Converting bbm to bbg

1,536 views
1,311 views

Published on

Published in: Business, Technology
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,536
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
44
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Converting bbm to bbg

  1. 1. Sejak Tahun 2003 sampai 2008, terjadipeningkatan jumlah kendaraan bermotor lebihdari 2 kali lipat. Pada tahun 2003 sekitar 26,7 jutaunit menjadi 65,3 juta unit di tahun 2008.Sehingga menyebabkan meningkatanya konsumsiBBM karena sebagian besar sektor pemakai BBM.Saat ini cadangan minyak bumi Indonesia sudahtidak dapat memenuhi kebutuhan dalam negeridan memberatkan subsidi pemerintah. Sehingga perlu di kembangkan bahan bakaralternatif sebagai pengganti BBM berupa BBGberupa LPG atau CNG, karena di anggap lebihbersih dan murah.
  2. 2. Bahan bakar gas (BBG) yg ada saat ini sangatberagam tergantung dari pengelolaannya.Sehingga perlu ada pengetahuan untukmembedakan beberapa jenis BBG di Indonesia.Secara umum di bedakan menjadi 2 jenis:Kebutuhan rumah tangga (LPG)Kebutuhan Industri (CNG/LPG)
  3. 3. LPG (Liquified Petroleum Gas) atau orangIndonesia menyebutnya dgn Elpiji merupakancampuran dari berbagai unsur hidrokarbon darigas alam dan di dominasi oleh propana danbutana juga sebagian kecil pentana. Dalamkeadaan atmosfer akan berbentuk gas dgnperbandingan volume dgn gas 250:1 maka perlu ditekan dalam suatu tabung dgn volume 80-85%dari volume tabung utk antisipasi ekspansi panas(thermal expansion).
  4. 4.  Cairan dan Gas sangat mudah terbakar Gas tidak beracun, tidak berwarna dan biasanya di tambah aditif sbg zat pembau Gas dikirimkan sbg cairan bertekanan di dalam tangki silinder Cairan dapat menguap dan menyebar dgn cepat Punya density yg lebih berat dibandingkan dgn udara
  5. 5. Selain di gunakan sbg bahan bakar rumahtangga, LPG mempunyai potensi untuk di gunakansebagai bahan bakar kendaraan bermotorwalaupun perlu sedikit modifikasi dari mesinnya.
  6. 6. Resiko yg sering terjadi adalah resiko kebocoranpada tabung atau instalasi gas sehingga apabilaterkena api akan mudah kebakaran. Karena padaawalnya sulit di deteksi krn LPG tidak berbau sblmdiberi aditif gas mercaptan sbg indikator, karenabaunya yg sangat menyengat.
  7. 7. Sering disebut gas bumi atau gas rawa ygkomponen utamanya sebagian besar mengandung80-95% metana,5-15% etana dan <5% butana danpropana. Merupakan hasil dari bakteri anaerobik daribahan2 organik. Oleh karena itu gas alam(metana)bnyk ditemukan di ladang minyak,tambang batubara atau sumber biogas dari rawa2 atau TPA.
  8. 8. Gas alam mengandung sulfur dan hidrogensulfida (sour gas) yg bersifat kontaminan ataupengotor yang harus di pisahkan. Gas alam tidak berbau maka perluditambahkan aditif thiol sbg indikator apabilaterjadinya kebocoran.
  9. 9. Gas alam terbagi 2 yaitu gas alam cair (LNG)atau gas alam bertekanan (CNG). Metodepenyimpanannya dilakukan dgn Natural GasUnderground Storage. Gas2 tsb diambil dari saltdome atau kubah bawah tanah yg terjadi darireservoir sumber2 gas alam. Sistem transportasi: Pipa penyaluran (BPH Migas) Kapal tangker Trailer/truk
  10. 10.  Bahan bakar PLTG atau PLTU Bahan Baku industri petrokimia,pupuk,dll Komoditas Ekspor
  11. 11. Total cadangan gas dunia (yg sudah dikonfirmasi) pada tahun 2010 mencapai 6.609 TCF
  12. 12. Adalah altternatif bahan bakar selain bensinatau solar. Karena dianggap bahan bakar palingbersih dibanding BBM. CNG di dapat dgnmengkompresi metana dari gas bumi dalam suatutangki bertakanan. Argentina dan Brazil adalahnegara dgn pengguna CNG terbesar. Konversidapat dilakukan krn pemerintah memberikanharga yg lebih murah dibandingkan BBM. Dantingginya kesadaran masyarakat akan lingkungan.
  13. 13. CNG dapat digunakan untuk mesin otto danmesin diesel. Pengisian CNG dapat dilakukan padasistem bertekanan rendah maupun tinggi. Rata-rata CNG membutuhkan tekanan sampai200bar dalam sebuah tangki CNG. Itu mengapatangki CNG harus benar-benar kuat dan diproduksi dgn material yg bagus.
  14. 14. Banyak yg mengira bahwa LNG sm dgn CNG.Perbedaan utamanya adalah CNG gas bertekanansdgkan LNG gas yg dicairkan. Secara ekonomistentu lebih murah CNG dlm produksi danpenyimpanan. Namun CNG butuh tangki yg lebihbesar utk volum yg sama dgn LNG.
  15. 15.  Alat pemutus otomatis bensin Alat pemutus otomatis CNG Mixer Dispenser/regulator Emulator Switcher Pipping and fitting Tabung CNG (seamless and double with composit
  16. 16.  8,5-9,0:1 RON 91 10-10,5:1 RON 100 11-12,25:1 RON 115 Diatas 14:1 BB selain bensinCara menghitung CR adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yg berkaitan dgn volume ruang bakar thd jarak langkah piston dari TMB ke TMA saat mesin bekerja.
  17. 17. Campuran bahan bakar dgn udara seharusnyaterbakar sempurna dalam ruang pembakaran.Kenyataanya, reaksi ini berlangsung dgn adanyagas yg tidak terbakar pada ujung ruang bakar dandapat memicu trjadinya pembakarn spontan,menyebabkan tekanan di ruang bakar mendadaktinggi dan terjadinya kerugian daya, panas berlebihdan knocking/detonasi karena bensin dgn RONrendah lebih mudah terbakar.
  18. 18.  memundurkan waktu pengapian,tenaga berkurang Menambahkan octane booster Menggunakan katalis dgn timbal Menggunakan bahan bakar dgn octane tinggi salah satunya BAHAN BAKAR GAS (CNG RON 130, LPG RON 110)
  19. 19. Bensin dgn RON tinggi umumnya dilengakapidgn aditif pembersih, namun tidak banyakmemberikan penambahan tenaga. Jadi, oktantinggi blm berarti tenaga lebih.
  20. 20. Bahan bakar LGV adalah gas paling banyak yg di gunakan untuk kendaraan. Yaitu dgn mengkonversi tekanan 200 bar menjadi 0,4 bar saat masuk ruang pembakaran melalui karburator/injektor.
  21. 21.  Cadangan gas besar dan harga yg lebih murah Ramah lingkungan Efisiensi kendaraan tinggi Perawatan mudah Produksi di dalam negeri Keamanan Bobot kendaraan meningkat Waktu pengisian lama Kurang responsif
  22. 22.  Harga lsp(liter setara premium) lebih murah dari premium Gas lebih ringan sehingga aman Emisi tidak lebih bau dari LPG Tangki lebih sediki isinya (30% tabung) Tabung lebih berat
  23. 23. Secara teknis konversi yg dilakukan haruslebihoptimal agar hasilnya lebih baik. Selain itu, perluadanya ketersediaan spare part. Edukasi dansosilalisai perlu agar pengguna lebih familiar akanmempercepat proses konversi yg terprogramsecara nasional.

×