Makna bismillah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

Makna bismillah

  • 3,734 views
Uploaded on

komunikasi

komunikasi

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
3,734
On Slideshare
3,734
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
20
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. LatarbelakangMenurut hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh IbnuMarduwai berasal dari bin Jabir bin Abdullah dijelaskan bahwanama Allah yang paling Agung adalah Bismillahirrahmanirrahim.Keagungan tersebut terbukti dalam setiap aktifitas kemanusiaandimulai dengan membaca nama Allah yang maha pengasihdan maha penyayang yakni “Bismillahirrahmanirrahim”.Banyaknya khasiat dan mukjizat yang tersirat dalam nama Allahtersebut sehingga perlu diekplorasi lagi makna-makna lain yanglebih mempekokoh keimanan kita kepada Allah denganmengungkap 19 huruf dari kata “Bismillahirrahmanirrahim”inilah yang akan diurai dalam kajian ini moga hidayah dan carahikmah dapat terpatri dalam jiwa kita, dan menjadi pola pikirbaru dalam menghadapi problematika hidup.
  • 2. Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasuh lagi maha penyayangBismillahirrahmanirrahim adalah nama Allah yang teragung, yaitu Ar-Rahman dan Ar-Rahim sebab itulah Rasulullah saw. Menamakan Al-Ismul A’Zam diriwayatkan oleh Ibnu Marduwai berasal dari bin Jabir binAbdullah bahwa Rasulullah saw pernah bersabda: Takala turun ayat “Bismillahirrahmanirrahim” awan-awan lari ke arah Timur, lalu angin menjadi diam, laut bergelombang, bintang-bintang memasang telinga mendegarkannya, syetan-sytean dilaknat dari langit, lalu Allah bersumpah “Demi kegagahan dan kemuliaan-Nya, apapun juga apabila namanya dibacakan ke atas sesuatu perkara atau perbuatan, Allah akan berikan berkat kepadanya.
  • 3. Ayat Bismillahirrahmanirrahim terdiri dari 19 Huruf dan setiap hurufnya memiliki rahasia, hikmah dan fadhila. Dinyatakan oleh Waqa dari Ibnu Mas’ud Nabi Bersabda:Barang siap yang ingin dihindari Allah dari Zabaniah makamembaca Bismillahirrahmanirrahim maka Allah akanmenjadikan setiap hurupnya itu sebagai benteng atau perisai.  Zabaniah adalah 19 Malaikat yang ditugaskan Allah menyiksa orang-orang yang masuk ke dalam Neraka.  Kecuali bagi orang yang setiap memulai aktifitasnya sampai hari akhir membaca Bismillahirrahmanirrahim maka terlepas dari siksaan yang dijaga oleh 19 Malaikat tersebut.
  • 4. Rasulullah bersabda:• Barang siapa yang membaca Bismillahirrahmanirrahim dituliskan Allah baginya tiap huruf yang dibacakan 4000 kebajikan dan dihapuskan 4000 kejahatan.• Menjadi orang-orang Abrar serta terhindar dari kafir dan nifak.Menurut pemahaman para Ulama: Allah memiliki 3000 Nama: 1000Nama hanya Malaikat yang mengetahui, 1000 lainnya hanya paraNabi yang mengetahui. 300 Nama tersebut ada dalam kitab Zabur,300 nama terdapat dalam kitab Taurat, 300 dalam kitab Injil dan 99dalam Alquran (asmaulhusnah). Adapun namanya yang satu lagidisembunyikan oleh Allah karena sangat makbul. Nama yang satulagi ditulis dalam suhub Nabi Ibrahim, a.s. Maka jumlah Allah yang3000 itu terhimpun dalam Bismillahirrahmanirrahim. Sebabitulah setiap aktifitas kita jika tanpa menyebut nama Allah makasemua aktifitas kita tidak berberkah.
  • 5. Setelah mengetahui khasiat dan Mukjisat dari NamaAllah tersebut berdasarkan Sabda Nabi Muhammad saw. Maka penjelajahan berikutnya adalah membuka tabir dibalik makna 19 huruf dari Nama Allah berikut ini:
  • 6. 1. Karena Allah maka wujudlah sekalian alam ini, Dan karena Allah juga akan ada lagi sesuatu yang diadakan. Karena Allah maka wujudlah sekalian alam ini, Dan karena Allah juga akan ada lagi sesuatu yang diadakan-Nya. Maha elok memiliki keberkahan2. Raja, Pemimpin, Penguasa, Pemurah, Pemberi tanpa diminta. - - -3. Pemilik Alam Terpuji, Pengaruh Alam ini, Pengasuh alam semesta ini. - -4. Akulah Allah tiada yang wajib disembah selain - daripadaku. Bersifat kekal tiada berawal dan tiada berakhir. Memberi pahala dan dosa, memberi - petunjuk dengan agama Islam.
  • 7. 5. Tiada Ia seperti apapun. Tiada daya dan - kekuatan melainkan dengan izin Allah. -6. Tiada yang wajib disembah selain Allah, Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan izin Allah7. Dia Maha benar Lagi Maha Nyata, menunjuki manusia ke jalan yang Lurus8. Ya Allah Ya Tuhan Kami, Allah Maha Esa
  • 8. 9. Jika kamu mau bersyukur atas nikmat Allah niscaya Allah akan tambahkan nikmat kepadamu dan jika kau menginkarinya Allah akan berikan azab sangat pedih.10. Rahmat dan kasih sayang Allah selalu dekat – kepada orang yang berbuat kebajikan.11. Yang Termulian – Maha Memelihara -12. Allah menghidupkan yang mati dan mematikan yang hidup.13. Maha suci daripada yang silap. Penolong – – pemberi nikmat.
  • 9. 14. Allah mendidik dan mengajar kepada semua - makhluk dengan ilham, Maha tinggi yang tak dapat diukur dengan ilmu pengetahuan moderen.15. Tidak akan dapat kamu mencapai kebaikan sehingga kamu belanjakan apa yang kamu sayangi di jalan Allah16. Pemberi rejeki, Kasih dan sayang Allah – – sifatnya umum hanya di dunia. Kasih dan sayang Allah khusus kepada orang yang beriman sampai keakhirat.
  • 10. 17. Yang menghimpung manusia di padang mahsyhar. Memiliki dan menjalankan hukum – kepada sekalian hambanya.18. Wahai manusia bertaqwalah kepda Tuhammu kamu.19. Yang membentuk sekalian wajah dalam rahim lbunya.
  • 11. Adab membaca Bismillah1. Hadirkan pekerjaan dalam hati kita yang akan dilakukan, kemudian niat bahwa pekerjaan ini dikerjakan atas nama Allah2. Setelah selesai dari pekerjaan maka akhirilah dengan bersyukur kepada Allah dengan mengucapkan Alhamdulliah.3. Jika ini diamalkan sesuai dengan adab yang diajarkan Nabi maka akan menjadi manusia yang memiliki kelebihan yang luar biasa.
  • 12. SumberH. Mansur bin Mashadi, Khasiat dan Mukjisat Surat Al-Fatihah. Cet. III; Jakarta: Anggota IKAPI, 1995.