NAMA : Silvia Dwi Hardyanti
Nim : 1210651125
Pemrogaman Berbasis Web

Definisi & Pengertian WEB
Website merupakan halaman ...
Pengertian Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat
unik di dunia internet yang digunakan ...
4.

E-Commerce

5.

E-Learning

6.

Komunitas

7.

Portal

8.

Personal

Tahapan Membangun Situs Web
1.

Rekayasa dan Pemo...
Web 3.0 memiliki beberapa standar operasional untuk bisa menjalankan fungsinya dalam
menampung metadata.
Web 3.0 berpotens...
Teknologi WEB 3.0
1. SOAP
Simple Object Access Protocol) adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML
melalui ja...
7. didistribusikan database, yang “World Wide Database” (diaktifkan oleh teknologi Web
semantik)
8. cerdas aplikasi, bahas...
record google voice
Ialah salah satu contoh kecerdasan buatan yang menggunakan suara sebagai kunci pencarian
google,
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Pemrogaman berbasis web ( silvia dwi hardyanti 1210651266)

576 views
448 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
576
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
22
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pemrogaman berbasis web ( silvia dwi hardyanti 1210651266)

  1. 1. NAMA : Silvia Dwi Hardyanti Nim : 1210651125 Pemrogaman Berbasis Web Definisi & Pengertian WEB Website merupakan halaman situs sistem informasi yang dapat diakses secara cepat. Website ini didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui perkembangan teknologi informasi, tercipta suatu jaringan antar komputer yang saling berkaitan. Jaringan yang dikenal dengan istilah internet secara terus-menerus menjadi pesan–pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer. Definisi Web Secara umum World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Cara Kerja Web Adapun cara kerja web adalah sebagai berikut: a. Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman we atau web page. b. Halaman web tersebut disimpan dalam computer server web. c. Sementara dipihak pemakai ada computer yang bertindak sebagai computer client dimana ditempatkan program untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser). d. Browser membaca halaman web yang ada di server web. Unsur-Unsur Website atau Situs Untuk menyediakan keberadaan sebuah website, maka harus tersedia unsur-unsur penunjangnya, adalah sebagai berikut: 1. Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
  2. 2. Pengertian Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. 2. Rumah tempat website (Web hosting) Pengertian Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website. 3. Bahasa Program (Scripts Program) Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. 4. Desain website Setelah melakukan penyewaan domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa program (scripts program), unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website. Fungsi Web Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut: 1. Fungsi komunikasi 2. Fungsi informasi 3. Fungsi entertainment 4. Fungsi transaksi Jenis situs Web Ada beberapa jenis situs web yang dikelompokkan sesuai tujuannya yaitu sebagai berikut: Alat Pemasaran 2. Nilai Tambah 3. Katalog
  3. 3. 4. E-Commerce 5. E-Learning 6. Komunitas 7. Portal 8. Personal Tahapan Membangun Situs Web 1. Rekayasa dan Pemodelan Sistem/Informasi 2. Planning (Perencanaan) 3. Designing (Desain) 4. Scripting (Pemograman) 5. Testing (Pengujian) 6. Maintenance (Pemeliharaan) PENGERTIAN WEB 3.0 Pengertian Web 3.0 atau definisi Web 3.0 adalah sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web generasi ketiga dari layanan internet berbasis dengan tujuan mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini. Web 3.0 berkaitan dengan konsep Web Semantik untuk memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh berbagai software. Beberapa ahli bahkan menamai Web 3.0 sebagai Web Semantik itu sendiri. Konsep Web 3.0 adalah dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta. Web 3.0 menawarkan metode yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 juga memungkinkan fitur Web menjadi sebuah sarana penyimpanan data dengan kapasitas yang luar biasa besar. Web 3.0 sendiri terdiri dari Web semantik, Format mikro, Pencarian dalam bahasa pengguna, Penyimpanan data dalam jumlah besar, Pembelajaran lewat mesin, Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web.
  4. 4. Web 3.0 memiliki beberapa standar operasional untuk bisa menjalankan fungsinya dalam menampung metadata. Web 3.0 berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobilesampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Content web ditampilkan tidak hanya dalam format bahasa manusia yang umum (natural language), tetapi juga dalam format yang dapat dibaca dan digunakan oleh mesin (baca: software). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah. Dengan demikian, unsur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) merupakan bagian penting pada Web 3.0 / Semantic Web, sehingga Web menjadi semakin cerdas. Konsep ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan (Artificial Intelegence). Aplikasi – aplikasi online dalam website dapat saling berinteraksi. Kemampuan interaksi ini dimulai dengan adanya web service. Jadi, disini web seolah-olah sudah seperti asisten pribadi kita. Web mulai mengerti kebutuhan kita dengan bisa memberi saran atau nasehat kita, menyediakan apa yang kita butuhkan. Dengan menggunakan teknologi 3D animasi, kita bisa membuat profil avatar yang sesuai dengan karakter, kemudian melakukan aktivitas di dunia maya seperti layaknya di dunia nyata.
  5. 5. Teknologi WEB 3.0 1. SOAP Simple Object Access Protocol) adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML melalui jaringan komputer atau sebuah jalan untuk program yang berjalan pada suatu sistem operasi (OS) untuk berkomunikasi dengan program pada OS yang sama maupun berbeda dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk pertukaran data. 2. REST representational state transfer atau transfer keadaan representasi, adalah suatu gaya arsitektur perangkat lunak untuk untuk pendistibusian sistem hipermedia seperti WWW. 3. WSDL format XML yang diterbitkan untuk menerangkan webservice. WSDL mendefinisikan: a. pesan-pesan (baik yang abstrak dan kongkrit) yang dikirim ke dan menuju web service b. koleksi-koleksi digital dari pesan-pesan (port type, antarmuka) c. Bagaimana port type yang ditentukan dijadikan wire protokol di mana servis ditempatkan. 4. WDDX Web Distributed Data eXchange. Mekanisme pertukaran data dari lingkungan yang berbeda Cara melengkapi teknologi baru akan mencapai tingkat jatuh tempo secara bersamaan termasuk: 1. transformasi dari Web dari jaringan secara terpisah siloed aplikasi dan konten untuk repositori yang lebih halus dan seluruh interoperable. 2. konektivitas di mana-mana, broadband adopsi, mobile akses Internet dan perangkat mobile 3. jaringan komputer, perangkat lunak-sebagai-sebuah-layanan bisnis model, layanan Web interoperabilitas, didistribusikan komputasi, komputasi grid dan komputasi awan. 4. teknologi terbuka, terbuka API dan protokol, membuka format data, perangkat lunak open source platform terbuka dan data (misalnya Creative Commons, Buka Data Lisensi) 5. membuka identitas, OpenID, buka reputasi, jelajah portabel identitas dan data pribadi; 6. web yang cerdas, Web semantik teknologi seperti RDF, Owl, SWRL, SPARQL, GRDDL, arti kata aplikasi platform, dan pernyataan-berbasis datastores
  6. 6. 7. didistribusikan database, yang “World Wide Database” (diaktifkan oleh teknologi Web semantik) 8. cerdas aplikasi, bahasa alam pengolahan. [2], belajar komputer, mesin Pemikiran, agen otonom. beberapa referensi ciri khas dari web 3.0  Transformation dari tmp penyimpanan yang bersifat terpisah pisah menjadi satu.  Ubiquitous connectivity, memungkinkan info diakses di berbagai media.  Network computing, software-as-a-service business models, Web services interoperability, distributed computing, grid computing and cloud computing;  Open technologies, sebagian besar semuanya berjalan dalam platform open source / free.  Open identity, OpenID, seluruh info adalah bebas dan sebebas – bebasnya.  The intelligent web, Semantic Web technologies such as RDF, OWL, SWRL, SPARQL, GRDDL, semantic application platforms, and statementbased datastores;  Distributed databases, database terdistribusi dalam WWD ( World Wide Database ).  Intelligent applications. Web 3.0 terdiri dari:  Web semantik  Format mikro  Pencarian dalam bahasa pengguna  Penyimpanan data dalam jumlah besar  Pembelajaran lewat mesin  Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web
  7. 7. record google voice Ialah salah satu contoh kecerdasan buatan yang menggunakan suara sebagai kunci pencarian google,

×