Your SlideShare is downloading. ×
0
Nama: Muhammad sugiantoro
Nim : 1210651165
Rangkuman
Web 2.0
Sejarah Lahirnya Web 2.0
Web 2.0 Lahir beberapa tahun yang lalu dari hasil wacana antara
O’Reilly dan M...
Pengertian Web 2.0
Web 2.0 adalah buzzword terbaru di dunia internet. Berbagai inovasi

dan fitur-fitur baru yang muncul ...
Keuntungan Web 2.0
Web 2.0 mempunyai keuntungan yaitu memungkinkan pengguna
internet dapat melihat konten suatu website t...
Kelebihan Web 2.0
kelebihan Web 2.0 dimana interaksi sosial di dunia maya sudah

menjadi kebutuhan, sehingga era Web 2.0 ...
Mulai Werkembangnya Web 2.0
Teknologi Web 2.0 mulai dikembangkan sekitar tahun 2004. Web
2.0 merupakan teknologi web yang...
Web 2.0 merupakan fasilitas yang gratis yang bisa digunakan tiap
waktu. Masalah yang berkenaan dengan manajemen file juga
...
Karakteristik Web 2.0
Situs Web 2.0 memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih

dari sekedar mengambil informasi. Mereka ...
Contoh Aplikasih Web 2.0
Pengertian dari Dreamweaver
Dreamweaver merupakan web editor untuk membuat dan
mendesain website...
Fitur-fitur Dreamweaver
Ada beberapa tambahan menu/fitur pada bagian application...
yaitu XSL Transformation. bagian icon...
Ada autocomplete yang cukup lengkap, ada referensi syntax html
,css, php, java script, dsb. Find dan Replace yang canggih,...
Bagian-bagian dari Table
Table merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembuatan
sebuah web yang terdiri dari :
a. R...
Kegunaan Dreamweaver
Dreamweaver adalah sebuah editor web yang dikembangkan oleh
macromedia. Versi terakhir saat ini adal...
Keunggulan Dreamweaver
Dreamweaver mempunyai keunggulan dibandingan program
sejenisnya antara lain :
-Dreamweaver mempuny...
-Pada Dreamweaver terdapat beberapa kemampuan bukan
hanya sebagai software untuk mendesain web saja, tetapi juga
untuk men...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Muhammad sugiantoro 1210651165 rangkuman pbw

150

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
150
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Muhammad sugiantoro 1210651165 rangkuman pbw"

  1. 1. Nama: Muhammad sugiantoro Nim : 1210651165
  2. 2. Rangkuman Web 2.0 Sejarah Lahirnya Web 2.0 Web 2.0 Lahir beberapa tahun yang lalu dari hasil wacana antara O’Reilly dan MediaLive International, Web 2.0 makin hari makin bergulir. Hanya dalam satu setengah tahun, lebih dari 9,5 juta halaman web dicatat Google mengandung nama ini.
  3. 3. Pengertian Web 2.0 Web 2.0 adalah buzzword terbaru di dunia internet. Berbagai inovasi dan fitur-fitur baru yang muncul di dunia web membawa suatu pandangan baru tentang jenis situs web atau aplikasi web yang disebut web 2.0. Istilah web 2.0 disebut-sebut oleh Dale Dougherty dari O’Reilly Media yang melakukan brainstorming dengan Craig Cline dari Media Live untuk menghasilkan ide konferensi di mana mereka menjadi host.
  4. 4. Keuntungan Web 2.0 Web 2.0 mempunyai keuntungan yaitu memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan. Kemampuan Web 2.0 juga dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, dan voice seperti layaknya aplikasi desktop, bahkan berlaku seperti sistem operasi, dengan menggunakan dukungan AJAX atau berbagai plug-in (API) yang ada di internet. Hal tersebut akan merubah paradigma pengembang sofware dari distribusi produk menjadi distribusi layanan.
  5. 5. Kelebihan Web 2.0 kelebihan Web 2.0 dimana interaksi sosial di dunia maya sudah menjadi kebutuhan, sehingga era Web 2.0 ini memiliki beberapa ciri mencolok yaitu share, collaborate dan exploit. Di era Web 2.0 sekarang, penggunaan web untuk berbagi, pertemanan, kolaborasi menjadi sesuatu yang penting. Web 2.0 hadir seiring maraknya pengguna blog, Friendster, Myspace, Youtube dan Fickr.
  6. 6. Mulai Werkembangnya Web 2.0 Teknologi Web 2.0 mulai dikembangkan sekitar tahun 2004. Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologiteknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan AJAX. HTML selalu disandingkan dengan CSS untuk mempercantik tampilan web. JavaScript membuat tampilan yang dinamis. XML digunakan untuk mendefinisikan format data. AJAX adalah penggabungan dari JavaScript dan XML yang menekankan pada pengelolaan konten. Aplikasi web 2.0 disajikan pada suatu web browser tidak memerlukan teknologi canggih dari sisi user, seerti MS Words,MS Excell,FrontPages dll.
  7. 7. Web 2.0 merupakan fasilitas yang gratis yang bisa digunakan tiap waktu. Masalah yang berkenaan dengan manajemen file juga tidak terlalu susah, selain itu filenya bisa disimpan dan bisa disharing oleh user lain, semacam napster (http://napster.com/). Salah satu teknologi web 2.0 ini bisa dilihat pada aplikasi spreadsheet milik Google yang mengolah angka-angka sepertihalnya MS Excel (http://spreadsheets.google.com).
  8. 8. Karakteristik Web 2.0 Situs Web 2.0 memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari sekedar mengambil informasi. Mereka dapat membangun pada fasilitas interaktif “Web 1.0″ untuk memberikan “Jaringan sebagai platform” komputasi, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi software seluruhnya melalui browser. Pengguna dapat memiliki data pada situs Web 2.0 dan menjalankan kontrol atas bahwa data.
  9. 9. Contoh Aplikasih Web 2.0 Pengertian dari Dreamweaver Dreamweaver merupakan web editor untuk membuat dan mendesain website dengan mudah dan cepat. Kemampuannya dalam membuat website tanpa menuliskan tag-tag HTML satu persatu, menjadikan program ini merupakan salah satu web editor favorit banyak pengguna web.
  10. 10. Fitur-fitur Dreamweaver Ada beberapa tambahan menu/fitur pada bagian application... yaitu XSL Transformation. bagian icon desig juga ada menu PHP... isinya berupa menu include, echo, Form Variables, Url Variables, IF n Else... dan lain sebagainya yang medasar ttg PHP. Pada bagian coding dipermudah dengan penulisan tag </>….. misalnya pada saat kita ngetik <body>, terus kita ketik lagi </…… maka secara otomatis dremweaver menambahkannya menjadi </body>. Penambahan sesuai dengan tag sebelumnya.
  11. 11. Ada autocomplete yang cukup lengkap, ada referensi syntax html ,css, php, java script, dsb. Find dan Replace yang canggih, banyak filternya ada fitur semacam validator Ada fitur link checker memudahkan kita mencari broken link manejemen file website juga bagus (site manager) bisa buat snippet fungsi cssnya yang jauh teroganisir. Dibandingkan mx 2004. Mx 2004 biasanya bakal kasih in-line css kalo dreamweaver 8 ditaruh di head.
  12. 12. Bagian-bagian dari Table Table merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembuatan sebuah web yang terdiri dari : a. Rows : Baris pada tabel b. Columns : Kolom pada tabel c. Tabel width : Lebar tabel d. Border thicknes : Ketebalan garis pada sisi tabel e. Cell Spacing : Jarak antar cell f. Cell padding : Lapisan sel
  13. 13. Kegunaan Dreamweaver Dreamweaver adalah sebuah editor web yang dikembangkan oleh macromedia. Versi terakhir saat ini adalah MX 2004 dan yang sebelumnya muncul dengan MX 6. Dengan menggunakan editor ini andae sebagai seorang desainer web akan banyak diberikan banyak kemudahan dalam membangun website. Bahkan dengan kemampuan yang ada anda dapat dengan mudah mengimplementasikan Web scripting yang ada, seperti vb script, asp, cold fusion atau bahkan web scripting yang sifatnya free seperti PHP dapat didukung di sana.
  14. 14. Keunggulan Dreamweaver Dreamweaver mempunyai keunggulan dibandingan program sejenisnya antara lain : -Dreamweaver mempunyai ruang kerja, fasilitas, dan kemampuan yang mampu meningkatkan produktifitas dan efektifitas dalam desain maupun membangun suatu situs Web. -Fasilitas penyuntingan secara visual dari Dreamweaver memungkinkan untuk menambah desain dan fungsionalitas halaman-halaman Web.
  15. 15. -Pada Dreamweaver terdapat beberapa kemampuan bukan hanya sebagai software untuk mendesain web saja, tetapi juga untuk menyuting kode serta pembuatan aplikasi Web, antara lain JPS, PHP, ASP, dan ColdFusion. -Lebih mudah dan cepat dalam mendesain web karena tidak perlu harus menuliskan tag-tag html.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×