Iad

488 views
390 views

Published on

Ilmu Alamiah Dasar "Global Warming".

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
488
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Iad

  1. 1. Ilmu Alamiah Dasar Pemanasan Global OLEH: Syarifah Fitriah (1206104040094) PGSD FKIP Universitas Syiah Kuala
  2. 2. Matahari memancarkan radiasinya ke bumi menembus lapisan atmosfer bumi. Radiasi tersebut akan dipantulkan kembali ke angkasa, namun sebagian gelombang tersebut diserap oleh gas rumah kaca yang berada di atmosfer. Sebagai akibatnya gelombang tersebut terperangkap di dalam atmosfer bumi. Peristiwa ini terjadi berulang-ulang, sehingga menyebabkan suhu rata-rata di permukaan bumi meningkat.
  3. 3. Pemanasan global merupakan fenomena global yang disebabkan oleh aktivitas manusia di seluruh dunia, pertambahan populasi penduduk, serta pertumbuhan teknologi dan industri. Oleh karena itu peristiwa ini berdampak global. Beberapa aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global
  4. 4. Konsumsi energi bahan bakar fosil. Sektor industri merupakan penyumbang emisi karbon terbesar, sedangkan sektor transportasi menempati posisi kedua. Dengan demikian, banyaknya gas rumah kaca yang dibuang ke atmosfer dari sektor industri. Kerusakan hutan juga merupakan salah satu penyebabnya. Mengapa? Karena dihutan itu banyak ditumbuhi tumbuhan. Salah satu fungsi tumbuhan yaitu menyerap karbondioksida (CO2), yang merupakan salah satu dari gas rumah kaca, dan mengubahnya menjadi oksigen (O2).
  5. 5. Asap limbah pabrik
  6. 6. GAMBAR EFEK RUMAH KACA Gambar Efek Rumah Kaca
  7. 7. Fakta-fakta yang Mengncama Bumi: 1. Mencairnya es diutup utara dan selatan 2. Meningkatnya level permukaan laut. 3. Perubahan Iklim/cuaca yang semakin ekstrim 4. Gelombang panas menjadi semakin ganas 5. Habisnya gletser- sumber air bersih dunia
  8. 8.   Tips Membantu Bumi Menjadi Lebih Bersahabat A. Makanan dan Minuman  1. Kurangi konsumsi daging  2. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar.  B. Di Rumah  3. Matikan lampu dan air jika tidak terpakai.  4. Jika pengisian ulang baterai anda sudah penuh, Segera cabut  C. Dalam Pekerjaan  5. Gunakan kertas lebih sedikit      D. Dalam Perjalanan 6. Kurangi perjalanan bisnis atau berwisata ria. E. Mengemudi 7. Matikan mesin saat saat terjadi kemacetan total. F. Elektronik.  8. Utamakan hemat energi saat membeli peralatan elektronik.  9. Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik.  10. Untuk kesegaran ruangan, tempatkan tumbuhan yang bisa hidup di dalam ruangan, akan sangat membantu kesegaran ling-kungan Anda.

×