• Save
Limbah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Limbah

on

  • 2,422 views

 

Statistics

Views

Total Views
2,422
Views on SlideShare
2,422
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Limbah Limbah Presentation Transcript

  • TUGAS PRESENTASI IPALIMBAH
  • I. PENGERTIAN LIMBAH Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semuabenda, keadaan, mahluk hidup, termasuk manusia. Dalammenjalani kehidupannya, manusia melakukan berbagai jeniskegiatan yang secara langsung atau tidak dapatmempengaruhi lingkungan. Sebagian besar kegiatanmanusia memberikan pengaruh negatif terhadap lingkungan,antara lain kegiatan industri, rumah tangga dan transportasimenghasilkan polusi dan limbah. Setiap kegiatan tersebutmemberikan dampat terhadap lingkungan, karena kegiatantersebut sebagian besar menghasilkan sisa-sisa atausampah yang tidak bermanfaat bagi lingkungan. Sisa-sisaatau sampah hasil industri dan rumah tangga yang sudahberubah dari fungsi awalnya disebut dengan limbah.
  • II. Karakteristik Limbah Limbah merupakan bahan buangan yang tidak terpakai lagi, yang dapatberdampak negatif apabila tidak dikelola dengan baik. Sebagai contoh airlimbah indsutri maupun rumah tangga akan mengganggu kesehatan apabilatidak dikelola dengan baik. Sifat-sifat limbah antara lain berukuran mikro,dinamis, penyebarannya berdampak luas, dalam jangka panjang. Dalammelakukan pengolahan limbah terutama limbah cair lebih baik dilakukananaisa terhadap jenis dan karakteristik limbah terlebih dahulu agar bisadilakukan penanganan dengan efektif dan efisien. Ada beberapa karakteristik limbah cair yang mudah dikenali baik secara fisikmaupun kimia sehingga kita bisa mengetahui air limbah sudah aman bagilingkungan atau tidak.
  • Macam-macam karakteristik limbah1. Karakteristik fisika. zat padatb. Bauc. Suhud. Warnae. Kekeruhan2. Karakteristik Kimiaa. Bahan organikb. BOD ( Biologycal oxygen demand )c. DO ( Dissolved oxygen )d. COD ( Chemical oxygen demand )e. pH ( Puissance d’Hydrogen Scale)3. Karakteristik Bioligiselain kandungan benda tak hidup, dalam limbah terkandung juga organismehidup seperti bakteri yang berbahaya bagi kesehatan karena dapat menimbulkanpenyakit. Bakteri yang digunakan menimbulkan penyakit. Bakteri yang digunakansebagai indikator adalah Escherichia coli (bakteri yang hidup dalam kotoranmanusia dan hewan)
  • III. Jenis-JenisLimbah1. Berdasarkan sumbernya, limbahdapat digolongkan menjadi:a. Limbah domestik (rumah tangga)limbah domestik adalah limbahyang berasal dari kegiatanpemukiman penduduk (rumahtangga) dan kegiatan usahaseperti pasar, restoran, dangedung perkantoran. Limbahrumah tangga merupakan limbahyang berasal dari dapur, kamarmandi, air cucian, dan kotoranmanusia1. limbah cair domestik yangberasal dari air cucian, misalnya :sabun, shampo, minyak danpestisida2. limbah cair domestik yangberasal dari kakus, misalnya :sabun, Shampo, kotoran manusiadan air seni.b. Limbah industrilimbah industri merupakan sisaatau buangan dari hasil prosesindustri. Jenis limbah yangdihasilkan tergantung jenisindustrinya.
  • c. Limbah pertanianlimbah pertanian berasal daridaerah atau kegiatan pertanianmaupun perkebunan.pemupukan bertujuan untukmenambah kesuburan tanah.Tetapi pengunaan pupuk yangberlebihan dapat mengakibatkanpertumbuhan gulmad. Limbah pertambanganlimbah pertambangan berasal darikegiatan pertambangan. Jenislimbah yang dihasilkan berupamaterial tambang, seperti logamdan batuan proses penambanganmisalnya pada pertambanganemas dan perak, diperlukan airraksa atau mercury untukmemisahkan logam berharga emasdan perak dari batuan dan tanahe. Limbah pariwisatakegiatan wisata menimbulkan limbahyang berasal dari sarana transportasiyang membuang limbahnya ke udara,dan tumpahan minyak dan oli yangdibuang oleh kapal di daerah wisatabaharid. Limbah medislimbah yang berasal dari duniakesehatan atau medis mirip dengansampah domestik umumnya. Obat-obatan dan beberapa zat kimia adalahcontoh limbah medis
  • Jenis Limbah berdasarkan bidang usahanya1. Limbah industriyaitu limbah yang berasal dari industri atau usaha kecil yangmencemari lingkungan. Contohnya : tahu, tempe, tapioka danpengolahan ikan2. Limbah industri kimia dan bahan bangunancontohnya : limbah cair : - mikro-organisme, senyawa organik dananorganiklimbah padat : - CaSO4 , dan gas buangan ( uap alkohol )limbahini termasuk golongan limbah B3 (bahan berbahaya danberacun )3. Limbah Industri sandangindustri sandang lebih banyak didominasi indsutri kecil, yang meliputipencucian batik dan penyamakan kulit.4. Limbah industri logam dan elektronikaindustri logam misalnya pada industri besi baja. Tidak menggunakanzat-zat berbahaya bagi kesehatan, tetapi proses dalam industri logamdan electronika mengakibatkan timbulnya limbah.
  • Presentasi Limbah