JARINGAN LAN

2,927 views
2,797 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,927
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
217
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

JARINGAN LAN

  1. 1. JARINGAN KOMPUTER Mata PelajaranInstalasi Perangkat Jaringan LAN (Local Area Network)
  2. 2. Apa itu Jaringan Komputer?Sebuah sistem yang terdiri ataskomputer dan perangkatjaringan lainnya yang bekerjabersama-sama untukmencapai suatu tujuan yangsama.(http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Jaringan_komputer)
  3. 3. Apa itu Jaringan Komputer?Sebuah sistem yang terdiri ataskomputer-komputer yangdidesain untuk dapat berbagisumber daya (printer, CPU),berkomunikasi (surel, pesaninstan), dan dapat mengaksesinformasi(peramban web).(http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer)
  4. 4. Tujuan Jaringan KomputerResource sharing(Berbagi sumber daya)Saving Money(Penghematan uang/anggaran)High reliability(kehandalan tinggi)
  5. 5. Tujuan Jaringan Komputer Resource sharingResource sharing(Berbagi sumber daya)Saving Money(Penghematan uang/anggaran)High reliability(kehandalan tinggi)bertujuan agar seluruhprogram, peralatan, khususnyadata dapat digunakan olehsetiap orang yang ada padajaringan.
  6. 6. Tujuan Jaringan Komputer Saving MoneyResource sharing(Berbagi sumber daya)Saving Money(Penghematan uang/anggaran)High reliability(kehandalan tinggi)Perangkat dan data yang dapatdishare akan membuatpenghematan anggaran yangcukup besar, karena tidak perlumembeli perangkat baru untukdipasang ditiap-tiap unitkomputer
  7. 7. Tujuan Jaringan Komputer High reliabilityResource sharing(Berbagi sumber daya)Saving Money(Penghematan uang/anggaran)High reliability(kehandalan tinggi)Sistem Informasi ManajemenKantor Terpadu atau SistemPelayanan Satu Atap denganteknologi client-server, internetmaupun intranet dapatditerapkan pada jaringankomputer, sehingga dapatmemberikan pelayanan yanghandal, cepat dan akurat sesuaikebutuhan dan harapan.
  8. 8. Manfaat jaringan komputer secara umum• Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama- sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.• Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.• Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.
  9. 9. Klasifikasi Jaringan KomputerBerdasarkan skala/jangkauan GeografisBerdasarkan fungsi /peranan dan hubungantiap komputer dalammemproses dataBerdasarkan distribusisumber informasi/dataBerdasarkan mediatransmisi dataBerdasarkan Topologi
  10. 10. Klasifikasi Jaringan KomputerBerdasarkan skala/ jangkauan GeografisBerdasarkan skala/ • Local Area Network (LAN)jangkauan GeografisBerdasarkan fungsi / • Metropolitant Area Networkperanan dan hubungan (MAN)tiap komputer dalammemproses data • Wide Area Network (WAN)Berdasarkan distribusi • Personal Area Network (PAN)sumber informasi/data • Campus Area Network (CAN)Berdasarkan mediatransmisi data • Global Area Network (GAN)Berdasarkan Topologi
  11. 11. Klasifikasi Jaringan KomputerBerdasarkan fungsi / peranan dan hubungan tiapkomputer dalam memproses data • Jaringan Client-ServerBerdasarkan skala/ Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapajangkauan Geografis komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupunBerdasarkan fungsi / menjadi komputer client dan diubah-ubahperanan dan hubungan melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapattiap komputer dalam mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakanmemproses data informasi yang diperlukan oleh komputer client.Berdasarkan distribusi • Jaringan Peer-to-peersumber informasi/data Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semuaBerdasarkan media komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputertransmisi data berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.Berdasarkan Topologi
  12. 12. Klasifikasi Jaringan KomputerBerdasarkan distribusi sumber informasi/data • Jaringan terpusatBerdasarkan skala/ Jaringan ini terdiri dari komputer klientjangkauan Geografis dan server yang mana komputer klientBerdasarkan fungsi / yang berfungsi sebagai perantara untukperanan dan hubungan mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer servertiap komputer dalammemproses data • Jaringan terdistribusiBerdasarkan distribusi Merupakan perpaduan beberapasumber informasi/data jaringan terpusat sehingga terdapatBerdasarkan media beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuktransmisi data sistem jaringan tertentu.Berdasarkan Topologi
  13. 13. Klasifikasi Jaringan KomputerBerdasarkan media transmisi data • Jaringan Berkabel (Wired Network)Berdasarkan skala/ Pada jaringan ini, untuk menghubungkanjangkauan Geografis satu komputer dengan komputer lainBerdasarkan fungsi / diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalamperanan dan hubungan mengirim informasi dalam bentuk sinyaltiap komputer dalam listrik antar komputer jaringan.memproses data • Jaringan Nirkabel (Wireless Network)Berdasarkan distribusi Merupakan jaringan dengan mediumsumber informasi/data berupa gelombang elektromagnetik. PadaBerdasarkan media jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karenatransmisi data menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasiBerdasarkan Topologi antar komputer jaringan.
  14. 14. Klasifikasi Jaringan KomputerBerdasarkan TopologiBerdasarkan skala/jangkauan GeografisBerdasarkan fungsi / • Topologi busperanan dan hubungan • Topologi star (bintang)tiap komputer dalammemproses data • Topologi ring (cincin)Berdasarkan distribusisumber informasi/data • Topologi meshBerdasarkan media • Topologi tree (pohon)transmisi dataBerdasarkan Topologi • Topologi linier
  15. 15. Berdasarkan skala• Local Area Network (LAN)• Metropolitant Area Network (MAN)• Wide Area Network (WAN)• Personal Area Network (PAN)• Campus Area Network (CAN)• Global Area Network (GAN)
  16. 16. Local Area Network (LAN)• Local Area Network (Jaringan wilayah lokal) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.• Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.• Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
  17. 17. Metropolitant Area Network (MAN• Metropolitan area network (Jaringan wilayah metropolitan ) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.• Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
  18. 18. Wide Area Network (WAN)• WAN (Jaringan area luas) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar, sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.• WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
  19. 19. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data• Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server• Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
  20. 20. Berdasarkan Fungsi/ peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data• Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.• Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
  21. 21. Berdasarkan media transmisi data• Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.• Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.
  22. 22. Berdasarkan Topologi Jaringan• Topologi bus• Topologi star (bintang)• Topologi ring (cincin)• Topologi mesh• Topologi tree (pohon)• Topologi linier

×