Your SlideShare is downloading. ×
Jasa Konsultan Analisis jabatan (job analysis) dari Konsultan HR (Human Resources Management)
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Jasa Konsultan Analisis jabatan (job analysis) dari Konsultan HR (Human Resources Management)

573
views

Published on

Analisis jabatan merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mendapatkan potret atau gambaran menyeluruh dari suatu jabatan, berisi informasi lengkap dan detail dari suatu jabatan. …

Analisis jabatan merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mendapatkan potret atau gambaran menyeluruh dari suatu jabatan, berisi informasi lengkap dan detail dari suatu jabatan.

Melalui analisis jabatan maka akan diketahui spesifikasi jabatan atau persyaratan yang harus dimiliki dari orang yang memangku jabatan tersebut seperti persyaratan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan karakter yang dibutuhkan termasuk juga riwayat pekerjaan, peran, tanggung jawab dan kewenangan orang yang memangku jabatan tersebut. Dengan melakukan analisis jabatan maka karyawan akan berada pada posisi yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki sehingga perusahaan akan merasakan dampak yang besar dari peningkatan kinerja karyawan yang berdampak langsung pada peningkatan kinerja perusahaan.

Selain bagi organisasi, analisis jabatan juga bermanfaat bagi pemangku jabatan tersebut dimana ketika pemangku jabatan ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan kualifikasinya akan berdampak pada pengembangan dirinya dan sebagai sebuah kesempatan dalam merealisasikan potensinya seoptimal mungkin.

Selain itu, manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan analisis jabatan khususnya untuk Human Resources Department (HRD) adalah sebagai dasar untuk :
Perekrutan dan seleksi pegawai,
Menetapkan kompensasi,
Rencana pelatihan dan atau peningkatan kompetensi karyawan,
Standar penilaian kinerja atau prestasi kerja,
Penentuan jumlah kebutuhan tenaga kerja,
Program promosi dan mutasi pegawai,
Penyempurnaan organisasi dan jenjang jabatan,
Pemerkayaan pekerjaan

Untuk melakukan Analisis Jabatan diperlukan keahlian dibidang Human Resources Management & Strategic karena keakurat dari hasil analisis jabatan sangat ditentukan oleh analis yang melakukan analisis jabatan tersebut. Yang biasanya melakukan analisis jabatan adalah : pakar analisis jabatan atau Jasa konsultan HR, HR Manager / Supervisor.

Tahapan dalam melakukan Analisis Jabatan :




Hasil dari analisa jabatan dapat berupa deskripsi jabatan / uraian jabatan (job description) dan spesifikasi jabatan (job specification). Uraian tentang deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan akan diulas di artikel yang berikutnya

Apabila membutuhkan jasa konsultan HR (Human Resources) atau Konsultan HCM (Human Capital Management) atau HRM (Human Resources Management) untuk melakukan analisis jabatan atau pembenahan sistem HR di perusahaan Anda, jangan segan untuk menghubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu Anda.

PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants)
Cideng – Jakarta Pusat
Telp : 021 – 32403909
Fax : 021 – 6306560
Email : venty@sienconsultant.com / info@konsultan-bisnis.com
Website : www.konsultan-bisnis.com


Sumber Artikel : http://konsultan-bisnis.com/penting-analisis-jabatan/


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
573
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Sumber : www.konsultan-bisnis.com SIEN Consultants Telp : 021 – 324 03 909 Email : venty@sienconsultant.com / info@konsultan-bisnis.com Kemajuan dan kelangsungan hidup organisasi atau perusahaan ditentukan oleh sumber daya yang dimilikinya salah satunya adalah sumber daya manusia (human resource). Sumber daya manusia atau tenaga kerja merupakan kekuatan terbesar yang dibutuhkan untuk membangun suatu perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Caranya adalah dengan menempatkan tenaga kerja / pegawai pada posisi yang tepat di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat (The right man on the right place at the right time). Untuk menempatkan pegawai pada posisi yang tepat, peran analisis jabatan sangatlah diperlukan. Analisis jabatan merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mendapatkan potret atau gambaran menyeluruh dari suatu jabatan, berisi informasi lengkap dan detail dari suatu jabatan. Melalui analisis jabatan maka akan diketahui spesifikasi jabatan atau persyaratan yang harus dimiliki dari orang yang memangku jabatan tersebut seperti persyaratan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan karakter yang dibutuhkan termasuk juga riwayat pekerjaan, peran, tanggung jawab dan kewenangan orang yang memangku jabatan tersebut. Dengan melakukan analisis jabatan maka karyawan akan berada pada posisi yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki sehingga perusahaan akan merasakan dampak yang besar dari peningkatan kinerja karyawan yang berdampak langsung pada peningkatan kinerja perusahaan. Selain bagi organisasi, analisis jabatan juga bermanfaat bagi pemangku jabatan tersebut dimana ketika pemangku jabatan ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan kualifikasinya akan berdampak pada pengembangan dirinya dan sebagai sebuah kesempatan dalam merealisasikan potensinya seoptimal mungkin. Selain itu, manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan analisis jabatan khususnya untuk Human Resources Department (HRD) adalah sebagai dasar untuk : Perekrutan dan seleksi pegawai, Menetapkan kompensasi, Rencana pelatihan dan atau peningkatan kompetensi karyawan, Standar penilaian kinerja atau prestasi kerja, Penentuan jumlah kebutuhan tenaga kerja, Program promosi dan mutasi pegawai, Penyempurnaan organisasi dan jenjang jabatan, Pemerkayaan pekerjaan
  • 2. Sumber : www.konsultan-bisnis.com SIEN Consultants Telp : 021 – 324 03 909 Email : venty@sienconsultant.com / info@konsultan-bisnis.com Menentukan penggunaan informasi hasil analisis jabatan Mengumpulk an data dan informasi yang dibutuhkan Menyeleksi jabatan yang akan dianalisis Mengolah informasi hasil analisis pekerjaan Meninjau informasi dengan pihak- pihak yang berkepentingan Menyusun Uraian Jabatan, Spesifikasi Jabatan dan Evaluasi Jabatan Meramalkan perkembanga n perusahaan Untuk melakukan Analisis Jabatan diperlukan keahlian dibidang Human Resources Management & Strategic karena keakurat dari hasil analisis jabatan sangat ditentukan oleh analis yang melakukan analisis jabatan tersebut. Yang biasanya melakukan analisis jabatan adalah : pakar analisis jabatan atau Jasa konsultan HR, HR Manager / Supervisor. Tahapan dalam melakukan Analisis Jabatan : Hasil dari analisa jabatan dapat berupa deskripsi jabatan / uraian jabatan (job description) dan spesifikasi jabatan (job specification). Uraian tentang deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan akan diulas di artikel yang berikutnya Apabila membutuhkan jasa konsultan HR (Human Resources) atau Konsultan HCM (Human Capital Management) atau HRM (Human Resources Management) untuk melakukan analisis jabatan atau pembenahan sistem HR di perusahaan Anda, jangan segan untuk menghubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu Anda. PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants) Cideng – Jakarta Pusat Telp : 021 – 32403909 Fax : 021 – 6306560 Email : venty@sienconsultant.com / info@konsultan-bisnis.com Website : www.konsultan-bisnis.com Sumber Artikel : http://konsultan-bisnis.com/penting-analisis-jabatan/