APLIKASI PENCATATAN BIODATA PEGAWAI
PADA CV. MALING SEJAHTERA
Mukhamad Taqwa Nuddin– 201153132
Program Studi Sistem Inform...
II. DUKUNGAN PHP DAN MySQL
TERHADAP WEB
2.1 PHP
PHP atau Hypertext Preprocessor pertama
kali diperkenalkan oleh Rasmus Ler...
4294967295. Atribut tersebut
menggeser
kisaran nilai negatif tipe data Int(M)
sehingga data dengan tipe
Int(M)[Unsigned] s...
Saran
1.Membagun pengolahan data pasien
berbasis web ini dengan tampilan
antarmuka yang menarik.
2.sistem ini masih banyak...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Laporan Pembuatan aplikasi persediaan barang

2,347

Published on

Aplikasi Pencatat biodata pegawai pada CV. Maling Sejahtera yang berbasis web ini bertujuan untuk mencatat data diri pegawai yaitu NIP, Nama, Tgl lahir, dan alamat. Dengan aplikasi ini dapat memudahkan untuk mencatat , melihat, mengedit dan menghapus data pegawai dan bisa dilakukan dimanapun yang penting ada koneksi internet, karena aplikasi ini bebasis web dan bukan berbasis desktop. Dengan tampilan yang user interface ini memudahkan admin untuk menggunakannya, tanpa harus memilki keterampilan kusus dalm bidang website. Aplikasi ini mengunakan bahsa pemrograman PHP dan MySQL.

Published in: Education
2 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
2,347
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
69
Comments
2
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Laporan Pembuatan aplikasi persediaan barang"

  1. 1. APLIKASI PENCATATAN BIODATA PEGAWAI PADA CV. MALING SEJAHTERA Mukhamad Taqwa Nuddin– 201153132 Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus syekhtaqwa@gmail.com Abstrak Aplikasi Pencatat biodata pegawai pada CV. Maling Sejahtera yang berbasis web ini bertujuan untuk mencatat data diri pegawai yaitu NIP, Nama, Tgl lahir, dan alamat. Dengan aplikasi ini dapat memudahkan untuk mencatat , melihat, mengedit dan menghapus data pegawai dan bisa dilakukan dimanapun yang penting ada koneksi internet, karena aplikasi ini bebasis web dan bukan berbasis desktop. Dengan tampilan yang user interface ini memudahkan admin untuk menggunakannya, tanpa harus memilki keterampilan kusus dalm bidang website. Aplikasi ini mengunakan bahsa pemrograman PHP dan MySQL. I. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan internet dan network akhir- akhir ini telah membuat institusi perkantoran membutuhkan sebuah situs web untuk mempermudah para pegawainya dalam memperoleh berbagaimacam informasi mengenai data pegawai. Dalam hal ini proses peng- aksesan tidak hanya menggunakan komputer tetapi dapat dilakukan mengunakan gadget ataupun Ponsel. Salah satu media yang dapat dipakai untuk menjembatani hubungan antara pegawai satu dengan dengan lainny adalah internet khususnya situs web. Aplikasi web tidak lagi terbatas sebagai pemberi informasi yang statis, melainkan juga mampu memberikan informasi yang berubah secara dinamis dengan cara melakukan koneksi terhadap basisdata. Pembuatan sebuah situs web tidak bisa terlepas dengan bahasa pemrograman, dalam hal ini penulis menggunakan PHP sebagai bahasa scripting dan MySQL sebagai database server. PHP dan MySQL adalah pasangan bahasa scripting dan database server yang banyak diminati akhir-akhir ini. Ketangguhan, jaminan keamanan yang tinggi, dan kemudahan mempelajari membuat keduanya banyak dipilih untuk digunakan. 1.2 Tujuan Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam pencatatan data para pegawai. 1.3 Pembatasan Masalah Masalah yang dibahas pada Tugas Akhir ini adalah pembuatan sebuah website pendataan pegawai yang berguna untuk para pegawai dan pihak manajer yang meliputi data data nip, nama, tgl lahir, dan alamat yang menggunakan bahasa pemrgraman PHP dan MySQL.
  2. 2. II. DUKUNGAN PHP DAN MySQL TERHADAP WEB 2.1 PHP PHP atau Hypertext Preprocessor pertama kali diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 untuk keperluan dinamisasi Web Site pribadinya. PHP juga memenuhi kebutuhan akan bahasa scripting server side yang sederhana, kuat, dan memiliki konektivitas dengan beragam database server. 2.1.1 Sintaks Dasar PHP Script PHP disisipkan langsung dalam tubuh file HTML yang ditandai dengan tag pembuka dan penutup. Sebagaimana diketahui, HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa standar untuk membuat halaman-halaman web. Ada dua pasang tag PHP yang dapat digunakan yaitu: <?php…> dan <script language=”php”>…</script>. Kode- kode PHP ditulis diantara tag pembuka dan penutup seperti dalam contoh- contoh berikut: <?php Kode PHP di sini;?> HTML Dan HTML <script language=”php”> kode PHP di sini; </script> HTML 2.2 MySQL MySQL merupakan database server yang berhubungan erat dengan PHP. MySQL adalah sistem manajemen basisdata relasi yang bersifat terbuka atau open source. Sistem manajemen basisdata ini adalah hasil pemikiran dari Michael “Monty” Widenius, David Axmark, dan Allan Larson pada tahun 1995. Tujuan awal ditulisnya program MySQL adalah untuk mengembangkan aplikasi web. MySQL menggunakan bahasa standar SQL (Structure Query Language) sebagai bahasa interaktif dalam mengelola data. Perintah SQL sering juga disebut Query. MySQL menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan database server lain. Berikut ini adalah beberapa keunggulan MySQL : 1.Mampu menangani jutaan user dalam waktu yang bersamaan. 2.Mampu menampung lebih dari 50.000.000 record. 3.Sangat cepat mengeksekusi perintah. 4.Memiliki user privilege system yang mudah dan efisien 2.2 Tipe Data MySQL a. Char(M) Tipe data ini digunakan untuk menyimpan data string dengan jumlah karakter tertentu. Panjang maksimum karakter tipe data Char harus dinyatakan secara eksplisit seperti contoh berikut: Judul CHAR(50); b. Varchar(M) Tipe data ini cocok digunakan untuk menyimpan data string dengan panjang yang bervariasi. Sama seperti tipe data Char, panjang maksimum karakter yang akan ditampung dalam field harus dinyatakan dengan tipe data Varchar(M) seperti contoh berikut: Judul VARCHAR(50); c. Int(M)[Unsigned] Tipe data ini digunakan untuk menyimpan data integer dengan nilai berkisar antara- 2147483648 sampai 2147483647. Panjang maksimum karakter dalam tipe data ini dinyatakan dengan integer (M). Atribut tambahan [unsigned] dapat dicantumkan untuk mengubah kisaran nilai dari 0 sampai
  3. 3. 4294967295. Atribut tersebut menggeser kisaran nilai negatif tipe data Int(M) sehingga data dengan tipe Int(M)[Unsigned] selalu bernilai positif. Berikut adalah contoh tipe data Int(M)[Unsigned]: Nilai INT; Integer valid:’-2001’ Integer tidak valid:’3000000000’ Nilai INT unsigned; Integer valid:’3000000000’ Integer tidak valid:’-2001’ d. Date Tipe data ini digunakan untuk menyimpan informasi seputar penanggalan. Format default tipe data Date adalah YYYY-MM-DD. e. Datetime Tipe data ini digunakan untuk menyimpan informasi penanggalan yang lebih terperinci. Format default tipe data Datetime adalah YYYY-MM- DD HH:MM:SS. f. Text dan Blob Tipe data Text dan Blob digunakan untuk menyimpan data string dengan jumlah karakter antara 255 sampai 65535. Perbedaan antara tipe data Text dan Blob terletak pada sifat case sensitive yang hanya dimiliki oleh tipe data Blob. III. PERANCANGAN SISTEM Setelah dilakukan analisa sistem, maka mendapatkan sebuah gambaran dengan jelas apa yang akan dikerjakan selanjutnya. Tahapan berikutnya adalah merancang aplikasi yang akan dibuat dengan cara melakukan perancangan sistem. Pada tahap perancangan sistem ini, terdapat komponen-komponen atau elemen untuk dirancang kemudian dikomunikasikan dengan user (pengunjung). Pendefinisian kebutuhan fungsional, bagaimana suatu sistem tersebut dapat dibentuk, digambar, dan perencanaan rancangan yang akan dibangun. Konfigurasi komponen perangkat lunak dan perangkat keras suatu sistem dilakukan pada tahapan perancangan sistem. Pada tahapan perancangan ini, proses perancangan sistem menerjemahkan segala kebutuhan ke dalam suatu perangkat lunak yang dapat diperkirakan demi kualitas sebelum dimulai pengkodingan. FOD Alur dari system pendaftaran siswa baru berbasis web dapat di gambarkan seperti diagram flow di bawah ini : IV.PENUTUP Kesimpulan 1.Dengan adanya aplikasi Pencatatan Biodata berbasis web ini, maka proses pencatatan Data pegawai dapat dilaukan dengan mudah sehingga lebih efisien, tepat waktu, dan akurat.. 2.Aplikasi gapoktan ini dapat membuat laporan data pegawai secara efisien, tepat waktu, dan akurat.
  4. 4. Saran 1.Membagun pengolahan data pasien berbasis web ini dengan tampilan antarmuka yang menarik. 2.sistem ini masih banyak yang kurang karena disini ada form tampil yang tidak nisa menampilkan foto langsung, diharapakan agar pengembangnya dapat melakukan pengembangan yang lebih baik. V.Daftar Pustaka Dennis, Alan, Wixom, Barbara H., Tegarden, David, 2010, System Analysis and Design with UML An Object-Oriented Approach, 3rd ed, Asia: John Wiley & Sons, Inc., pp. 17-237 Pender, Tom, 2003, UML Bible, Canada: Wiley Publishing, Inc.

×