Your SlideShare is downloading. ×
0
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Dalam dekapan cinta
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Dalam dekapan cinta

1,937

Published on

Dalam dekapan cinta tanpa noda valentine

Dalam dekapan cinta tanpa noda valentine

Published in: Spiritual
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
  • skrg q sdar... cnta q trlalu brlbihan... rsanya q ingin mnepiskan sbgian prsaan q ini.. krn q tkut prsaan cnta ini juga yg akn mnjbak q k dlm dosa
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total Views
1,937
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
201
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Dalam Dekapan Cinta Tanpa Noda Valentine
  • 2. Remaja Bicara Cinta
    • Cinta Selalu Identik dengan Pacaran
    • Pacaran jadi “rukun” pergaulan remaja
    • Apa kata remaja tentang “PACARAN”?
    • Apa kata remaja tentang “CINTA”?
    • Apakah setiap Cinta = Pacaran?
    • Apakah setiap Pacaran = Cinta?
  • 3. Teori2 Remaja Pacaran
    • Sekedar iseng saja, hanya untuk main-main melepas stress
    • Malu disebut kampungan, kuper, kuno
    • Takut disebut 'nggak normal', karena dalam anggapannya bila seorang sudah mulai baligh harus punya pacar
    • Sebagai sarana tukar pikiran, saling membantu, pendorong semangat, dan tempat menumpahkan kegundahan hati
    • Untuk pengenalan kepribadian antara dua insan yang saling jatuh cinta. Katanya “biar nggak beli kucing dalam kardus”
  • 4. Cinta Tanpa Pacaran, Bisa Nggak Ya?
    • Mitos ngawur, “cinta itu harus di ekspresikan”
    • Sejatinya cinta tetap bisa tumbuh dan terpelihara meski tak diekspresikan dengan aktivitas “mencintai”
    • Cinta memang beda dengan pacaran. Buktinya banyak orang jatuh cinta, dan nggak sedikit yang memendamnya
    • Karena sengaja ingin memelihara dan merawatnya sampai pada suatu saat di mana kuncup itu menjadi mekar dan berbunga di taman hatinya
  • 5. Saatnya Pake Kacamata Islam
    • Pada faktanya: pacaran merupakan wadah antara lawan jenis yang kasmaran, dimana sering cubit-cubitan, pandang-pandangan, pegang-pegangan, raba-rabaan sampai pergaulan ilegal (seks).
    • Islam sudah jelas menyatakan: "Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (Q. S. Al Isra' : 32)
    • "Janganlah seorang laki-laki dan wanita berkhalwat (berduaan di tempat sepi), sebab syaiton menemaninya, janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat dengan wanita, kecuali disertai dengan mahramnya." (HR. Imam Bukhari Muslim)
  • 6. Cinta Dalam Definisi Al-Quran
    • Cinta dalam Al Qur’an disebut Hubb ( mahabbah ) dan Wudda ( mawaddah ), keduanya memiliki arti yang sama yaitu menyukai, senang, menyayangi
  • 7.
    • زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالأنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ ( ١٤ )
    • QS Ali Imron : 14 “Dijadikan indah dalam pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, ……..”
    • Dalam ayat ini Hubb adalah suatu naluri yang dimiliki setiap manusia tanpa kecuali baik manusia beriman maupun manusia durjana
  • 8.
    • إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَنُ وُدًّا ( ٩٦ )
    • Adapun Wudda dalam QS Maryam : 96 “ Sesungguhnya orang-orang beriman dan beramal sholeh, kelak Allah yang maha pemurah akan menanamkan dalam hati mereka kasih sayang ” jadi Wudda (kasih sayang) diberikan Allah sebagai hadiah atas keimanan, amal sholeh manusia
    • وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ ( ٢١ )
    • QS Ar Rum : 21 “ Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah ia menciptakan untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. ….”
  • 9.
    • “ Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan (khalaqa) untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung merasa tentram kepadanya, dan dijadikan Nya (ja’ala) diantaramu rasa kasih dan sayang . ….
    • Dalam ayat ini Allah menggambarkan ‘cenderung dan tentram’ yang dapat diraih dengan pernikahan oleh masing-masing pasangan akan diberi hadiah (ja’ala) kasih sayang dan rahmat
    • Ada dua kata yang maknannya hampir sama “khalaqa” dan “ja’ala”
  • 10.
    • Hubb sebuah cinta yang meluap-luap, bergejolak. Sedangkan Wudda adalah cinta yang berupa angan-angan dan tidak akan teraih oleh manusia kecuali Allah menghendakinya, hanya Allah yang akan memberi cinta Nya kepada hamba yang dkehendakiNya. Allah yang akan mempersatukan hati mereka.
    • Walaupun kamu belanjakan seluruh kekayaan yang ada di bumi, niscaya kamu tidak akan mendapatkan kebahagiaan cinta jika Allah tidak menghendakiNya.
    • Oleh karena itu terraihnya cinta—wudda pada satu pasangan itu karena kualitas keimanan ruhani pasangan tersebut. Semakin ia mendekatkan diri kepada sang Maha Pemilik Cinta maka akan semakin besarlah wudda yang Allah berikan pada pasangan tersebut
  • 11.
    • Cinta inilah yang tidak akan luntur sampai di hari akhir nanti sekalipun maut memisahkannya, cinta yang atas nama Allah, mencintai sesuatu atau seseorang demi dan untuk Allah
    • Kita lihat cinta Rasulullah kepada istrinya Khadijah
  • 12. Pada Kenyatan Fitrahnya
    • Cinta itu berusaha diwujudkan
    • Maka Manusia beraktivitas (suluk)
    • Suluk itu cara mencintai dan dicintai
  • 13. Komponen Cinta
    • Dakhil (apa yang ada didalam jiwa secara internal
    • Mazhahir (penampakan lahiriah yang dapat disaksikan secara kasatmata.
    Yang Dicintai (Mahbub) Yang Mencintai (Habib) CARA Mazhahir Dakhil
  • 14. Proses Mencintai
    • Dalam proses mencintai ada 3 komponen:
    • (1) yang mencintai; (2) cara mencintai; (3) yang dicintai, maka kita bisa kategorisasi:
    • 1. Siapa yang boleh mencintai? Semua boleh jatuh cinta  fitrah (QS. Ali Imron 14)
    • 2. Bagaimana cara mencintai? Tergantung dorongan, kecenderungan  pilihan aktivitas (QS. Ar-Radu 11) (QS. Al Balad 10)
    • 3. Siapa yang dicintai? Terkait dengan obyek hukum  Fikih (pergaulan, mahram)
  • 15. Jenis-Jenis Cinta
    • Cinta Palsu
    • berarti cinta ‘bohong-bohongan’.
    • Cinta Semu
    • merupakan cinta yang benar tetapi batasnya hanya sekedar dunia.
    • Cinta Hakiki
    • merupakan cinta yang benar & sejati. Tidak sebatas dunia, melainkan ‘tembus’ ke akhirat.
  • 16. Ciri-Ciri Cinta Palsu
    • Kepura-puraan dari Habib
    • dibibir mengaku cinta, kata-kata penuh dengan pengakuan cinta, namun di hati penuh dengan kebencian dan kepura-puraan. Bukti kepura-puraan tampak dalam perilakunya.
    • Katakanlah, “Jika kalian (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali Imran [3]: 31)
  • 17.
    • Keliru menentukan Mahbub
    • Siapa atau apa mahbubnya?
    • Orang yang mencintai orang lain atau sesuatu apapun yang bertentangan dengan hukum Allah maka orang itu telah terjerumus ke dalam cinta palsu.
    • “ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menjadikan bapa-bapa dan saudara-saudara kalian, pemimpin-pemimpin kalian jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan. Siapa saja di antara kalian yang menjadikan mereka pemimpin-pemimpin kalian maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. At-Taubah [9]: 23)
  • 18.
    • Cara yang keliru
    • Cara yang tidak benar dalam mewujudkan cinta akan melahirkan cinta yang palsu
    • A gar cinta menjadi benar, cara-cara yang dilakukan haruslah sesuai dengan hukum allah.
    • “ Janganlah kalian mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji dan jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra’ [17]: 32)
  • 19. Cinta Semu
    • Yang dicintai (Mahbub) dan cara mencintainya dibenarkan secara syar’i. Tapi, landasan pelaku (Habib) melakukannya bukan karena Allah SWT. Cintanya hanya sebatas bersifat material.
    • “ Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan pada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran [3]: 14)
  • 20. Cinta Hakiki
    • Bukan hanya mahbub dan cara mencintainya yang dibenarkan secara syar’i, landasan habib melakukannya pun semata-mata karena Allah SWT.
    • Ada 2 jenis cinta hakiki:
    • Cinta kepada Allah SWT, Rasul-Nya, dan jihad fi sabilillah.
    • Cinta pada sesuatu yang diperbolehkan secara syar’i dengan didasarkan pada kecintaan kepada Allah SWT. Rasul-Nya, dan Jihad fi sabilillah.
  • 21. Cinta Hakiki
    • “ Di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah.” (QS. Al-Baqarah [2]: 165)
    • Allah mencintai orang2 yang bertakwa, para pelaku kebajikan, para penyabar, orang2 yang tawakal, para penegak keadilan, orang2 yang menyucikan diri, dan para pejuang Islam yang kokoh membentuk satu bangunan.
  • 22. Bukti cinta hakiki kita
    • (QS. Ali Imron 31)  taqayid
    • قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ ( ٣١ )
    • (QS. Al Baqarah 165)  penunggalan
    • وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ ( ١٦٥ )
    • (QS. At Taubah 24)  pengorbanan
    • قُلْ إِنْ كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُمْ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّى يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ وَاللَّهُ لا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ ( ٢٤ )
  • 23. Hukum Cinta
    • Kategorisasi Objek Cinta
    Wajib Boleh (Mubah) Haram Tanpa Syarat Cinta pada Allah, Rasul, dan Jihad Segala yang diharamkan oleh Hukum Syara’ Syarat landasannya Allah, Rasul, dan Jihad Orang Tua, saudara, keluarga, anak, istri, dll. Rumah, kekayaan, pekerjaan, dll.
  • 24. Even Love Needs Rules Fenomena Orang Jatuh Cinta (Cinta Ternodai) CINTA PACARAN SEKS NIKAH
  • 25. V-Day; atas nama Cinta?
    • Mengingat kisah romantis pendeta Valentine saat dipenjara, trus menulis surat “from your valentine”, kemudian dibalas “be your valentine”.
    • Perjuangan pendeta Valentine menikahkan pasangan muda-mudi secara sembunyi-sembunyi, hingga akhirnya dihukum mati oleh Kaisar Cladius II. Dianggap “Pahlawan Cinta” yang kematiannya harus diperingati
    • Isi dari festival Lupercalia maupun V-Day versi Kristen, menggambarkan pemujaan pujaan hatinya (perempuan) dengan memberi hadiah, bingkisan.
    • Isi dari perayaan V-Day, bersemangatkan kemesraan, kasih sayang, yang katanya itu universal
  • 26. V-Day, racun berlumur madu
    • Semua orang kalo dikasihani, dicintai, disayangi pada keroyokan pengin menyambutnya. Tanpa pernah berpikir kalo kasih sayang wal cinta itu udah dibungkus rapi dengan harapan semua orang nggak pernah tahu mana yang original cinta, mana yang nafsu.
    • Kalo udah gitu, berarti V-Day udah berhasil membius semua orang, termasuk kita yang muslim hilang ‘kewarasannya’ memaknai cinta. Antara cinta dan nafsu jadi bias. Bahkan cinta yang biasa diungkapkan dengan bahasa verbal berubah menjadi bahasa tubuh. Sehingga kata “I lov u” udah ditafsirkan “aku pengin kamu” alias “I wanna seks with u”.
  • 27.
    • V-Day, yang memang biasanya dibungkus kata cinta. Cinta emang universal, semua orang boleh mencinta dan dicintai siapa aja. Tapi kalo kita udah bicara V-Day udah beda banget. V-Day nggak selalu berbanding lurus dengan kasih sayang
    • Momen V-Day emang sering dijadikan dalih sepasang muda-mudi yang lagi dimabuk asmara agar mereka bisa menumpahkan segenap rasa sayangnya. Tapi bagi siapa aja yang berpikir jernih, udah tahu banget ada niat busuk dibalik itu semua.
    • Kenapa kita katakan ‘niat busuk’, coz di acara V-Day yang ada malah aktivitas baku syahwat, laki perempuan campur baur dalam satu ruangan. Nggak mungkin khan acara V-Day, cuman pandang-pandangan dari kejauhan. Makanya mereka kumpul di suatu ruangan, penuh senda gurau , canda tawa . Bahkan kalo nyontek abis apa yang dilakuin remaja di Barat, maka acara itu bisa berakhir kencan / blind date.
  • 28. Mungkin ada yang masih berkilah
    • “ ini kan cuma perayaannya aja, tapi kasih sayangnya ya kudu everyday-everywhere, gitu”.
    • Tapi persoalannya nggak sesimpel itu sobat. Apa yang kamu rayakan itu bukan termasuk ajaran agama Islam bahkan bertentangan dengan agama kita (HARAM).
    • Lagian kalo emang kamu udah tahu bahwa kasih sayang musti tiap hari dan di tiap tempat, ngapain musti cari momen nunggu tanggal 14 Februari?
  • 29. Jangan Tertipu, V-Day
    • V-Day bukan hari raya kasih sayang, tapi hari hawa nafsu/ free seks
    • Ini bukan vonis atau tuduhan tapi sebagian orang Barat, biasa mengucapkan kata-kata cinta dan kasih sayang dengan ucapan ML alias making love, alias seks bebas. Nah, tentu saja itu artinya bermain cinta yang ujung-ujungnya intercourse alias bersetubuh.
    • Lagian kalo emang perayaan cinta dan bukan perayaan seks, ngapain juga setiap pesta yang digelar hampir selalu mensyaratkan bawa pasangan masing-masing. Tul kan?
    • Coz kasih sayang itu khan bisa tiap hari dan kepada siapa aja. Kalo kasih sayang cuman diperingati setiap tanggal 14 februari, berarti berkasih sayangnya jadi sempit dong. Padahal kamu juga tahu, kalo kasih sayang itu nggak sempit. Ya nggak?
  • 30. Inilah, Kasih Sayang
    • “ Seorang lelaki yang berasal dari pedalaman bertanya kepada Rasulullah saw.: Bilakah berlakunya Kiamat? Rasulullah saw. bersabda: Apakah persediaan kamu untuk menghadapinya? Lelaki itu menjawab: Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah saw. bersabda: Kamu akan tetap bersama orang yang kamu cintai” ( HR. Bukhari dan Muslim )
    • “ Orang yang berbelas kasih akan dikasihi oleh Allah Yang Maha Pengasih, maka kasihilah penduduk bumi niscaya engkau akan dikasihi oleh penduduk langit.” (HR Abu Daud)
  • 31.
    • Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan sebuah hadits yang indah: “Allah menciptakan kasih sayang dalam seratus bagian, kemudian menetapkan 99 bagian di sisi-Nya dan menurunkan satu bagian ke bumi, dari satu bagian inilah semua makhluk saling mengasihi hingga seekor kuda mengangkat kaki dari anaknya karena khawatir menginjaknya.”
    • Tentang cinta pada ortu pernah ditanyakan oleh seseorang pada Rasulullah saw.: “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang lebih berhak aku layani dengan baik?” Rasulullah saw. menjawab, “Ibumu” (Rasulullah saw. mengulangnya tiga kali) lalu menjawab “kemudian ayahmu.” (HR Bukhari)

×