Your SlideShare is downloading. ×
0
Sebuah Pemikiran Awal
Jakarta, 30 September 2013
Latar Belakang
Sesuai dengan semangat reformasi yang menuntut efisiensi sumber
daya aparatur dalam rangka optimalisasi tug...
TujuanTransformasi
Menciptakan sistem kelembagaan yang lebih terintegrasi (integrated
institution), sehingga akan terbangu...
Env’tal Scanning Sistem Kebijakan
Output kebijakan kurang bermutu & kurang mampu mencapai tujuannya sebagai
instrumen nega...
Vision Statement
“Menjadi PolicyThinkTank
Bagi Pemerintah Dalam
Menghasilkan Kebijakan
Publik yang Berkualitas
Melalui Pen...
Mission Statement
Menghasilkan kajian dan rekomendasi kebijakan yg sesuai dengan
tuntutan dan kebutuhan di bidang reformas...
Issu Strategis & Agenda Prioritas
Percepatan Reformasi Administrasi;
Penguatan Kapasitas Desentralisasi;
Pengembangan Komp...
Indikator Kinerja Level 1
LAN
• Indeks kemanfaatan hasil kajian;
• Indeks kualitas/kapasitas kebijakan publik;
• Indeks ef...
Indikator Kinerja Level 2
Eselon II
Pusat Kajian
Reformasi
Administrasi
Pusat Kajian
Desentralisasi &
Otda
Pusat Kajian
Si...
Roadmap Kajian Kebijakan 2013-2015
Peningkatan
kapasitas peneliti
Pengembangan sistim
penjaminan kualitas
kajian
Konsolida...
Aksi Jangka Pendek
Penguatan metodologi penelitian;
Diversifikasi produk (output) setiap kegiatan:
Laporan Kajian;
Policy ...
Bersama LAN Kita Sambut Masa Keemasan Birokrasi Indonesia !!
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Rancangan Penguatan LAN Bidang Kajian Kebijakan: Sebuah Pemikiran Awal

265

Published on

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
265
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
18
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Rancangan Penguatan LAN Bidang Kajian Kebijakan: Sebuah Pemikiran Awal"

  1. 1. Sebuah Pemikiran Awal Jakarta, 30 September 2013
  2. 2. Latar Belakang Sesuai dengan semangat reformasi yang menuntut efisiensi sumber daya aparatur dalam rangka optimalisasi tugas fungsi organisasi dan peningkatan kinerja, maka LAN telah melakukan TRANSFORMASI berupa restrukturisasi organisasi, yang membuat postur kelembagaan LAN lebih ramping dan efisien.
  3. 3. TujuanTransformasi Menciptakan sistem kelembagaan yang lebih terintegrasi (integrated institution), sehingga akan terbangun koordinasi internal yang lebih baik, penghematan sumber daya organisasi, serta memperkuat kinerja pelaksanaan tugas fungsi organisasi. Memperkaya fungsi LAN dibidang Inovasi Administrasi Negara, sehingga diharapkan dapat mempercepat proses reformasi administrasi (administrative reform) di Indonesia. LAN menjadi role model dalam reformasi birokrasi, khususnya penataan kelembagaan pemerintah Pusat dan Daerah.
  4. 4. Env’tal Scanning Sistem Kebijakan Output kebijakan kurang bermutu & kurang mampu mencapai tujuannya sebagai instrumen negara untuk melayani & membangun kesejahteraan publik; kebijakan yang ada memiliki kemungkinan gagal (implementation failure) yang lebih besar karena tidak berbasis evidence. Kajian kebijakan di LAN diarahkan sebagai policy think tank bagi pemerintah. Kebijakan publik lebih didasarkan pada hasil kajian (research-based policy), dan dirumuskan dengan memperhatikan bukti nyata (evidence-based policy) Expecting Existing
  5. 5. Vision Statement “Menjadi PolicyThinkTank Bagi Pemerintah Dalam Menghasilkan Kebijakan Publik yang Berkualitas Melalui Pengembangan Evidence-based Policy”
  6. 6. Mission Statement Menghasilkan kajian dan rekomendasi kebijakan yg sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan di bidang reformasi administrasi, desentralisasi dan otonomi daerah, serta sistem dan HAN; Menyelenggarakan fasilitasi dan advokasi kebijakan di bidang reformasi administrasi, desentralisasi dan otonomi daerah, serta sistem dan HAN; Melakukan monitoring dan evaluasi kebijakan di bidang reformasi administrasi, desentralisasi dan otonomi daerah, serta sistem dan HAN; Mengembangkan kapasitas kelembagaan dan SDM bidang kebijakan; Membangun policy networking.
  7. 7. Issu Strategis & Agenda Prioritas Percepatan Reformasi Administrasi; Penguatan Kapasitas Desentralisasi; Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan; Pengembangan SDM Analis Kebijakan; Pelembagaan Nilai-nilai Dasar ASN; Penguatan SANKRI untuk Memperkokoh NKRI; Penataan Sistem dan Pembudayaan HAN, dst.
  8. 8. Indikator Kinerja Level 1 LAN • Indeks kemanfaatan hasil kajian; • Indeks kualitas/kapasitas kebijakan publik; • Indeks efektivitas penyelenggaraan pemerintahan. Deputi • Jumlah instansi yang memanfaatkan / menerapkan hasil kajian; • Persentase Kebijakan/regulasi K/L/Pemda yang disusun/direvisi atas rekomendasi/konsultasi/advokasi kajian; • Persentase kebutuhan K/L/Pemda yang terpenuhi atau masalah K/L/Pemda yang dipecahkan atas rekomendasi hasil kajian; • Indeks kualitas hasil kajian.
  9. 9. Indikator Kinerja Level 2 Eselon II Pusat Kajian Reformasi Administrasi Pusat Kajian Desentralisasi & Otda Pusat Kajian Sistem dan HAN Pusat Pembinaan Jafung AK • Jumlah laporan hasil kajian • Jumlah issu kebijakan yang dijadikan obyek kajian • Jumlah instansi yang menerima hasil kajian • Jumlah laporan hasil kajian • Jumlah issu kebijakan yang dijadikan obyek kajian • Jumlah instansi yang menerima hasil kajian • Jumlah laporan hasil kajian • Jumlah issu kebijakan yang dijadikan obyek kajian • Jumlah instansi yang menerima hasil kajian • Jumlah Penambahan Jafung AK • Persentase instansi yang memiliki Jafung AK • Jumlah Jafung AK yang telah mengikuti Diklat Analis Kebijakan
  10. 10. Roadmap Kajian Kebijakan 2013-2015 Peningkatan kapasitas peneliti Pengembangan sistim penjaminan kualitas kajian Konsolidasi hasil kajian untuk pembaharuan kebijakan 2013 2015 2014
  11. 11. Aksi Jangka Pendek Penguatan metodologi penelitian; Diversifikasi produk (output) setiap kegiatan: Laporan Kajian; Policy Paper; Policy Brief; Artikel Populer (koran, majalah, website) Menetapkan kajian payung (flagship) yang dijalankan secara bersama oleh banyak Pusat Kajian dengan pendekatan & perspektif yang berbeda. Jaminan kualitas hasil kajian secara berjenjang, dan melibatkan pakar eksternal.
  12. 12. Bersama LAN Kita Sambut Masa Keemasan Birokrasi Indonesia !!
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×