Your SlideShare is downloading. ×
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Social media
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Social media

947

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
947
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
42
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.  Oleh Teguh Nugraha
  • 2.  Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
  • 3.  Buka www.facebook.com di browser Anda dan mengisi form yang ada di halaman tersebut. Lalu klik tombol Sign Up.
  • 4.  Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi seperti gambar yang diberikan dan mengeklik tombol Sign Up lagi. Jika sudah benar, maka akan muncul tampilan seperti berikut, yang artinya Anda harus mengkonfirmasi email Anda.
  • 5.  buka inbox email Anda dan periksa email dari Facebook. Lalu klik link yang diberikan untuk mengkonfirmasi email Anda.
  • 6.  Anda akan dibawa ke halaman login. Masukkan alamat email dan password Anda lalu klik tombol Log In.
  • 7.  Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman baru untuk menyelesaikan pendaftaran. Pada langkah pertama, Anda dapat mencari teman Anda yang sudah terdaftar di Facebook dengan mengecek kontak di akun email Anda. Untuk kali ini, kita akan melewati langkah pertama dengan mengeklik link Skip this step di bagian bawah.
  • 8.  Pada langkah dua, Anda dapat mengisi informasi nama sekolah, perguruan tinggi, dan perusahaan Anda. Jika sudah, klik tombol Save & Continue.
  • 9.  Pada langkah tiga, akan ada pilihan untuk mengunggah foto. Anda dapat mengunggah foto dari komputer atau mengambilnya langsung menggunakan webcam. Kemudian klik tombol Save & Continue.
  • 10.  Anda akan dilanjutkan ke halaman baru seperti pada gambar di bawah. Untuk mengakhiri proses pendaftaran, klik tombol Resend Email yang ada di atas halaman. Lalu buka inbox email Anda dan klik link yang diberikan, sama seperti email konfirmasi sebelumnya.
  • 11.  Untuk mengubah bahasa yang digunakan, klik link English (US) di bagian kanan bawah halaman. Setelah muncul daftar bahasa, pilihlah Bahasa Indonesia.
  • 12.  Untuk menambah teman, cari profil teman tersebut dengan menggunakan bar pencarian di bagian atas profil Anda. Cari kenalan Anda, lalu klik tombol Tambah sebagai Teman di sebelah kanan nama profilnya. Untuk melihat permintaan pertemanan dari orang lain, Anda dapat mengeklik tombol di bagian notifikasi (atas) lalu pilih Lihat semua permintaan. Halaman selanjutnya akan menampilkan daftar seperti berikut. Jika dia adalah teman Anda, klik tombol Konfirmasi. Jika Anda tidak mengenalnya, sebaiknya Anda klik tombol Abaikan.
  • 13. Berdasarkan dengan siapa Anda ingin berbagi, ada beberapa cara untuk berbagaikonten di Facebook: Berbagi dengan khalayak umum: Gunakan menu berbagi yang ada di bagian atas beranda dan profil Anda. Dari situ, Anda dapat memperbarui status dan berbagi foto, video, tautan dan konten aplikasi lainnya. Hal yang Anda bagi akan muncul sebagai kiriman di profil Anda, dan dapat muncul di Kabar Berita. Untuk mengontrol apakah orang tertentu mempunyai hak untuk melihat berita Anda, Anda dapat mengubah pengaturan privasi untuk setiap konten yang Anda kirim. Berbagi dengan sekelompok kecil teman: Gunakan Fitur grup untuk berbagi konten dengan grup orang tertentu, seperti anggota keluarga, tim sepak bola atau klub buku Anda. Berbagi dengan perorangan: Anda dapat menggunakan menu berbagi di bagian atas profil teman untuk menulis atau berbagi sesuatu di Dindingnya. Teman dari teman Anda juga akan dapat melihat kiriman Anda. Jika Anda ingin berbagi sesuatu secara pribadi, Anda selalu dapat mengirim pesan pribadi kepada seseorang.
  • 14.  Tampilan menu berbagi status, foto, tautan, video, dan pertanyaan. Untuk menggunakannya, pilih jenis konten yang akan dibagikan (jika ingin berbagi foto, pilih link Foto). Masukkan konten yang akan Anda bagi, lalu atur kontrol privasi (jangan ubah ini jika berbagi ke khalayak umum). Lalu klik tombol Bagikan. Untuk mengomentari konten yang dibagikan, klik link Komentari, isi komentar Anda, lalu tekan tombol Enter di keyboard.
  • 15. Aktivitas-aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di Facebook diantaranya: Bermain games Menggunakan aplikasi Berbagi album dan tagging foto Mempromosikan acara (event) Chatting Berkolaborasi dan berdiskusi dalam grup Membuat Facebook Page untuk mempromosikan bisnis atau organisasi Berjualan online
  • 16.  Memasang profil diri secukupnya saja, batasi informasi kontak untuk publik Waspadalah ketika mengadakan pertemuan offline (face-to-face) dengan seseorang yang baru pertama kali dikenal di Internet Jangan memajang foto yang kurang pantas agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Selain itu periksalah kalau teman kita melakukan tagging photo ke profil kita di Facebook. Lebih selektif dalam meng-approve atau meng-add teman, khususnya yang tak kita kenal sebelumnya. Ingatlah bahwa apa yang ditulis di situs jejaring sosial akan dibaca banyak orang dan tersebar luas.
  • 17.  Pilih menu Account > Privacy Settings Klik Custumize settings Atur setiap jenis informasi dengan bijak agar privasi Anda aman. Untuk jenis informasi yang berhubungan dengan kontak dan kepentingan pribadi, sebaiknya Anda membatasinya sehingga tidak semua orang dapat melihatnya.

×