• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Sbd ke4 5
 

Sbd ke4 5

on

  • 175 views

 

Statistics

Views

Total Views
175
Views on SlideShare
175
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Sbd ke4 5 Sbd ke4 5 Presentation Transcript

    • RELATIONAL DATABASEMANAGEMENT SYSTEM (RDBMS)
    • APAKAH DB2 ITU ? DB2 merupakan relational database management systemRDBMS) yang memungkinkan pemakai melakukanCREATE, UPDATE dan CONTROL terhadap basis datarelasional dengan menggunakan Structured QueryLanguage (SQL). DB2 didisain untuk memperoleh informasiyang dibutuhkan dalambisnis berskala kecil maupun besar. DB2 dapat dijalankan pada bermacam-macam platformtermasuk sistem mainframe seperti MVS/ESA, VM, danVSE; sistem midrange seperti OS/400, AIX, dan sistemyang berbasiskan UNIX lainnya; dan sistem tunggal atauyang berbasiskan LAN seperti OS/2, Windows, dan Linux
    •  Data diatur oleh DB2 database server yang dapat diaksesdan dimanipulasi oleh aplikasi pada PC workstationsyang berjalan dalam sistem operasi terkenal seperti OS/2,DOS, Windows, Linux dan dengan aplikasi yangdikembangkan untuk UNIX workstations dari IBM, HP,dan SUN. Aplikasi tersebut untuk menunjang client danserver platform yang akan ditambahkandi masa yangakan datang. DB2 merupakan suatu sistem terbuka. Selain untuk clientplatform yang disediakan oleh IBM, semua basis datayang ada dalam DB2 server dapat diakses dari beberapaproduk yang menunjang protokol Distributed RelationalArchitecture (DRDA). Hal tersebut dimaksudkan untukmengurangi kebutuhan komponen tambahan dangateway yang mahal.
    •  IBM juga menyediakan fasilitas untuk mengaksesRDBMS lainnya yang menggunakan server aplikasiDRDA yang spesifik. Fasilitas ini disebut DistributedDatabase Connection Services(DDCS). Selain fungsi manejemen data, DB2 juga memiliki alatyang mengijinkan pemakai membuat bermacam-macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengandata. Juga untuk mengembangkan aplikasi darimultimedia dan object-oriented.
    • Mengapa DB2 banyak digunakan : Memenuhi kebutuhan bisnis untuk aplikasi-aplikasi baru Scalable across Menawarkan Open hardware dan system integration Integrated Tools dan Usability enhancementsDB2 Family IBM DB2 Family dari database management systems menangani ruanglingkup hardware platform yang besar mulai dari mainframe sampaidengan mesin-mesin yang berbasiskan Intel, server IBM dan non IBMRISC serta workstation, massively parallel processors, Sistem midrange AS/400, dan sistem mainframe yang dijalankan dengan sistemoperasi VM, VSE dan MVS. Dengan tambahan database engines yangdijalankan pada setiap platform tersebut. DB2 family termasuk solusi“middleware” untuk pengaksesan basis data yang heterogen, replikasidata dan database systems management yang berjalandi seluruhplatform.
    •  Produk-produk DB2 yang dijalankan pada OS/2 danplatform yang berhubungan dengan produk tersebutdikenal sebagai versi DB2 Common Server. Hal ini untukmembedakan bahwa produk-produk tersebut dapatdijalankan pada platform yang sejenis, yang berisikanfungsi produk yang serupa dan menggunakan bersamasource code yang sama. Produk-produk DB2 Common Server merupakanclient/server RDBMS untuk server IBM dan server nonIBM, dan workstation yang berisikan fungsi-fungsi dimanaaplikasi dapat dijalankan pada lingkungan client yangluas, fungsi-fungsi untuk menyimpan dan mengelola data,dan gateway yang mengizinkan pengaksesan datadengan SQL pada lingkungan yang heterogen.
    • DB2 COMMON SERVER MEMEGANGPERANAN PENTING PADA SAAT : Client/Server Up-sizing, PC dan workstation yang terintegrasidengan LAN untuk menggunakan basis data secara bersamaan Host Right-sizing, Memindahkan aplikasi-aplikasi ke platformyang cocok untuk suatu pekerjaan. Sistem right-sizing dapatberisikan mesin-mesin dari semua ukuran, seperti : Komputer mainframe Komputer midrange Komputer mini Komputer personal Host Down-sizing, Memisahkan dan memindahkan aplikasi-aplikasi mainframe ke client workstation dan network server.
    •  Access to Host Enterprise Data, Pengaksesan data untukdecision support processing (query,report, charting,...)yang membutuhkan integrasi dari sistem basis data yangberlainan untuk membentuk basis data yang memberikaninformasi lebih luas. DB2 Host Application Development, Produk-produk DB2Family sama dalam hal disain dan fungsi serta dapatdigunakan untuk mengembangkan host applications padaworkstation dan PC. DB2 database server tersedia untuksistem-sistem sebagai berikut : MVS/ESA, OS/400, VM,VSE, OS2, UNIX-based platform (AIX, HP-UX,SOLARIS), Windows, Linux.
    • OBJEK-OBJEK DB2Kunci elemen pada Sistem Administrator DB2adalah pengaturan obyek-obyek DB2 yangdibuat oleh software DB2. Obyek-obyek yangterdapat pada DB2 di antaranya : Tabel danView yang digunakan oleh applicationprogrammer dan end user yang merupakanbagian dari pemrosesan aplikasi. Jugatermasuk obyek-obyek yang biasanya tidakterlihat pada tingkatan aplikasi seperti tablespace, index, database, dan storage group.
    • OBJEK-OBJEK DB2
    •  DB2 Database DB2 Database berisikan sekumpulan tabel dan indeks-indeks yangberhubungan dengan tabel-tabel tersebut. Dengan mendefinisikan tabel-tabel dan indeks-indeks dapat membuat sebuah basis data yangkhusus. Kita dapat memberikan sebuah nama pada basis data, tabel,dan indeks tersebut, dan dapat melakukan start dan stop sebuah basisdata dalam sebuah operasi tunggal. Juga dapat memberikan hak akseske seluruh obyek yang terdapat dalam basis data. Table Space Table Space merupakan area penyimpanan yang berisikan satu ataulebih tabel DB2. Secara fisik, sebuah table space berisikan 1 – 64VSAM entry-sequenced data sets (ESDS) dan dapat berisikan lebih dari64 gigabytes data. Sebuah table space dibagi dalam pages. Tiap-tiappage dapat dibaca atau ditulis pada sebuah direct-access storagedevice (DASD) dalam sebuah operasi tunggal.
    •  Indeks Sebuah indeks berisikan sekumpulan pointer padabaris dalam sebuah tabel. Terdapat sebuah entryuntuk setiap nilai dalam kolom dengan sebuahpointer yang disebut „RID‟ (Record ID) untuk tiapbaris yang berisikan nilai tersebut. Sebuah indeksyang didefinisikan pada sebuah tabel dapatdigunakan untuk berbagai macam kebutuhan.Sebagai contoh : sebuah indeks dapat digunakanuntuk melakukan pengaksesan data yang lebihefisien dengan mengizinkan individual atau multiplerow yang diakses secara langsung bila dibandingkandengan pembacaan data secara keseluruhan padasebuah tabel.
    •  Storage Group DB2 menggunakan storage group untuk mengawasicara bagaimana data pada DB2 yang secara fisikdisimpan pada volume DASD. Sebuah storage groupberisikan kumpulan volume DASD yang semuanyaharus terletak pada peralatan yang sama jenisnya.Setiap storage group mempunyai nama, dan namatersebut digunakan untuk menunjuk sebuah tablespace ke sebuah storage group yang dipilih. Storage group dibuat oleh system administrator DB2dengan menggunakan perintah SQL, khususnyafasilitas interaktif seperti SPUFI atau QMF.
    • VIEW View adalah pilihan data sebelum didefinisikan dimana sebuahaplikasiatau pemakai akan bekerja. Meskipun View digunakan sebagai “TABLE”oleh pemakai, data tetap terletak pada table aslinya. Pada saat sebuah view mendefinisikan sebuah virtual table yangmenggunakan data pada base table, CREATE VIEW tidak perlumenspesifikasikan basis data, storage group, atau pilihan-pilihan lainnyayang berhubungan dengan sebuah tabel fisik. Perintah ALTER tidakdapat digunakan untuk sebuah view; untuk merubah view, view tersebutharus dihapus dan dibuat kembali. Menghapus view hanyamempengaruhi terhadap program yang menggunakan view tersebut;merubah view tidak mempengaruhi tabel-tabel yang digunakan olehview tersebut. Kegunaan View : Memudahkan pengkodean : View mendefinisikan permintaan user Keamanan : Penghapusan data dari view tidak dapat diakses oleh user
    • DB2 CATALOG Sekumpulan tabel yang berisi informasi mengenaisegala sesuatu yang didefinisikan dalam sistem Digunakan oleh DB2 untuk menentukan jalur aksesdan mengatur sumber-sumber Struktur tabel catalog dibedakan oleh platformDB2 catalog terdiri dari sekumpulan tabel yangberisikan informasi mengenai seluruh obyek DB2 yangtelah didefinisikan. Catalog juga berisikan informasimengenai otorisasi, recovery, dan keterhubungan yangada di antara tabel catalog yang berbeda.
    • DB2/* UTILITIES DB2 Utilities digunakan untuk menjalankanfungsi-fungsi sistem administrasi yang berbeda-beda, seperti loading tables, recover, repairingdata, serta monitoring dan tuning sistem DB2. Utilitas terbagi dalam 3 kategori :1. Utilitas setup atau move -> LOAD dan UNLOAD2. Utilitas maintenance -> REORGANIZE danUPDATE STATISTIC3. Utilitas recovery -> BACKUP dan RECOVER