1. Terminal
 LAPTOP

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer
bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan,
berat...
Laptop memiliki fungsi yang sama
dengan komputer destop (desktop
computers) pada umumnya.
Komponen yang terdapat di
dalamn...
 NETBOOK

Netbook merupakan salah satu varian dari
komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi
kebutuhan komunikasi ni...
Ukuran netbook berkisar 4,8 inci hingga lebih dari 13
inci, umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pon
(~1 kg) dan biasa...
 SERVER

Server adalah sebuah sistem
komputer yang menyediakan
jenis layanan tertentu dalam
sebuah jaringan komputer.
Ser...
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan

dalam beberapa jenis, seperti:
1. Server Aplikasi
2. Server Data
3. Se...
 PRINTER
Printer jika diartikan secara luas berarti Pencetak atau
alat cetak, baik itu alat cetak gambar, cetak Spanduk, ...
Contoh Printer
2. Network Interface Card (NIC)
Kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) adalah
sebuah kartu yang berfungsi sebaga...
Fungsi NIC :
• Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan.
• Mengontrol data flow antara komputer dan sistem k...
Jenis NIC :
1. NIC Fisik
Contohnya :
a. NIC Ethernet

b. NIC Token Ring

2. NIC Logis
Contoh NIC yang bersifat logis
adala...
3. Media Transmisi
Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan
informasi dari suatu tempat ke temp...
b. Twisted-Pair Cable
~ Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih
tahan terhadap int...
~ Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah
dan mudah diinstalasi.
Kekurangannya a...
- Nonkabel / Wireless

Wireless adalah jaringan tanpa kabel, dalam hal ini
adalah melakukan telekomunikasi dengan mengguna...
Contoh Wireless
- Fiber Optic

Fiber optic adalah sebuah kaca murni yang panjang dan
tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia.
Contoh single-mode fibers

Jenis-jenis Fiber Optic
Single-mode fibers
Transmisi data melalui
single
mode
hanya
menggunak...
Contoh multi-mode fibers

 Multi-mode fibers
Pada jenis ini, suatu informasi
(data) dibawa melalui beberapa
lintasan caha...
4. Media Distribusi
HUB

Hub adalah sebuah perangkat jaringan
yang berfungsi sebagai media penghubung
atau jembatan antar...
Pada jaringan yang umum dan sederhana salah
satu port menghubungkan HUB tersebut ke komputer
Server. Sedangkan port lainny...
Contoh HUB
 SWITCH

Switch adalah perangkat jaringan yang
berfungsi sebagai konektor/penghubung. Dilihat
dari fungsinya, terlihat mi...
Perbedaan HUB dan SWITCH
1. Hub bekerja hanya pada 1 jalur meskipun memiliki jalur (port) yang
banyak, sedangkan switch me...
 BRIDGE

Bridge adalah perangkat yang
berfungsi menghubungkan beberapa jaringan
terpisah, baik tipe jaringan yang sama ma...
 ROUTER

Router adalah sebuah alat jaringan
komputer yang mengirimkan paket data
melalui sebuah jaringan atau internet me...
Router berfungsi sebagai penghubung
antar dua atau lebih jaringan untuk
meneruskan data dari satu jaringan ke
jaringan lai...
☺ Jaringan Komputer ☺
☺ Jaringan Komputer ☺
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

☺ Jaringan Komputer ☺

400

Published on

Komponen pembangun jaringan komputer, pengertian terminal, pengertian laptop, pengertian printer, contoh printer, contoh terminal, contoh laptop, NIC (Network Interface Card), contoh NIC, Media transmisi, kabel UTP dan STP, kabel coaxial, wireless, Media distribusi, pengertian HUB, pengertian SWITCH, pengertian BRIDGE, pengertian ROUTER, contoh HUB, SWITCH, BRIDGE dan ROUTER

Published in: Technology
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
400
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
23
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

☺ Jaringan Komputer ☺

  1. 1. 1. Terminal  LAPTOP Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
  2. 2. Laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.
  3. 3.  NETBOOK Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Netbook biasanya menggunakan Windows XP ataupun Linux sebagai basis sistem operasi daripada sistem operasi yang memakan sumber daya komputer yang lebih besar seperti Windows Vista.
  4. 4. Ukuran netbook berkisar 4,8 inci hingga lebih dari 13 inci, umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pon (~1 kg) dan biasanya lebih murah daripada laptop.
  5. 5.  SERVER Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.
  6. 6. Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: 1. Server Aplikasi 2. Server Data 3. Server Proksi Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.
  7. 7.  PRINTER Printer jika diartikan secara luas berarti Pencetak atau alat cetak, baik itu alat cetak gambar, cetak Spanduk, cetak Plat dan sebagainya. Bagian-bagian penting printer : 1. Motherboard / Board 6). Roll Print 2. Cartridge 7). Adaptor 3. Rumah Catridge 8). Case Print 4. Head Print 9). Cable 5. Chip Board
  8. 8. Contoh Printer
  9. 9. 2. Network Interface Card (NIC) Kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
  10. 10. Fungsi NIC : • Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan. • Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel. • Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel. dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer .
  11. 11. Jenis NIC : 1. NIC Fisik Contohnya : a. NIC Ethernet b. NIC Token Ring 2. NIC Logis Contoh NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter.
  12. 12. 3. Media Transmisi Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Contohnya : - Kabel Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai transmisi : a. Coaxial Cable Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV. Disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah, dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar.
  13. 13. b. Twisted-Pair Cable ~ Kabel STP (Shielded Twisted Pair) Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. Kekurangannya adalah mahal, susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jarak jangkauannya hanya 100m.
  14. 14. ~ Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi. Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik, dan jarak jangkauannya hanya 100m.
  15. 15. - Nonkabel / Wireless Wireless adalah jaringan tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara pengganti kabel. Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Data-data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik ini.
  16. 16. Contoh Wireless
  17. 17. - Fiber Optic Fiber optic adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia.
  18. 18. Contoh single-mode fibers Jenis-jenis Fiber Optic Single-mode fibers Transmisi data melalui single mode hanya menggunakan satu lintasan cahaya yang merambat melalui serat. Metode ini dapat menghindarkan ketidakakuratan yang dapat terjadi dalam penyaluran data.
  19. 19. Contoh multi-mode fibers  Multi-mode fibers Pada jenis ini, suatu informasi (data) dibawa melalui beberapa lintasan cahaya yang dijalarkan melalui serat dar ujung ke ujung lainnya. Metode semacam ini dapat mengakibatkan ketidakakuartan data yang dikirim kepada penerima.
  20. 20. 4. Media Distribusi HUB Hub adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai media penghubung atau jembatan antar komputer yang satu dengan yang lain agar terbentuk satu segmen jaringan yang saling berkomunikasi. Hub bentuknya kecil dengan sedikit portnya.
  21. 21. Pada jaringan yang umum dan sederhana salah satu port menghubungkan HUB tersebut ke komputer Server. Sedangkan port lainnya digunakan untuk menghubungkan komputer client atau workstation yang sudah memiliki NIC untuk membentuk suatu jaringan.
  22. 22. Contoh HUB
  23. 23.  SWITCH Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai konektor/penghubung. Dilihat dari fungsinya, terlihat mirip dengan Hub.
  24. 24. Perbedaan HUB dan SWITCH 1. Hub bekerja hanya pada 1 jalur meskipun memiliki jalur (port) yang banyak, sedangkan switch memiliki jalur masing masing. 2. Hub membagi kecepatannya kepada komputer yang terhubung dengannya. Contohnya seperti apabila sebuah hub memiliki kecepatan 10 Mb, dan komputer yang terhubung kejaringan ada 5, maka masing masing komputer mendapat 2 Mbps. Kalau switch kecepatannya stabil meskipun komputer yang terhubung dengannya banyak, kalau 10 Mb maka tiap 1 komputer juga sama 10 Mb. 3. Hub bekerja secara Broadcast sedangkan switch bekerja secara switching table.
  25. 25.  BRIDGE Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah, baik tipe jaringan yang sama maupun berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet).
  26. 26.  ROUTER Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.
  27. 27. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×