Rpp x smt 1 sk 3 kd 3.1 , 3.2 , 3.3

829 views
707 views

Published on

PPT basindo

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
829
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rpp x smt 1 sk 3 kd 3.1 , 3.2 , 3.3

  1. 1. Standar Kompetensi:3. Memahami ketentuan penggunaanteknologi informasi dan komunikasi
  2. 2. Warming Up… Masalah etika dan moral yg muncul akibat kemajuan TIK? Apakah yg dimaksud dg HAKI dan UU yg mengaturnya? Sebutkan berbagai pelanggaran yg terjadi terhadap hak cipta? Apa saja aspek yg berperan dalam prinsip kesehatan dan keselamatan kerja penggunaan TIK?Silahkan dicari jawabannya…..!!!!!
  3. 3. Etika dan Moral dlm TIK Moral : sebagai tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar atau salah. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk dan bertanggung jawab.Contoh : etiket sopan santun komunikasi dlm intenet, penghargaan hasil karya
  4. 4. Masalah Etika dan Moralakibat kemajuan TIK Cracker Internet abuse Creating and Spreading Virus Copyrights Violation Software Piracy
  5. 5. UNDANG-UNDANG HAKI Undang-Undang Paten Menurut Undang-Undang No. 14 Tahun 2001 Undang-Undang Hak Merek Menurut Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Undang-Undang Hak Cipta Menurut Undang-Undang No. 19 Tahun 2002
  6. 6. Pelanggaran-pelanggaran Hak Cipta Pembajakan CD dan penjualan. Mengkopi perangkat lunak (software) ke harddisk. Penyewaan CD Bajakan. Pemakaian atau pengkopian program melebihi dari ketentuan. Download ilegal melalui internet.
  7. 7. Prinsip-prinsip K3 dlm penggunaanTIK Relaksasi (Posisi duduk yang baik dan benar) Pencahayaan Ruangan komputer dan kualitas udara Gangguan suara Kesehatan dan keamanan kerja Kebiasaan dalam bekerja
  8. 8. Relaksasi Pandangan pada naskah(cara mengetik 10 jari buta). Garis pandang dari mata harus tegak lurus pada monitor. Lengan siku. Jari melengkung(mencakar) diletakkan pada posisi yang benar, telunjuk kiri start pada F, dan telunjuk kanan pada posisi J. Kepala dan badan tegak. Punggung pada sandaran. Kaki di lantai (agak rapat).
  9. 9. Contoh gambar duduk yang benar :
  10. 10. PencahayaanTujuan : Untuk menghindarkan pengguna dari cahaya terang langsung atau pantulannya. Untuk memperoleh keseimbangan antara kecerahan(brightness) layar tampilan dan kecerahan pada bagian yang ada di depan pengguna. Menghindari cahaya langsung atau cahaya pantulan yang langsung mengenai layar tampilan.
  11. 11. Ruangan komputer dan kualitasudaraSyarat : Ruangan tidak bocor dan tidak lembab. Ruangan tidak terkena langsung sinar matahari. Temperatur dan kelembaban ruang diatur. Ruangan harus bebas debu dan partikel lainnya termasuk asap rokok. Ruangan harus bebas dari zat kimia.
  12. 12. Kebiasaan dalam bekerja Bekerja dalam keadan sesantai mungkin dan dalam posisi yang benar. Mengubah posisi duduk untuk mencegah kelelahan otot. Berdiri beberapa menit untuk mengendorkan ketegangan otot dan lakukan olahraga ringan beberapa kali sehari. Mengambil istirahat sejenak secara periodik. Bagilah waktu untuk bekerja secara bergantian sehingga tidak duduk dalam selang waktu yang lama atau melakukan satu aktivitas yang sama terus-menerus.
  13. 13. Selesai……. Sekian dan Terima Kasih
  14. 14. QUIZ>>>> Sebutkan masalah etika dan moral yang muncul dengan adanya kemajuan TIK sekarang ini? Sebutkan tiga jenis UU HAKI? Sebutkan pelanggaran hak cipta di bidang TIK? Sebutkan syarat ruangan komputer yg baik? Sebutkan aspek-aspek untuk lingkungan kerja yg nyaman?

×