introduction about computer systems

3,189 views

Published on

This article describe what principle about computer systems and its application (hardware and software).

Published in: Technology
2 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Ada yang kurang tepat di slide 15:
    Windows Vista (licensed). Sebenarnya tidak hanya Windows yang licensed atau berlisensi, karena semua sistem operasi dan bahkan semua software memiliki lisensi. Contoh: Inti sistem operasi Linux dan banyak software open source berlisensi GPL (General Public License). Bedanya, lisensi umumnya Linux menyebtukan Linux boleh dicopy tanpa membayar royalti, sedang lisensi Windows mengharuskan pengguna membayar royalti. Lebih tepat kalau ditulis Linux adalah free software, dan Windows adalah non free software atau proprietary software. Mac OSX juga licensed dan proprietary.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • URUS NIK EKSPORT IMPORT.
    URUS NIK PPJK/SRP BEACUKAI.
    URUS NIK PENGANGKUT/SRP BEACUKAI.
    (Issuing of SRP (Custom's Letter of Registration).

    URUS SRP BEACUKAI / NIK BEACUKAI
    Peraturan Menteri Keuangan Nomor 63/PMK.04/2011.

    Persyaratan NIK BEACUKAI / Registrasi Kepabeanan:
    1. Akte Pendirian Perusahaan dan SK Kehakiman
    2. Akte Perubahan Perusahaan yg Terakhir + SK Kehakiman
    3. Domisili Perusahaan yg masih berlaku.
    4. Kartu NPWP Perusahaan.
    5. SKT (Surat Keterangan Terdaftar) NPWP.
    6. SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
    7. SIUP PT Lokal atau Pendaftaran BKPM/Izin Prinsip/IUT Perusahaan PMA.
    8. TDP Perusahaan.
    9. API (Angka Pengenal Importir). atau PEB untuk Export atau salah satu nama barang export.
    10. SRP Lama (Apabila Perubahan).
    11. KTP dan NPWP Direksi (Pengurus Perusahaan yg ada di Akte Terakhir).
    12. KTP dan NPWP Kuasa Direksi (Penanda Tangan API).
    13. Rekening Koran.
    14. Nama Barang yg akan di Import dan HS Barang.
    15. Laporan Keuangan (Neraca - Rugi/Laba) Perusahaan yg terakhir.
    16. Komponen Pembukuan Perusahaan:
    - General Jurnal, General Ledger dan Subsidiary Legder ( sesuai kondisi pembukuan perusahaan)
    - Jurnal Pembelian, Jurnal Pengengeluaran kas dan buku besarnya'
    - Jurnal Pembelian,

    NB, 15 s/ 16 bisa dibantu

    - Lama Proses Perubahaan SRP 5-10 hari kerja, Penerbitan Baru 20-25 hari kerja
    - Payment setelah NIK/SRP Beacukai setelah terbit
    - Dokumen pick up and delivery system (sistem antar jemput) khusus Jabodetabek, untuk luar kota kirim via TIKI.

    Jakarta
    Maya Indah Building Lt 2 Jl. Kramat Raya No. 5 A Jakarta Pusat 10450
    Tep: +(62) 21- 3142566
    Fax : +(62) 21- 3928113
    Mobile: 081385042000
    Pin BB 2262D175
    Flexi 021-70940216

    Bekasi
    Harapan Indah 2 Ifolia HY 22/ 25 Bekasi Utara
    Telp: + ( 62) 21-88991328
    Fax : + ( 62) 21-88990026

    Medan
    Gedung Johar Jl. Tani Bersaudara no. 9 Medan.
    Telp: +(62) 61-77554440
    Fax : +(62) 61-77554440
    Mobile: 085270139105

    Email:
    legal@saranaizin.com
    admin.legal@saranaizin.com
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
3,189
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
300
Comments
2
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

introduction about computer systems

  1. 1. Modul – 2 : Arsitektur Komputer Konsep Sistem Komputer Ir. Sihar NMP Simamora, MT. Laboratorium Sistem Komputasi & Jaringan Akses
  2. 2. Overview Dengan menggunakan pendekatan elemen pembangun (ware, objek yang digunakan) komputer pada dasarnya dapat dilihat sebagai tiga buah komponen yaitu software, hardware, dan data (brainware) Software → objek yang dilunakkan, tidak berbentuk fisik Hardware → objek yang dikeraskan, dan berbentuk fisik Brainware → objek yang berasal dari pikiran (user atau machine) dalam bentuk logika untuk digunakan dalam memberi instruksi dan data
  3. 3. Lapisan-lapisan pada sistem komputer System Applications Logic System S/W Hardware Circuit System Layers Hardware Layers Computer Systems Layers
  4. 4. Cara Kerja sistem komputer secara umum CPU Hard-disk I/O devices Ext. memory DMA controller Floopy-disk USB-disk CD / DVD Main-Memory Archival-memory
  5. 5. HARDWARE Agar sebuah komputer dapat dipergunakan untuk mengolah data, maka komputer tersebut harus membentuk suatu sistem, yang kemudian disebut sebagai sistem komputer. Tujuan utama dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (users). Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri
  6. 6. HARDWARE Perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu Brainware adalah manusia (user) yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer Struktur komputer didefinisikan sebagai cara- cara dari tiap komponen untuk saling terkait satu sama lain. Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.
  7. 7. Fungsi masing-masing komponen dalam struktur komputer: Input-devices ⇒ perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Output-devices ⇒ perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), atau pun berupa suara (sound). I/O Ports ⇒ bagian ini digunakan untuk menerima atau pun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
  8. 8. Fungsi masing-masing komponen dalam struktur komputer: ⇒ Central Processing Unit (CPU) CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: Arithmetic andl Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data, dan Control Unit (CU) sebagai pengontrol kerja komputer Memory ⇒ memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa Random Access Memory (RAM) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan Read Only Memory (ROM) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
  9. 9. Fungsi masing-masing komponen dalam struktur komputer: Data Bus ⇒ jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran akan menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bi-directional, yang berarti CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas jalur paralel dengan kelipatan: 8, 16, 32, atau 64.
  10. 10. Fungsi masing-masing komponen dalam struktur komputer: Address Bus ⇒ digunakan untuk menandakan lokasi sumber atau pun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel. Control Bus ⇒ Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
  11. 11. Gambar Hardware komputer
  12. 12. Konsep Dasar Perangkat Lunak Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah diberikan kepada hardware tersebut. Instruksi-instruksi tersebut disebut dengan perangkat lunak (software) Disebut software karena tidak dikeraskan (no- harddened) Instruksi-instruksi software ditulis oleh manusia (user) untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras komputer.
  13. 13. 3 kategori perangkat lunak: Perangkat Lunak Sistem Operasi (Operating Systems): program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer. Perangkat Lunak Bahasa (Language Software): program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer. Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software): program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.
  14. 14. SOFTWARE Komputer merupakan mesin yang memproses data menjadi suatu informasi. Komputer digunakan untuk users meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah software (perangkat lunak). Dan dasar dari perangkat lunak adalah operasi arithmatika (+, -, ÷, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar inilah disusun sebuah program atau perangkat lunak.
  15. 15. SOFTWARE Sistem Operasi Perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antar-muka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna (user). Contoh: Linux (open-source, dengan berbagai distribusi), Windows Vista (licensed), NetWare, UNIX (dengan berbagai versi), OS/2, Macintosh, MS-DOS.
  16. 16. SOFTWARE Bhs. Pemrograman Perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Namun umumnya tingkat sedang dikelompokkan langsung ke tingkat tinggi. Mengapa ada tingkat sedang, karena Kemampuan bahasa ini yang dapat menjangkau lapisan bawah dan lapisan atas. Contoh: JAVA, C, dan C++.
  17. 17. SOFTWARE Bhs. Pemrograman Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan quot;bahasa manusiaquot;. Bahasa tingkat rendah, sering disingkat BPTR, Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (atau biasa disebut juga bahasa merupakan bahasa dengan assembly) pemetaan satu per satu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi (BPTT): Pascal, BASIC, Prolog, JavaScript, PHP (semua script, berbasis web)
  18. 18. SOFTWARE Aplikasi Program Utilitas: merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti antivirus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll. Program Aplikasi: merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll. Program Paket: merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti : Word processing: Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll. Spreadsheet: Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll. presentasi : MS PowerPoint, dll. desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll.
  19. 19. Gambar Software komputer
  20. 20. Data Data didefinisikan sebagai merupakan representasi dari fakta, dapat diperoleh dari mana saja dalam bentuk apa saja, yang dapat dimengerti oleh orang atau komputer. Misalkan: text, kode, suara, grafik, gambar. Data berasal dari bahasa latin yakni datum yang artinya adalah sesuatu yang diberikan. Di dalam komputer terdapat tiga buah tipe data dasar, yaitu: bilangan bulat atau dikenal dengan nama integer, contoh: 3, -7, 20, 103, 0 bilangan pecahan atau yang biasanya dikenal dengan floating point, contoh: 3.7, -9.4, 0.6, 1.0 simbol atau karakter, contoh: ‘A’, ‘s’, ‘#’, ‘@’, ‘$’, ‘/’, ‘&’, ‘//’
  21. 21. Data Komputer merepresentasikan data dalam bentuk biner (binary). Alasannya ⇒ karena setiap sel atau bit data dalam komputer hanya dapat menyimpan dua macam keadaan, yaitu tegangan tinggi dan tegangan rendah. Perbedaan tegangan tersebut Gambar Data mewakili nilai TRUE dan FALSE, atau bit 1 dan 0.
  22. 22. Data Bilangan 27 dalam desimal, dalam komputer direpresentasikan dalam bentuk 3 basis bilangan, yakni: 011011 (BIN), 0x1B (HEX), 033 (OCT) BIN→BINary (basis 2), dengan rentang 0 s.d 1 HEX→HEXadecimal (basis 16), dengan rentang: 0 s.d 9 dilanjutkan A s.d F; dalam komputer biasa dituliskan dengan prefix 0x OCT→OCTal (basis 8), dengan rentang: 0 s.d 7; dalam komputer biasa dituliskan dengan prefix 0

×