Penentuan variabel

4,071
-1

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
4,071
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
36
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Penentuan variabel

  1. 1. Heri Junjunan<br />VI (Akuntansi Reguler)<br />28020168<br /><ul><li>KONSEP
  2. 2. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep tentang aktiva tetap, dimana definisi dari Aktiva Tetap itu sendiri menurut SAK (Standar Akuntansi Keuangan) adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun lebih dahulu, tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.
  3. 3. VARIABEL
  4. 4. Berdasarkan Judul yang diambil yaitu “Pengaruh Penentuan Metode Penyusutan Aktiva Tetap Terhadap Laba Pada PT X” dan mengacu kepada konsep penelitian yaitu mengenai Aktiva tetap, maka ada dua variable yang akan dianalisis, yaitu:
  5. 5. Variabel Bebas (Independent Variable)
  6. 6. Variable bebas merupakan variable yang mempengaruhi variable lainnya (variable yang tidak tergantung pada variable lainnya). Maka pada penelitian ini yang menjadi variable bebasnya/variable x adalah “Penentuan Metode Penyusutan Aktiva Tetap”.
  7. 7. Variable Terikat (Dependent Variabel)
  8. 8. Variable terikat merupakan variable yang saling berhubungan dengan data yang berada pada variable lain atau variable yang tergantung pada variable lain. Maka pada penelitian ini yang menjadi variable terikat/variable Y adalah “Laba pada PT X”.
  9. 9. HUBUNGAN ANTAR VARIABEL
  10. 10. Dalam penelitian ini hubungan yang terjadi antar variabelnya adalah hubungan Asimetris, yakni hubungan antara Stimulus dan respon. Maksudnya adalah penelitian ini beretujuan untuk mencari apakah ada pengaruhnya penentuan metode penyusutan Aktiva tetap dengan meningkatnya laba pada PT X. Jadi maksudnya adalah untuk mengetahui hubungan yang terjadi sebagai akibat pengaruh dari variable bebas terhadap variable terikat.

×