Pengenalan sig

2,173 views
2,040 views

Published on

Published in: Technology, Economy & Finance
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,173
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
142
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengenalan sig

  1. 1. PENGENALAN SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFI) Hana Tazkiyatunnisa] K2E007014
  2. 2. SISTEM INFORMASI GEOGRAFI Menurut Aronaff, 1989. SIG adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian. Menurut Berry, 1988. SIG merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan. SIG memiliki kapabilitas menghubungkan berbagai lapisan data di suatu titik yang sama pada tempat tertentu, mengkombinasikan, manganalysis data tersebut dan memetakan hasilnya.
  3. 3. SISTEM INFORMASI GEOGRAFI  Pendekatan kelokasian atau lebih dikenal dengan istilah pendekatan spasial sangat penting di dalam melakukan analisisfenomena yang terjadi di bumi ini,baik sifatnya fisik maupun yang bersifat sosial kemasyarakatan.  Karena jika fenomena itu bisa ditangkap informasinya secara utuh berikut lokasi dan polanya, hal tersebut bisa membantu dalam menyelesaikan atau mencari solusi dari permasalahan terkait muka bumi
  4. 4. Aplikasi SIG dalam bidang kelautan dan perikanan  Secara prinsip tujuan umum pemrosesan data pada teknologi SIG yaitu mempresentasikan: • Input • Manipulasi • Pengelolaan • Query • Analysis • Visualisasi
  5. 5. Aplikasi SIG dalam bidang kelautan dan perikanan  Dalam kegiatan penangkapan ikan di laut, untuk mencari tau keberadaan ikan di laut serta kapan bisaditangkap dalam jumlah yang. Alternatif yang menawark an solusi terbaik adalah mengkombinasikan kemampuan SIG dan penginderaan jauh (inderaja) kelautan.  Contoh lain aplikasi SIG di selatan pulau Hokkaido, Jepang dapat dilihat pada Gambar 2 berikut ini. Peta ini menunjukkan berbagai informasi spasial yang bisa kita pahami tentang perikanan tangkap di sekitar pulau tersebut, khususnya perikanan cumi-cumi.
  6. 6. Aplikasi SIG di bidang Kelautan
  7. 7. Aplikasi SIG di bidang Kelautan  Disini terlihat bahwa dua database (satelit dan perikanan tuna) dikombinasikan dalam mengembangkan spasial analysis daerah penangkapan ikan tuna. Pada prinsipnya ada 4 layer/lapisan data yang diintegrasikan yaitu suhu permukaan laut (SST) NOAA/AVHRR), tingkat konsentrasi klorofil SeaWiFS), perbedaan tinggi permukaan air laut (SSHA) dan eddy kinetik energi (EKE) (AVISO).
  8. 8. Aplikasi SIG di bidang Kelautan Peta distribusi daerah penangkapan cumi-cumi dan jumlah kapal dan hasil tangkapannya di sekitar pulau Hokkaido, Jepang pada bulan Juni (kiri) dan November (kanan)
  9. 9. Aplikasi SIG di bidang Kelautan  SIG dapat digunakan untuk analisis perencanaan regional lanskap kawasan wisata pesisir.
  10. 10. KOMPONEN – KOMPONEN SIG
  11. 11. THE LAST…………. THANK YOU SO MUCH__________ ASSLAMUALAYKUM____WR__WB

×