Your SlideShare is downloading. ×
Power point prestasi diri
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Power point prestasi diri

7,409
views

Published on

- 2013

- 2013

Published in: Education

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
7,409
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
251
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.   Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
  • 2.  Menjelaskan Pengertian potensi diri  Menganalisis dampak negative dan positif potensi diri/Kelebihan dan kelemahan diri  Memberi contoh diri dalam berprestasi kecerdasan
  • 3.   Merupakan potensi kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan jiwa sadar atau kearifan di luar ego. Secara umum Spiritual Quotient merpkan kecerdasan yang berhubungan dengan keimanan dan akhlak mulia.
  • 4.   Merupakan potensi kecerdasan manusia yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang tinggi. Melalui potensi ini, seseorang mampu mengubah rintangan dan tantangan menjadi peluang.
  • 5. Cenderung menolak pujian yang ditujukan secara halus 6. Selalu menempatkan diri sebagai yang terakhir. 7. Mudah menyerah pada nasib, 8. Sangat tergantung pada bantuan orang lain 5.
  • 6.     Orang yang berprestasi memiliki kreativitas yang tinggi Orang yang memiliki kreativitas tinggi punya ciri-ciri berikut : 1. Dorongan ingin tahu besar 2. Sering mengajukan pertanyaan yang baik
  • 7. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah. Bebas dalam menyatakan pendapat Mempunyai rasa keindahan Menonjol dalam salah satu bidang seni Memiliki rasa humor tinggi Daya imajinasi kuat Dapat bekerja sendiri, dan lain-lain.
  • 8.   Prestasi diri merupakan perwujudan dari bakat dan kemampuan, dan akan optimal jika dikembangkan melalui pendidikan dan pelatihan. Anak berbakat ( anak lantib ) dibedakan dari anak jenius. Anak jenius disebut juga anak berbakat taraf sangat tinggi yang sangat jarang ditemukan di sekolah.
  • 9.  Ada lima macam keberbakatan yaitu : 1. keberbakatan intelektual 2. keberbakatan akademik. 3. keberbakatan kreatif 4. keberbakatan kepemimpinan dan sosial 5. keberbakatan seni.
  • 10. 1. Kreatif dan inovatif Orang yang kreatif dan inovatif memiliki ciriciri punya kemampuan menciptakan sesuatu, bersifat pembaruan, peka terhadap lingkungan, dinamis, progresif dan terbuka
  • 11. 2. Tanggung jawab Tanggungjawab merupakan kewajiban yang harus dilakukan atau dikerjakan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menyelesaikan tugas yang diterimanya sengan sebaik mungkin. Seseorang yang bertanggungjawab akan dapat berprestasi dengan baik karena dia telah menyelesaikan kewajibannya dengan baik sesuai yg telah disepakati.
  • 12. 3. 4. Bekerja keras Orang yang bekerja keras akan mengoptimalkan seluruh daya dan upaya demi tercapainya suatu prestasi diri dengan mengerjakan sesuatu secara baik. Memanfaatkan sumber daya Untuk bisa berprestasi orang harus memanfaatkan sumber daya alam dan bekerjasama dengan manusia lainnya demi tercapainya tujuan.
  • 13. I. II. III. Langkah-langkah pengembangan diri menurut La Rose : Bergaul dengan orang bukan seprofesi Berteman dengan orang yang mau berdiskusi, tidak mudah tersinggung & mau memberi umpan balik sesuai realita. Bersikap dan berpikir positif tentang sesama.
  • 14. IV. Biasakan mengucap terima kasih V. Biasakan mengatakan hal-hal yang menghargai orang lain VI. Biasakan berbicara efekt
  • 15. 1. 2. Kolose 3:23 : Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah seperti untuk Tuhan, dan bukan seperti untuk manusia. 2 Tesalonika 3:10 : Sebab ,juga waktu kami berada diantara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu. Jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia dikasih makan. (perikop berdoa dan bekerja)
  • 16. 3. Amsal 6:6 Hai pemalas pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak; biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.
  • 17. 1. 2. 3. AKU ADALAH PELARI MARATON. POTENSI APAKAH AKU INI? AKU ADALAH ORANG YANG SELALU BERUSAHA UNTUK MELAKUKAN KEBAIKAN KEPADA SESAMA. POTENSI APAKAH AKU INI? AKU SELALU BISA MENYIKAPI TANTANGAN MENJADI PELUANG. POTENSI APAKAH AKU INI?