• Save
Tata cara dan prosedur pengurusan merk
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Tata cara dan prosedur pengurusan merk

on

  • 4,371 views

materi pelatihan Pahlawan Ekonomi Surabaya

materi pelatihan Pahlawan Ekonomi Surabaya

Statistics

Views

Total Views
4,371
Views on SlideShare
4,352
Embed Views
19

Actions

Likes
3
Downloads
0
Comments
0

1 Embed 19

http://www.pahlawanekonomi.net 19

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Tata cara dan prosedur pengurusan merk Presentation Transcript

  • 1. Merek anda adalah aset terpentingdalam bisnis andaMerek merupakan representasibisnis anda: mencerminkan kualitas,image, persepsi, bahkan loyalitas customeranda akhirnya bergantung padanya.
  • 2. Merek terdaftar mendapatkan perlindunganhukum untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan dan jangka waktu perlindungan dapat diperpanjang denga jangka waktu yang sama.
  • 3. SYARAT PENDAFTARAN MERKSyarat pendaftaran merek:1. KTP Pemohon, apabila pendaftaran merek atas nama pribadi2. Akte Perusahaan dan KTP Direktur apabila pendaftaran merek atas nama badan usaha3. Etiket Merek, yaitu berupa logo dari merek yang akan didaftar (file .jpg atau .pdf)4. Contoh tanda tangan pemohon atau direktur Biaya pendaftaran adalah Rp. 1.500.000,- dan sudah termasuk: 1. Pendaftaran 2. Pemeriksaan merek 3. Pengiriman dokumen pendaftaran merek ke seluruh Indonesia
  • 4. Penghapusan pendaftaran merek dari daftar umum merek dapat dilakukan atas prakarsa direktorat jendralberasarkan permohonan pemilik merek yang bersangkutan atau pihak ketiga dalam bentuk gugatankepada pengadilan niaga.
  • 5. Permohonan Perpanjangan Merek Terdaftar1. Permohonan perpanjangan pendaftaran merek diajukan dengan cara mengisi formulir yang khusus disediakan untuk itu dalam bahasa Indonesia dan diketik rangkap 4 (empat).2. Pemohon wajib melampirkan : a. surat pernyataan dari pemohon atau instansi terkait yang menyatakan bahwa merek yang dimohonkan perpanjangannya masih tetap digunakan; b. surat kuasa khusus, apabila permohonan perpanjangan pendaftaran merek diajukan melalui kuasa; c. salinan resmi akte pendirian badan hukum atau fotokopinya yang dilegalisir oleh notaris, apabila pemohon badan hukum; d. 24 lembar etiket merek (4 lembar dilekatkan pada formulir) yang dicetak diatas kertas; e. fotokopi kartu tanda penduduk pemohon; dan f. bukti pembayaran biaya permohonan sebesar Rp.600.000,- (Enam ratus ribu rupiah).
  • 6. Pemilik merek terdaftar dapat mengajukan gugatanterhadap pihak lain secara tanpa hak menggunakanmerek yang mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya untuk barang atau jasa yang sejenis, berupa gugatan ganti rugi dan/atau penghentian semua perbuatan yang berkaitan dengan penggunaan merek tersebut. Sanksi yang dikenakan terhadap masalah merek berupa pidana dan denda.
  • 7. Hak merek terdaftar dapat beralih atau dialihkan karena pawarisan,hibah, wasiat, perjanjian atau seba- sebab lain yang dibenarkan oleh perundang-undangan.