Power point

9,146 views

Published on

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
9,146
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
111
Actions
Shares
0
Downloads
262
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Power point

  1. 1. PERKEMBANGAN PANDANGAN TENTANG TERCIPTANYA BUMI OLEH: TRIMUHTIHARYANI
  2. 2. LATAR BELAKANG Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esaberbeda dengan makhluk hidup yang lainnya. Sejak berabad-abad yang lalu, manusia selalu mencoba membuka tabirrahasia pergerakan benda-benda angkasa yang ada disekitarbumi dan akhirnya manusia sampai pada suatu kesimpulanbahwa benda-benda langit tersebut terikat dalam suatu sistemyang saling mempengaruhi dan sistem ini disebut tata surya. Tata surya didefinisikan sebagai susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari, planet, asteroid,komet, serta meteoroid dengan matahari sebagai pusat tatasurya. Planet sudah ditemukan manusia sejak abad ke-3sebelum masehi, yang artinya “pengembara”. Salah satuplanet tersebut adalah bumi. Dalam makalah ini akan dibahastentang perkembangan pandangan tentang terciptanya bumi.
  3. 3. RUMUSAN MASALAH Permasalahan yang dirumuskan pada makalah iniadalah:1. Apakah bumi itu dan bagaimana pendapat tentangbumi?2. Bagaimana bumi menurut kitab kejadian?3. Bagaimana terciptanya bumi menurut Al-Qur’an?4. Apa saja teori pembentukan bumi dan teori tentangusia bumi?
  4. 4. TUJUAN Penyusunan makalah ini bertujuan untuk mengetahui:1. Pendapat tentang bumi.2. Bumi menurut kitab kejadian.3. Terciptanya bumi menurut Al-Qur’an.4.Teori pembentukan bumi dan teori tentang usia bumi.
  5. 5. PEMBAHASANBUMI Bumi adalah planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya. Bumi sebagaisalah satu planet yang termasuk dalam sistem tata surya di alam semesta ini tidak diam sepertiapa yang kita perkirakan selama ini, melainkan bumi melakukan perputaran pada porosnya(rotasi) dan bergerak mengelilingi matahari (revolusi) sebagai pusat sistem tata surya. Hal inilahyang menyebabkan terjadinya siang malam dan pasang surut air laut. Oleh karena itu, prosesterbentuknya bumi tidak terlepas dari proses terbentuknya tata surya kita. Bumi terletak pada deretan ke-3 dari matahari dengan jarak rata-rata terhadapmatahari sekitar 150 juta km. Jarak matahari-bumi ini ditetapkan sebagai satu satuanastronomi. Bumi merupakan planet tempat manusia hidup dan berkembang dan satu-satunyaplanet yang sampai saat ini diketahui mempunyai kehidupan. Adapun beberapa pendapat tentang bumi, yaitu:Menurut bangsa Babilonia dan bangsa Yunani.
  6. 6. Bumi Menurut Kitab Kejadian1. Pada hari pertama diciptakan siang dan malam.2. Pada hari kedua diciptakan kubah yang dinamakan angkasa, yang memisahkan air di bawahnya dari air di atasnya.3. Pada hari ketiga diciptakan daratan dan lautan. Daratan kemudian diperintahkan menghasilkan berbagai jenis tumbuhanyang mengasilkan bebijian dan buah-buahan.4. Pada hari keempat diciptakan lentera-lentera untuk menerangi bumi. Lentera-lentera itu ialah matahari, bulan, danbintang-bintang.5. Pada hari kelima diciptakan hewan penghuni air seperti ikan dan hewan penghuni udara seperti burung-burung.6. Pada hari keenam Tuhan menciptakan hewan daratan dan manusia. Kepada manusia tuhan menguasakan pengelolaanikan, burung, dan satwa piaraan maupun liar. Semua ciptaanNya berpasangan agar dapat berkembang biak. Karenakepada manusia diperintahkan agar mempunyai anak banyak agar mereka menyebar ke seluruh penjuru bumi danmengelolanya termasuk semua makhluk hidup yang ada di bumi. Tuhan juga mengatur pembagian makanan yangdiperlukan manusia dan hewan.Lengkaplah alam raya itu tercipta pada hari ke7 dan Tuhanpun berhenti bekerja. Diberkatinya hari ke7 itu dankekhususkannya sebagai beristirahat bagi manusia.
  7. 7. Terciptanya Bumi Menurut Al-Qur’an1. Al-A`raf: 542. Yunus: 33. Hud: 74. Al-Furqan: 59 Dari surat-surat tersebut terlihat bahwa, secara umum proses terciptanya jagat raya ini berlangsung dalam6 periode atau masa dimana tahapan dalam proses tersebut saling berkaitan. Dan melalui proses pemisahan massatadinya bersatu padu dan disebutkan pula tentang lebih dari satu langit dan bumi. Al-Quran surat Fussilat ayat 9 – 12 menceritakan banwa bumi lebih dahulu diciptakan daripada langit.Jadi proses terjadinya alam semesta adalah Allah menciptakan bumi, lalu menciptakan langit bersama matahari,bulan, dan bintang-gemintangnya; lalu setelah menyempurnakannya maka Allah mengeluarkan mata air daribumi dan menumbuhkan tumbuhan serta lainnya. (Lihat Al-Bidayah wan-Nihayah 1/30).
  8. 8. Teori Pembentukan Bumi1. Teori Kant – Laplaceteori kabut (nebula) yang dikemukakan oleh Immanuel Kant(1755) dan Piere de Laplace (1796). Mereka terkenal denganTeori Kabut Kant-Laplace. Dalam teori ini dikemukakanbahwa di jagat raya terdapat gas yang kemudian berkumpulmenjadi kabut (nebula).
  9. 9. 2. Teori PlanetesimalPada awal abad ke-20, Forest Ray Moulton, seorang ahli astronomi Amerikabersama rekannya T.C Chamberlain, seorang ahli geologi, mengemukakan teoriPlanetisimal Hypothesis, yang mengatakan matahari terdiri dari massa gasbermassa besar sekali, pada suatu saat didekati oleh sebuah bintang lain yangmelintas dengan kecepatan tinggi di dekat matahari.3. Teori Bintang Kembar.Teori ini dikemukakan oleh seorang ahli Astronomi R.A Lyttleton. Menurutteori ini, galaksi berasal dari kombinasi bintang kembar. Salah satu bintangmeledak sehingga banyak material yang terlempar. Karena bintang yang tidakmeledak mempunyai gaya gravitasi yang masih kuat, maka sebaran pecahanledakan bintang tersebut mengelilingi bintang yang tidak meledak. Bintangyang tidak meledak itu adalah matahari, sedangkan pecahan bintang yang lainadalah planet-planet yang mengelilinginya.
  10. 10. 4. Teori Pasang Surut Gas (Tidal) Teori ini dikemukakan oleh James Jeans dan Harold Jeffreys padatahun 1918, yakni bahwa sebuah bintang besar mendekati matahari dalam jarakpendek, sehingga menyebabkan terjadinya pasang surut pada tubuh matahari,saat matahari itu masih berada dalam keadaan gas. Terjadinya pasang surut airlaut yang kita kenal di Bumi, ukurannya sangat kecil. Penyebabnya adalahkecilnya massa bulan dan jauhnya jarak bulan ke Bumi (60 kali radius orbitBumi). Tetapi, jika sebuah bintang yang bermassa hampir sama besar denganmatahari mendekat, maka akan terbentuk semacam gunung-gununggelombang raksasa pada tubuh matahari, yang disebabkan oleh gaya tarikbintang tadi.
  11. 11. 5. Teori Big Bang Berdasarkan Theory Big Bang, proses terbentuknya bumi berawal daripuluhan milyar tahun yang lalu. Pada awalnya terdapat gumpalan kabutraksasa yang berputar pada porosnya. Putaran tersebut memungkinkan bagian-bagian kecil dan ringan terlempar ke luar dan bagian besar berkumpul dipusat, membentuk cakram raksasa. Suatu saat, gumpalan kabut raksasa itumeledak dengan dahsyat di luar angkasa yang kemudian membentuk galaksidan nebula-nebula. Selama jangka waktu lebih kurang 4,6 milyar tahun,nebula-nebula tersebut membeku dan membentuk suatu galaksi yang disebutdengan nama Galaksi Bima Sakti, kemudian membentuk sistem tata surya.Sementara itu, bagian ringan yang terlempar ke luar tadi mengalamikondensasi sehingga membentuk gumpalan-gumpalan yang mendingin danmemadat. Kemudian, gumpalan-gumpalan itu membentuk planet-planet,termasuk planet bumi.
  12. 12. Masih banyak teori-teori yang lainnya yang dikemukakan oleh paraahli seperti:1. Teori Buffon dari ahli ilmu alam Perancis George Louis Leelere Comte de Buffon.2. Teori Weizsaecker dimana pada tahun 1940, C.Von Weizsaecker, seorang ahli astronomi Jerman3. Teroti Kuiper dikemukakan oleh Gerald P.Kuiper4. Teori Whipple oleh seorang ahli astronom Amerika Fred L.Whipple
  13. 13. Teori Tentang Usia Bumi1. Teori Sedimen Pengukuran usia bumi didasarkan atas perhitungan tebal lapisan sedimen yangmembentuk batuan. Dengan mengetahui ketebalan lapisan sediment yang terbentuk tiaptahunnya memperbandingkan tebal batuan sediment yang terdapat dibumi sekarangini, maka dapat dihitung umur lapisan kerak bumi. Berdasarkan perhitungan seperti inidiperkirakan bumi terbentuk 500 juta tahun yang lalu.2. Teori kadar garam Pengukuran usia bumi berdasarkan atas perhitungan kadar garam di laut, didugabahwa mula-mula laut itu berair tawar. Dengan adanya sirkulasi air dalam ala mini, maka airyang mengalir dari darat melalui sungai ke laut, membawa garam-garam. Keadaan semacamini berlangsung terus menerus sepanjang abad.
  14. 14. 3. Teori Termal Pengukuran bumi berdasarkan atas perhitungan suhu bumi. Didugabahwa bumi mula-mula merupakan batauan yang sangat panas yang lamakelamaan mendingin. Dengan mengetahui massa dan suhu bumi saat ini, makaahli fisika bangsa inggris yang bernama Elfin memperkirakan bahwa perubahanbumi menjadi batuan yang dingin seperti saat ini dari batuan yang sangat panaspada permulaan memerlukan waktu 20000 juta tahun.4. Teori Radioaktivitas Pengukuran usia bumi yang dianggap paling benar, ialah berdasarkanwaktu peluruan unsur-unsur radioaktif. Dalam perhitungan ini diperlukanpengetahuan tentang waktu paroh unsure-unsur radioaktif. Wakto paroh adalahwaktu yang dibutuhkan unsure radioaktif untuk seluruh atau mengurai sehinggamassanya tinggal separoh. Berdasarkan perhitungan seperti tersebut dapatdisimpulkan bahwa usia bumi berkisar 5 sampai 7 ribu juta tahun.
  15. 15. KESIMPULAN Perkembangan pandangan terciptanya bumi telahmenjadi pemikiran manusia sejak berabad-abad lamanya.Ternyata umur bumi lebih tua dari 6000 tahun, Meskipun adabebarapa pandangan mengenai terciptanya bumi dan padaakhirnya hanya Al-Qur’an menjadi sumber yang dapatdipercaya. Adanya persamaan banyaknya “hari” yang disebutkanbaik di dalam Al-Qur’an maupun dalam kitab kejadian yangdigunakan Tuhan Semesta Alam ini untuk menciptakan alamraya, yaitu enam hari. Hanya saja didalam Al-Qur’an secaraimplicit dikemukakan didalam dua ayat bahwa yang dimaksuddengan “hari” itu tidak seperti yang dimaksudkan sekarang.Adanya kesamaan antara kitab kejadian dan Al-Qur’andikarenakan ayat-ayat Al-Qur’an itu diturunkan secara bertahapkepada nabi-nabi mulai nabi Adam, Isa, Musa, Ibrahim samapaidengan Nabi Muhammad SAW lengkap dengan al-Qur’annya.
  16. 16. LANJUTAN KESIMPULAN Setelah kita mengetahui tentang perkembanganterciptanya bumi maka kita sadar bahwa :1. Sebagai manusia kita ini kecil sekali dimata Allah2. Semua ini ada pangkal dan ada ujungnya untukmembedakan antara sang pencipta dengan yangdiciptakan, termasuk juga terciptanya bumi ini.3. Umur manusia pendek sekali, dibandingkan denganumur bumi.
  17. 17. TERIMA KASIH ^_^

×