Your SlideShare is downloading. ×
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Modul 4 kb 2
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Modul 4 kb 2

280

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
280
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide
  • Selamatberjumpa para mahasiswapendidikanjarakjauh, DIII prodiKeperawatan semester 2 padaModul 4 matakuliahKesehatanMasyarakat, denganpokokbahasan” Pengembangan Surveilans Penyakit Berbasis Masyarakat”SelamatBelajar !
  • PengembanganSurveilansPenyakitBerbasisMasyarakat
  • Secaragarisbesarnyalangkah-langkahpokok yang perluditempuhadalahpersiapan internal danpersiapaneksternal. Secararincidapatdiuraikansebagaiberikut:
  • Yang pertamaadalahpersiapan internal. Persiapan internal yangterdiridari:PetugasSurveilansPetugasseyogyanyadisiapkandaritingkatKabupaten/ Kota, tingkatPuskesmassampai di tingkatDesa/Kelurahan. Untukmenyamakanpersepsidantingkatpemahamantentangsurveilanssangatdiperlukanpelatihansurveilansbagipetugas. PetugasseyogyanyadisiapkandaritingkatKabupaten/ Kota, tingkatPuskesmassampai di tingkatDesa/Kelurahan. Untukmenyamakanpersepsidantingkatpemahamantentangsurveilanssangatdiperlukanpelatihansurveilansbagipetugas
  • Pedoman/PetunjukTeknis Sebagaipanduankegiatanmakapetugaskesehatansangatperludibekalibuku-bukupedomanataupetunjukteknissurveilans. 
  • Sarana & Prasarana Dukungansarana & prasaranasangatdiperlukanuntukkegiatansurveilansseperti : kendaraanbermotor, alatpelindungdiri (APD), surveilans KIT, dll. 
  • Biaya Sangatdiperlukanuntukkelancarankegiatansurveilans. Biayadiperlukanuntukbantuan transport petugaskelapangan, pengadaanalattulisuntukkeperluanpengolahandananalisa data, sertajikadianggapperluuntukinsentifbagikadersurveilans. 
  • Setelahpersiapan internal selesaidipersiapkan, makakinisaatnyaandamelakukanpersiapaneksternal. Tujuanlangkahiniadalahuntukmempersiapkanmasyarakat, terutamatokohmasyarakat, agar merekatahu, maudanmampumendukungpengembangankegiatansurveilansberbasismasyarakat.Pendekatankepada para tokohmasyarakatdiharapkan agar merekamemahamidanmendukungdalampembentukanopinipublikuntukmenciptakaniklim yang kondusifbagikegiatansurveilans di desasiaga.
  • langkah-langkahpokok yang perluditempuhselanjutnyaadalahlangkahpelaksanaanSecararincidapatdiuraikansebagaiberikut:
  • PelaksanaanSurveilans di Tingkat DesaPelaksanaanSurveilansolehKelompokKerjaSurveilansDesa.Surveilanspenyakit di tingkatdesadilaksanakanolehkelompokkerjasurveilanstingkatdesa, denganmelakukankegiatanpengamatandanpemantauansituasipenyakit/kesehatanmasyarakatdesadankemungkinanancamanterjadinya KLB secaraterusmenerus.Pengamatandanpemantauansuatupenyakit di suatudesamungkinberbedajenisnyadenganpemantauandanpengamatan di desa lain. Hal inisangattergantungdarikondisipenyakit yang seringterjadidanmenjadiancaman di masing-masingdesa.
  • PelaksanaanSurveilansolehPetugasSurveilansPoskesdes, dilakukandengancara-carasebagaiberikutMendapatkan data awalmengenaipenyakitdanfaktorresiko di desanyaberdasarkan dataMelakukanpengumpulan data penyakitdarihasilkunjunganpasiendandarilaporanwargamasyarakat. MembuatPemantauan Wilayah Setempat (PWS) denganmenggunakan data laporan W2 (data mingguanpenyakit)
  • MembuatpetapenyebaranpenyakitdanfaktorresikonyaMembuatpetapenyebaranpenyakit yang digabungkandenganfaktorresikonyamelaluipetaMenyampaikanlaporan data penyakitsecaraberkalakePuskesmas (mingguan/ bulanan)
  • Memberikaninformasi/rekomendasisecaraberkalakepadakepaladesatentangsituasipenyakitdesa/kesehatanwargadesaMemberikanresponcepatterhadapadanya KLB atauancamanakanterjadinya KLB
  • Bersamamasyarakatsecaraberkaladanterjadwalmelakukanupaya-upayapencegahandanpenanggulanganpenyakit. Bersamatim TGC KLB Puskesmasmelakukanpenyelidikanepidemiologi 
  • Kegiatansurveilans di tingkatPuskesmasdilaksanakanolehpetugassurveilanspuskesmasdenganserangkaiankegiatanberupapengumpulan data, pengolahan, analisisdaninterpretasi data penyakit, yang dikumpulkandarisetiapdesasiaga.
  • PelaksanaanSurveilans di Tingkat KabupatenPelaksanasurveilans di tingkatKabupatendilakukanolehpetugassurveilansDinasKesehatanKabupaten/Kota.
  • sama
  • Laporankewaspadaanadalahlaporanadanyapenderita, atautersangkapenderitapenyakit yang dapatmenimbulkanwabah
  • LaporankewaspadaandisampaikankepadaLurahatauKepalaDesadanatauPoskesdes/unit pelayanankesehatanterdekatselambat-lambatnya 24 jam sejakmengetahuiadanyapenderitaatautersangkapenderitaatautersangkapenderita (KLB)
  • LaporanKewaspadaanAlurLaporanKewaspadaanDiharapkansetelahadanyalaporankewaspadaandaridesakePuskesmasmakapihakPuskesmasdapatsegeramerespondenganmelaporkankeDinkesKabupaten/Kota denganmenggunakan format W1 (laporan KLB) selamakurangdari 24 jam danditindaklanjutidenganmelakukanpenyelidikanepidemiologi. PenyelidikanEpidemiologidapatdilakukanoleh Tim GerakCepat (TGC) Puskesmasbekerjasama TGC Desadan TGC Kabupaten. BersamaanPenyelidikanEpidemiologidilakukanjugaupaya-upayapenanggulangandenganmelibatkanmasyarakatsetempat. 
  • PengembanganSurveilansPenyakitBerbasisMasyarakat
  • Keberhasilan/kesiapanpadafaseiniditandaidenganketersediaan : SumberDayaManusia (SDM) : Masyarakattahu, maudanmampumenjadibagiantakterpisahkandarioperasionalisasisurveilanberbasismasyarakat. Sarana-Prasarana : alatkomunikasi yang telahlazimdipakaiolehmasyarakatdapatdigerakkandalamupayamendukungpenggerakansurveilanberbasismasyarakat. 
  • Proses :Keberhasilanpadafase proses dapatditandaidenganberlangsungnya : Terlaporkannyamasalahkesehatan di Desa. Salah satunya, terselenggaranya forum rutinmasyarakatdesa yang membahasperihalkesehatan di Desa. Terdapatnyapemetaankasuskasuspenyakitmenulardanfaktorresikonya di Poskesdes / desasiaga Tertanganinyamasalahkesehatandenganresponcepat (waktu/time), dengan melakukanpenangananawal (initial act) terhadapfaktorrisikodanmasalah-masalah yang terjadi.
  • Keberhasilanpadafaseinidapatditandaidenganberlangsungnya : Terbentuknyapetugassurveilansepidemiologi. Akurasi data penyakitdanfaktorresikonya.PeningkatanpemahamanmasyarakatSelamat…….AndatelahselesaimempelajariKegiatanbelajar 2….. Selanjutnya, Andadapatmempelajaribeberapakegiatanbelajarberikutnya.SemogaSukses!
  • Transcript

    • 1. Semester 02 Modul IV Surveilens Dalam Praktek Kebidanan dan Pencegahan Penyakit Kegiatan Belajar II Pengembangan Surveilans Penyakit Berbasis Masyarakat Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan Jakarta 2013
    • 2. Pengembangan Surveilans Penyakit Berbasis Masyarakat
    • 3. Secara garis besarnya langkah-langkah pokok yang perlu ditempuh adalah persiapan internal dan persiapan eksternal. Secara rinci dapat diuraikan sebagai berikut:
    • 4. Persiapan Internal 1. Petugas Surveilans Petugas seyogyanya disiapkan dari tingkat Kabupaten/ Kota, tingkat Puskesmas sampai di tingkat Desa/Kelurahan. Untuk menyamakan persepsi dan tingkat pemahaman tentang surveilans sangat diperlukan pelatihan surveilans bagi petugas
    • 5. Persiapan Internal 2. Pedoman/petunjuk teknis Sebagai panduan kegiatan maka petugas kesehatan sangat perlu dibekali buku-buku pedoman atau petunjuk teknis surveilans.
    • 6. Persiapan Internal 3. Saran dan Prasarana Dukungan sarana & prasarana sangat diperlukan untuk kegiatan surveilans seperti : kendaraan bermotor, alat pelindung diri (APD), surveilans KIT, dll
    • 7. Persiapan Internal 4. Biaya Biaya diperlukan untuk bantuan transport petugas ke lapangan, pengadaan alat tulis serta jika dianggap perlu untuk insentif bagi kader surveilans.
    • 8. Persiapan Eksternal Tujuan langkah ini adalah untuk mempersiapkan masyarakat, terutama tokoh masyarakat, agar mereka tahu, mau dan mampu mendukung pengembangan kegiatan surveilans berbasis masyarakat
    • 9. langkah-langkah pokok yang perlu ditempuh selanjutnya adalah langkah pelaksanaan Secara rinci dapat diuraikan sebagai berikut:
    • 10. Pelaksanaan Surveilans di Tingkat Desa Pelaksanaan Surveilans oleh Kelompok Kerja Surveilans Desa Surveilans penyakit di tingkat desa dilaksanakan oleh kelompok kerja surveilans tingkat desa, dengan melakukan kegiatan pengamatan dan pemantauan situasi penyakit/kesehatan masyarakat desa dan kemungkinan ancaman terjadinya KLB secara terus menerus.
    • 11. Pelaksanaan Surveilans di Tingkat Desa 1. 2. 3. Pelaksanaan Surveilans oleh Petugas Surveilans Poskesdes Mendapatkan data awal mengenai penyakit dan faktor resiko di desanya berdasarkan data Melakukan pengumpulan data penyakit dari hasil kunjungan pasien dan dari laporan warga masyarakat. Membuat Pemantauan Wilayah Setempat (PWS) dengan menggunakan data laporan W2 (data mingguan penyakit)
    • 12. Pelaksanaan Surveilans di Tingkat Desa Pelaksanaan Surveilans oleh Petugas Surveilans Poskesdes 4. Membuat peta penyebaran penyakit dan faktor resikonya 5. Membuat peta penyebaran penyakit yang digabungkan dengan faktor resikonya melalui peta 6. Menyampaikan laporan data penyakit secara berkala ke Puskesmas (mingguan/ bulanan)
    • 13. Pelaksanaan Surveilans di Tingkat Desa 7. 8. Pelaksanaan Surveilans oleh Petugas Surveilans Poskesdes Memberikan informasi/rekomendasi secara berkala kepada kepala desa tentang situasi penyakit desa/kesehatan warga desa Memberikan respon cepat terhadap adanya KLB atau ancaman akan terjadinya KLB
    • 14. Pelaksanaan Surveilans di Tingkat Desa Pelaksanaan Surveilans oleh Petugas Surveilans Poskesdes 9. Bersama masyarakat secara berkala dan terjadwal melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit. 10. Bersama tim TGC KLB Puskesmas melakukan penyelidikan epidemiologi
    • 15. Pelaksanaan Surveilans di Tingkat Puskesmas Kegiatan surveilans di tingkat Puskesmas dilaksanakan oleh petugas surveilans puskesmas dengan serangkaian kegiatan berupa pengumpulan data, pengolahan, analisis dan interpretasi data penyakit, yang dikumpulkan dari setiap desa siaga
    • 16. Pelaksanaan Surveilans di Tingkat Kabupaten Pelaksanaan Surveilans di Tingkat Kabupaten Pelaksana surveilans di tingkat Kabupaten dilakukan oleh petugas surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.
    • 17. langkah-langkah pokok yang perlu ditempuh selanjutnya adalah langkah laporan kewaspadaan. Secara rinci dapat diuraikan sebagai berikut:
    • 18. Laporan Kewaspadaan Laporan kewaspadaan adalah laporan adanya penderita, atau tersangka penderita penyakit yang dapat menimbulkan wabah
    • 19. Laporan Kewaspadaan Laporan kewaspadaan disampaikan kepada Lurah atau Kepala Desa dan atau Poskesdes/unit pelayanan kesehatan terdekat selambat-lambatnya 24 jam sejak mengetahui adanya penderita atau tersangka penderita atau tersangka penderita (KLB)
    • 20. Laporan Kewaspadaan Alur Laporan Kewaspadaan
    • 21. Pengembangan Surveilans Penyakit Berbasis Masyarakat
    • 22. Masukan (Input) 1. Sumber Daya Manusia (SDM) : Masyarakat tahu, mau dan mampu menjadi bagian tak terpisahkan dari operasionalisasi surveilan berbasis masyarakat. 2. Sarana-Prasarana : alat komunikasi yang telah lazim dipakai oleh masyarakat dapat digerakkan dalam upaya mendukung penggerakan surveilan berbasis masyarakat.
    • 23. Proses 1. Terselenggaranya forum rutin masyarakat desa yang membahas perihal kesehatan di Desa 2. Terdapatnya pemetaan kasus kasus penyakit menular dan faktor resikonya di Poskesdes / desa siaga 3. Tertanganinya masalah kesehatan dengan respon cepat (waktu/time),
    • 24. Keluaran (output) 1. Terbentuknya petugas surveilans epidemiologi 2. Akurasi data penyakit dan faktor resikonya 3. Peningkatan pemahaman masyarakat
    • 25. Sumber Gambar http://surveilans.blogspot.com/2009/06/survei-faktor-resiko-ptm.html http://www.eatingdisordersadvice.co.uk/wp-content/uploads/2011/10/policy.jpg http://radiosuandrifm.files.wordpress.com/2011/07/untitled_resize.jpg http://1.bp.blogspot.com/os0BFqctIMc/TyUpfRDmy3I/AAAAAAAAAUE/TRLq5evapCI/s1600/Adil+untuk+semua.jpg http://stbm-indonesia.org/wp/wp-content/uploads/2013/07/DSC_4476.jpg http://surveilans.blogspot.com/2009/06/survei-faktor-resiko-ptm.html http://2.bp.blogspot.com/_xwKkITKFK1Q/SxDJVYUGdiI/AAAAAAAAAAM/2zgOXHxPo7g/s 1600/Foto0077.jpg http://dinkeskabpasaman.files.wordpress.com/2008/09/dscf0127.jpg http://arali2008.files.wordpress.com/2008/09/gambar-kantorku.jpg http://poltekkesbhaktimulia.files.wordpress.com/2010/02/img_0019.jpg http://4.bp.blogspot.com/_Ewtwa6GZBuo/TUtQFEBgMCI/AAAAAAAAAIw/kr1gC3U9LrA/s 1600/DSC_0015.JPG http://dawan1.diskesklungkung.net/wp-content/uploads/2011/03/By-Adiputra076.jpg

    ×