Modul 3 kb 1 mutu layanan kesehatan dan kebijakan kesehatan

690 views
563 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
690
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
19
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Modul 3 kb 1 mutu layanan kesehatan dan kebijakan kesehatan

  1. 1. Semester 02 Prodi Kebidanan Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan Modul 3 Kegiatan Belajar 1 Konsep Dasar Penilaian Mutu Pelayanan Kebidanan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan Jakarta 2013
  2. 2. Pengertian Penilaian adalah suatu proses untuk menentukan nilai atau jumlah keberhasilan dari pelaksanaan suatu program dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada waktu melakukan penilaian haruslah diingat karena penilaian dilakukan pada tahap akhir (summative evaluation), perhatian hendaknya lebih ditujukan pada unsur keluaran (output) dari program menjaga mutu, yang dalam hal ini adalah yang menunjuk pada mutu pelayanan kesehatan yang disenggarakan.
  3. 3. Penilaian dapat ditemukan pada setiap tahap pelaksanaan program, penilaian secara umum dapat dibedakan atas tiga jenis: 1. Penilaian pada tahap awal program 2. Penilaian pada tahap pelaksanaan program 3. Penilaian pada tahap akhir program
  4. 4. 1 Penilaian Pada Tahap Awal Program penilaian yang dilakukan adalah pada saat merencanakan suatu program (formative evaluation). Tujuan utamanya adalah untuk meyakinkan bahwa rencana yang disusun benarbenar telah sesuai dengan masalah yang ditemukan. Penilaian yang dimaksudkan untuk mengukur kesesuaian program dengan masalah dan atau kebutuhan masyarakat ini disebut dengan studi penjajakan kebutuhan (need assessment study).
  5. 5. 2 Penilaian Pada Tahap Pelaksanaan Program yaitu penilaian pada saat program sedang dilaksanakan (promotive evaluation). Tujuan utamanya adalah untuk mengukur apakah program yang sedang dilaksanakan tersebut telah sesuai dengan rencana atau tidak. Pada umumnya ada dua bentuk penilaian pada tahap pelaksanaan program ini adalah pemantauan (monitoring) dan penilaian berkala (periodic evaluation).
  6. 6. 3 Penilaian Pada Tahap Akhir Program (summative evaluation) tujuan utamanya secara umum dapat dibedakan atas dua macam yakni untuk mengukur keluaran (output) serta untuk mengukur dampak (impact). Dari kedua macam penilaian akhir ini, diketahui bahwa penilaian keluaran lebih mudah daripada penilaian dampak, karena pada penilaian dampak diperlukan waktu yang lama.
  7. 7. Ruang lingkup Penilaian secara sederhana dapat dibedakan atas 4 kelompok
  8. 8. A Penilaian Terhadap Masukan yaitu penilaian yang menyangkut pemanfaatan berbagai sumber daya, baik sumber dana,tenaga dan ataupun sumber sarana.
  9. 9. B Penilaian Terhadap Proses yaitu penilaian yang dititikberatkan pada pelaksanaan program, apakah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan atau tidak. Proses yang dimaksud mencakup semua tahap administrasi, mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan program.
  10. 10. C Penilaian Terhadap Keluaran Penilaian terhadap keluaran, merupakan penilaian terhadap hasil yang dicapai dari dilaksanakannya suatu program.
  11. 11. D Penilaian terhadap dampak yaitu penilaian mencakup pengaruh yang ditimbulkan dari dilaksanakannya suatu program.
  12. 12. Manajemen Pelayanan Kebidanan adalah proses pelaksanaan pelayanan kebidanan untuk memberikan asuhan kebidanan, pengobatan dan rasa aman kepada pasien/keluarga/ masyarakat.
  13. 13. Manajemen pelayanan kebidanan meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan.
  14. 14. 1 Perencanaan Merupakan proses intelektual yang berdasarkan fakta dan informasi bukan emosi dan harapan, jadi dalam membuat perencanaan, semua informasi dan materi yang berkaitan harus dikumpulkan dan disusun secara teratur sehingga mudah dievaluasi.
  15. 15. 2 Pengorganisasian dalam manajemen pelayanan kebidanan mempunyai banyak aktifitas penting, antara lain: bagaimana asuhan kebidanan dapat dikelola secara efektif dan efisien sesuai dengan jumlah tenaga dan fasilitas yang ada.
  16. 16. 3 Pengarahan Merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan.
  17. 17. 4 Koordinasi Adalah keserasian tindakan usaha, sikap dan penyesuaian antara tenaga yang terkait.
  18. 18. 5 Supervisi dan Evaluasi bidan dapat melaksanakan monitoring dan evaluasi secara mandiri atau antar teman
  19. 19. Gambar Refrensi http://blog.synergita.com/wp-content/uploads/2013/05/performance-appraisal-system.jpg http://www.ppcd.gov.mt/file.aspx?f=350 http://serc.carleton.edu/images/sp/carl_ltc/wacn/writing.jpg http://idisaster.files.wordpress.com/2012/05/social-media-monitoring.jpg http://www.gfi.com/blog/wp-content/uploads/2011/05/Vulnerability-assessment-importance.jpg http://riezlioko.files.wordpress.com/2012/01/penilaian-keputusan.jpg http://yusufmansur.com/wp-content/uploads/2013/07/process.jpg http://agmarketingconsulting.com/wp-content/uploads/2013/03/strategies3.jpg http://www.st-ives.co.uk/assets/0000/7225/Campaign_Evaluation.jpg?1338674649 http://www.aipmnh.org/web_id/galeri-foto/image.raw?view=image&type=orig&id=282 http://www.aipmnh.org/web_id/galeri-foto/image.raw?view=image&type=orig&id=282 http://www.dragonbridgecapital.com/wp-content/uploads/2013/03/Teamwork.jpg http://www.strategicleadershipresources.com/wp-content/uploads/2010/06/leadershipdevelopment1.png http://www.careerealism.com/home/jtodonnell/careerealism.com/wpcontent/uploads/2010/08/08.16.10-5-Simple-Ways-to-Organize-Information.jpg http://www.autismtraining.com.au/orionfiles/upload/public/images/bigstock_A_team_collaborating_to _build__10772312.jpg http://rri.co.id/Upload/Berita/BidanDesa.jpg

×