K3 tik

4,256
-1

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
4,256
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
190
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

K3 tik

  1. 1. KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TIK TIK - SMA Kelas X Semester I Mulai Mulai
  2. 2. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N STANDAR KOMPETENSI 3. Memahami Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi KOMPETENSI DASAR 3.2. Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
  3. 3. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N INDIKATOR INDIKATOR 1. Mengetahui Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2. Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar 3. Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
  4. 4. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N PENGANTAR K3 AGAR TERHINDAR RESIKO ATUR POSISI ATUR POSISI TUBUH PERANGKAT KOMPUTER
  5. 5. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N PENGANTAR PENGANTAR Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian setiap melakukan kegiatan apapun, termasuk ketika berkerja dengan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan. Oleh karena itu, K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila bekerja dengan komputer.
  6. 6. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N PENGANTAR PENGANTAR Penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna komputer dapat menderita nyeri kepala, nyeri otot, dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah. Selain itu, pengguna komputer juga masih dapat terserang penyakit lain seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair, nyeri, dan bahkan ganguan penglihatan.
  7. 7. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N AGAR TERHINDAR RESIKO AGAR TERHINDAR RESIKO 1. Aturlah posisi tubuh saat berkerja dengan komputer sehingga merasa aman. 2. Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman. 3. Makan, minum dan istirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan buang air kecil karena terlalu asyik berkerja dengan komputer. 4. Sesekali gerakanlah badan untuk megurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur. 5. Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.
  8. 8. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N MENGATUR POSISI TUBUH MENGATUR POSISI TUBUH
  9. 9. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N POSISI KEPALA DAN LEHER POSISI KEPALA DAN LEHER Posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung ke layar monitor. Leher tidak boleh membungkuk atau menengadah karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher.
  10. 10. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N POSISI PUNDAK POSISI PUNDAK Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.
  11. 11. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N POSISI PUNGGUNG POSISI PUNGGUNG Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang.
  12. 12. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N POSISI LENGAN DAN SIKU POSISI LENGAN DAN SIKU Posisi lengan yang baik adalah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
  13. 13. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N POSISI KAKI POSISI KAKI Kaki harus dapat diletakkan di lantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.
  14. 14. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N MENGATUR PERANGKAT MENGATUR PERANGKAT KOMPUTER KOMPUTER
  15. 15. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N MONITOR MONITOR Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan : a. Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain. b. Letakkanlah monitor lebiih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak menengadah atau menunduk c. Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap d. Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.
  16. 16. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N KOTAK CPU KOTAK CPU Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
  17. 17. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N KABEL KOMPUTER KABEL KOMPUTER Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.
  18. 18. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N KEYBOARD KEYBOARD Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama. Selain itu hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan: a.Keyboard hang / rusak b.Keyboard berlumut kekuning-kuningn dan tidak indah c.Hubungan singkat
  19. 19. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N Latihan Latihan 1. Jelaskan posisi monitor yang sesuai dengan prinsip K3! 2. Jelaskan posisi kaki ketika sedang menggunakan peralatan TIK yang sesuai dengan prinsip K3!
  20. 20. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N REFERENSI REFERENSI 1. Rudi Hidayat, dkk. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga 2. http://www.e-dukasi.net, Komputer dan Kesehatan
  21. 21. Teknologi Informasi & Komunika LATIHABERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI N Penyusun Penyusun M. Tasurun Aminudin, S.T. Guru SMA Pesantren Unggul Al Bayan
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×