• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Tugas TIK-2,pemetaan 1
 

Tugas TIK-2,pemetaan 1

on

  • 945 views

 

Statistics

Views

Total Views
945
Views on SlideShare
945
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
20
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tugas TIK-2,pemetaan 1 Tugas TIK-2,pemetaan 1 Presentation Transcript

    • Wold Wide Web Mengenal Internet dan Electronic Mail Intranet Mailing List Mengerti Definisi internet dan intranet serta aktivitas didalamnya Internet Relay Chatting Mengetahui Perkembangan File Transfer Internet Protokol Layanan SDM Mengetahui Sumber daya di volP internet Layanan Bahan Intranet dan Logistik Memahami Pemanfaatan Internet dan intranet Internet Layanan SIKesehatan Perbankan Perdagangan Pendidikan Pariwisata Jurnalistik
    • INTERNETInternet berasal dari kata interconnection network,yang secara bahasa bermaknajaringan yang saling berhubungan.Secara istilah internet adalah kumpulan computercomputer di seluruh dunia yang saling berhubungan dalam suatu jaringan yangsangat luas.Setiap computer yang terhubung dalam internet pasti menggunakanstandar tertentu,yaitu Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)(Wikipedia.org,2009).Secara umum dapat dikatakan juga bahwa internet adalahjaringan computer utama yang terdiri dari jaringan jaringan computer di seluruhdunia.Komputer yang terhubung dengan jaringn internet biasanya di sebut denganistilah host.Berikut ini ada beberapa aktifitas yang dapat kita lakukan melalui internet:a.Mencari informasi.b.Pertukaran Informasi melalui email.c.Bercakap-cakap dengan pengguna lain di tempat yang saling berjauhan.d.Berbagi cerita melalui blog.e.Bergabung dengan grup pertemanan.f.Berbelanja.g.Bermain Game.h.Menonton TV.
    • INTRANETSelain internet,dalam jaringan computer juga dikenal istilah INTRANET.INTRANET adalah kumpulan computer yang salingBerhubungan dalam sebuah jaringan khusus/privat (private computer network) pada lingkup sebuah institusi atau perusahaan.Dikatakan jaringan computer privat karena informasi yang dibagikan hanya perlu diketahui oleh anggota institusi perusahaantersebut. Keuntungan bagi suatu perusahaan yang menggunakan intranet adalah sebagai berikut:a.Mengurangi biaya salah satu keuntungan utama dalam intranet adalah efisiensi dalam biaya yang dihasilkan melalui lingkungan tanpa-kertas.b.Menghemat waktu dengan adanya intranet,komunikasi dapat dipercepat melalui email atau fasilitas chatting.c.Meningkatkan Kolaborasi kolaborasi merupakan suatu kondisi kerja sama antara dua orang atau lebih,untuk mencapai sebuah tujuan.d.meningkatkan produktivitas dan efisiensi produktivitas adalah jumlah yang dihasilkan oleh suatu perusahaan,sedangkan efisiensi merupakan waktu yang dibutuhkanuntuk menghasilkan suatu produk.e.Membentuk lingkungan computer yang terintegrasi dan terdistribusi Lingkungan computer yang terdiintegrasi,artinya setiap computer merupakan satu kesatuan dengan yang lain.f.Kaya dalam FormatIntranet juga memungkinkan komunikasi multimedia(banyak media).Dengan menggunakan intranet,Komunikasi dapatberlangsung baik melalui media teks,gambar,maupun Video.
    • Intranet mempunyai tiga buah model organisasi,yaitu:a.Model tersentralisasi Dalam model ini hanya dimungkinkan sebuah server yang menampung semua data yang diperlukan.permasalahan yang dapat terjadi adalah ketika server mengalami kerusakan,maka semua layanan data tidak dapat dilakukan.b.Model Desentralisasi Model ini berlawanan dengan Model tersentralisasi.Dalam Model ini,semua pengguna dapat menyimpan data dan informasi kedalam server.Masalah yang dapat timbul adalah Ketidakteraturan organisasi dokumen karena semua pengguna dapat menyimpan dan mengakses data dari server.c.Model Campuran Gabungan dari model sentralisasi dan desentralisasi.pada akhirnya ,organisasi pengguna intranet-lah yang menentukan model mana yang paling cocok dan efektif untuk di gunakan.
    • 7.Tahun 1982 Defense Advanced Reseach Project Agency(DARPA) mulai mengembangkan sebuahprotocol yang lebih umum.Protokol yang dinama kan TCP/IP ini memungkinkanterjadinya hubungan dan interkoneksi antara dua jaringan yang berbeda.Protokol inimasih digunakan sampai saat ini.8.Tahun 1984 Dengan banyaknya alamat jaringan computer yang ada ,maka pada tahun 1984diperkenalkan suatu penamaan alamat atau biasa disebut dengan Domian NameSystem(DNS).9.Tahun 1988 Jarko oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atauInternet Relay Chat.10.Tahun 1990 Timothy Berners Lee seorang peneliti di bidang computer berkebangsaaninggris,menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajahi antara satucomputer dengan computer lainnya yang membentuk jaringan itu.Program ini dikenaldengan WWW (World Wide Web).11.Tahun 1991-1993 Internet semakin berkembang dengan penemuan aplikasi baru,pada tahun1993,Marc Andreesen bersama Tim nya dari National Center for SupercomputingApplication(NCSA)mengembangkan Aplikasi browser yang dinamakan Mosaic.
    • 1.World Wide Web(WWW) Web/website ini adalah fasilitas internet yang dapat menampilkan kumpulan informasi, gambar,suara maupun video. Website dapat diumpamakan sebagai sebuahbuku yang mengandung beberapa halaman yang di sebut dengan web pages.Web Pages merupakan sebuah bagian khusus dari website tertentu.Homepege adalah halaman muka dari sebuah situs web.Web browser adalah suatu program untuk mengakses sebuah Website,contohnya adalah Internet Explorer,Mozila firefox,dan Opera.
    • 2.Electronic Mail(Email) Dengan fasilitas ini ,kita dapat mengirimkansurat dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia.kita juga dapat menyertakan dokumen maupun gambar dalam surat electronic yang kita kirimkan .Jika dibandingkan dengan pengiriman surat melalui pos ,pengiriman email ini jauh lebih cepat.
    • 3.Mailing List Mailing list atau yang biasa di singkat milis merupakan fasilitas email secara berkelompok.Saat kita bergabung dengan Milis,kita dapat bertukar informasi melaluiEmail yang beredar dalam kelompok tersebut.
    • 4.Internet Relay Chat(IRC) IRC merupakan Aplikasi internet yang memungkinkan kita bercakap-cakap dengan lawan bicara melalui internet.Percakapan melalui internet ini dikenal dengan sebutan Chatting.Untuk melakukan chatting,kita cukup mengetikan kata kata yang ingin kita ucapkan pada lawan bicara kemudian mengirimkannya.Saat ini ,aplikasi internet memungkinkan kita melakukan chattingsekaligus menyisipkan gambar dan suara.Bahkan dengan adanya fasilitas webcam,kita dapat melakukan chatting sambil melihat lawan bicara melalui layar monitor.
    • 5.File Transfer Protocol(FTP) FTP adalah Aplikasi yang dapat di gunakan untuk mengirimkan data dari computer yang satu ke computer lainnya.Dengan adanya FTP,proses pengiriman data menjadi lebih mudah dan cepat.Proses pengiriman data disebutUpload,sedangkan pengambilan data di sebut download.FTP juga sering di gunakan untuk pengambilan data dari suatu website.Data ini dapat berupa lagu,dokumen,foto,dan sebagainya,yang memang di izinkan untuk di ambil oleh pihak-pihak yang membutuhkan.
    • 6.volP volP(Voice Over Internet Protocol) adalah suatumelalui internet.Dengan Menggunakan teknologi ini ,seseorang dapat menggunakan telepon tanpa harus membayar biaya sambungan langsung jarak jauh(SLJJ).Keuntungan penggunaan volP adalah membuat komunikasi suara jarak jauh (Interlokal) menjadi lebih murah ,dengan kualitas suara yang lebih baik.
    • a.Layanan Sumber Daya Manusia layanan sumber daya manusia dapatdimanfaatkan oleh para pekerja dalam organisasi atau perusahaan ituuntuk mendapatkan informasi pekerja.Layanan yang dapat diberikan intranet sehubungan dengan sumberdaya manusia adalah rekaman pekerja.
    • b. Layanan Bahan Dan Logistik organisasi kerja dapat berupa sebuah swalayan,perusahaan, pabrik, dan lain-lain.Informasi yang diletakan di intranet sehingga memungkinkan untuk di akses para pekerja ,seperti citra yang dapat di klik,yang menerangkan fasilitas, ruangan pada suatu kantor,pata kantor,buku telepon suatu perusahaan,atau form yang dapat di isi yang digunakan untuk mencari informasi mengenai catalog.
    • c. Layanan sistem Informasi pada mode organisasi sepertiperusahaan besar, intranet dapat digunakan untuk menyadiakan informasi komputer-komputer para pekerja serta meletakkaninformasi yang dapat digunakan para pekerja yang berkaitandengan pengetahuan dan manual kerja.
    • Bidang kesehatan Pemanfaatan tekhnologi informasi atau internetbiasanya disebut dengan e-health. Pemanfaatan e-health yang saat ini menjadi trend adalah telemedicine.Telemedicine didefinisi sebagai layanan kesehatan yang dilaksanakan dari jarak jauh atau dapat juga dikatakantransfer data medik elektronik dari satu lokasi ke lokasi lainnya.Transfer data yang dilakukan telemedicine ini dapatberupa:•Data teks dan numeric•Data audio•Citra diam•Data video
    • Bidang perbankan Salah satu pemanfaatan internet dalam dunia perbankan adalah internet Banking. Internet banking merupakan kegiatan perbankan yang dilakukan melalui internet.Internet banking memungkinkan nasabah untuk melakukantransaksi perbankan dari rumah, kantor dan berbagai tempat lain. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melaluiinternet banking, antara lain pengecakan saldo, pembayaran tagihan-tagihan, transfer antar rekening, transaksi-transaksi dan lain sebagainya. Kegiatan seperti mengambil dan menyetor uang tetap harus dilakukan melalui ATM atau bank yang bersangkutan.
    • Bidang perdagangan Proses perdagangan melalui dunia internet ini di kenal dengan nama e-commerce. Dengan kata lain, e-commerce adalah kegiatan jual/belibarang atau jasa yang dijalankan secara elektronik melalui jaringan internet. Proses pembayaran pada transaksi elektronik pada umum nyadilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau account paypal.
    • Bidang Pendidikan Internet memungkinkan kita untuk dapatberinteraksi secara langsung beersama para pakar yang ahli dibidangnya. Interaksi tersebut dapat dilakukan melalui email,chatting,video conference, dan berbagai media komunikasilainnya. Bahkan dengan adanya internet, seorang guru dan peserta didiknya tidak harus bertatapmuka secara langsung dalam menjalankan proses belajar-mengajar.
    • Bidang Pariwisata Internet dapat dimanfaatkan untuk menunjangindustry pariwisata. Kemampuan internet untuk menampilkan multimedia(teks,suara,gambar,video) tentunya menjadi sarana yang efektif untuk promosi ke manca Negara.Suatu daerah dengan industri pariwisata yang luas seperti pulau Bali menampilkan keindahan tempat tempat wisata melalui sebuah halaman web.lewat web tsb,calon wisatawan baik dosmetik maupun mancanegara,dapat terlebih dulu melihat tempat tempat yang dapat dikunjungi.
    • Bidang jurnalistikInternet dimanfaatkan untuk menampilkan berita. Media cetak seperti Koran atau majalah, juga memberikaan fasilitas untuk mengakses berita- berita terbaru melalui internet. Media TV punmelakukan hal yang sama ,sehingga para pengguna internet dapat melihat berita terbaru kapan sajadan dimana saja melalui media internet.Saat ini,di perkirakan ada 1.700 lebih stasiun siaran televisi dan radio di internet.Jumlah pendengar / pemirsanya telah mencapai sekitar 60 juta orang dari seluruh dunia.