Makalah database

9,654 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
9,654
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
222
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Makalah database

  1. 1. ( DATA BASE MICROSOFT ACCESS )Tugas Makalah Pemograman Generasi ke IVKelas : 4KA34Nama : Suhartanto (19112084)M Rokip (19112054)
  2. 2. DAFTAR ISITeori................................................................................................................21 Pengertian........................................................................................................22 Sejarah..............................................................................................................33 Penggunaan......................................................................................................44 Fitur..................................................................................................................55 Pengembangan dengan Access........................................................................6Pembahasan......................................................................................................71 Membuat Tabel................................................................................................82 Membuat Query..............................................................................................93 Membuat Form..............................................................................................104 Membuat dan Mencetak Laporan..................................................................10Kesimpulan.........................................................................................................11Daftar pustaka................................. ...............................................................................13
  3. 3. TEORI1.PengertianMicrosoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuahprogram aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untukkalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi inimerupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunyaMicrosoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi inimenggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan jugamenggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalamMicrosoft Office System 2007.Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalamformat Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQLServer, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukungstandar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapatmenggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yangkompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapatmenggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yangsederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasiobjek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrogramanberorientasi objek.
  4. 4. 2.SejarahMicrosoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dandilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukanspesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuahkomputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard diskyang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan).Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy3½ inci berukuran 1.44 megabyte.Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basisdata dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana datamengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang harddisk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yangdibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan olehdriver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kaliadalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkanMicrosoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yangdigunakannya dinamakan dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa(prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrogramanBASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasiterpisah tapi dapat diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Keduaproyek tersebut dikembangkan secara terpisah, dan mesin pembuat form yangdigunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Hal tersebutberakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA)
  5. 5. 3.PenggunaanMicrosoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil danmenengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin jugadigunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmeruntuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatandan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis datauntuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankanMicrosoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan MicrosoftActive Server Pages (ASP).Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telahada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan MicrosoftAccess untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagaiRapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatanpurwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdirisendiri untuk para salesman.Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringansehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderungmenggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server.Meskipun demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kodeVisual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis datayang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, sepertihalnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan olehMicrosoft Access), Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapaproduk lainnya yang mendukung ODBC.
  6. 6. 4.FiturSalah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektifprogrammer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrogramanStructured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagaistatemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsungdi dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabeldata dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakankedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form danlogika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000, yang merupakansebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000, dimasukkan ke dalamOffice XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Accesssebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine.Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yangkomplit, Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger danstored procedure. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakanMicrosoft Jet Database Engine versi 4.0, ada sebuah sintaksis yangmengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter, dengan sebuahcara seperi halnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebutdibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. Access jugamengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketikaterjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data, seperti halnya trigger,selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut, danmerupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akanditeruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untukmenjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya.
  7. 7. Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung olehMicrosoft Access 2000 dan yang selanjutnya, fitur-fitur yang berkaitandengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakanAccess (*.MDB), karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuahbasis data MSDE atau Microsoft SQL Server, ketimbang menggunakanMicrosoft JET Database Engine. Sehingga, dengan menggunakan ADP,adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek di dalam server yangmenjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraintsdan trigger, view, stored procedure, dan UDF). Meskipun demikian, yangdisimpan di dalam berkas ADP hanyalah form, report, macro, dan modul,sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis datayang membelakangi program tersebut.5.Pengembangan dengan AccessAccess mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semuatabel basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis datamiliknya (*.MDB).Untuk membuat Query, Access menggunakan Query Design Grid, sebuahprogram berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuatquery tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman SQL. DI dalam QueryDesign Grid, para pengguna dapat memperlihatkan tabel basis data sumberdari query, dan memilih field-field mana yang hendak dikembalikan olehproses dengan mengklik dan menyeretnya ke dalam grid. Join juga dapatdibuat dengan cara mengklik dan menyeret field-field dalam tabel ke dalamfield dalam tabel lainnya. Access juga mengizinkan pengguna untuk melihatdan memanipulasi kode SQL jika memang diperlukan.Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah MicrosoftVisual Basic for Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasiMicrosoft Office. Dua buah pustaka komponen Component Object Model(COM) untuk mengakses basis data pun disediakan, yakni Data AccessObject (DAO), yang hanya terdapat di dalam Access 97, dan ActiveX DataObjects (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru.
  8. 8. PEMBAHASAN1.Membuat TabelUntuk membuat tabel terlebih dahulu kita membuka lembar kerja darimicrosoft access. Caranya, yaitu:• Klik start• Pilih all programs• Pilih microsoft office• Pilih microsoft office access 2007Atau dengan cara lain:klik pada icon MS Access 2007 yang ada pada desktop.Untuk membuat database baru, maka ikuti langkah berikut: Setelah halaman utama terbuka maka klik blank database, seperti padagambar. ketik nama file dalam kotak File Name.Jika anda tidak mengetik apapun,Access akan menambahkannya untuk anda. Lokasi file bawaannya adalahsebagai berikut : Microsoft Windows Vista c:UsersusernameDocuments atau Microsoft Windows Server 2003 atau MicrosoftWindows XP c:Documents and Settingsuser nameMy Documents. Untuk mengubah lokasi penyimpanan file, klik Browse di sebelah kotakfileName, anda bisa memilih lokasi yang baru, dan kemudian klik OK. Klik create
  9. 9. Maka akan muncul lembar kerja seperti di atas:Untuk membuat tabel lakukan langkah berikut: Pilih view, lalu klik design view. Isikan nama tabel, lalu klik ok. Isi nama field, lalu tentukan tipe datanya. Selanjutnya tentukan ukuranfield pada kolom dibawahnya.Keterangan:Field Name : Fungsinya untuk memasukkan nama-nama field darisuatu tabel.
  10. 10. Data Type :Text : Merupakan tipe data yang sering digunakan ( Alfabeticdan Numeric). Panjang maksimumnya 255.Number : Hanya digunakan untuk menyimpan data numerik.Date/Time : Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam.Panjang maksimumnya 8 karakter.Memo : Mampu menampung nilai sampai 65535 karakter.Currency : Sering digunakan untuk nilai mata uang.AutoNumber : Berisi angka urut yang sudak ditetapkan oleh Accessyang muncul secara otomatis dan nilainya tidak dapatdiubahYes/No : Berisi dua nilai saja yaitu Yes/No atau True/false danOn/Off.OLE Object : Digunakan untuk eksternal objek. Misalnyagambar,suara, dan sebagainya.Hyperlink : Gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalambentuk Text. Digunakan untuk manyimpan pointer ke situsweb.Lookup Wizard : Untuk memilih sebuah nilai dari tabel lain atauList Box atau Combo Box. Setelah selesai, simpan tabel, klik ikon save atau tombol Ctrl+S. Untuk mengisi tabel ketikan data – data yang diperlukan sesuai denganfieldnya. Setelah selesai simpan data tersebut.2.Membuat QueryQuery bisa diartikan sebagai pernyataan atau permintaan untuk memprosestable yang ada.Untuk membuat Query lakukan langkah – langkah sebagai berikut: Pilih Create, klik Query Wizard.
  11. 11.  Kemudian pilih Simple Query Wizard, lalu klik ok. Selanjutnya pilih tabel, lalu pilih field yang akan digunakan, lalu kliktombol >. Selanjutnya klik next berikutnya isi judul query dan klik finish.3.Membuat FormUntuk membuat form, maka ikuti langkah berikut:• Pilih menu create• Klik form• Selanjutnya akan muncul sebuah form yang berisi tabel – tabelberdasarkan relasinya. Untuk melihat data selanjutnya, klik ikon next yangterletak pada bagian bawah halaman.Untuk menambah, mengubah, dan menghapus data melalui form,lakukanlah langkah – langkah berikut:o Klik format, klik view, lalu pilih form view.o Untuk menambah data. Pada tab home, klik new, ketikan data baru padaform, lalu klik save.o Untuk mengubah data. Pilih record yang akan diubah, lalu ubah datanya,kemudian klik save.o Untuk menghapus data. Pilih record yang akan dihapus, lalu klik tandapanah pada delete, lalu pilih delete record. Selanjutnya klik yes padakonfirmasi yang muncul.4.Membuat dan Mencetak Laporan ( Report )Untuk membuat report maka ikuti langkah berikut: Pada tab create, klik report. Maka akan tampil halaman report. Untuk mencetak, pada tab home pilih view, kemudian klik print preview.Selanjutnya atur halaman cetak, lalu klik print.
  12. 12. Kesimpulan1. Dalam membuka lembar kerja visual basic pertama kali tidah jauh berbedadengan membuka lembar kerja program yang pada umumnya digunakan, yaitudengan cara:• Klik start• Pilih all programs• Pilih microsoft office• Pilih microsoft office access 2007Atau dengan cara lain:klik pada icon MS Access 2007 yang ada pada desktop.2. Pembuatan Query, form, Report Akan lebih mudah di pahami jika kitamempraktekannya langsung.3. Dan hasil database kami, akan kami lampirkan.
  13. 13. DAFTAR PUSTAKAhttp://smkn1klaten.sch.id/download/MICROSOFT%20ACCESS/pelajaran3_membuat_database.pdfhttp://ibuprita.suatuhari.com/makalah/topics/microsoft-access-2007-module-2http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Access

×