• Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
21,664
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
387
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Oleh :RAZALI, M.PdDINAS PENDIDIKAN KOTAPADANGEmail. razalimelayu66@yahoo,comHP. 081363360695
  • 2. pengertian karya tulis ilmiahadalah suatu tulisan yangmembahas suatu masalahberdasarkan penyelidikan,pengamatan, pengumpulan datayang didapat dari suatu penelitian,baik penelitian lapangan, teslaboratorium, ataupun kajianpustaka yang didasarkan padapemikiran (metode) ilmiah yanglogis dan empiris.
  • 3. KELOMPOK KARYA TULIS ILMIAH1. karya tulis ilmiah yang merupakanlaporan hasil pengkajian/penelitian,dan2. karya tulis ilmiah yang berupatinjauan/ulasan/ gagasan ilmiah.
  • 4. PERSAMAANNYABerapa ciri yang menunjukkan kesamaan antara lain: hal yang dipermasalahkan berada pada kawasanpengetahuan keilmuan kebenaran isinya mengacu kepada kebenaran ilmiah kerangka sajiannya mencerminan penerapan metodeilmiah tampilan fisiknya sesuai dengan tata cara penulisankarya
  • 5. MACAM-MACAM KARYA ILMIAH LAPORAN PENELITIAN ARTIKEL MAKALAH BUKU DIKTAT MODUL KARYA TERJEMAH, DLL
  • 6. PENGERTIAN MAKALAHmerupakan rumusan atausimpulan pemikiran sebagaihasil telaah atau pengkajiansederhana dari sebuah referensibacaan, pemikiran tokoh,ilmuwan atau penulissebelumnya.
  • 7. TUJUAN PENULISAN MAKALAHUntuk memberikan ruang bagipeserta didik dalammenuangkan gagasan ilmiahnyauntuk mengasah kemampuanintelektualnya dalammenanggapi permasalahan yangberkembang.
  • 8. LANGKAH-LANGKAH PENULISANMAKALAHTENTUKAN TOPIK (PILIH TOPIK) :# TINJAUAN UMUM# TIMJAUAN KHUSUSTENTUKAN TUJUAN PENULISAN (SESUAI TOPIK)TENTUKAN SUBYEK PENULISAN(FOKUS)BUAT OUTLINE PENULISAN (Kerangka/Format), SESUAIATURAN
  • 9. KERANGKA/FORMAT PENULISANDAFTAR ISIKATA PENGANTARDAFTAR ISIBAB I PENDAHULUANA. LATAR BELAKANG MASALAHB. IDENTIFIKASI MASALAHC. PEMBATASAN MASALAH.D. PERUMUSAN MASALAH.BAB II PEMBAHASANA. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.C. PERANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM MUTU PENDIDIKAN DISEKOLAH.BAB III PENUTUPA. SIMPULANB. SARANDaftar Pustaka.
  • 10. Contoh Judul MakalahPENGARUH PERPUSTAKAANSEKOLAH TERHADAPMUTU PENDIDIKAN
  • 11. KATA PENGANTAR Kata Pengatar adalah mukaddimah dari sebuah makalah,Kata pengantar makalah yang baik yaitu katapengantar yang mencakup isi dari keseluruhanmakalahnya. yang membahas apa yang sebenarnyadibahas pada makalah. Di dalam kata pengatar kita bisa menuliskan ucapanterimakasih kepada siapa saja yang pernah terlibat dalampembuatan makalah,
  • 12. BAB I. PENDAHULUANA. Latar BelakangMenggambarkan tentang :1. alasan pemilihan judul2. tujuan penulisan:(apa yang inggindicapai daritujuan penulisan ini)3. manfaat penulisan: (menjelaskan apagunanya penulisan /temuan ini4. metode pembahasan ( mengkajitentang teori/kepustakaan )
  • 13. B. Identifikasi Masalah Menggambarkan masalah yang akan dibahas secara fokus, dibuatdalam bentuk kalimat pertanyaan. Contoh :Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolahterhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait denganpelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi sertasumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program tersebut.Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapatdiidentifikasi sebagai berikut :1. Bagaimanakah peran perpustakaan terhadappelaksanaan program pendidikan di sekolah ?2. Bagaimanakah cara agar perpustakaan sekolah benar-benardapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
  • 14. C. Pembatasan Masalah Memfokuskan tetang masalah apa yang akan kitakaji/diuraikan sesuai dengan judul. Materinya diambil dari identifikasi masalah, denganmenghilangkan kalimat tanya. Contoh:1. Peran perpustakaan terhadappelaksanaan program pendidikan di sekolah2. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benardapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
  • 15. D. Perumusan Masalah Diambil dari beberapa identifikasi masalah Dibuat dalam bentuk kalimat tanya dan disertaidengan lokasi /tempatContoh :1. Bagaimanakah peran perpustakaan terhadappelaksanaan program pendidikan di sekolah ?2. Bagaimanakah cara agar perpustakaan sekolahbenar-benar dapat meningkatkan mutupendidikan di sekolah ?
  • 16. BAB II. PEMBAHASAN Mengkaji/menguraikan masalah-masalah sertasolusinya yang berhubungan dengan topik yangsedang dibahas, dengan menggunakan teori dankajian pustaka sebagai rujukan pendukungContoh :1. Tujuan perpustakaan sekolah2. Pungsi perpustakaan sekolah3. Peranan perpustakaan terhadap pelaksanaanprogram mutu pendidikan di sekolah
  • 17. BAB III. PENUTUP A. KESIMPULANMENYAJIKAN TENTANG :1. Inti sari dari pokok permasalahan/temuan2. menggunakan bahasa yang mudah dimengertiB. SARANMENYAJIKAN TENTANG :1. Kepada siapa saran tersebut ditujukan2. Solusi apa yang disarankan3. Saran harus konkrit dan jelas4. Saran tidak menyimpang dari permasalahan/temuan5. Saran bersifat spesifik dan operasional
  • 18. DAFTAR KEPUSTAKAAN Menuliskan buku-buku referensi yang digunakan dalampembuatan tulisan/karya tulis ilmiah. Contoh Penulisan daftar kepustakaan ;1. Tahun penerbitan ditulis setelah nama pengarang,diakhiri dengan titik2. Judul buku ditulis miring / huruf kapital3. Tempat penerbitan dan nama penerbit dipisahakandengan titik dua(:)a. Nyoman Dekker, 1992. Pancasila sebagai IdeologiBangsa.Malang:FPIPS Malang.b. Swan, James L. Dn Stapp, William B, 19974.EnviromenEducation.chicago: The Dorsey Pres.
  • 19. kutipanContoh1. Kutipan langsungSubroto (1990:123) menyimpulkan “ adanya hubunganyang erat antara faktor sosial ekonomi dengankemajuan belajar “.2. Kutipan tidak langsungditulis dengan bahasa sendiri dengan tidak menggunakantanda kutip.mahasiswa tahun ketiga ternyata lebih dari mahasiswatahun ke empat ( Salimin, 1990:13).