• Like
Microtik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

Published

 

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
74
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
2
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Utia Fauziah Yahya 1102412021 01
  • 2. Mikrotik adalah sistem operasi komputer dan perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router,mikrotik dibedakan menjadi dua yaitu operation sistem mikrotik bisa dikenakan mikrotik os dan mikrotik board, untuk mikrotik board tidak memerlukan komputer dalam menjalankannya cukup menggunakan board yang sudah include dengan mikrotik os. Mikroitk os mencakup fitur yang dibuat khsus untuk ip network dan jaringan wireless
  • 3. Sejarah Mikrotik Sebuah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully yang berkebangsaan Amerika Serikat berimigrasi ke Latvia dan berjumpa Arnis yang sarjana Fisika dan Mekanika di sekitar tahun 1995. Tahun 1996 John dan Arnis mulai me-routing dunia (visi Mikrotik adalah merouting seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova, tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia.
  • 4. Jenis –RouterOS™Mikrotik jenis Adalah versi Mikrotik dalam bentuk  Mikrotik software/perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer rumahan (PC) melalui CD/DVD. Anda dapat mengunduh file image MikroTik RouterOS dari website resmi MikroTik, www.mikrotik.com. Namun, file image ini merupakan versi trial MikroTik yang hanya dapat digunakan dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, anda harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi hanya untuk satu harddisk.  BUILT-IN Hardware MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang didalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS.
  • 5. Fitur – fitur Mikrotik  Address List : Pengelompokan IP Address berdasarkan nama  Asynchronous : Mendukung serial PPP dial-in / dial-out, dengan     otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on demand, modem pool hingga 128 ports. Bonding : Mendukung dalam pengkombinasian beberapa antarmuka ethernet ke dalam 1 pipa pada koneksi cepat. Bridge : Mendukung fungsi bridge spinning tree, multiple bridge interface, bridging firewalling. Data Rate Management : QoS berbasis HTB dengan penggunaan burst, PCQ, RED, SFQ, FIFO queue, CIR, MIR, limit antar peer to peer. DHCP : Mendukung DHCP tiap antarmuka; DHCP Relay; DHCP Client, multiple network DHCP; static and dynamic DHCP leases.
  • 6.  Firewall dan NAT : Mendukung pemfilteran koneksi peer to      peer, source NAT dan destination NAT. Mampu memfilter berdasarkan MAC, IP address, range port, protokol IP, pemilihan opsi protokol seperti ICMP, TCP Flags dan MSS. Hotspot : Hotspot gateway dengan otentikasi RADIUS. Mendukung limit data rate, SSL ,HTTPS. IPSec : Protokol AH dan ESP untuk IPSec; MODP DiffieHellmann groups 1, 2, 5; MD5 dan algoritma SHA1 hashing; algoritma enkirpsi menggunakan DES, 3DES, AES-128, AES192, AES-256; Perfect Forwarding Secresy (PFS) MODP groups 1, 2,5 ISDN : mendukung ISDN dial-in/dial-out. Dengan otentikasi PAP, CHAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius. Mendukung 128K bundle, Cisco HDLC, x751, x75ui, x75bui line protokol. M3P : MikroTik Protokol Paket Packer untuk wireless links dan ethernet. MNDP : MikroTik Discovery Neighbour Protokol, juga mendukung Cisco Discovery Protokol (CDP).
  • 7.  Monitoring / Accounting : Laporan Traffic IP, log, statistik graph yang dapat diakses melalui HTTP.  NTP : Network Time Protokol untuk server dan clients; sinkronisasi menggunakan system GPS.  Poin to Point Tunneling Protocol : PPTP, PPPoE dan L2TP Access     Consentrator; protokol otentikasi menggunakan PAP, CHAP, MSCHAPv1, MSCHAPv2; otentikasi dan laporan Radius; enkripsi MPPE; kompresi untuk PPoE; limit data rate. Proxy : Cache untuk FTP dan HTTP proxy server, HTTPS proxy; transparent proxy untuk DNS dan HTTP; mendukung protokol SOCKS; mendukung parent proxy; static DNS. Routing : Routing statik dan dinamik; RIP v1/v2, OSPF v2, BGP v4. SDSL : Mendukung Single Line DSL; mode pemutusan jalur koneksi dan jaringan. Simple Tunnel : Tunnel IPIP dan EoIP (Ethernet over IP).
  • 8.  SNMP : Simple Network Monitoring Protocol mode akses read-only.  Synchronous : V.35, V.24, E1/T1, X21, DS3 (T3) media ttypes; sync-       PPP, Cisco HDLC; Frame Relay line protokol; ANSI-617d (ANDI atau annex D) dan Q933a (CCITT atau annex A); Frame Relay jenis LMI. Tool : Ping, Traceroute; bandwidth test; ping flood; telnet; SSH; packet sniffer; Dinamik DNS update. UPnP : Mendukung antarmuka Universal Plug and Play. VLAN : Mendukung Virtual LAN IEEE 802.1q untuk jaringan ethernet dan wireless; multiple VLAN; VLAN bridging. VoIP : Mendukung aplikasi voice over IP. VRRP : Mendukung Virtual Router Redudant Protocol. WinBox : Aplikasi mode GUI untuk meremote dan mengkonfigurasi MikroTik RouterOS.
  • 9. Mikrotik RouterOS Mikrotik RouterOS adalah perangkat lunak yang memiliki berbagai fitur pengaturan jaringan. Mikrotik ROuterOS dapat diinstall pada komputer maupun perangkat khusus lainnya, sehingga komputer dapat berfungsi sebagai router yang handal.
  • 10. Fitur – fitur dari Mikrotik RouterOs  ROUTING  FIREWALL  QUALITY OF SERVICE  WIRELESS NETWORK  IP TUNNEL  AUTHENTICATION  INTERFACE  SERVICES
  • 11. Hardware Requirement Program Mikrotik Adapun persyaratan minimal komputer yang dibutuhkan untuk Mikrotik adalah sebagai berikut:  Menggunakan processor minimal 100 MHz atau lebih seperti Intel Pentium, Cyrix 6X86, AMD K5 atau prosesor yang lebih baru dari Intel IA-32 (i386).  Memori (RAM) minimal 64 Mb dan maksimum 1 Gb.  Media penyimpanan (Hard Drive) menggunakan sistem standar Kontroler IDE dan ATA.  Jika instalasi menggunakan disket, gunakan ukuran 3,5″ pada drive A.  CD ROM atau DVD Jika instalasi menggunakan media CD, pastikan standar kontrolernya adalah ATA/ATAPI.  LAN Card atau Network Interface yang lain. Jika kita install melalui LAN, gunakan standar ethernet tipe PCI.
  • 12. Cara Instalasi di install di PC Mikrotik Program Mikrotik dapat Program dengan menggunakan beberapa cara, yaitu:  ISO Image; menggunakan Compact Disc (CD) instalasi. Silakan download file berekstensi. ISO yang tersedia dan kita harus burning ke dalam media CD atau Mini CD kosong.  NetInstall; melalui jaringan komputer (LAN) dengan Satu D isket, atau menggunakan Ethernet yang mendukung proses menyalakan komputer (booting) computer melalui Ethernet Card. NetInstall dapat dilakukan pada sistem operasi Windows 95/98/NT4/2000/XP.  Mikrotik Disk Maker; membutuhkan beberapa buah disket ukuran 3,5″ yang nantinya akan disalin pada harddisk saat instalasi dilakukan. Dengan menggunakan tools Floppy Maker.exe.
  • 13. Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik menggunakan Compact Disc (CD) Adapun tahapanya adalah sebagai berikut :  Setelah semua komponen komputer terpasang dengan baik dan benar, nyalakan computer  Cepat-cepat menekan tombol Del / F2 / F3 untuk masuk ke program BIOS, tombol yang ditekan disesuaikan dengan jenis BIOS komputer anda  Seting BIOS agar PC boot pertama kali dari CD  Masukan CD Mikrotik  Restart PC  Bila proses boot melalui CD Mikrotik berhasil, biasanya pada monitor akan muncul gambar  Selanjutnya akan muncul menu pilihan paket instalasi. Proses ini berkaitan dengan lisensi Router OS yang anda miliki.
  • 14.  Kemudian akan muncul peringatan bahwa semua data dalam hard disk akan terhapus bila melakukan proses instalasi. Tekan tombol “y” untuk melanjutkan proses instalasi.  Peringatan untuk tetap menggunakan konfigurasi lama akan muncul. Tekan tombol “i” untuk melanjutkan instalasi. Anda akan ditanya apakah akan meneruskan dengan memformat isi hard disk (hati-hati jangan sampai salah hard disk). Untuk saat ini kami memilih tidak dengan cara menekan tombol “n”karena kami akan meng-install fresh Mikrotik.  Proses instalasi akan berlangsung beberapa menit, kurang lebih 10-15 menit. Pada saat proses instalasi komputer akan menyalin file RouterOS ke dalam hard disk.
  • 15.  Keluar CD, kemudian tekan enter untuk reboot PC  Sesaat setelah Router OS berhasil di boot, anda akan dihadapkan pada layar gambar seperti di bawah ini. Lakukan pengecekan sistem terhadap kemungkinan kerusakan yang terjadi, tekan tombol “Y”.  Sesaat setelah Router OS berhasil di boot, anda akan dihadapkan pada layar gambar seperti di bawah ini. Lakukan pengecekan sistem terhadap kemungkinan kerusakan yang terjadi, tekan tombol “Y”.
  • 16. Kelebihan Mikrotik Mikrotik memiliki sebuah Operating System bila tidak salah disebut dengan RouterOs .Mikrotik yang dibangun dengan Core LINUX, yang menyebabkan produk Router ini lebih murah dibanding dengan router lainnya seperti CiscoDari segi pengoprasiannya Mikrotik tergolong friendly dengan software winbox yang merupakan tempat setting administratornya.RouterOS Mikrotik juga dapat mendeteksi berbagai macam ethernet card (LAN CARD) dari berbagai vendor yang telah ada.
  • 17. Kekurangan Mikrotik Mikrotik mengeluarkan sertifikasi, namun sertifikasi tersebut masih kurang terkenal dibandingkan dengan vendor router yang lain seperti cisco yang sudah diakui secara international. Mungkin kurang bagus untuk menangani jaringan sekala yang besar karena dukungan hardwarenya yang kurang hebat seperti punya Cisco.
  • 18. Perintah – perintah dalam Mikrotik              Radius Log Quit Certificate Redo Special Login Interface Driver Ping Setup Password Undo Port
  • 19.             Import Srimp User File Quive System Ip Tool PPP Routing Isdn-Chamels Export
  • 20. macam produk Mikrotik Router          Lisensi Mikrotik (tanpa DOM) Lisensi Mikrotik (dengan DOM) Upgrade Lisensi Switch Mikrotik RouterBoard (only) Mikrotik Router Indoor Mikrotik RouterBoard 2011 MikroBits Aneto NEW MikroBits Ainos
  • 21.            MikroBits Celoica MikroBits Dinara NEW Router Ogma Connect Wireless Outdoor 800 Wireless Indoor 800 Wireless Indoor 493 Wireless Outdoor 435 Wireless Outdoor 433 Wireless Indoor 433 Wireless Outdoor 411 Wireless Indoor 411
  • 22.         Wireless Outdoor 711 Groove Metal Embedded 2.4GHz Embedded 5.xGHz Interface Outdoor Antenna Indoor Antenna
  • 23. Sistem Level Lisensi Mikrotik  Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya      dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan. Level 1 (demo); pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya. Level 3; sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien. Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin. Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak. Level 6; mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.