Your SlideShare is downloading. ×
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Kelola sda draft micro teaching final
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Kelola sda draft micro teaching final

450

Published on

File lama

File lama

Published in: Education, Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
450
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
14
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. KEBIJAKAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR (Ir. Surana, MSc)BAHAN AJAR (MODUL MICRO TEACHING) USULAN CALON WIDYAISWARA PROVINSI NTB, 2006 Mataram, 17 – 18 MEI 2006
  • 2. PENDEKATAN KEBIJAKAN PENGELOLAAN SDA NORMA, NILAI DAN ATURAN KONDISI TUJUAN:SEKARANG SUBJEK OBJEK METODE PENINGKATAN KINERJA KEL SDA FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN
  • 3. LATAR BELAKANG HASIL PEMBANGUNAN KETIMPANGAN DAYA SAING LOKAL, REGIONAL DAN GLOBAL PEMBERDAYAAN EKONOMI KONDISI PRASARANA SUMBER DAYA AIR TUNTUTAN PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR KONFLIK KEPENTINGAN
  • 4. LINGKUP PENGERTIAN - 1 Air: adalah semua air yang terdapat pada, di atas, ataupun di bawah permukaan tanah, termasuk dalam pengertian ini air permukaan, air tanah, air hujan, dan air laut yang berada di darat. Sumber Air Tempat atau wadah air alami dan/atau buatan yang terdapat pada, di atas, ataupun di bawah permukaan tanah.
  • 5. PENGERTIAN - 2 Daya air adalah potensi yang terkandung dalam air dan/atau pada sumber air yang dapat memberikan manfaat ataupun kerugian bagi kehidupan dan penghidupan manusia serta lingkungannya. Sumber daya air Air, sumber air, dan daya air yang terkandung di dalamnya.
  • 6. PENGERTIAN - 2 PengelolaanSumber daya air adalah upaya untuk mengatur, merencanakan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi penyelenggaraan konservasi sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air, dan pengendalian daya rusak air.
  • 7. PENGERTIAN - 3 Konservasi sumber daya air adalah upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan keadaan, sifat, dan fungsi sumberdaya air agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan maklhk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang.
  • 8. PENGERTIAN - 4 Operasi: adalah kegiatan pengaturan, pengalokasian serta penyediaan air dan sumber air untuk mengoptimalkan prasarana sumber daya air. Pemeliharaan adalah kegiatan untuk merawat sumber air dan prasarana sumber daya air yang ditujukan untuk menjamin kelestarian fungsi sumber air dan prasarana sumber daya air.
  • 9. PENGERTIAN - 5 Pengendalian daya rusak air: adalah upaya untuk mencegah, menanggulangi, dan memulihkan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh daya rusak air. Prasarana sumber daya air adalah bangunan air beserta bangunan lain yang menunjang kegiatan pengelolaan sumber daya air, baik langsung mapun tidak langsung.
  • 10. PARADIGMADalam Bahasa Inggris”Fundamental image of subject matter”.Jadi pengertian paradigma adalah carapandang, cara pikir, atau perspektif.Itulah sebabnya manusia selalu berkembangdan maju karena pasti terjadi perubahancara berpikir menghadapi tantangan jaman.
  • 11. PERGESERAN PARADIGMAKurangnya pertimbangan Pembangunanlingkungan berwawasan lingkunganPendekatan parsial/proyek Pendekatan komprehensifDukungan pada sektor Pemenuhan multi-pertanian sektorPendekatan supply Pendekatan demandmanagement managementSocial-goods Socio-economic goodsPenekanan fisik Penanganan non fisikPeran Pemerintah Peranserta swasta & masyPemerintah sbg provider Pemerintah: sbg enabler
  • 12. REFORMASIMakna ”reformasi”to improve or upgradeperubahan menuju ke arah dan tatanan yanglebih baik dari pada sebelumnya
  • 13. ALASAN TIMBULNYA REFORMASI Masyarakat telah mengalami perubahan. Secara politis masyarakat mulai dapat menyampaikan pikiran, ktitis dan menuntut keterbukaan Terjadi pergeseran dari orientasi yang didominasi sektor pertanian menjadi orientasi yang lebih menyeluruh (multipurpose oriented). Terjadi pergeseran nilai air di masyarakat, dari benda sosial menjadi benda yang bernilai sosial-ekonomi (economics-social goods). Tuntutan adanya proses demokrasi dan emansipatori dalam pengelolaan sumberdaya air antara masyarakat dan pemerintah. Terjadinya penyesuaian cara pemenuhan kebutuhan air pada pemanfaat, dari supply manajemen ke demand manajemen.
  • 14. RUANG LINGKUP REFORMASI Terintegrasinya kebijakan nasional dalam pengelolaan sumberdaya air melalui pembentukan suatu institusi air Terintegrasinya pengelolaan sumber daya air di tingkat regional (provinsi) dalam Satuan Wilayah Sungai. Terjadinya pembagian air yang efisien dan adil termasuk diberikannya hak atas air untuk masyarakat. Dikembangkan terjaminnya kualitas air di wilayah sungai. Tersedianya sistem informasi akan sumber daya air yang lengkap, akurat, tepat dan sewaktu (real time) Terselenggaranya pengelolaan SDA yang efisien & berkelanjutan melalui pemberian kewenangan dan otoritas (empowerment) kepada organisasi petani (P3A)
  • 15. PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Pengelolaan Sumberdaya Merupakan Upaya Peningkatan Kinerja Pemanfaatan Sumberdaya Air Peningkatan Kinerja Tersebut Adalah Dalam: Alokasi Air Secara Senyatanya, Pelaksanaan OP Dan Manajemen Sarana Dan Prasarana Irigasi Pembentukan BALAI PENGELOLA SUMBER DAYA AIR (PSDA) yang berbasis Satuan Wilayah Sungai Untuk Maksud Tersebut Perlu Dukungan: Peraturan Per-undang2-an, Perkuatan Lembaga Pengelola, Peningkatan Kemampuan Personil, Dan Pendanaan)

×