Sumbangan sosiolinguistik terhadap pengajaran bahasa
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sumbangan sosiolinguistik terhadap pengajaran bahasa

on

  • 1,628 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,628
Views on SlideShare
1,628
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
11
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Sumbangan sosiolinguistik terhadap pengajaran bahasa Sumbangan sosiolinguistik terhadap pengajaran bahasa Presentation Transcript

  • OLEH Sopyan Hardyansyah SUMBANGAN SOSIOLINGUISTIK TERHADAP PENGAJARAN BAHASA
  • Sosiolinguistik dan Pengajaran Bahasa Sebuah Pengantar a. Sosiolinguistik adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana suatu bahasa dipergunakan dalam masyarakat penuturnya. b. Manfaat sosiolinguistik itu sendiri adalah sebagai sarana sosialisasi, interaksi, dan komunikasi. c. Pengajaran bahasa adalah suatu upaya dalam praktis pembelajaran secara terencana, sistematis, dan berulang agar peserta didik terampil dalam berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
  • Tujuan Sosiolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa a) Praktis sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa adalah agar pembelajaran bahasa yang akan diajarkan sesuai dengan pembelajaran bahasa apa yang diajarkan, apakah itu bahasa yang sifatnya lokal (daerah), nasional (bahasa persatuan), maupun internasional. b) Selain hal tersebut diatas, sosiolinguistik juga akan memberikan atmosfir (suasana) tertentu sesuai dengan pembelajaran bahasa yang sedang diajarkan, karena pembelajaran bahasa bersinggungan juga dengan adat dan tradisi sebagaimana bahasa itu dipergunakan dalam lingkungan penggunanya.
  • Manfaat Sosiolinguistik Dalam Pembelajaran Bahasa (a) Pertanyaan manfaat sosiolinguistik dalam pembelajaran bahasa akan terjawab manfaatnya sesuai dengan siapa yang merasakan manfaat tersebut. (b) Karena dalam hal ini sosiolinguistik dalam konteks pembelajaran bahasa, maka dalam hipotesis penulis, yang merasakan manfaat tersebut ialah: (b.a) Guru sebagai subjek yang berperan sebagai tenaga pengajar bahasa yang akan mentransformasikan ilmu kebahasaannya. Adapun manfaat baginya ialah: (b.a.a) dapat mengetahui masalah gangguan kebahasaan peserta didiknya (secara psikologis/mental dan biologis/ faktor bawaan) berikut cara menyikapinya serta mengatasinya (dalam hal ini menumukan solusi) (b.a.b) dapat dengan segera mengetahui kesalahan penggunaan bahasa peserta didiknya (secara gramatikal, sintaksis-semantik, bagaimana pelafalan seharusnya dll) (b.a.c) guru dapat memilih bahasa sesuai dengan tingkat usia dan kematangan mental peserta didik dalam proses KBM di kelas maupun ketika “outdor”. (b.b) Peserta didik yang menerima pembelajaran bahasa. Adapun manfaat baginya adalah: pembelajaran bahasa dapat dengan segera dihubungkan dengan realitas praktis penggunaan bahasa berdasarkan konteks situasi dan kondisi. Sehingga pembelajaran bahasa yang telah diperolehnya tidak dipandang sebelah mata.