Pluralisme

2,665 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,665
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
103
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pluralisme

  1. 1. Kata ISLAM berarti damai, selamat, sejahtera, penyerahan diri, taat, dan patuh. Pengertian ini menunjukkan bahwa Agama ISLAM adalah agama yang mengandung ajaran untuk menciptakan kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan hidup umat manusia.
  2. 2. Bentuk-bentuk kerahmatam ALLAH SWT pada ajaran agama ISLAM; Islam menunjukkan kepada manusia tentang jalan hidup yang benar Islam memberikan kebebasan kepada manusia untuk menggunakan potensi yang diberikan Allah secara bertanggung jawab Islam menghargai dan menghormati semua manusia sebagai hamba Allah, baik muslim maupun non muslim Islam mengatur pemanfaatan alam secara baik dan proporsional Islam menghormati kondisis spesifik individu dan memberikan perlakuan yang spesifik pula
  3. 3. Agama Islam memiliki karakter sebagai berikut: 1.Sesuai dengan fitrah manusia 2.Ajarannya sempurna 3.Kebenarannya mutlak 4.Mengajarkan keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan 5.Fleksibel dan ringan 6Berlaku secara universal 7.Sesuai dengan akal fikiran dan memotivasi manusia untuk menggunakan akal fikirannya. 8.Inti ajarannya “Tauhid”
  4. 4. UKHUWAH ISLAMIYAH & UKHUWAH INSANIYAH
  5. 5. Ukhuwah = Persaudaraan, maksudnya perasaan simpati atau empati antara dua orang atau lebih. Islamiyah = Islam, sesama muslim. Jadi UKHUWAH ISLAMIYAH itu... “Persaudaraan yang berlaku bagi sesama muslim”
  6. 6. Persaudaraan sesama manusia disebut “UKHUWAH INSANIYAH” Persaudaraan ini dilandasi oleh ajaran bahwa semua umat manusia adalah ciptaan Tuhan. Perbedaan keyakinan dan agama juga merupakan kebebasan pilihan yang diberikan Tuhan. Hal ini harus dihargai dan dihormati. WE MUST RESPECT,,,
  7. 7. 1.Sifat dari masing-masing agama yang mengandung tugas dakwah 2.Adanya sikap Fanatisme 3.Rendahnya sikap saling menghormati, sehingga cenderung memandang rendah agama lain 4.Kaburnya batas antara sikap memegang teguh keyakinan agama dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat 5.Kecurigaan masing-masing akan kejujuran pihak lain, baik intern umat beragama maupun antar umat beragama 6.Kurangnya saling pengertian dalam menghadapi masalh perbedaan pendapat
  8. 8. Kebersamaan Dalam Pluralitas Beragama
  9. 9. Apa itu ???
  10. 10. Kata “ pluralisme” diterjemahkan dalam berbagai interpretasi: John Hick mengatakan,pluralisme adalah anggapan bahwa kebenaran merupakan satu hal yang kolektif di antara semua agama, yang bisa menjadi sumber keselamatan,kesempurnaan dan keagungan bagi para penganutnya. Nurchalis Madjid berpendapat bahwa pluralisme tidak dapat dipahami hanya dengan mengatakan bahwa masyarakat kita majemuk, beraneka ragam, terdiri dari berbagai suku dan agama,yang hanya menggambarkan kesan pragmentasi. Pluralisme juga tidak bisa dipahami sekedar “kebaikan negative” yang hanya untuk menyingkirkan kesan fanatisme. Karena pluralisme merupakan suatu keharusan bagi keselamatan umat manusia. Dalam Kamus Oxford, tertulis “The principle that these different groups can live together in peace in one society” => TOLERANSI Ali Rabbani berpendapat pluralisme agama yakni kehidupan bersama secara rukun. Masing –masing tetap meyakini kebenaran ada pada agamanya.
  11. 11. TOLERANSI BERAGAMA merupakan syarat utama untuk menciptakan keharmonisan antara berbagai pemeluk agama ataupun keyakinan yang berbeda-beda.
  12. 12. MASIH MAU berperang dengan negara sendiri???

×