Your SlideShare is downloading. ×
Media  komunikasi   copy
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Media komunikasi copy

194
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
194
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Assalaamu’alaikum Wr. Wb . WE ARE THE SECOND GROUPS OF XI IPA 1 FILDZAH BAHRIYATUL ILMAH FRANTIKA M BAYU DWIPRIASTAMA NALURISAH SITI AFNI ZULFAH TEGUH LAKSONO
  • 2. Media komunikasi adalah suatu alat yang dipergunakan untuk mempermudah penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain, untuk mencapai tujuan yang ditentukan.  Media Komunikasi terbagi menjadi 3 macam : 1. Media Komunikasi Audio 2. Media Komunikasi Visual 3. Media Komunikasi Audio Visual
  • 3. 1. Media Komunikasi Audio yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui a. TELEPON alat pendengaran Telepon sangat penting untuk menyampaikan dan menerima informasi lisan secara cepat dengan pihak public eksternal.
  • 4. b. RADIO Radio adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi yang termasuk media audio yang hanya dapat memberikan rangsangan audio (pendengaran) saja. c. TAPE RECORDER Merupakan media untuk dapat merekam suara ke dalam satu media.
  • 5. 2. Media Komunikasi Visual yaitu alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan. a. SURAT Merupakan media penyampaian informasi secara tertulis, dapat berupa surat konvensional maupun surat elektronik. Surat menyurat merupakan salah satu kegiatan penting diperusahaan.
  • 6. b. CHART Chart adalah satu daftar rangkaian akunakun yang sudah dibuat atau disusun secara sistematis dan teratur dengan menggunakan simbol-simbol huruf, angka, atau panduan antara keduanya yang bermanfaat untuk membantu pemrosesan data, baik secara manual maupun terkomputerisasi, agar lebih mudah diproses, dikontrol, dan dilaporkan. c. BROSUR Brosur adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.
  • 7. 3. Media Komunikasi yang berupa Audio Visual yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat a. TELEVISI didengar. Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia
  • 8. b. VCD VCD adalah media audio visual yang menampilkan gerak, yang dapat menyajikan gambar-gambar hidup yang disertai suara, sehingga mampu mengaktifkan alat indera seperti mata, telinga pada proses belajar mengajar, dan materi yang disajikan akan lebih menarik, dan tidak membosankan. C. INTERNET Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
  • 9. Alat untuk menyampaikan informasi. Alat untuk menerjemahkan lambang komunikasi. Alat untuk mempercepat dan mempersingkat penyampaian informasi. Alat untuk menghibur ( to entertaint ) dan mendidik ( to
  • 10. Dalam ilmu komputer, sebuah protokol komunikasi adalah sistem aturan digital untuk pertukaran pesan dalam atau antar komputer. Pengertian TCP/IP adalah protokol komunikasi untuk komunikasi antara komputer di Internet. TCP/IP singkatan Transmission Control Protocol / Internet Protocol. TCP/IP mendefinisikan bagaimana perangkat elektronik (seperti komputer)
  • 11. FUNGSI PROTOKOL 1. Fragmentasi dan Reassembly Fragmentasi adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data. Proses ini terjadi di sisi pengirim informasi. Reassembly adalah proses menggabungkan lagi paket-paket tersebut menjadi satu paket lengkap. Proses ini terjadi di sisi penerima informasi.
  • 12. 2. Encapsulation Fungsi dari encapsulation adalah melengkapi informasi yang akan dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi, dan lainlain. Selanjutnya paket data ini dinamakan Frame. 3. Connection Control Fungsi dari Connection Control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter ke receiver termasuk dalam pengiriman data dan mengakhiri hubungan. Pada pemindahan data tanpa sambungan (saat pertama kali sinyal koneksi baru akan dibangun), masing-masing PDU diperlakukan sendiri-sendiri, misalnya datagram.
  • 13. 4. Flow Control Flow Control berfungsi mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver. Dilakukan dengan menerima kesatuan untuk membatasi jumlah atau tingkat data yang dikirim. Flow control harus memiliki fitur Stop-AndWait, artinya masing-masing PDU harus diakui sebelum yang dikirim berikutnya. Misalnya saat hardware menunggu akses disk, maka pengiriman data harus dihentikan sementara hingga data yang sudah sampai ditulis di dalam disk. 5. Error Control Pengiriman data tidak terlepas dari kesalahan, baik dalam proses pengiriman maupun penerimaan. Fungsi error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
  • 14. 6. Transmission Service Fungsi transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data. Misalnya pengaturan batas koneksi, prioritas paket, mutu jaringan (dengan mengeset minimummaksimum gateway timeout), membatasi akses paket, dan sebagainya. Fitur-fitur ini tergantung pada sistem dasar transmisi dan kesatuan tingkat yang lebih rendah.
  • 15. 1. 2. 3. 4. 5. 6. NetBean Frame Protocol NetBIOS NWLink IPX/SPX TCP/IP Subnet Mask
  • 16. Protokol yang paling populer digunakan dari jenis-jenis protokol tersebut adalah protokol TCP/IP. Di dalam standar TCP IP ada beberapa protokol untuk menangani komunikasi data : TCP (Transmission Control Protocol) komunikasi antara aplikasi UDP (User Datagram Protocol) komunikasi sederhana antara aplikasi IP (Internet Protocol) komunikasi antar komputer ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk kesalahan dan statistik
  • 17.  Cara kerja layer TCP IP Sekumpulan protokol TCP/IP ini dimodelkan dengan empat layer TCP/IP,  Layer TCP IP terdiri atas empat lapis kumpulan protokol yang bertingkat. Keempat layer TCP/ IP tersebut adalah: Network Interface Layer, bertanggung jawab mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik Internet Layer, bertanggung jawab dalam proses pengiriman paket ke alamat yang tepat. Transport Layer, bertanggung

×