasi tersebut dan petugas lainnya. Tim Jaminan Mutu dapat terdiri dari sub-tim yang mempunyai fungsi tertentu: sub-tim pembuatan standar, sub-tim pelaksanaan dan sub-tim penilaian kepatuhan terhadap standar dan evaluasi.Tim Jaminan Mutu harus mendapatkan pelatihan tentang jaminan mutu. Jumlah anggota tim atau subtim dapat berkisar 4-5 orang.
  4. 4. Pembuatan Alur Kerja dan Standar Pelayanan b) Alur kerja meliputi: loket, alur keja pelayanan, laboratorium, apotik, dan lain sebagainya yang dibuat dalam bentuk skema, dibingkai dan ditempel di masing-masing ruang pelayanan terkait serta terlihat oleh petugas. Pembuatan alur kerja ini sekaligus dapat diikuti dengan identifikasi berbagai hambatan/kendala yang membuat alur kerja ini tidak jalan atau membutuhkan waktu yang lama. c) Standar pelayanan medik yang penting dibuat dalam bentuk algoritme medik, misalnya standar penatalaksanaan diare, penatalaksanaan “ “ a) Alur pelayanan ditempel di dinding agar mudah diketahui dan sebagai penunjuk jalan bagi pasien maupun pengunjung unit pelayanan kesehatan. demam pada anak, penatalaksanaan anak dengan batuk dan kesulitan bernafas, penatalaksanaan pasien TB paru, dan lain-lain.
  5. 5. Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Untuk menilai tingkat kepatuhan, digunakan daftar tilik penilaian yang telah disiapkan terlebih dahulu. Penilaian tingkat kepatuhan dilakukan oleh rekan kerja dari unit pelayanan kesehatan lain (peer review) atau sejawat dari unit pelayanan yang sama tetapi harus dijaga kerahasiaan rekan yang ditunjuk sebagai penilai ataupun supervisor dari Dinas Kesehatan Kabupaten.
  6. 6. Penyampaian Hasil Kegiatan Data temuan yang terkumpul diolah dan dianalisa untuk kemudian disajikan dalam Lokakarya Mini oraganisasi/unit pelayanan. Jika nilai tingkat lkepatuhan di bawah 80% maka keadaan ini perlu diperbaiki dengan melakukan intervensi terhadap penyebab rendahnya tingkat kepatuhan terhadap standar.
  7. 7. Survei Pelanggan Dilakukan secara sederhana dengan membuat kuesioner kemudian dibagikan kepada pasien/klien sambil diminta untuk diisi dan segera mengembalikannya pada kotak yang tersedia di Puskesmas. Jika ditemukan lebih dari 5% pasien/klien tidak puas, perlu dilakukan tindakan segera untuk mengetahui sebab-sebab ketidakpuasan pasien
  8. 8. Penyusunan Rencana Kegiatan Sebelumnya tim jaminan mutu secara bersama-sama melakukan analisis permasalahan melalui siklus pemecahan masalah 1. Identifikasi masalah 2. Penentuan prioritas masalah 3. Mencari penyebab masalah 4. Mencari alternatif pemecahan masalah 5. Menetapkan pemecahan masalah 6. Menyusun rencana kegiatan pemecahan masalah.
  9. 9. Plan of Action (PoA) antara lain berisi: “ a. Penanggungjawab pelaksana kegiatan: membuat alat bantu kerja, b. Pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan kepatuhan, c. Melengkapi sarana yang kurang: realokasi atau pengaturan, “ d. Cara pemantauan kemajuan pelaksanaan kegiatan.
  10. 10. Pemantauan dan Supervisi Keberhasilan kegiatan pemantauan dan supervisi sangat tergantung pada konsistensi kegiatan (teratur, taat azas serta berkesinambungan), kapasitas (pengetahuan dan ketrampilan) penyelia untuk memberikan bantuan teknis, daftar tilik pemantauan, data status kegiatan dan adanya dukungan kepala unit organisasi dan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk mengatasi masalah/hambatan yang muncul.
  11. 11. Evaluasi dilakukan pada akhir siklus kerja tim jaminan mutu (3-6 bulan). Pada akhir tahun, Tim Jaminan Mutu Puskesmas melakukan Penilaian Kinerja Jaminan Mutu yang telah dilakukan bertempat di aula Dinas Kesehatan Kabupaten/kota. Bahan presentasi mencakup pencapaian program terhadap indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dan penyampaian identifikasi proses pembelajaran atas pelaksanaan kegiatan selama ini serta rekomendasi/saran tindaklanjut.
  12. 12. Gambar Refrensi http://farm8.staticflickr.com/7171/6600359477_52f313b548_b.jpg http://kabargress.com/wp-content/uploads/2013/04/Kunjungan-Menkes-di-Puskesmas-Dupak.jpg http://siaga.co/files/2013/05/survey.jpg http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/68/ScientificReview.jpg http://www.upstream-advisors.com/wp-content/uploads/2012/07/audit-peer-review.jpg http://healthydebate.ca/wordpress/wpcontent/uploads/2012/03/Resized_iStock_000010015425Small.jpg http://anandashramcommunity.files.wordpress.com/2010/09/medical-camp.jpg http://4.bp.blogspot.com/-d6AkrjoEWiY/T9dI-c-Yw5I/AAAAAAAAA8/FrtbzU91YoQ/s1600/7RiHGfxOx5.jpg

×