Your SlideShare is downloading. ×
Materi berita
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Materi berita

2,821
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
2,821
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
33
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. BERITA MENYIMPULKAN ISI BERITA DALAM BEBERAPA KALIMAT
  • 2. * Definisi berita: cerita atau informasi mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, kabar, laporan atau pemberitahuan. * Media Berita : Radio, televisi, surat kabar, majalah dan sebagainya. *Manfaat Berita : untuk memperoleh berbagai informasi tentang suatu hal, kejadian, atau peristiwa yang dapat memeperluas pengetahuan kita. * konsep isi berita yaitu 5W+1H 1. what : apa yang menjadi bahan berita atau ide pokok berita? 2. where : dimana hal yang diberitakan itu terjadi ? 3. when : kapan hal yang diberitakan itu terjadi? 4. who : siapa yang berhubungan dengan berita tersebut? 5. why : mengapa hal yang diberitakan itu terjadi? 6. how : bagaimana hal yang diberikan itu terjadi?
  • 3. * Berikut ini beberapa jenis berita : 1. berita langsung, yaitu berita yang diambil dari kejadian/peristiwa langsung. Bersifat baru dan merupakan kejadian penting. Misalnya informasi kenaikan harga BBM pada malam ini. 2. Berita ringan, yaitu tidak mementingkan kebaruan berita. Lebih menonjolkan aspek manusiawi dalam berita. Berita tidak diulas secara mendalam. 3. Berita kisah, yaitu berita tentang kejadian/peristiwa yang dapat menyentuh perasaan atau menambah wawasan pembacapemirsa. Contoh: berita kisah adalah hal yang berhubungan dengan kemanusiaan, sejarah, biografi, perjalanan, panduan, atau penelitian ilmiah.
  • 4. *Tanggapan atau pendapat berita: 1. tanggapan positif : kalimat-kalimat positif contohnya :” menurut saya, isi berita itu baik. Berita tersebut memberikan informasi yang berharga bagi kita. Tak banyak orang yang memiliki ide secemerlang ibu Ingkan Harahap. Dia mampu membuktikan bahwa bertani tidaklah sulit dan seseorang tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk bertani. Oleh karena itu, bertani di atas loteng pun jadi, asal ada kemauan dan keberanian yang tinggi.” 2. Tanggapan Negatif : kalimat negatif ditandai dengan kata negatif, yaitu tidak, belum, dan bukan. Contohnya:”isi berita tersebut hanya menceritakan keberhasilan seseorang yang bertani di atas loteng. Bagi orang yang tidak memiliki loteng, tetap saja tidak bisa bertani.”
  • 5. MENULISKAN KEMBALI ISIBERITA * Tujuan menuliskan kembali isi berita: “untuk memperoleh informasi secara lengkap dan akurat” *sebuah berita memang mempunyai sturuktur yang khas. Secara garis besar, struktur sebuah berita dapat digambarkan sebagai berikut. - Judul berita/headline - baris tanggal - teras berita/ lead/ intro - tubuh berita penjelasan: struktur berita yang lengkap terlihat pada bagian pertama(judul berita/headline). Melalui judul, kita sudah mengetahui isi berita itu secara umum. Kemudian, diikuti oleh baris tanggal, biasanya didahului nama kota, tanggal/bulan/tahun, dan sering juga dilengkapi dengan keterangan sumber berita. Setelah itu, ada teras berita merupakan ringkasan berita yang diletakkan di bagian awal berita. Bagian teras berita terdiri atas enamunsur, yaitu : apa, siapa, mengapa, kapan, dimana, bagaimana (5W1H)
  • 6. Setelah itu, ada teras berita merupakan ringkasan berita yang diletakkan di bagian awal berita. Bagian teras berita terdiri atas enamunsur, yaitu : apa, siapa, mengapa, kapan, dimana, bagaimana (5W1H) Adapun tubuh berita merupakan keseluruhan dari peristiwa yang diangkat menjadi berita. Tubuh berita merupakan penjabaran lebih lanjut tentang isi berita. Penjabaran ini meliputi penjelasan tentang kelengkapanperistiwa yang diberitakan.