Uploaded on

interaksi sosial materi sosiologi kelas 7 sem gasal

interaksi sosial materi sosiologi kelas 7 sem gasal

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
1,252
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
87
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Oleh : Uswatul Muzayanah, S.Pd
  • 2. Apa yang sedang merekalakukan ?Terjadi peristiwa apakahdiantara mereka?Pernahkah kalian melakukan halseperti ini ?
  • 3. Interaksi sosial adalah hubungantimbal balik yang bersifat dinamisantara individu dengan individu atauindividu dengan kelompok dalammasyarakat.
  • 4.  Kontak sosial terjadi antara orang atau lebih secara langsung atau melalui perantara seperti surat, sms, fax dll Komunikasi
  • 5.  Imitasi adalah tindakan seseorang untuk meniru orang lain melalui sikap, penampilan, gaya hidup, bahkan apa saja yang dimiliki oleh orang lain tersebut. Sugesti adalah pengaruh, pandangan, atau sikap yang diberikan seorang individu terhadap individu lain kemudian diterima, dituruti, atau dilaksanakan dengan tanpa berpikir lagi secara rasional
  • 6.  Identifikasiialah suatu proses yang terjadi pada diri seseorang yang memiliki keinginan atau kecenderungan untuk menjadi sama (identik) dengan orang lain yang ingin ditirunya. Simpati ialah keikutsertaan merasakan apa yang dirasa orang lain (senang, susah,dsb.) Empati adalah keadaan di mana seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.
  • 7.  Asosiatif adalah interksi sosial yang menghasilkan kerjasama Disasosiatif adalah interksi sosial yang menghasilkan perpecahan
  • 8.  Kerjasama merupakan usaha bersama antarpribadi atau antarkelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama. Akomodasi menunjuk pada suatu keadaan yang terdapat keseimbangan dalam interaksi antara orang perorangan dan kelompok-kelompok manusia. Asimilasi adalah perpaduan 2 budaya yang berbeda yang lambat laun menghasilkan budaya baru disertai hilangnya unsur2 budaya lama Akulturasi merupakan proses sosial di mana suatu kebudayaan menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan lain tanpa menyebabkan hilangnya bentuk kepribadian sendiri.
  • 9. Di bagi menjadi 5 : Kerukunan termasuk didalamnya adalah gotong royong Bargaining adalah perjanjian mengenai tawar- menawar atau pertukaran barang dan jasa antarindividu atau antarkelompok. Kooptasi adalah suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi sebagai salah satu cara untuk menghindari kekacauan. Koalisi adalah kombinasi antardua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan-tujuan yang sama. Joint venture adalah kerja sama dalam pengusahaan proyek-proyek tertentu dengan perjanjian pembagian keuntungan menurut porsi masing-masing yang disepakati.
  • 10. Dibagi menjadi 7 …. Coersion adalah bentuk akomodasi yang dilakukan dengan kekerasan dan paksaan. Compromise adalah akomodasi yang dilakukan dengan cara masingmasing kelompok yang berselisih bersedia mengurangi tuntutannya sehingga terjadi kesepakatan damai. Arbitration adalah akomodasi yang dilakukan dengan cara menghadirkan pihak ketiga yang dipilih oleh kedua belah pihak di mana memiliki kedudukan lebih tinggi daripada pihak yang bertikai. Keputusan yang diambil oleh pihak ketiga bersifat mengikat.
  • 11.  Mediation adalah akomodasi yang dilakukan dengan cara menghadirkan pihak ketiga sebagai penasihat. Contoh peran kepala desa dalam mendamaikan pertengkaran tetangga. Conciliation adalah akomodasi yang dilakukan dengan cara mempertemukan keinginan-keinginan pihak yang berselisih untuk mencapai persetujuan atau kesepakatan bersama. Toleration adalah bentuk akomodasi satu pihak menerima pihak lain tanpa adanya persetujuan formal.
  • 12.  Stalemate adalah bentuk akomodasi masing- masing pihak menghentikan pertikaian karena memiliki kekuatan yang seimbang. Contoh antara Amerika dan Rusia mengenai persenjataan nuklir. Ajudication adalah bentuk akomodasi yang dilakukan melaluip engadilan.
  • 13.  Kompetisi atau persaingan adalah bentuk usaha yang dilakukan agar memperoleh kemenangan atau hasil yang lebih tanpa menimbulkan benturan fisik. Kontroversi adalah bentuk interaksi sosial yang berada di antara persaingan dan konflik. Wujudnya antara lain, rasa tidak senang, kebencian. Konflik adalah interaksi sosial akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang mendasar, sehingga menimbulkan jarak yang jelas di antara mereka yang berkonflik