Your SlideShare is downloading. ×
Teori-teori Psikologi Perkembangan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Teori-teori Psikologi Perkembangan

2,331

Published on

Teori-teori psikologi perkembangan …

Teori-teori psikologi perkembangan
- Teori Biologi
- Teori Lingkungan
- Teori Psikodinamika
- Teori Ilmu Kerohanian
- Teori Interaksionisme

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,331
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
59
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Nama Kelompok TEORI-TEORI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Teori Biologi Teori Lingkungan Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2013
  • 2. Nama Kelompok Teori Biologi 1. A i n u n N a ’i m 2. M u h a m m a d Teori Lingkungan Fa d l i l 3. L u s i Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme Nu g r a h a Wi d y a Ca h y a n i 4. Z a n i a R a h ma d a n i 5. S i t i As i y a h 6. Y o l a n d a D a n a
  • 3. Nama Kelompok Teori Biologi Teori Lingkungan Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme Teori ini menitik beratkan pada pengaruh bakat Perkembangan tidak secara spontan, dan jika perkembangan telah maju tidak dapat mundur lagi. Pengaruh lingkungan yang menguntungkan dan tidak menguntungkan ikut menetukan sifat dapat terlihat yang dimiliki organisme dalam periode tertentu ( fenotype ). Kelemahan teori nampak pada penelitian anak kembar. Anak kembar identik yang dibesarkan dalam lingkungan berbeda, mengalami proses perkembangan yang berbeda pula. Anak bukan merupakan makhluk relatif, tetapi ia juga secara aktif mencari dan menemukan kesempatan untuk mengembangkan pribadinya.
  • 4. Bakat TIDAK SPONTAN Keturunan Karakteristik
  • 5. Nama Kelompok Teori Biologi Teori Lingkungan Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme Dalam kelompok teori yang mementingkan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan anak termasuk teori- teori belajar dan teoriteori mengenai sosialisasi yang bersifat sosiologis. Kedua macam teori ini sebetulnya sama karena prinsip sosialisasi itu adalah suatu bentuk belajar sosial. Hal ini juga berlaku bagi enkulturasi, yaitu memperolehnya pola-pola tingkah laku kulturnya sendiri. Yang banyak ditulis oleh para anpolog budaya misalnya Teori Benedict (1934), Kardiner (1945), M. Mead (1953), dll. ini kurang memperhatikan pengaruh pembawaan yang juga relative kuat terhadap perkembangan seseorang.
  • 6. Nama Kelompok Teori Biologi Teori Lingkungan Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme Teori ini berpendapat bahwa perkembangan jiwa atau kepribadian seseorang ditentukan oleh komponen dasar yang bersifat sosio-efektif,yakni keteganggan yang ada dalam diri seseorang itu ikit menentukan dinamikanya ditengah lingkungannya. Unsur-unsur yang sangat ditentukan dalam teori ini adalah motivasi, emosi dan aspek-aspek internal lainya. Para teoritis psikodinamika percaya bahwa perkembangan merupakan suatu proses aktifdan dinamis yang sangat dipengaruhi oleh dorongandorongan atau impuls-impuls individual yang dibawa sejak lahir serta pengalaman- pengalaman sosial dan emosional mereka. Menurut teori Freud, seorang anak dilahirkan dengan dua macam kekuatan (energi) biologik : libido dan nafsu mati.
  • 7. Nama Kelompok Teori Biologi Teori Lingkungan Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme Kekuatan atau energi ini menguasai semua orang atau semua benda yang berarti atau yang penting bagi anak, melalui proses yang oleh Freud disebutkhatexis, khatexis berarti konsentrasi energi psikis terhadap suatu obyek atau suatu ide yang spesifik atau terhadap suatu person yang spesifik. Erikson (1964) meluaskan teori Freud dengan mencoba meletakan hubungan antara gejala-gejala budaya masyarakat dipihak lain. Erikson juga membagi hidup manusia dalam fase-fase berdasarkan proses-proses tertentu beserta akibat-akibatnya. Proses-proses tadi bisa berakibat baik atau tidak baik. Bila berakhir baik dapat memperlancar perkembangan,bila berakhir tidak baik dapat menghambatnya.
  • 8. Nama Kelompok Teori Biologi Teori Lingkungan Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme Menurut pendapat Dilthey (1833-1911) ia mengemukakan bahwa gejala-gejala psikis seseorang tidak mungkin dapat diterangkan seperti halnya dilakukan pada gejala-gejala fisik. Hal itu dapat dilakukan pada gejala fisiologi seperti misalnya pada permulaan pemasakan sesuak (pubertas atau permulaan masa remaja). Pemasakan seksual adalah suatu gejala psikologis tetapi remaja memberikan suatu arti dalam keseluruhan struktur psikologinya.
  • 9. Nama Kelompok Teori Biologi Teori Lingkungan Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme Menurut teori ini, perkembangan jiwa atau perilaku anak ditentukan oleh adanya dialektif dengan lingkungannya. Maksud perkembangan kognitif seorang anak bukan merupakan perkembangan yang wajar, melainkan ditentukan interaksi budaya. Pengaruh datang dari pengalaman dalam berinteraksi budaya serta dari penamaan nilai-niai lewat pendidikan (disebut transmisi sosial) itu diharapkan mencapai suatubstadium yang disebut ekuilibrasi yakni keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi pada diri anak.
  • 10. Nama Kelompok Teori Biologi Teori Lingkungan Teori Psikodinamika Teori Ilmu Kerohanian Teori Interaksionisme

×