Soal Prediksi UN IPA SMP/MTs Tahun 2014 PAKET 3 | LENGKAP KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA

49,027 views

Published on

Untuk siswa-siswa SMP yang hendak menghadapi UN yang akan dilaksanakan tanggal 5 - 8 Mei 2014, latihan SOAL PREDIKSI UN IPA SMP TAHUN 2014 PAKET 3 dengan kunci jawaban dan pembahasan yang lengkap dan mudah dipahami.

Published in: Education
7 Comments
17 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
49,027
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
29
Actions
Shares
0
Downloads
2,169
Comments
7
Likes
17
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Soal Prediksi UN IPA SMP/MTs Tahun 2014 PAKET 3 | LENGKAP KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA

  1. 1. 1 PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN IPA TAHUN 2013/2014 PAKET 3 Oleh : http://www.slideshare.net/thufeil_ Facebook : https://www.facebook.com/thufeil.ammar?ref=tn_tnmn Twitter : https://twitter.com/thufeil_ Indikator SKL : Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari. Indikator Soal : Disajikan gambar alat ukur (mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur, termometer), peserta didik dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut 1. Sebuah bejana diukur massanya, kemudian diisi zat cair P dan Q secara bergantian. Hasil pengukurannya seperti pada gambar. Berdasarkan data yang tampak tersebut, disimpulkan .... Massa Zat cair P Zat cair Q A. 200 gram 240 gram B. 280 gram 160 gram C. 200 gram 160 gram D. 280 gam 240 gram Kunci : C Indikator SKL : Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari. Indikator Soal : Disajikan gambar bebrapa logam yang besarnya sama tetapi massanya berbeda peserta didik mampu menentukan jenis masing-masing logam.
  2. 2. 2 2. Perhatikan gambar berikut! I II III 96,5 gram, 42,5 gram, 52,5 gram Nama Zat Massa Jenis Emas 19,3 g/cm 3 Timbal 11 g/cm 3 Perak 10,5 g/cm 3 Kuningan 8,4 g/cm 3 Besi 7,9 g/cm 3 Aluminium 2,7 g/cm 3 Tiga benda tersebut dicat dengan warna yang sama, masing-masing memiliki bentuk dan volum yang sama. Apabila masing-masing memiliki volume 5 cm3 , dengan memperhatikan tabel massa jenis berbagai zat, maka ketiga benda tersebut secara berturut-turut terbuat dari ... A. emas, perak, alumunium B. perak, emas, besi C. emas, kuningan, perak D. perak, besi, kuningan Kunci : C Pembahasan : Benda I m= 96,5 g V= 5 cm3 = m = 96,5 gram = 19,3 g/cm3 V 5 cm3 Benda II m=42 g V= 5 cm3 = m = 42 gram = 8,4 g/cm3 V 5 cm3 Benda III m= 52,5 g V= 5 cm3 = m = 52,5 = 10,5g/cm3 V 5 cm3 Benda I, Benda II, dan Benda III berturut-turut terbuat dari bahan emas, kuningan, dan perak. Indikator SKL : Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Indikator Soal :
  3. 3. 3 Peserta didik dapat memberikan contoh masalah pemuaian yang terjadi di sekitar kehidupan sehari- hari, dan memberikan alasannya 3. Perhatikan beberapa perilaku yang berkaitan dengan pemuaian berikut! (1) Memberikan celah pada sambungan rel kereta api (2) Memasang kabel transmisi listrik tidak kendor di saat cuaca panas (3) Membuat ukuran bingkai jendela lebih besar dari ukuran kacanya (4) Merangkaikan bimetal pada seterika listrik otomatis Masalah-masalah yang timbul akibat pemuaian dapat diatasi oleh perilaku yang ditunjukan oleh nomor … A. (1), (2), dan (3) C. (3), (4), dan (1) B. (2), (3), dan (4) D. (4), (1), dan (2) Kunci : A Pembahasan : (1) Memberikan celah pada sambungan rel kereta api merupakan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian. Yaitu jika tidak diberi celah, maka rel kereta api yang terbuat dari besi ketika siang hari panas terik rel bisa melengkung (bengkok). (2) Memasang kabel transmisi listrik tidak kendor di saat cuaca panas, merupakan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian. Yaitu jika pemasangan kabel listrik yang dilakukan pada siang hari tidak kendor, maka kanel listrik akan putus ketika malam hari suhu menjadi dingin (menyusut). (3) Membuat ukuran bingkai jendela lebih besar dari ukuran kacanya, merupakan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian. Yaitu jika bingkai tidak dibuat lebih besar dari kacanya , maka kaca bisa pecah karena memuai ketika siang hari panas. (4) Merangkaikan bimetal pada seterika listrik otomatis, ini merupakan manfaat pemuaian. Ketika seterika panas bimetal akan membengkok ke arah logam yang koefisien muainya lebih kecil, sehingga arus listrik terputus seterika pun menjadi dingin dan seterusnya. Indikator SKL : Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. Indikator Soal : Peserta didik dapat menyebutkan contoh pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari. 4. Perhatikan rangkaian percobaan tampak pada gambar berikut! Dari data yang tampak tersebut, dibuat kesimpulan bahwa zat (x) dan zat (y) adalah.... Zat (x) Zat (y) Bentuk Volum Bentuk Volum A. berubah berubah berubah tetap B. tetap berubah berubah berubah C. berubah berubah tetap berubah
  4. 4. 4 D. berubah tetap berubah berubah Kunci : D Pembahasan : Zat (x) adalah zat cair. Zat cair memiliki sifat bentuk selalu berubah sesuai dengan wadah atau tempat yang ditempatinya. Sedangkan Zat (Y) adalah gas memiliki sifat bentuk dam volumenya selalu berubah a (memenuhi ruangan). Indikator SKL : Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hokum Newton dalam kehidupan sehari-hari. Indikator Soal : Peserta didik dapat memberikan contoh penerapan jenis gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari. 5. Perhatikan grafik dan pernyataan berikut! Pernyataan: 1. Gerak lurus dipercepat beraturan 2. Gerak lurus diperlambat beraturan 3. Gerak lurus dengan kecepatan tetap 4. Jarak perpindahan 150 m Grafik tersebut di atas merupakan diagram sebuah benda yang bergerak, pernyataan yang sesuai untuk menjelaskan diagram tersebut ditunjukkan pada nomor…. A. 1,2, dan 3 B. 2,3, dan 4 C. 3 dan 4 saja D. 4 dan 1 saja Kunci : C Pembahasan : Grafik tersebut menggambarkan sebuah benda yang bergerak selama 15 detik memiliki kecepatan tetap yaitu 10 m/s. Perpindahan yang dialami benda= 10 m/s x 15 detik = 150 m Indikator SKL : Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu. Indikator Soal : Peserta didik dapat menghitung besarnya usaha atau gaya pada benda diangkat vertikal ke atas. 6. Seorang siswa sedang menarik beban dari dalam sumur seperti pada gambar berikut :
  5. 5. 5 Jika percepatan gravitasi bumi sebesar 10 m/s² dan antara katrol dan tali tidak terjadi gesekan, maka beban (timba) bergerak …. A. ke bawah, dengan percepatan 10 m/s² B. ke atas, dengan percepatan 10 m/s² C. ke bawah, dengan percepatan 2 m/s² D. ke atas, dengan percepatan 2 m/s²s Kunci : B Pembahasan : Kerekan timba merupakan katrol tunggal yang memiliki keuntungan mekanis satu, dimana gaya yang diberikan untuk mengangkat beban adalah sebesar berat benda. Mengapa dengan kerekan timba mampu mengankat beban tearsa lebih ringan, karena mengankat atau menarik ke bawah lebih mudah daripada ke atas. Indikator SKL : Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Indikator Soal : Peserta didik mampu menjelakan prinsip kerja pesawat sederhana. 7. Perhatikan gambar! Untuk mengangkat beban ke atas, agar lebih mudah maka menggunakan papan miring. Hal ini disebakan karena …. A. usaha yang dilakukan menjadi lebih kecil B. gaya yang dilakukan menjadi lebih kecil C. jarak perpindahan menjadi lebih kecil D. gravitasi bumi menjadi kecil Kunci : B Pembahasan : Bidang miring merupakan pesawat sederhana, yaitu suatu alat yang dilakukan untuk memudahkan melakukan kerja. Namun pesawat sederhana tidak mengubah usaha (usaha tetap). Pada bidang miring gaya yang dialkukan memang kecil tetapi jarak perpindahan menjadi besar, sehingga usaha tetap. Indikator SKL : Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
  6. 6. 6 Indikator Soal : Disajikan gambar dua bejana yang berisi zat cair yang berbeda, Peserta didik dapat menentukan besarnya tekanan zat cair pada dasar masing-masing bejana, 8. Perhatikan gambar! Gambar I gambar II Apabila ikan-ikan pada dua bejana tersebut berada pada dasar wadah, maka tekanan air yang dialami ikan pada …. A. wadah I sama besar daripada ikan pada wadah II B. wadah I lebih besar daripada ikan pada wadah II C. wadah I lebih kecil daripada ikan pada wadah II D. bergantung pada massa ikannya Kunci : A. Pembahasan : Tekanan dalam cair= ρ x g x h. artinya tekanan zat cair hanya bergantung pada massa jenis zat cair, percepatan gravitasi dan kedalaman zat cair. Tekanan zat cair tidak bergantung pada massa benda yang tercelup dalam zat cair maupun tidak bergantung pada bentuk wadah. Sehingga pada jenis zat cair yang sama, meskipin bentuk wadah berbeda, tekanan pada kedalaman yang sama akan sama besar. Indikator SKL : Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang. Indikator Soal : Disajikan grafik gelombang , peserta didik dapat menentukan nilai salah satu besaran gelombang 9. Grafik berikut menampilkan simpangan dari sebuah titik dalam satu medium sebagai fungsi waktu ketika sebuah gelombang lewat melalui medium. Jika panjang gelombang tersebut 6 m, maka cepat rambat gelombangnya adalah …. A. 3 m/s B. 6 m/s C. 8 m/s D. 12 m/s Kunci : D Pembahasan : 14 cm
  7. 7. 7 sekon=T 0,50 m=λ 6 sm= sekon m = λ =v /12 0,5 6 0,5 Indikator SKL : Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Indikator Soal : Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari, melalui gambar. 10. Seorang siswa melakukan percobaan di lab-IPA dengan menggunakan penggaris plastik yang dijepitkan salah satu ujungnya pada meja seperti gambar berikut : Ketika panggaris digetarkan ternyata menghasilkan 1.000 getaran setiap menitnya, namun siswa tersebut tidak mendengar getaran bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan .... A. dinding lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi B. bunyi yang dihasilkan diserap oleh dinding lab-IPA C. frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz D. frekuensi bunyi yang dihasilkan lebih dari 20 Hz Kunci : C Pembahasan : Frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz, sehingga tidak dapat didengar oleh manusia. Indikator SKL : Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari Indikator Soal : Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat optic tertentu. 11. Bayangan akhir yang dibentuk oleh mikroskop bersifat …. A. maya, tegak diperbesar B. maya, terbalik diperbesar C. nyata, terbalik diperbesar D. nyata, tegak, diperbesar Kunci : B Pembahasan :
  8. 8. 8 3 Ω 4 Ω E = 10 Volt , r = 0 Ω 4 Ω Mikroskop terdiri dari 2 buah lensa yaitu lensa obyektif dan lensa okuler. Benda (obyek) diletakkan diantara f obyektif dengan 2f. Diperoleh bayangan nyata, terbalik diperbesar. Bayangan yang dibentuk oleh lensa obyektif, diterima oleh lensa okuler sebagai benda nyata. Okuler berfungsi sebagai lup, sehingga bayangan obyektif harus jatuh di antara fokus dengan okuler atau paling jauh di titik fokus okuler. Bayangan okuler bersifat maya diperbesar dan tegak terhadap bayangan obyektif. Jadi bayangan akhirnya bersifat : maya, terbalik dan diperbesar. Indikator SKL : Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari Indikator soal : Siswa dapat menentukan nilai gaya elektrostika antara 2 benda bermuatan listrik jika jarak kedua benda dijauhkan atau didekatkan pada kelipatan tertentu dari jarak semula dengan muatan tetap. 12. Dua buah muatan masing-masing Q1 dan Q2 berada di udara terpisah pada jarak 2r sehingga terjadi gaya tarik sebesar F seperti tampak pada gambar. Jika kedua muatan dipindahkan sehingga berjarak 2 kali jarak mula-mula, maka gaya tarik antara kedua muatan menjadi.... A. 4F B. 2F C. 4 1 F D. 16 1 F Kunci : C Pembahasan : Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara dua benda bermuatan tersebut. Karena jarak diperbesar menjadi 2 kali, maka besarnya gaya tarik menarik antara 2 benda tersebut menjadi ¼ kali gaya semula. Indikator SKL : Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri / paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Indikator soal : Disajikan gambar rangkaian beberapa penghamaba tsecara seri paralel yang diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus yang mengalir jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui. 13. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut !
  9. 9. 9 Kuat arus pada amperemeter adalah .... A. 2 A B. 3 A C. 4 A D. 5 A Kunci : A Penjelasan : 532RtoltalHambatan t2Rs 4 2 4 1 4 11 Rs A VV rR E I t 2 5 10 05 10 Indikator SKL : Menentukan besarnya energi atau daya listrik dala kehidupan sehari-hari Indikator soal : Disajikan gambar alat listrik yang diketahui daya dan tegangannya, siswa dapat menentukan hambatan alat tersebut 14. Perhatikan gambar alat listrik berikut ! Jika mikrowave memiliki daya 400 watt dan bekerja dengan sempurna saat dipasang pada sumber tegangan 200 volt, maka hambatan pada mikrowave sebesar.... A. 50 Ω B. 100 Ω C. 200 Ω D. 800 Ω Kunci :B Pembahasan : Diket : P = 400 W, V= 200 watt Ditanya : R P = V . I, I = , P = R = R = R = R = 100 Ώ Indikator SKL : Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan Indikator soal : Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara menggosok siswa dapat menentukan kutub magnet. 15. Perhatikan pembuatan magnet seperti gambar berikut!
  10. 10. 10 Ujung B dan C menjadi kutub magnet .... A. U dan U B. S dan S C. U dan S D. S dan U Kunci : C Pembahasan : Dengan menggunakan kaidah tangan kanan maka kutub-kutub magnet yang terbentuk adalah A kutub Selatan, B kutub Utara, C kutub Selatan dan D kutub Utara Indikator SKL : Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator. Indikator soal : Disajikan gambar skema trafo siswa dapat menentukan salah satu variabel pada rumus trafo jika variabel lainnya diketahui. 16. Perhatikan gambar! Transformator menghasilkan tegangan 0ut put 20 volt, maka tegangan input pada transformator sebesar . . . . A. 10 V B. 100 V C. 200 V D. 450 V Kunci : C Pembahasan : Np / Ns = Vp / Vs 500 / 50 = Vp / 20 Vp = 500 x 20 / 50 Vp = 200 volt Indikator SKL : Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari Indikator soal : Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi 500 lilitan Input 50 lilitan output
  11. 11. 11 17. Salah satu akibat dari rotasi bumi adalah .... A. perubahan musim B. terjadinya siang dan malam C. perbedaan lamanya malam dengan siang D. gerak semu tahunan matahari dari utara ke selatan Kunci : B Pembahasan : Rotasi bumi dari arah barat ke timur. Rotasi bumi menyebabkan beberapa fenomena alam antara lain : terjadinya perubahan malam dengan siang, gerak semu harian bneda langit dari timur ke barat, perbedaan waktu dibelahan bumi berbeda, penggembungan bumi di katulistiwa dan pepat di kutub. Indikator SKL : Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. Indikator soal : Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok campuran. 18. Berikut ini adalah nama beberapa zat. 1. udara 2. gula pasir 3. air laut 4. air murni 5. emas Diantara zat-zat tersebut yang termasuk campuran adalah ... . A. 1, dan 3 B. 2 dan 4 C. 4 dan 5 D. 1 dan 2 Kunci : A Pembahasan : 1 dan 3 merupakan campuran 2 dan 4 merupakan senyawa 5 merupakan unsur Indikator SKL : Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan Indikator soal : Siswa dapat menentukan sifat fisika atau kimia dari percobaan sederhana/pengamatan 19. Diketahui sifat-sifat zat dari dari hasil pengamatan beberapa zat : (1) mudah berkarat (2) mempunyai titik didih yang tinggi (3) mudah membusuk (4) mudah dialiri listrik Kunci : B Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk sifat kimia adalah pasangan nomor ...
  12. 12. 12 A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (3) dan (4) Indikator SKL : Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan. Indikator soal : Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat mengelompokkan perubahan kimia dari percobaan tersebut 20. Data hasil percobaan (1) air dipanaskan akan menguap (2) logam dipanaskan akan membara (3) besi dibiarkan di tempat terbuka mengalami korosi (4) garam dibuat dengan mencampurkan asam dan basa Berdasarkan data di atas, yang termasuk perubahan kimia adalah pasangan nomor .... A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (3) dan (4) Kunci : D Pembahasan : Perubahan kimia adalah proses prubahan suatu benda yang menghasilkan zat jenis baru, dan zat tersebut tidak dapat kembali lagi ke zat semula, terjadinya melalui proses reaksi kimia. 21. Indikator SKL : Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya. Indikator soal : Siswa dapat menjelaskan pengaruh zat aditif dengan kesehatan Butir soal : Obat nyamuk bakar yang digunakan secara terus menerus dapat menyebabkan efek samping terhadap fungsi organ-organ tubuh. Sistem organ yang dipengaruhi secara langsung adalah…. A. sistem peredaran darah B. sistem pencernaan makanan C. sistem pernapasan D. sistem saraf sadar Kunci : C Penjelasan :
  13. 13. 13 Obat nyamuk bakar menghasilkan asap, di dalam asap tersebut terdapat bahan kimia seperti CO2, CO, zat racun dan berbagai zat berbahaya lainya, zat tersebut sangat berbahaya bagi tubuh, terutama pada system pernapasan 22. Indikator SKL : Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia, Indikator soal : Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisiologis pengaruh zat adiktif Butir soal : Dampak fisiologi penggunaan zat adiktif dan psikotropika pada pemakai adalah …. A. kulit menjadi cepat keriput B. menurunya fungsi alat reproduksi C. merasa nyaman dalam pergaulan D. susah dalam menerima pelajaran Kunci : B Penjelasan : Salah satu dampak fisiologis akibat pemakaian zat adiktif psikotropika pada manusia adalah menurunya fungsi alat reproduksi untuk menghasilkan sperma maupun sel telur, akibatbya akan mengalami kemandulan 23. Indikator SKL : Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup Indikator soal : Diberikan gambar ciri mahluk hidup siswa dapat menentukan ciri yang benar Butir soal : Perhatikan gambar berikut ini:
  14. 14. 14 Gambar diatas menunjukan bahwa makhluk hidup memilki ciri .... A. bergerak B. tumbuh dan berkembang C. berkembangbiak D. peka tehadap rangsangan Kunci : B Penjelasan : Gambar tersebut merupakan proses metamorphosis pada hewan katak, dari mulai telur sampai dewasa. Secara morfologi terjadi proses pertumbuhan, sejalan dengan itu juga mengalami perkembangan 24. Indikator SKL : Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. Indikator soal : Diberikan gambar tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan tumbuhan tinggi/tendah Butir soal : Perhatikan gambar berikut! Kunci : C Penjelasan : Ciri yang tidak dimiliki oleh tumbuhan seperti pada gambar tersebut adalah …. A. susunan tulang daun sejajar B. memiliki akar serabut C. memiliki jaringan kambium D. jaringan pembuluh tersebar
  15. 15. 15 Gambar tersebut adalah salah satu tumbuhan monokotil. Cir-ciri tumbuhan monokotil adalah: akar serabut, batang tidak berkambium, susunan jaringan pembuluh tersebar, susunan tulang daun daun sejajar berbentuk pita, jumlah bagian bunga berkelipatan 3 25. Indikator SKL : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem Indikator soal : Diberikan gambar pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis) Butir soal : Perhatikan gambar berikut! Pola interaksi antara tumbuhan pada gambar tersebut adalah …. A. mutualisme B. komensalisme C. parasitisme D. antibiosis Kunci : B Penjelasan : Gambar tersebut adalah tumbuhan paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum) yang hidup menenpel pada tumbuhan inang, pada pola interaksi ini tanaman paku hanya menempel untuk hidup dan tidak merugikan tumbuhan yang di tempelinya, makanan di cari sendiri dan di fotosintesis . 26. Indikator SKL : Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan Indikator soal : Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia untuk mengatasi pencemaran tanah (daur ulang) Butir soal :
  16. 16. 16 Akibat kemajuan dalam bidang industri, maka hampir semua kemasan produk menggunakan bahan yang terbuat dari plastik, hal ini bedampak pada pencemaran tanah. Usaha yang di lakukan untuk menanggulangi hal tersebut adalah …. A. mengubur sampah plastik di dalam tanah B. mendaur ulang limbah plastik menjadi bahan baru C. membakar sampah plastik D. menimbun dengan sampah organik Kunci : B Penjelasan : Plastik merupakan polietilen yang merupakan bahan pencemar bagi tanah karena tidak dapat di uraikan oleh bakteri dalam waktu yang cepat, tapi baru dapat terurai dalam waktu lebih dari 150n tahun, hal ini akan mengakibatkan pencemaran bagi tanah. Salah satunusaha yang dim lakukan untuk mengetasi hal tersebut adalah mendaur ulang sampah bahan-bahan yang terbuat dari plastic menjadi bahan yang bisa di pakai lagi. 27. Indikator SKL : Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus Indikator soal : Disajikan grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah, siswa dapat menjelaskan hubungan tersebut Butir soal : Perhatikan grafik berikut. Grafik yang menunjukan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan hijau di pemukiman, adalah.... X: kepadatan populasi manusia Y: jumlah sampah di lingkungan Y X B A Y X Y X DC Y X
  17. 17. 17 Kunci : C Penjelasan : Ketersediaan lahan hijau tetap atau bahkan menurun, sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah populasi manusia. Meningkatnya kepadatan populasi menusia diikuti dengan semakin banyaknya lahan yang diperlukan untuk remah, jalan, dan kebutuhan lainnya, yang banyak memobgkar lahan hijau. 28. Indikator SKL : Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya Indikator soal : Disajikan data, siswa dapat membedakan pembuluh darah (arteri dan vena) Butir soal : Perhatikan data berikut 1. Kaya oksigen 2. Kaya carbondioksida 3. Memiliki banyak katup 4. bersifat elastis 5. letak dekat permukaan kulit ciri yang di miliki oleh pembuluh arteri adalah …. A. 1, 2 dan 3 B. 1, 3, dan 4 C. 2, 4 dan 5 D. 3, 4 dan 5 Kunci : B Penjelasan : Pembuluh darah arteri memiliki ciri-ciri: mengalirkan darah bersih, mengadung oksigen, letaknya lebih dalam dari kulit, denyutnya terasa, memiliki katup sedikit, pembuluh bersifat elatis 29. Indikator SKL : Menjelaskan system pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan Indikator soal : Disajikan tabel enzim dan fungsinya, siswa dapat menetukan nama enzim serta fungsinya dengan benar Butir soal : Perhatikan tabel berikut!
  18. 18. 18 No Nama enzim Fungsi I Pepsin Mengubah protein menjadi pepton II Amilase Mengubah maltosa menjadi glukosa III Renin Menggumpalkan protein susu (kasein) IV Tripsin Mengubah protein menjadi asam amino Berdasarkan tabel di atas, nama enzim yang di hasilkan oleh pankreas beserta fungsinya adalah…. A. I dan II B. I dan III C. II dan III D. II dan IV Kunci : D Penjelasan : Dalam pankrean ada 3 macam enzim yang berperan mengubah makanan yang masuk dalam tubuh antara lain: Tripsin : mengubah pepton menjadi asam amino Amylase : mengubah amilum / amatosa menjadi glukosa Lipase : mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol 30. Indikator SKL : Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya Indikator soal : Disajikan gambar alat pernapasan, siswa dapat menentukan organ dengan fungsi tertentu Butir soal : Perhatikan gambar berikut! Proses yang terjadi pada organ X terhadap udara pernafasan menuju paru-paru adalah …. A. penyesuaian suhu udara B. penyerapan oksigen oleh dinding X
  19. 19. 19 C. penyaringan udara oleh cilia D. pelepasan uap air melalui lender Kunci : C Penjelasan : Bagian yang tunjuk tanda panah adalah batang tenggorok (trachea) pada dindingnya terdapat cilia, fungsi utamanya adalah menyaring kotoran yang masuk bersama udara, dimana dalam rongga hidung belum tersaring, maka di trachea akan di saring kembali oleh cilia.
  20. 20. 20 31. Indikator SKL : Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.. Indikator Soal : Disajikan gambar salah satu jenis otot, siswa dapat menentukan fungsi jenis otot tersebut Butir Soal : Perhatikan gambar jenis otot berikut! Fungsi dari jenis otot seperti ditunjuk gambar adalah.... A. menyusun organ jantung B. menggerakkan tulang paha C. membentuk persendian tertentu D. menyusun organ lambung Kunci : A Penjelasan : Struktur otot seperti ditunjuk pada gambar adalah jenis otot jantung berfungsi menyususn organ jantung. Ciri khas dari otot jantung adalah antara sel yang dengan yang lainnya saling berhubungan, berseran melintang, berinti, kerja tak sadar. 32. Indikator SKL : Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. Indikator Soal : Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi bagian alat reproduksi pada manusia Butir Soal : Fungsi dari ovarium pada organ reproduksi manusia adalah... A. menghasilkan hormon testosteron B. tempat tumbuhnya embrio C. memproduksi sel sperma D. menghasilkan sel telur (ovum)
  21. 21. 21 Kunci : D Penjelasan : Jumlah ovarium adalah 1 pasang, terletak di dalam rongga perut, berfungsi untuk pembentukan sel telur dan menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Pembentukan sel telur terjadi melalui pembentukan folikel. Hormon estrogen berfungsi untuk menimbulkan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, di antaranya: payudara membesar, suara semakin tinggi, kulit semakin halus, panggul membesar dan lain-lain. 33. Indikator SKL : Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia. Indikator Soal : Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk Butir soal : Perhatikan gambar! Bagian yang ditunjuk dengan tanda S berfungsi .... A. menangkap bayangan benda yang masuk B. mempertajam bayangan benda yang masuk C. menghantarkan rangsang cahaya ke otak D. memperkecil bayangan benda yang masuk Kunci : A Penjelasan : gambar yang ditunjukkan pada soal adalah mata. Bagian yang ditunjuk tanda panah adalah bagian retina mata. Fungsi bagian ini adalah menangkap bayangan benda yang masuk. Bayangan benda ini kemudian akan dilanjutkan oleh serabut sarah dihantarkan menuju ke otak untuk diterjemahkan. 34. Indikator SKL : Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan. Indikator Soal : Siswa dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil
  22. 22. 22 Butir soal : Salah satu bagian yang membedakan struktur organ tumbuhan dikotil dengan monokotil diantaranya adalah... A. susunan berkas pengangkutnya yang menyebar B. memiliki jumlah stomata yang banyak C. tulang daunnya yang menjari dan menyirip D. jenis akarnya adalah serabut Kunci : C Penjelasan : Perbedaan umum tumbuhan monokotil dan dikotil dapat dilihat dari gambar berikut. 35. Indikator SKL : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar Indikator Soal : Siswa dapat menentukan bentuk respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar Butir Soal : Respon Chlamidomonas saat diberi rangsang cahaya adalah ... A. bergerak mendekati sumber cahaya B. bergerak menjauhi arah cahaya C. menggulungkan tubuhnya D. diam tidak memberikan respon Kunci : A Penjelasan :
  23. 23. 23 Chlamydomonas adalah genus dari ganggang hijau. Mereka uniselular dan bergerak dengan flagelata. Chlamydomonas digunakan sebagai model organisme untuk biologi molekular, terutama pembelajaran pergerakkan flagellar dan pergerakan kloropas. Karena memimiliki kloroplas maka Chlamidomonas melakukan proses fotosintesis. Ganggang hijau ini memerlukan cahaya untuk proses tersebut. 36. Indikator SKL : Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut Indikator Soal : Disajikan gambar percobaan Ingenhousz, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada percobaan tersebut Butir Soal : Perhatikan gambar percobaan Ingenhousz berikut ini! Pada proses percobaan di atas pernyataan berikut yang sesuai adalah... A. Pada tabung X terdapat senyawa glukosa hasil fotosintesis. B. Hidrilla akan bereaksi dengan air untuk berfotosintesis. C. Air dalam bejana berubah warna hijau seperti hidrilla. D. Akhir dari proses tersebut dihasilkan gas CO2. Kunci :D Penjelasan : Percobaan Ingenhousz adalah salah satu contoh percobaan yang dilakukan untuk mengetahui hasil proses fotosintesis. Pada percobaan ini tumbuhan yang dipergunakan adalah tumbuhan air (misal: Hidrilla) yang dimasukkan dalam bejana berisi air. Corong yang digunakan dimanfaatkan untuk mengarahkan gas hasil proses fotosintesis agar mengalir menuju tabung reaksi yang diposisikan tertelungup. Gas hasil proses fotosintesis diharapkan tertampung pada bagian pangkal tabung reaksi (ditunjuk X). Untuk membuktikan apakah gas tersebut adalah oksigen maka setelah tabung reaksi diangkat dan bagian mulut tabung didekatkan dengan bara api maka bara api membesar. Hal ini terjadi karena pada proses pembakaran diperlukan oksigen. 37. Indikator SKL : Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
  24. 24. 24 Indikator Soal : Siswa dapat membedakan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan Butir Soal : Contoh bentuk pertumbuhan sekunder sehingga membedakan dengan pertumbuhan primer pada tumbuhan adalah.... A. munculnya bunga pada ketiak daun atau ujung batang B. bertambahnya diameter batang pada tanaman dikotil C. batang yang tumbuh tinggi karena pembelahan sel apikal D. tumbuhnya ujung akar ke arah dalam tanah Kunci : B Penjelasan : Pertumbuhan sekunder terjadi pada tanaman Dikotil maupun Gymnospermae terjadi karena adanya proses pembelahan pada jaringan meristem lateral/sekunder pada kambium. Pertumbuhan dari jaringan meristem ini menyebabkan bagian kambium mengalami pertumbuhan ke arah samping (pertambahan diameter) sehingga batang dikotil/gymnospermae dapat membesar. 38. Indikator SKL : Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup Indikator Soal : Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung seleksi alam Butir Soal : Faktor-faktor yang mempengaruhi seleksi alam diantaranya adalah.... A. genetik, banjir, dan gempa bumi B. perubahan iklim, bencana alam, dan badai C. hormon, nutrisi, dan kesehatan lingkungan D. kelembaban tinggi, kekeringan dan keturunan Kunci : B Penjelasan : Seleksi alam adalah proses atau gejala alam yang menyebabkan makhluk hidup dapat bertahan hidup atau tidak. Proses atau gejala alam yang dimaksud diantarnya: perubahan lingkungan (iklim, cuaca, badai, bencana alam dll), persaingan antarorganisme (kompetisi) dan proses makan dimakan 39. Indikator SKL : Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel. Indikator Soal : siswa dapat menentukan perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan dihibrid dominasi penuh.
  25. 25. 25 Butir Soal : Persilangan antara tanaman ercis berbiji bulat warna kuning (BbKK) dengan tanaman ercis berbiji kerut warna kuning (bbKK) maka akan dihasilkan tanaman ercis berbiji bulat warna kuning sebesar.... A. 25% B. 50% C. 75% D. 100% Kunci : B Penjelasan : P ---------> BbKK X bbKK Bulat kuning kerut kuning Gamet ---> BK,bK bK F BK bK bK BbKK (Bulat kuning) bbKK (kerut Kuning) Perbandingan fenotipnya adalah Bulat Kuning: kerut kuning = 1: 1 atau 50%: 50%, jadi fenotipbulat kuning adalah 50% 40. Indikator SKL : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia. Indikator Soal : Siswa dapat memberi contoh jenis mikroba yang dimanfaatkan dalam bioteknologi pada bidang pertanian Butir Soal : Mikrobia yang dimanfaatkan dalam bidang pertanian diantaranya adalah.... A. Rhizobium radicicola B. Rhizopus oryzae C. Acetobacter xylimum D. Ascaris lumbricoides Kunci: A Penjelasan: Rhizobium radicicola adalah jenis bakteri yang dapat hidup pada bintil akar khususnya kacang-kacangan (Rhizobium radicicola). Bentuk simbiosis antara bakteri ini dengan tanaman inang adalah bakteri menyuburkan tanaman karena bakteri mendapatkan zat hara yang kaya energi dari tanaman inang sedangkan tanaman inang mendapatkan senyawa nitrogen dari bakteri untuk melangsungkan kehidupannya. Untuk menambat nitrogen, bakteri ini menggunakan
  26. 26. 26 enzim nitrogenase, dimana enzim ini akan menambat gas nitrogen di udara dan merubahnya menjadi gas amoniak. Rhizopus oryzae adalah jenis dari kelompok jamur yang biasa dimanfaatkan dalam teknologi pangan terutama dalam pembuatan tempe Acetobacter xylinum: Jenis mikrobia yang dimanfaatkan dalam pembuatan nata de coco (sari kelapa) Ascaris lumbricoides: adalah jenis cacing gilig yang bersifat parasit bagi manusia. Hidup dalam perut manusia

×