8 teknik pembelajaran komunikatif menyenangkan

51,511 views
50,785 views

Published on

0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
51,511
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
720
Actions
Shares
0
Downloads
1,052
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

8 teknik pembelajaran komunikatif menyenangkan

  1. 1. 8 Teknik Pembelajaran Komunikatif Menyenangkan Setiap guru pasti setuju kalau belajar Bahasa Inggris harus menyenangkan. Denganmenimbulkan rasa senang, pembelajar jadi bergairah dan bersemangat belajar. Namun, guruterkadang mengalami kesulitan dalam menerapkannya di kelas. Kesulitan itu biasanya munculkarena mereka masih terpaku pada cara lama dan tidak mau berubah menggunakan cara baru.Cara lama semacam model ceramah, Audio Lingual Method semisal listen and repeat masihsering dilakukan. Akibatnya pembelajaran Bahasa Inggris terkesan kaku dan kurangmenyenangkan. Sekolahoke.com kali ini ingin berbagi teknik mengajar dalam kelas yang cukupmenyenangkan. Teknik ini sudah banyak yang menggunakan dan terbilang sukses di kelasBahasa Inggris.8 Teknik Pembelajaran Komunikatif MenyenangkanRole PlayRole Play adalah kegiatan pembelajaran bermain peran. Guru menjadikan suasana kelas sepertidunia nyata. Misalnya topik shopping, guru membagi siswa menjadi penjual dan pembeli.SurveysSiswa membuat tim survey di kelas tersebut. Tentu saja survey harus disesuaikan tingkatpembelajar. Survey sederhana misalnya, siswa membuat angket pertanyaan kepada 40 siswa dikelas.GamesPermainan adalah hal yang disukai anak. Permainan juga disukai oleh pembelajar. Dalammengajar Bahasa Inggris, guru perlu menyisipkan permainan yang proporsional untukmembangkitkan motivasi pembelajar.Language ExchangeSiswa suka jika mereka bertemu dengan Native Speaker. Walaupun hanya say Hello saja, itusudah menimbulkan bangga dalam diri mereka. Namun sayangnya, kita kesulitan menghadirkanNative Speaker di kelas. Hal ini bisa di atasi dengan menggunakan media sosial seperti YahooMessenger.InterviewTeknik interview dilakukan dengan menanyakan kepada teman sekelas atau kelas lain. Atau bisajuga lebih bebas sesuai kesepakatan, misalnya interview orang di jalan, orang yang belum dikenal, atau orang tertentu di luar ruangan. Angket pertanyaan bisa disusun oleh guru sesuaidengan topik pembelajaran. Bisa juga siswa dibebaskan membuat pertanyaan, tentu saja dalamkontrol guru.Pair Work/Group WorkCara belajar beregu dengan teman sebangku atau berkelompok sangat bagus untuk melatihkerjasama. Selain itu, cara belajar ini bisa mengatasi pembelajar yang lemah. Mereka bisaterbantu oleh temannya yang kemampuannya berada di atasnya.
  2. 2. Learning by TeachingPernah meminta siswa mengajar temannya? Belum? Cobalah. Sediakan sebuah topik yang sudahpernah dipelajari. Buatlah siswa menjadi beberapa kelompok. Satu orang menjadi guru, dan yanglain menjadi murid. Cara ini sangat menyenangkan untuk melatih skill dan mental siswa.Information GapKomunikasi sehari-hari tak terlepas dari information gap. Orang melakukan komunikasi karenaia menyampaikan sesuatu yang belum diketahui orang lain. Komunikasi model seperti ini bisadiadaptasi ke dalam pembelajaran. Siswa memberitahukan sebuah informasi tertentu yang oranglain belum pernah mendapatkannya. Tentu saja harus disesuaikan dengan topik yang sedangdipelajari. Contoh sederhana, siswa diminta membaca berita. Setelah selesai membaca berita,mereka diminta untuk menyampaikan berita tersibut kepada orang atau kelompok lain.Cara Membuat Siswa Tertarik Pada Pelajaran Bahasa InggrisApakah menurut anda pelajaran Bahasa Inggris itu menarik? Jika anda guru Bahasa Inggris, andapasti akan menjawab YA. Tapi, jika ditanyakan kepada murid anda, apakah akan menjawab YA.Pasti ada yang menjawab YA, dan sebagian lagi menjawab TIDAK. Bagaimana cara membuatsiswa tertarik dengan pelajaran Bahasa Inggris? Sekolahoke.com akan memberikan sedikit tipsuntuk anda.Kesan pertamaBerilah kesan pertama yang menyenangkan. Jangan hanya ketika pertama bertemu, tapi setiapkali memulai pelajaran. Beri siswa pemanasan yang menyenangkan. Mainkan game yang seru.Tentu saja game yang berhubungan dengan topik pelajaran.Gunakan mediaGunakan media yang bervariasi. Bawalah gambar yang menarik atau gunakan flash card yangbagus. Bisa juga gunakan viewer. Jangan ceramah melulu. Bosan.Student Talking TimeBerikan kesempatan siswa mempraktekkan apa yang mereka dapat. Kalau perlu lebih banyakdaripada waktu anda berbicara.Group workingGroup work lebih menyenangkan daripada individual work. Siswa tidak terlalu tertekan terhadaptugas yang diemban. Sebaiknya individual work hanya dilakukan saat ujian saja. STUDENT TALENT CONTEST Venue: School Hall Date: 5th December 2011 Time: 10.00 a.m.
  3. 3. A student talent contest will be held to raise funds for charity. Entry forms are available at the OSIS room.For more information, please, contact Susan (Class IX F) or Jessica (Class VIII A).

×